Menariknya Pantai Kukup di Gunungkidul Yogyakarta

Diposting pada
Gambar pantai kukup beach jogja sejarah tiket masuk lokasi alamat wisata baron wonosari yogyakarta inez ines resort nature inn penginapan hotel murah indah pondok foto krakal pulau kolam renang 2020 ikan bakar air pasang surut laut johor homestay jalan menuju rute harga letak peta google map
foto by instagram.com/sgustaam/

Lokasi: Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000
Buka Tutup: 05.00 WIB – Malam
Nomor Telepon:

Melihat hamparan pasir yang begitu luas membentang di bibir pantai tentu saja menjadi dambaan setiap traveler yang berkunjung di pantai. B

ila Anda ingin merasakan keindahan pantai di Jogja yang memiliki hamparan pasir yang sangat luas, Anda bisa mencoba mengunjungi Pantai Kukup.

Pantai Kukup adalah deretan pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Walaupun memiliki pasir putih yang didominasi dengan butiran pecahan batuan gamping, pasir panti ini sangat halus dan indah.

Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Begitu Menarik

Pantai Kukup mempunyai pemandangan yang begitu indah. Wisata pantai di Yogyakarta ini memberikan keindahan pasir putih serta ombak yang besar.

Meskipun Pantai Kukup tidak mempunyai garis pantai yang terlampau panjang, seperti pantai Krakal atau pun pantai lain, tetapi keindahan dari Pantai Kukup tidak boleh Anda ragukan lagi.

foto by instagram.com/jefri.weli/

Karakteristik yang dimiliki oleh Pantai Kukup hampir sama dengan pantai lain di Laut selatan, yakni terampit tebing kars di sisi samping.

Tetapi, keunikan yang dimiliki oleh Pantai Kukup dibandingkan dengan deretan pantai yang sangat indah Yogyakarta lainnya ialah adanya pulau karang di sebelah timur pantai.

Pulau Karang ini hampir seperti Tanah Lot di Bali atau mirip dengan Pantai Balaikambang yang berada di Malang. Pulau ini disambungkan dengan jembatan, namun tidak terdapat Pura yang berada di atas pulau.

Namun, sebagai gantinya, Anda bisa menemukan gardu pandang yang dapat Anda gunakan untuk melihat sejuta keindahan dari Kukup Beach ini dari ketinggian. Biasanya Pulau Karang menjadi spot para wisatawan untuk mengambil foto.

Pulau Karang yang terdapat di Pantai Kukup memiliki nama Jumino. Untuk sampai ke puncak Pulau Karang, Anda bisa melewati jembatan yang telah disediakan khusus dari pinggiran pantai ke atas pulau.

Bahkan, dari atas pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset. Jadi, jika Anda mencari pilihan pantai di Jogja yang cocok untuk melihat sunrise, Anda bisa memasukkan Pantai Kukup ini kedalam daftar Anda.

foto by instagram.com/inaa_gallery/

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Kukup memang begitu menarik perhatian. Jika saat musim liburan tiba, Anda bisa memperhatikan.

Bukan hanya wisatawan yang berasal dari sekitaran Jogja saja yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Kukup, namun wisatawan yang berasal dari kota lain, bahkan mancanegara juga ikut meramaikan Pantai Kukup.

Pantai Kukup adalah pantai dengan pemandangan super indah di Yogyakarta, Pantai Kukup juga termasuk pantai yang dangkal dan penuh dengan batuan karang seperti pemecah ombak.

Terumbu karang di Pantai Kukup mempunyai luas kurang lebih 100 meter dari pantai, uniknya saat Pantai Kukup sedang surut, Anda bisa melihat banyaknya biota laut yang terdampar atau hidup di sekitar terumbu karang ini.

Berkunjung ke Pantai Kukup sudah seperti mengunjungi aquarium alami. Karena inilah Pantai Kukup sering mendapatkan julukan Aquarium Alami di Jogja.

Tidak heran bila Pantai Kukup menjadi salah satu lokasi wisata favorit di Jogja karena lokasinya yang mudah dijangkau dan bisa dikatakan cukup aman untuk anak-anak.

foto by instagram.com/yosiochie24/

Anda tidak perlu cemas akan kepanasan di Pantai Kukup karena ada begitu banyak pepohonan nyiur yang tidak henti-hentinya melambai untuk memayungi Anda, selain itu ada pula gua karang yang berada di sepanjang tebing di sisi barat.

Anda tidak perlu cemas kepanasan jika sedang berjalan-jalan di pinggir pantai karena Anda bisa menggunakan gua-gua ini untuk berteduh.

Keindahan di Pantai Kukup bukan hanya sampai di sini. Namun keindahan kebudayaan juga begitu kental di Pantai Kukup. Di sini, Anda bisa melihat upacara sedekah laut yang digelar setiap tahun.

Biasanya, upacara sedekah laut ini digelar saat bulan syura. Sebenarnya, ada beberapa pantai lain yang bisa Anda gunakan untuk melihat upacara sedekah laut ini, Anda bisa melihat upacara sedekah laut di Pantai Baron.

foto by instagram.com/mayang_arundina/

Yang Bisa Dilakukan

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Pantai Kukup ini, seperti:

  • Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Pantai Kukup memiliki Pulau Karang di depannya. Di pulau ini, Anda bisa memandang laut lepas atau sekedar mengambil gambar keindahan Pantai Kukup,
  • Duduk bersantai. Ketika musim liburan tiba, Anda akan menemukan banyak wisatawan duduk bersantai di pinggir Pantai Kukup, dengan suasana yang nyaman, Anda juga dapat duduk bersantai di sana sembari ditemani dengan es kelapa muda yang menyegarkan,
  • Bermain air. Memang, Pantai Kukup memiliki ombak yang cukup besar. Tetapi, ombak yang berada di Pantai Kukup ini bisa dikatakan masih jinak, sehingga bermain air di sekitar pantai bisa dikatakan tetap aman.
foto by instagram.com/triyajheta/

Penginapan di Lokasi

Ada beberapa akomodasi penginapan yang bisa Anda pilih di Pantai Kukup, berikut beberapa diantaranya:

  1. Penginapan Kukup Indah. Akomodasi ini berada di Tanjungsari. Penginapan ini tampil ceria dengan warna dominasi merah muda yang ada di sekujur dinding bangunan dan sudah di dukung berbagai macam fasilitas seperti 30 kamar dengan 8 buah kamar AC dan yang lain mempunyai fasilitas kipas angin. Di Penginapan Kukup Indah ini ditunjang dengan fasilitas seperti ruang tamu, TV hingga kursi,
  2. Johor Homestay. Penginapan ini memiliki harga yang cukup terjangkau, selain itu lokasi dari Johor Homestay ini berada di tengah-tengah Pantai Kukup dan Pantai Baron, sehingga untuk mengunjungi keduanya, Anda tidak perlu membuang waktu yang lama,
  3. Pondok Wisata Kukup. Penginapan ini berada di Desa Krambil Awit. Pondok Wisata Kukup merupakan penginapan dengan kelas melati, fasilitas di dalamnya terdiri dari kamar AC, dengan harga sewa mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 250.000,
  4. Winahyu Resort Kukup. Winahyu Resort Kukup berada di kawasan Pantai Kukup. Pantai Kukup mempunyai fasilitas AC, meja tulis, layanan bangun pagi, balkon hingga kipas angin. Tarif kamar di Winahyu Resort Kukup Rp 200.000,
  5. Kukup Beach Nature Inn. Seperti penginapan lain, Kukup Beach Nature Inn juga berada di kawasan Pantai Kukup. Penginapan ini mempunyai total 17 kamar yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti TV, kipas angin hingga area parkir.
foto by instagram.com/fwulandari001/

Inez Resort

Satu lagi tempat menginap yang bisa Anda tuju yakni Ines Resort. Di resort ini, Anda bukan hanya bisa menikmati keindahan dari Pantai Kukup, Anda bisa menikmati keindahan dari Pantai Baron, dan sekitarnya.

Bahkan, Anda dapat menikmati keindahan laut Pantai Selatan yang lain. Menginap di sini, Anda akan menyaksikan sunrise yang terbaik di Pantai Kukup setiap waktu.

Inessya Resort mempunyai kolam renang yang berada di bibir tebing, di sini selain dapat berenang di kolam renang, Anda akan menikmati keindahan yang tidak mungkin Anda dapatkan di tempat lain.

Serunya, resort ini juga menyediakan area untuk camping. Bagi Anda yang memiliki hobi camping, lebih baik Anda langsung menuju ke resort Inessya.

Bayangkan saja, Anda akan camping di bibir tebing pantai, sensasi yang akan Anda dapatkan pasti tidak terbayangkan sebelumnya.

Di tempat penginapan Inessya, Anda bisa memesan berbagai macam sajian makanan, yang bisa Anda nikmati bersama dengan seluruh anggota keluarga, pasangan atau pun teman.

foto by instagram.com/renihidayah22/

Wisata Kuliner

Seperti objek wisata yang lainnya, Pantai Kukup juga memiliki jejeran wisata kuliner makanan khas Jogja dan seafood seperti ikan bakar, goreng hingga masakan ikan yang lain.

Paduan masakan ini akan disempurnakan dengan es kelapa muda yang sangat menyegarkan. Harga yang dibanderol untuk setiap porsi makanan di Pantai Kukup tergolong terjangkau dan masih standar.

Selain itu kelezatan makanan di sini tidak perlu Anda ragukan lagi. Semua masakan ikan di masak dengan bumbu yang sempurna dan ikan dijamin segar.

Oleh Oleh Khas

Berwisata di sebuah daerah namun tidak membawa buah tangan sepertinya akan kurang. Jika Anda sudah puas berkeliling di Pantai Kukup, Anda bisa membeli oleh-oleh dari pantai ini.

Oleh-oleh di sini seperti gantungan kunci, kaos, hingga camilan-camilan peyek. Berbagai macam oleh-oleh juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas Yang Ada

foto by instagram.com/susi_triana_dewi/

Fasilitas si Pantai Kukup bisa dikatakan cukup lengkap serta memadai. Fasilitas Pantai Kukup terdiri dari:

  • Tempat parkir. Anda tidak perlu cemas untuk memarkirkan sepeda motor atau mobil Anda di Pantai Kukup, karena parkiran di Pantai Kukup cukup luas,
  • Tempat ibadah. Terdapat mushola yang bisa digunakan untuk beribadah,
  • Di pantai ini, Anda tidak perlu cemas karena sudah terdapat WC umum atau kamar mandi,
  • Warung makan. Seperti yang sudah di paparkan, ada cukup banyak warung makan yang bis Anda cicipi sajian menunya. Menu yang paling banyak seperti menu khas Jogja dan ikan bakar,
  • Untuk objek wisata kawasan Gunung Kidul, terutama Pantai Kukup, ada banyak penginapan dengan harga terjangkau, penginapan di sekitar Pantai Kukup dibanderol dengan harga ratusan ribu,
  • Toko souvenir. Ada banyak penjual pernak pernik khas dari Pantai Kukup, di sepanjang jalan menuju Pantai Kukup juga banyak pedagang ikan hias atau terumbu karang yang dijual di pinggir pantai. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Tips Berwisata

foto by instagram.com/arif_prtmaaa/

Ada beberapa tips berwisata yang bisa Anda ikuti seperti:

  1. Bawa sandal ketika bermain di sekitar Pantai Kukup. Ada begitu banyak biota laut yang berada di Pantai Kukup, jangan sampai biota laut tersebut melukai kaki Anda, selain itu di Pantai Kukup juga banyak terdapat bulu babi yang bisa membahayakan keselamatan Anda,
  2. Hindari bermain di tengah laut. Meskipun Anda pandai berenang, namun hindari berenang hingga mencapai tengah laut, karena semakin ke tengah, ombak yang berada di Pantai Kukup akan semakin besar sehingga tetap membahayakan keselamatan Anda,
  3. Bertanya saat membeli makanan. Agar Anda tidak terjebak harga ketika membeli makanan di sini, Anda bisa bertanya harga makan pada penjual terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke Pantai Kukup sebenarnya cukup murah, karena harganya sudah termasuk paket wisata pantai lain di Gunung Kidul seperti Sepanjang, Drini, Baron, Sundak, Krakal dan yang lainnya.

Harga tiket Rp 10.000 per orang. Sedangkan jika Anda Membawa bus mini dengan penumpang sebanyak 30 orang, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 20.000, untuk parkir motor Rp 2000, dan mobil Rp 5000.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Kukup berada di 1 km Pantai Baron. Pantai Kukup dapat Anda jangkau dari Yogyakarta dengan mengendarai kendaraan selama 2 jam lamanya.

Bila berangkat dari Yogyakarta, Anda harus sampai di Wonosari terlebih dahulu dengan jarak 40 km, dari Wonosari mengambil jalur ke Pantai Kukup, yang berjarak 22 km.

Jalan menuju ke Pantai Kukup sangat mudah dijangkau, bila masih bingung Anda bisa menggunakan Google Map.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Menariknya Pantai Kukup di Gunungkidul Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.