Keindahan Wisata Pantai Empu Rancak Jepara

Diposting pada

Alamat: Desa Karanggodang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah 59452
Peta Maps: Klik Disini
Jam Buka: Setiap Hari

foto by jeparahariini.com

Salam sahabat traveler, kali ini kita akan sedikit berbincang serta membahas tentang destinasi wisata di kawasan Jawa Tengah.

Lokasi kita kali ini sejarahnya terkenal dengan keindahan alam. Dimana lagi kalau bukan kota ukir, Jepara. Di tempat ini terdapat beberapa pantai yang indah serta memiliki air jernih dan bening.

Letak Lokasi

foto by instagram.com/yunus_hadi_prasetyo/

Namanya adalah Pantai Empu Rancak di kawasan Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Tepatnya adalah di desa Karang godang. Jarak pantai ini dari area jalan raya kira-kira sejauh 2 km.

Pantai Empu Rancak ini berada satu jalur di arah perjalanan menuju ke Bondo. Empu Rancak juga sering disebut dengan nama Purancak oleh masyarakat sekitar. Letaknya hanya sekitar 5 km dari Pailus.

Kalian akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Jepara untuk bisa sampai di wilayah Kecamatan Mlonggo.

Rute Perjalanan

foto by instagram.com/brother_peace_jepara_scooters/

Rekan-rekan yang ingin datang mengunjungi Pantai Empu Rancak, silakan mengambil perjalanan dari pusat pemerintahan Jepara ke arah Bondo.

Ketika sampai di portal retribusi, silakan ambil jalan ke arah kiri. Jalan ini sekaligus mengasah ke pelabuhan untuk nelayan yang berasa di sekitar Karanggondang.

Akses perjalanan menuju destinasi wisata, Purancak, sudah cukup baik. Jalanan memang tidak begitu lebar namun sudah teraspal sehingga memungkinkan segala jenis kendaraan memasuki area tersebut.

Daya Tarik

foto by nasirullahsitam.com

Ketika kalian memasuki kawasan wisata, rekan-rekan akan mendapati suatu gerbang atau portal semi permanen. Portal ini sebenarnya berfungsi sebagai loket retribusi wisata memasuki Pantai Empu Rancak.

Namun, dalam beberapa waktu belakangan, nampaknya portal tersebut tidak digunakan oleh pihak pengelola sehingga pengunjung bisa bebas memasuki kawasan Empu Rancak tanpa harus membayar biaya retribusi.

Pantai Empu Rancak cukup luas kawan. Kalian bisa mengekspornya dengan bebas. Di sini terdapat beberapa tumbuhan pantai. Mereka tumbuh bebas sehingga membuat kita bisa menikmati waktu liburan tanpa takut kepanasan.

foto by instagram.com/myteryo89/

Pasir di Empu Rancak, sama seperti di pantai utara Jepara lain, merupakan pasir putih. Rekan-rekan yang membawa anak juga bisa menikmati pengalaman untuk bermain pasir.

Bawalah alat-alat untuk membangun beragam karya seperti bangunan, istana, ataupun membuat beberapa bentuk karya seni sederhana.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah kawasan bibir pantai Purancak tidak begitu luas. Beberapa meter dari bibir pantai bukanlah hamparan pasir putih, tetapi adalah kumpula batu karang.

foto by youtube.com

Kondisi ini tentu akan mengagetkan dan membahayakan mereka yang belum pernah ke tempat ini. Terutama untuk kalian yang datang dengan membawa anak-anak, pastikan mereka tetap dalam pengawasan sehingga tidak terkena batu karang.

foto by picssr.com

Destinasi wisata kita tergolong cukup sepi. Keramaian pengunjung biasanya terjadi ketika weekend, yaitu mulai hari Jumat sampak dengan Minggu. Di waktu-waktu ini, banyak pengunjung datang dan menikmati waktu liburan mereka.

Beberapa dari mereka datang untuk menikmati pemandangan, mengambil beberapa foto atau gambar, ataupun sekedar duduk bersantai dengan pemandangan lautan. Rekan-rekan pecinta kuliner, di sini nih tempat yang bisa kalian jadikan referensi bagi masakan seafood.

foto by tribratanews.jateng.polri.go.id

Masakan di Empu Rancak terkenal enak-enak kawan. Salah satu masakan warung pantai yang direkomendasikan adalah ikan Pindang Serani.

Banyak pengunjung menyebutkan, pantai ini berada di puncak eksotisnya ketika dilihat pada waktu senja hari. Sunset yang dilihat dari Pantai Empu Rancak sangat dinanti nantikan oleh banyak orang.

Namun kawan, jangan juga merasa berkecil hati kalau kalian tidak sempat datang dan menikmati pemandangan sore harinya. Datang pada pagi hari, menikmati sunrise pun sangat elok. Kalian bebas menikmati pemandangan tersebut kapanpun, tanpa dipungut biaya retribusi wisata.

foto by instagram.com/rusdy_iyan/

Bisa juga loh menikmatinya sambil mencicipi kuliner sekitar pantai, ikan serta udang bakar, kecap, asam manis misalnya. Kondisinya mungkin sama seperti ketika kalian berlibur di kawasan Pantai Depok, Jogja.

Empu Rancak merupakan suatu pantai yang bersih serta belum cukup ramai dengan pengunjung. Mungkin juga ini adalah salah satu efek yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Tetap ingat untuk menjaga kebersihan di kawasan Empu Rancak ya. Kitalah yang menjaga daerah serta pariwisata kita kawan. Kalau bukan kita yang menjaganya, maka siapa lagi?

Fasilitas

Berbicara tentang fasilitas pariwisata, rekan-rekan tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai sudah disediakan mushola serta toilet. Walaupun jumlahnya mungkin tidak begitu banyak, namun ini cukup untuk menunjang wisata lainan.

Seperti disebutkan tadi, ketersediaan warung makanan sudah tidak mengagetkan lagi di sini. Biasanya pengunjung bisa memesan beberapa jenis olahan ikan, cumi atau udang. Bisa dengan goreng, bakar, kecap ataupun diberi bumbu asam manis.

Di sekitar pantai juga sudah dibangun suatu gazebo supaya pengunjung bisa menikmati santapan dengan santai. Nantinya, pihak pengelola pariwisata menargetkan memberikan kekhasan bagi Purancak.

foto by medium.com

Empu Rancak sedang dalam rancangan untuk memberikan konsep “Javanese”. Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini akan merasakan nuansa khas Jawa dengan suguhan pemandangan elok.

Nah, bagaimana kawan? Sudahkah kalian memutuskan kapan akan datang ke lokasi liburan kita kali ini? Sedikit saran, datanglah ketika cuaca sedang baik dan tidak terlalu banyak hujan.

Sekalipun berada di kawasan pantai, akses internet serta komunikasi tidak terhalang kok. Kalian tetap bisa mengambil beberapa gambar, foto serta video dan mengunggahnya ke internet. Jangan lupa untuk ikut memajukan pariwisata kita ya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.