Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Diposting pada
Foto By @unggry

Lokasi: Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta 55871
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.5.000 per Orang
Jam Operasional:
09.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk Pantai Nguyahan yang terbaru saat ini adalah 5.000 rupiah per orang.

Harga yang tergolong sangat murah dengan pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Kamu tidak akan menyesal setelah berkunjung ke pantai ini.

Meski terbilang baru, Pantai Nguyahan bisa dikatakan objek wisata yang wajib didatangi saat datang ke Yogyakarta.

Foto By unggry

Destinasi Lain

Pergi ke Jogja tidak harus selalu ke Borobudur dan Malioboro saja ya. Kamu perlu mencoba destinasi wisata lain di kawasan pecinta makanan gudeg ini.

Cobalah kamu pergi ke salah satu kabupaten di Yogyakarta ini yaitu Gunung Kidul. Kabupaten ini berada di arah selatan Yogyakarta, jadi kamu akan banyak sekali menemukan pantai – pantai yang indah disana.

Beberapa Pantai tersebut diantaranya adalah Pantai Nguyahan, Ngrenehan, Torohudan, Pringjono dan Ngobaran.

Foto By @unggry

Pantai di Yogyakarta sendiri bukan hanya Parangtriris saja, tetapi banyak sekali. Bahkan beberapa diantaranya masih tergolong objek wisata yang masih sepi, baru dan alami.

Banyak wisatawan yang datang ke pantai di Gunungkidul ini dengan tujuan menghilangkan penat dan menghabiskan liburan mereka.

Keindahan dan Potensi

Namun pada kali ini kita akan membahas salah satu pantai yang sudah kami sebutkan diatas, yaitu Pantai Nguyahan.

Foto By @wijigo

Pantai Nguyahan memiliki sebuah keindahan tersembunyi. Tidak semua orang tau bahwa di daerah Kanigoro terdapat sebuah destinasi wisata bahari yang sangat amat mempesona.

Keadaan sekitar pantai sangat terlihat alami dan bersih, meski demikian masih diperlukan pengembangan oleh pemerintah setempat agar memiliki fasilitas yang lebih baik bagi para pengunjung.

Sejarah Singkat

Ada cerita yang unik dari masyarakat tentang sejarah, asal usul dan mitos yang dimiliki oleh Pantai Nguyahan.

Foto By @atiningtyas

Pada zaman penjajahan Belanda dulu pantai ini sering sekali digunakan sebagai tempat produksi garam atau dalam bahasa Jawa disebut Uyah.

Maka dari saat itulah pantai ini memiliki nama Nguyahan yang artinya dikenal sebagai tempat pembuatan garam terbaik.

Berbeda dengan pantai lainnya yang berada di pesisir selatan, Nguyahan ini tidak memiliki cerita atau aroma mistis.

Hal lainnya yang menjadi daya tarik Pantai Nguyahan ini adalah keadaan alamnya begitu menakjubkan.

Foto By @ardi_seph

Lokasi pantai ini begitu luas serta air lautnya yang dangkal membuat para pengunjung menyukainya karena bisa digunakan untuk berenang ataupun sekedar bermain air.

Di bibir pantai yang terbilang panjang ini terlihat lantai karang yang sangat luas, sehingga kamu bisa melihat langsung terumbung karang serta makhluk laut lainnya.

Ikan-ikan kecil pun terlihat berenang kesana-kemari. Sungguh pemandangan yang begitu indah bukan?

Foto By @manawa.sasa

Di Pantai Nguyahan juga terdapat bukit-bukit yang cukup tinggi dan besar. Pemandangan ini tidak pernah dilewatkan oleh para pengunjung untuk berfoto dan mengambil gambar.

Latar belakangnya sangat pas dijadikan foto kenangan atau hanya sekedar kamu masukan ke dalam sosial media.

Dengan begitu kamu juga ikut mempromosikan salah satu keindahan pantai di Indonesia.

Foto By @rownnee

Kamu bahkan bisa mendaki bukit tersebut dan menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit.

Dari atas bukit itu kamu bisa melihat keindahan hamparan laut luas serta panorama mempesona spot yang ada disebelahnya yaitu Pantai Ngobaran.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Nguyahan adalah memancing. Saat air laut mengalami surut, banyak warga setempat yang datang hanya untuk sekedar mencari ikan.

Foto By @paulusjanu

Para pemancing ini akan berjalan ke arah selatan setelah lantai karang. Bagi para pecinta memancing, melakukan kegiatan ini sangat menyenangkan apalagi ditambah dengan pemandangan yang indah.

Namun jika Kamu tertarik, jangan lupa menyiapkan alat pancing sendiri dari rumah ya, karena di sini tidak ada jasa sewa perlengkapan memancing.

Di Pantai Nguyahan ini belum tersedia penginapan atau hotel. Jika kamu ingin bermalam di Pantai Nguyahan kamu bisa melakukan camping.

Membawa peralalatan camping adalah hal wajib bagi para pecinta alam. Tentunya akan sangat menyenangkan bisa menghabiskan malam di pinggir pantai dengan suasana ombak yang tenang.

Jalan Menuju Pantai

Foto By @wijigo

Alamat atau letak Pantai Nguyahan sendiri berada di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta.

Lokasi ini memiliki jarak dari kota Jogja sekitar kurang lebih 75 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan darat.

Jalan yang akan dilalui sudah cukup baik jadi tidak akan tersesat. Kami juga membantu dengan memberi titik koordinat Pantai Nguyahan yang bisa kamu akses melalui hp.

Titik koordinat itu akan langsung terhubung dengan denah atau peta online di google map dan langsung masuk ke arah Pantai Nguyahan.

Ada beberapa rute yang bisa dilalui, pertama jika berangkat dari Bantul, maka lanjutkan ke arah Parangtritis, kemudian ke Panggang lalu Saptosari teruske Pasar Trowono, Kanigoro dan nanti akan bertemu dengan Pantai Nguyahan.

Sedangkan kalau dari Piyungan, lanjutkan ke arah Patuk, Gading dan belok kanan ke arah Playen kemudian Paliyan, dari situ akan bertemu Pasar Trowono, Kanigoro dan Pantai Nguyahan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.