Gambar pantai carita anyer banten tiket masuk lokasi wisata cottage villa hotel harga murah dekat penginapan resort kondominium selatan terletak di provinsi pasir putih mitos pandeglang letak foto mutiara matahari karangsari lombok lippo sejarah tempat asal usul rute alamat archipelago peta paket liburan sewa rakata objek tour terdapat indonesia serang beach karangsari 2021
Pantai Carita, gambar: id.wikipedia.org

Pantai Carita Terletak di Provinsi Banten Yang Katanya Surga Kecil Kabupaten Pandeglang

Diposting pada
3.6/5 - (13 votes)

Lokasi: Kecamatan Carita, Sukarame, Kabupaten Pandeglang, Banten
Google Maps: Klik Disini
HTM: Rp.20.000 (Kendaraan Roda Dua), Rp.150.000 (Kendaraan Roda 4), Rp.600.000 (Mini Bus) dan Rp.650.000 (Bus Besar)

Saat Ini

Kawasan pantai merupakan salah satu tempat wisata yang selalu digandrungi para wisatawan bahkan kebanyakan wisatawan asing datang mengunjungi Indonesia karena ingin menikmati keindahan pantainya.

Salah satu provinsi yang memiliki cukup banyak pantai cantik adalah Banten. Pernah mendengar Pantai Carita?

Pantai cantik ini letaknya tak jauh dari Pantai Anyer yang sangat popular diantara para penikmat keindahan laut.

Lantaran berada di ujung Pulau Jawa, wisatawan akan disuguhkan keindahan Selat Sunda. Maklum saja, Pantai Carita menghadap langsung ke arah Selat Sunda.

Lihat Juga: Tempat Wisata di Banten Seperti Dufan Jakarta

Beberapa orang mengenal Pantai Carita dengan sebutan Anyer Carita atau Carita Anyer padahal letak pantainya tidak masuk ke dalam kecamatan Anyer. Alamatnya sendiri berada di kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang, Banten.

Panorama, Gambar: anekatempatwisata.com

Sejarah Mitos

Adapun asal usul Pantai Carita sebelum dibuka untuk umum merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki luas hingga 95 hektar.

Di wilayah tersebut banyak ditemukan aneka flora seperti alap-alap, pohon jati, pohon mahoni dan lainnya. Tak hanya flora, fauna pun ada di kawasan ini sebut saja biawak, lutung, ular sanca dan jenis lainnya.

Menurut mitos yang beredar kawasan Pantai Carita terkesan angker bahkan hingga kini keanehan-keanehan tersebut masih kerap muncul.

Konon pada zaman dulu tepatnya sekitar tahun 1809 hingga 1810 kawasan ini merupakan tempat para tentara Belanda melakukan penyiksaan terhadap pribumi. Penyiksaan yang dilakukan terbilang kejam dan sadis, sangat tidak manusiawi.

Di tahun 1883 keangkeran Pantai Carita semakin menjadi lantaran gunung Krakatau kala itu meletus hebat bahkan hingga berdampak pada negara-negara lain.

Adanya villa yang disebut angker pun turut menambah kesan suram. Pihak villa kemudian melakukan renovasi bangunan untuk menghilangkan kesan angker, tetapi menurut pengakuan beberapa pengunjung kadang kala mereka diganggu oleh makhluk tak kasat mata.

Dari catatan sejarah yang ada, sejak tahun 1978 Menteri Pertanian sudah menetapkan kawasan Pantai Carita sebagai Taman Wisata Alam.

Lambat laun kesan angker yang melekat kuat pada Pantai Carita mulai berganti dengan pujian atas keindahannya. Kendati demikian, masih banyak orang yang tetap menganggap pantai ini angker.

Keindahan, Foto: tempatwisataseru.com

Seru!

Di balik sejarahnya yang panjang dan terkesan berbau mistis, toh Pantai Carita ini diberkahi dengan kekayaan dan keanekaragaman hayati yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Pantai Carita terhampar memanjang dengan pasir putih bersih nan lembut. Sangat cantik terlebih ketika tertimpa cahaya matahari, pasir berkilauan bagai mutiara.

Desik dedaunan memanjakan pendengaran. Begitu pula dengan deretan pohon-pohon kehijauan yang menjadi penyejuk di kala panas matahari menusuk kulit.

Angin sepoi beradu dengan debur suara ombak membuat anda akan betah berlama-lama menikmati sensasi alami yang disuguhkan. Ombak di Pantai Carita ini tergolong bersahabat.

Mungkin karena dipengaruhi oleh kondisi angin sehingga pantai ini cocok untuk kegiatan yang berhubungan dengan air. Sebut saja berenang atau berlarian di tepi pantai.

Foto: initempatwisata.com

Anda tak perlu takut untuk berendam sambil berenang ke sana ke mari karena beberapa orang life guard berjaga di titik-titik rawan untuk melindungi para wisatawan jika dibutuhkan seperti di film Baywatch!

Tak heran jika banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang percaya pada sistem keamanan di pantai ini.

Jika masih ragu, anda bisa menyewa pelampung untuk berenang menjelajah lautan atau sekedar santai di atasnya, harga sewa-nya relatif murah yakni berkisar antara 10.000 hingga 15.000 rupiah saja.

Rasakan sensasi berenang sambil menikmati pemandangan anak Gunung Krakatau yang menjadi ciri khas daerah ini.

Di samping berenang, anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain jet ski, banana boat, surfing, diving dan juga snorkeling. Kegiatan water sport tersebut merupakan salah satu favorit para wisatawan.

Bila anda ingin melakukan snorkeling, tetapi tak memiliki alat selam, sewa saja. Di Pantai Carita terdapat penyewaan alat snorkeling dengan harga murah dan mudah di dapat.

Cukup merogoh uang sebesar 50.000 rupiah saja anda sudah bisa menikmati keindahan bawah laut hingga puas selama seharian.

Menyelam sambil melihat aneka biota laut di bawah air kebiruan yang jernih sangat sayang bisa dilewatkan begitu saja.

Abadikan momen tersebut dengan bantuan kamera tahan air. Berfoto di kedalaman air ditemani dengan terumbu karang dan biota laut lainnya sangat seru!

Gerbang, Foto: bantenwisata.com

Apabila anda ingin menaiki banana boat, harga yang ditawarkan berkisar 25.000 hingga 50.000 rupiah sedangkan fasilitas jet ski dibanderol dengan harga 75.000 sampai 100.000 rupiah. Harga yang terbilang cukup murah dibanding harga sejenis di pantai lain.

Jika sudah lelah, istirahatkan tubuh anda di atas pasir nan lembut. Berbaring di atas pasir akan sangat bagus ketika pagi hari, pasir nan hangat akan membuat tubuh anda segar kembali. Rasanya tak kalah seperti habis dipijat.

Objek wisata Pantai Carita ini cocok bagi anda yang suka melewatkan saat-saat matahari terbenam di bawah langit kejinggaan. Jika cuaca sedang cerah, anda pun dapat melihat gagahnya Gunung Krakatau dari kejauhan.

Sebenarnya masih cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai seperti mengadakan pinknik dengan ditemani suara burung camar yang merdu, membaca buku sambil berjemur di bawah sinar mentari, bermain layang-layang, voli pantai dan kegiatan seru lainnya.

Jika anda memiliki uang lebih cobalah bermain All Terain Vechile (ATV) dengan biaya 50.000 rupiah selama 15 menit. Mengendarai ATV di atas hamparan pasir putih sangatlah menyenangkan.

Dengan ATV anda bisa mengelilingi pantai tanpa harus merasa lelah. Sudut-sudut yang sulit dicapai dengan berjalan kaki akan bisa anda capai menggunakan kendaraan ini.

Demi mempertahankan kenyamanan para pengunjung, pengelola Pantai Carita menyediakan aneka fasilitas penting seperti kamar mandi, tempat perbelanjaan, warung makan dan juga penginapan.

Bahkan jika seseorang pergi ke Pantai Carita tanpa perencanaan apa pun, segala kebutuhannya sudah terakomodir karena pengelolaan lokasi ini yang cukup baik.

Selain itu, apabila ingin membeli cindera mata khas Pantai Carita ada toko oleh-oleh yang menyediakan aneka souvenir seperti kaos, baju bawahan, baju ala pantai, aneka aksesoris berbahan dasar kulit kerang dan sebagainya.

Tentunya harga yang ditawarkan pun masih masuk akal.

Wisata Air, Foto: initempatwisata.com

Jalan Menuju Lokasi

Dibandingkan rute menuju Pantai Tanjung Lesung, rute menuju Pantai Carita ini tergolong mudah. Ada beberapa rute yang dapat anda tempuh sebelum mencapai pantai nan mempesona ini.

Jalanan menuju pantai ini terbilang bagus dan bahkan Jalan Raya Anyer Carita terhubung langsung dengan Tol Jakarta-Merak. Sangat memudahkan akses bagi wisawatan yang baru sekali mengunjungi Pantai Carita.

Rute dari Jakarta : Jakarta – Tol Merak – Serang – Pandeglang – Labuan – Pantai Carita.

Alternatif lain : Jakarta – Serang – Palima – Batukuwung – Pantai Carita.

Jakarta – Serang – Cilegon – Anyer – Pantai Carita.

Rute dari Bandung : Bandung – Tol Purbaleunyi – Jalan Pantura – Tol Merak – Jalan Akses Tol Cilegon Barat – Jalan Nasional III – Pantai Carita.

Rute dari Bogor (non Tol) : Bogor – Jalan Raya Dramaga – Jalan Raya Leuwiliang – Jalan Nasional 11 – Jalan Raya Jasinga Koleang – Ciseungil – Pasir Nangka – Cikendi – Jalan Nasional 11 – Jalan Rangkasbitung – Jalan Raya Jiput Caringin – Jalan Nasional III – Pantai Carita.

Banana Boat, Foto: tempatwisataseru.com

Sementara bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum dari arah Jakarta bisa naik bus dari terminal Kampung Rambutan, Tanjung Priok atau Pulo Gadung.

Cari dan naiklah bus tujuan Merak lalu turun di terminal Cilegon. Perjalanan dilanjutkan dengan naik elf atau ojek menuju pantai Carita.

Rute lain bagi wisawatan pengguna kereta api adalah dengan naik kereta dari Stasiun Tanah Abang tujuan Stasiun Krenceng Cilegon. Setelahnya lanjutkan dengan angkutan tujuan Carita atau ojek jika ingin lebih cepat sampai.

Untuk berjaga-jaga agar tidak sampai salah jalan anda bisa menggunakan bantuan aplikasi penunjuk jalan seperti gmaps atau peta saku.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi agar tidak melewati jalur alternatif pada malam hari karena cukup rawan.

Pastikan bahan bakar kendaraan anda penuh, mobil dalam kondisi baik dan mampu melewati tebing yang curam. Usahakan agar anda memiliki stamina yang fit, tidak mengantuk dan jangan mengendarai mobil melebihi kecepatan yang diperbolehkan.

Salah Satu Penginapan, Foto: bantenwisata.com

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Carita cukup bervariasi dilihat dari kendaraan apa yang dipakai para pengunjung. Satu minibus dikenai biaya antara sebesar 600.000 rupiah, hanya selisih 50.000 rupiah dari tarif yang berlaku untuk bus besar yakni 650.000 rupiah.

Sedangkan mobil pribadi hanya dibanderol dengan harga tiket sebesar 150.000 rupiah. Harga tiket menjadi sangat terjangkau untuk para pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor yakni hanya 20.000 rupiah saja.

Bagi anda yang memang ingin menghabiskan waktu di Pantai Carita ini sebaiknya mencari penginapan dari jauh-jauh hari. Jaraknya yang jauh akan sangat membuat anda letih bila harus melakukan perjalanan sekali jalan alias PP.

Sunset Yang Indah, Foto: wisataindonesia.co.id

Soal penginapan tak perlu risau karena ada berbagai jenis hotel yang tersedia mulai dari penginapan kelas melati, wisma, hotel, cottage, resort hingga kondominium.

Jenis ruangan tidurnya pun bermacam-macam mulai untuk traveler single, double bed dan juga family room. Karena kebanyakan penginapan masih dikelola oleh masyarakat setempat, harganya pun cukup terjangkau.

Beberapa penginapan yang menjadi rekomendasi para wisatawan diantaranya adalah Rakata Hotel, Archipelago Beach Carita dan Kondominium Lippo Carita Selatan.

Selain ketiga tempat tersebut masih banyak penginapan lain yang tak kalah bagus dan lengkap. Tinggal menyesuaikan dengan budget anda saja.

Jika anda ingin berlibur sekeluarga atau dalam skala besar maka untuk menghemat pengeluaran ada paket tour Beach Carita 2021 dengan harga terjangkau.

Kebanyakan dari paket tersebut sudah termasuk biaya bus, tiket masuk, makan dan juga penginapan. Namun, tentunya semakin lengkap paket harganya pun akan semakin mahal.

Mumpung anda sedang berada di Pantai Carita tak ada salahnya untuk mengunjungi pantai lain yang tak kalah indah yaitu Pantai Karangsari. Pantai ini terletak sangat dekat dengan Pantai Carita hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit saja.

Lokasi Pantai Karangsari berada di Jalan Raya Carita KM 10, Caringin, Labuan, Sukarame, Carita, Pandeglang, Banten. 42264. Pantai ini termasuk ke dalam wisata andalan pantai Carita yang sama-sama memiliki pasir putih nan halus.

Snorkeling, Foto: harnas.co

Pantainya pun landai tanpa adanya batu karang yang memecah deburan ombak. Saking luasnya, pantai ini mampu menampung kurang lebih 100 bus dan 200 kendaraan beroda dua atau empat.

Dengan suasana yang tenang, pemandangan yang indah dan asri, Pantai Karangsari ini sangat cocok untuk digunakan sebagai lokasi gathering perusahaan atau acara keluarga besar.

Fasilitas yang terdapat di dalam lokasi akan membuat wisatawan semakin betah menikmati keindahan pantai sambil bersantai bersama keluarga dan orang tersayang.

Pantai lain yang juga masih dalam satu kawasan ialah Pantai Lombok Carita. Pasirnya putih bersih, harga tiket relatif murah dan aksesnya juga mudah.

Sayang, pantai yang berlokasi di Jalan Raya Carita, Sukajadi, Carita, Pandeglang, Banten 42264 ini masih sepi pengunjung sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai ketenangan. Liburan di Pantai Lombok Carita serasa sedang bermain di pantai milik anda sendiri.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

6 thoughts on “Pantai Carita Terletak di Provinsi Banten Yang Katanya Surga Kecil Kabupaten Pandeglang

  1. Pantai anyer adalah pantai yang indah dan banyak fasilitas fasilitas menarik yang di sediakan disana..
    makanya gak aneh pabila pantai ini menjadi tujuan utama wisata.

  2. Cuma orang bego yang mengira Pantai Carita sama dengan Pantai Anyer. Itu kan beda lokasinya, Pantai Carita itu di desa Sukarame, Carita (kab. Pandeglang) sedangkan Pantai Anyer berada di Anyer Kidul (kab. Serang).

  3. Terus terang saya kurang setuju dg opini keliru yang menyatakan bahwa kebanyakan orang mengenal pantai Carita sebagai Pantai Anyer Carita. Mungkin itu persepsi keliru dari penulis artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.