10 Spot Foto di Pantai Bandengan Jepara

Diposting pada
Pantai bandengan jepara resort pulau panjang tirta samudra tiket masuk gambar jawa tengah wisata fasilitas solo di semarang foto lokasi dan kartini map kabupaten peta sejarah hotel dari kudus rembang villa mororejo pemandangan kecamatan kendal terletak pati alamat adalah ada dimana arah artikel banana boat beach berita biaya deskripsi dalam bahasa inggris demak ditutup rute foto gps harga hari ini malam homestay htm tahun indonesia itu saat info informasi jateng jpg 59411 kota ukir menelan korban letak logo lihat misteri mitos makalah obyek pasir putih penginapan
foto by instagram.com/tria_woelandary/

Lokasi: Jalan Jepara-Bangsri Desa Bandengan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah 59431
Map: Klik Disini
HTM: Weekdays Rp 5.000/ Orang dan Weekend Rp 7.000/ Orang
Buka Tutup: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon:

Mungkin selama ini kamu tahunya kalau Jawa Tengah ya Semarang. Padahal ada banyak kota di Jawa Tengah, salah satunya adalah Jepara. Jepara terkenal sebagai kota kelahiran Raden Ajeng Kartini dan terkenal akan ukirannya, sehingga disebut sebagai Kota Ukir.

Tidak hanya ukiran-ukiran Jepara saja yang indah, tapi alamnya juga sangat memukau. Kota ini mempunyai beragam jenis tempat wisata. Ada museum Kartini, waterpark sampai destinasi wisata air seperti Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan tak kalah indahnya dengan pantai di kota lainnya dan pastinya menjadi wisata rekreasi berbiaya murah. Pantai Bandengan disebut juga Tirta Samudra. Sejarahnya juga berkaitan dengan asal usul Kepulauan Karimunjawa.

foto by utiket.com

Sejarah Asal Usul

Nama Bandengan ini tak lepas dari kisah Amir Hasan atau Sunan Nyamplungan yang merupakan anak Sunan Muria. Dahulu kala beliau diperintahkan memperdalam dan menyebarkan ajaran islam ke kepulauan yang nampak kremun-kremun dari Gunung Muria.

Itulah Kepulauan Karimun Jawa. Dalam perjalanan menuju pulau, Amir Hasan melewati Pantai dengan banyak ikan bandeng. Sehingga, desa pantai tersebut dinamakan Desa Bandengan dan pantainya juga dinamakan demikian.

foto by instagram.com/handini_ekaputri/

Dulunya, pantai ini dinamakan Tirta Samudra atau Pantai Tirta Samudro yang dikelola oleh warga sekitar. Tapi, pada tahun 1987 pengelolaannya pindah tangan ke Pemerintah Kabupaten Jepara, tapi tetap dengan campur tangan masyarakat setempat.

Keindahan

Di Tirta Samudro kamu bisa menikmati suasana yang sejuk karena disana terhampar pepohonan rimbun nan hijau disekitarnya. Bahkan ada yang bilang viewnya tak kalah menarik dengan salah satu pantai di Bali.

foto by instagram.com/zizikhh/

Objek wisata ini memiliki pasir putih, lautan biru yang jernih dan bersih. Ada berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan disana. Saat lelah, kamu pun bisa menginap di hotel atau homestay sekitarnya. Disana juga ada warung makan maupun restoran yang siap memanjakan perutmu.

Tempat wisata ini sangat ramai saat lebaran tiba. Diperkirakan puluhan ribu wisatawan mengunjunginya ketika hari raya. Apabila kamu tidak suka keramaian, datanglah di hari-hari biasa saja.

foto by instagram.com/aprie_z/

Masyarakat sekitar masih percaya akan mitos-mitos yang beredar, tak heran jika pada hari-hari tertentu atau saat ombaknya besar, pantai ditutup. Sebab, supaya tidak menelan korban seperti beberapa tahun belakangan dulu.

Alangkah baiknya sebagai wisatawan kamu mengikuti aturan yang berlaku disana agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya berhubungan dengan sejarah Karimun Jawa, tapi juga berkaitan dengan Ibu Kartini.

foto by instagram.com/andriwdwiyulianto/

Menurut cerita, dulu pantai ini digunakan sebagai tempat pemandian R.A. Kartini bersama teman-temannya. Kalau mau membahas tentang Pantai Bandengan ini, rasanya takkan ada habisnya.

Aktivitas dan Wahana

Lautnya yang tenang, dapat membuat kamu berenang disana. Tapi, jangan melewati batas pantai yang sudah ditentukan. Selain itu, perhatikan ombak sebelum berenang. Sebab, walaupun sering tenang, terkadang ombaknya juga cukup besar bisa membahayakan dirimu.

foto by instagram.com/jeparagayeng/

Lautnya yang jernih, dapat menjadikanmu melihat ikan-ikan kecil berenang di dasar laut. Selain berenang, kamu juga bisa menyusuri lautnya menggunakan perahu untuk pergi ke Pulau Panjang. Lalu, bermain voli pantai, memancing serta bersepeda di pinggir pantai.

Kamu pun bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Tak hanya itu, Bandengan juga menyediakan beragam wahana permainan air yang asyik seperti : Wave House (wahana ombak buatan untuk selancar), Banana Boat. Flying Fish, Waterski dan Jetski.

foto by instagram.com/jack_qodir/

Lalu, ada pula Flyboard, Donut buoy (pelampung ban dalam mobil) dan Duck Buoy (pelampung bentuk bebek), Sandal Raksasa, Taman Karang, ATV dan Kano. Selain itu juga ada wahana untuk Anak-anak seperti ayunan, perosotan dan lainnya.

Kamu pun bisa duduk-duduk sambil memandangi panorama alam, lalu menyantap makanan yang lezat. Lebih enak mungkin makan rujak bareng-bareng teman. Sungguh dapat menjadikan liburanmu berkesan.

Kalau ingin menambah keseruan, kamu dapat mendirikan tenda, lalu membakar sendiri ikan hasil pancingan. Jangan lupa untuk mengambil fotomu di setiap kegiatan yang kamu lakukan. Viewnya yang cantik dapat koleksi fotomu menakjubkan.

foto by instagram.com/dwifemilias/

Terkadang, masyarakat setempat maupun pemerintah mengadakan event entah itu hiburan atau festival tertentu. Jadi, jika kamu beruntung bisa menikmatinya. Oh ya, saat lombanan yakni hari lebaran ke tujuh, pantai ini sangat ramai dikunjungi banyak orang, khususnya dari luar kota.

Fasilitas dan Akomodasi

Sebagai penunjang kegiatan menyenangkan di Pantai Bandengan, tersedia sewa tikar seharga Rp 10.000,- bisa untuk seharian. Ada pula penginapan seperti hotel, villa, resort dengan berbagai fasilitas.

Ruang ganti atau toilet pun telah tersedia, bagi yang ingin beribadah juga ada mushola di sekitar area wisata. Tempat parkirnya cukup luas dan aman menampung kendaraan anda.

Harga Tiket Masuk

Kalau dipandang dari kecantikannya, Pantai ini buka pada jam 08.00 – 17.00 WIB menawarkan harga tiket masuk yang cukup murah. Pada hari-hari kerja (Senin-Jum’at) tarif masuknya Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Sedangkan hari libur (Sabtu dan Minggu) biaya masuknya Rp 7.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Sementara ketika ada event tertentu harga tiket masuknya naik mungkin sekitar Rp 10.000 dan Rp 7.000. Biaya parkir sudah termasuk dalam biaya tiket masuk.

Harga sewa wahana-wahanany yaitu Banana Boat Rp 30.000, Jetsky Rp 60.000, Donuts ban Rp 10.000. Masih banyak yang belum tercantum, kamu dapat melihat harganya setelah sampai disana. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi jangan dijadikan sebagai patokan.

Cara Menuju Kesana

foto by dheni-yulistianto.blogspot.co.id

Lokasi Pantai Bandengan berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Jepara. Letak persisnya di Jl. Jepara-Bangsri Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah 59431. Jika dari pusat kota Jepara, kamu bisa menuju ke arah Jl. Jepara-Bangsri.

Dalam waktu 10 menit perjalanan, kamu akan menemukan pertigaan ke Pantai Bandengan. Masuk ke pertigaan itu, lalu lurus saja sampai akhirnya menemukan gapura yang menunjukkan bahwa itu Pantai Bandengan. Nah, masuklah dan nikmati kegiatan serta fasilitasnya.

Dari Semarang, ke jl. Panturan atau Jl, Komdor Yos Sudarso. Lalu, ke arah Demak melalui Pasar Johar. Ambil arah kiri yakni Jl Kudus-Semarang. Di jalan tersebut biasanya padat kendaraan, terlebih pada hari libur seringnya macet.

Setelah itu, berlanjut mengikuti Jl. Demak-Welahan, ke Jl. Raya Jepara-Kudus. Nah, langsung saja ikuti rute yang sudah diberikan petunjuk arah di jalan-jalan. Ikuti petunjuk arahnya, maka kamu akan sampai di Pantai Tirto Samudro.

Setelah mengetahui detail tentang Tirta Samudra, sekarang pasti kamu semakin penasaran dengan salah satu destinasi wisata ini. Sekarang, tentukan kapan kamu berlibur kesana. Rencanakan sebaik mungkin liburan kamu tahun ini bersama pasangan, keluarga maupun teman dan sahabat.

Selain mengunjunginya, kamu juga harus memikirkan untuk datang ke beberapa destinasi wisata di Jepara lainnya. Sehingga, kamu mendapatkan beberapa manfaat serta hiburan dan satu waktu sekaligus.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “10 Spot Foto di Pantai Bandengan Jepara

  1. pantai bandengan sangat nyaman dan indah dilihat dari gambarnya, mungkin juka datang langsung lebih indah dari gambaran. ini cocok nih dijadikan rekomendasi jika pergi ke jepara.

  2. Terimakasih sudah sharing informasinya.
    Indah banget ya pantai Jepara, jadi tertarik buat liburan kesana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.