Foto by instagram.com/rayonabintari/

Cantiknya Shoka Bukit Senja, Spot Kece Untuk Sunset Time di Gunungkidul

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Alamat: Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-21.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0821 1396 7206
WhatsApp: 0821 1396 7206

Harga Tiket Masuk

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp. 3.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Kamu penikmat alam dan senja? Kalau gitu sudah pernah belom nih mengunjungi Shoka Bukit Senja yang berada di perbatasan Bantul dan Gunungkidul? Tempat ini merupakan salah satu lokasi favorit untuk menikmati sunset sambil ditemani oleh segelas teh hangat dan camilan gorengan.

Shoka Bukit Senja saat ini menjadi salah satu wisata primadona yang banyak dikunjungi oleh wisatawan bukan hanya dari dalam kota saja namun luar daerah juga lho. Pesona yang ditawarkan oleh Shoka Bukit Senja ini memang bisa menghipnotis siapa saja.

Foto by instagram.com/atikaadm/

Saat sore menjelang senja, banyak wisatawan yang sudah ramai naik keatas Shoka Bukit Senja hanya demi menikmati pemandangan Pantai Parangtritis dan matahari tenggelam dari atas ketinggian.

Sebagian besar penikmat senja disini berasal dari kalangan muda-mudi yang berburu foto dengan latar belakang hamparan pantai dan juga sunset menawan. Meskipun baru, namun popularitas tempat ini sudah tidak usah diragukan lagi deh.

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Bukit Shoka dalam waktu dekat ini maka tak perlulah menyiapkan kocek berlebih. Sebab tiket masuk Bukit Shoka yaitu Nol Rupiah alias gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan budget untuk parkir kendaraan saja sekitar 3ribu-5ribu.

Dengan biaya yang terjangkau tersebut kamu sudah bisa mendapatkan sensasi menikmati pemandangan alam nan menakjubkan dan bukan main cantiknya, apalagi jika dinikmatinya bersama pasangan.

Oiya, selain tiket parkir kamu juga bisa membawa uang tambahan siapa tau pengen menikmati pemandangan Bukit Shoka sambil menyuruput teh atau kopi dan menyantap aneka gorengan. Diatas Bukit Shoka juga tersedia sebuah cafe yang banyak menyajikan menu-menu lezat. 

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/fauzigers/

Lokasi Bukit Shoka berada di Desa Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul. Untuk bisa menjangkau tempat wisata ini kamu harus berkendara sekitar satu jam dari pusat Kota Jogja. Jarak Bukit Shoka dari pusat Kota Jogja sekitar 30 kilometer.

Kamu bisa berkendara menuju Jalan Parangtritis sampai di TPR Pantai Parangtritis. Lurus terus ke arah Gunungkidul. Kamu akan menjumpai sebuah pertigaan setelah tanjakan pertama. Kemudian berbeloklah ke kanan lalu ikuti jalan aspal dan corblok sampai di Bukit Paralayang.

Foto by instagram.com/masbee33/

Di tempat parkir Bukit Paralayang nanti akan ada papan petunjuk jalan yang akan mengantarmu sampai di Bukit Shoka. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk jalan tersebut agar bisa tiba di lokasi wisata tujuanmu.

Akses jalan menuju Bukit Shoka sudah bagus sehingga bisa dilalui baik oleh kendaraan roda dua maupun empat. Dulunya, sebelum terkenal seperti sekarang ini akses jalannya masih susah namun semakin berjalannya waktu kini jalanannya sudah diperbaiki.

Jika masih kesulitan menemukan lokasi Bukit Shoka maka gunakanlah maps yang sudah kami siapkan diatas atau bisa juga manfaatkan aplikasi petunjuk jalan di handphone-mu seperti waze misalnya. Selain mengandalkan maps, kamu juga bisa lho bertanya pada warga setempat.

Fasilitas

Foto by instagram.com/berrywardana/

Saat awal-awal Bukit Shoka Senja ini memang belom banyak dilengkapi dengan fasilitas. Namun kamu tidak perlu khawatir karena saat sekarang sudah tersedia beberapa fasilitas memadai yang dapat menunjang kenyamanan para pewisata.

Beberapa fasilitas yang terdapat di Bukit Shoka diantaranya ada gazebo, tempat duduk plus meja, hammock, toilet, lampu-lampu hias dan spot-spot foto juga ada. Jadi kamu bisa bersantai, menikmati Pantai Parangtritis dari ketinggian sambil hunting foto deh.

Foto by instagram.com/kris_yk/

Selain itu buat para pewisata yang ingin kulineran disini juga sudah ada cafe dengan ragam menu-menu enak. Untuk range harga menunya sendiri juga masih ramah dikantong lho jadi aman kok buat kantong pelajar.

Kedepannya fasilitas yang ada di Bukit Shoka ini akan terus ditambah supaya para wisatawan semakin nyaman dan betah ketikan berkunjung kesini. Penasaran fasilitas apa saja yang bakalan ada di Bukit Shoka? Buruan deh kunjungi tempat wisata hits ini untuk agenda weekend nanti yuk!

Spot Foto Instagramable

Foto by instagram.com/kris_yk/

Sebagai kawula muda, dalam mengunjungi sebuah tempat untuk dijadikan lokasi wisata salah satu faktor penentunya ialah tersedia spot untuk berswafoto atau tidak. Nah jika kamu menjadikan Bukit Shoka sebagai destinasi wisatamu maka keputusanmu sudah tepat.

Sebab bukan hanya menawarkan pemandangan pantai dan perbukitan yang cantik, namun Bukit Shoka juga menyediakan beberapa spot foto instagramable dengan latar belakang lanskap alam super menawan.

Biasanya para pewisata memanfaatkan kursi dan meja yang ada ditepi bukit untuk dijadikan tempat berswafoto sambil menghadap ke arah Pantai Parangtritis dan diselimuti oleh langit berwarna jingga.

Bukan hanya dijadikan sebagai spot foto, namun Bukit Shoka ini juga cocok banget buat menikmati matahari tenggelam sambil bercengkerama bersama sahabat ataupun pasangan. Bukan hanya saat senja, namun pemandangan pagi dan malam hari di Bukit Shoka juga nggak kalah keren lho.

Suasana atas bukit yang tenang, membuat Bukit Shoka ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk relaksasi dan rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Tak heran jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong kesini saat akhir pekan.

Banyaknya pepohonan rindang yang ada di sekeliling Bukit Shoka juga semakin menciptakan suasana mejadi lebih sejuk dan asri. Apalagi suara deburan ombak dan hembusan angin laut Pantai Parangtritis juga semakin menambah kenyamanan para pewisata.

Tentang Bukit Shoka

Foto by instagram.com/arifsejati_/

Gunungkidul merupakan salah satu kawasan di Selatan Jogja yang kaya sekali dengan wisata alamnya. Banyak sekali destinasi wisata yang ada di Gunungkidul menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kota Jogja.

Bahkan bisa dibilang kawasan Gunungkidul ini menjadi penyumbang sektor Pariwisata terbesar di Yogyakarta. Sebut saja salah satu destinasi wisata di kawasan Gunungkidul yang paling terkenal seperti Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Api Nglangeran, Bukit Bintang, dsb.

Ngomongin soal destinasi wisata alam yang ada di Gunungkidul, baru-baru ini jagad sosial media sedang dihebohkan dengan maraknya orang-orang berpose diatas bukit dengan latar belakang Pantai Parangtritis.

Tempat tersebut ialah Bukit Shoka Senja yang merupakan salah satu destinasi wisata di Gunungkidul dengan segudang pesona keindahannya. Pemandangan atas Bukit Shoka memang sangat memukau dan serasa ingin berlama-lamaan diatas.

Foto by instagram.com/suryojdb/

Sebelum menikmati pemandangan cantik diatas bukit, kamu harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Meskipun melelahkan namun semua keringat yang dikeluarkan akan terbayar lunas setelah kamu sampai diatas bukit dan melihat pemandangan dibawahmu.

Jika kamu bosan dengan kepadatan yang terjadi di pusat kota atau ingin cari tempat hangout, ngedate dan refreshing, Shoka Bukit Senja ini merupakan pilihan paling tepat untuk melepas penat nih.

Shoka bukit senja gunung kidul soka gunungkidul sokha parangtritis sunset di jogja kabupaten daerah istimewa yogyakarta
Foto by instagram.com/rayonabintari/

Perpaduan sempurna antara tempat wisata murah, pemandangan cantik serta atmosfer alam sejuk membuat Shoka Bukit Senja ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat sayang jika harus dilewatkan dan ditolak begitu saja.

So, tunggu apalagi buruan rancang jadwal kunjunganmu ke Shoka Bukit Senja bersama orang-orang terdekatmu untuk menikmati quality time bersama sambil ditemani oleh suasana yang bikin kamu lupa dengan stress dan penat.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Cantiknya Shoka Bukit Senja, Spot Kece Untuk Sunset Time di Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.