gambar By @indtravel

15 Tempat Wisata di Gianyar Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Gianyar adalah salah satu Kabupaten di Indonesia yang letaknya berada di Pulau Bali dan memiliki banyak sekali objek wisata yang wajib dikunjungi selain di Kabupaten Bangli, Kabupaten Tabanan atau Kabupaten Klungkung.

Karena Bali tak melulu Kota Denpasar dan Pantai Kuta. Di Ginyar pun terdapat banyak sekali tempat wisata tersembunyi yang murah, bagus dan menarik untuk didatangi, bahkan masih belum terjamah oleh wisatawan.

Berikut tim jejakpiknik.com akan memberikan daftar nama tempat-tempat wisata terbaik serta terbaru di sekitar Kabupaten Gianyar yang menarik untuk dikunjungi. Apa saja? Mari kita simak bersama-sama!

1. Bali Safari & Marine Park

Foto By @wulandewii

Alamat: Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19,8, Serongga, Kabupaten Gianyar
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.135.000 per Orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WITA
Telepon:
0361 950000

Berwisata sambil belajar rasanya memang pas kalau kamu datang ke Bali Safari & Marine Park. Tempat wisata ini masih tergolong baru di kawasan Pulau Dewata Bali yg menyajikan berbagai macam binatang dari penjuru dunia.

Jumlah binatang yang ada di Bali Safari & Marine Park cukup banyak, ada sekitar 80 spesies dan 400 ekor terdiri dari 3 negara yaitu Indonesia, India dan Afrika. Jadi kamu tak perlu jauh-jauh mengunjungi ke luar negeri untuk melihat binatang khas negara tersebut.

Menariknya, kamu bersama rombongan bisa melakukan safari journey dengan menaiki kendaran Tram yang sudah disediakan. Suasananya dijamin sangat menyenangkan.

Selain bertemu binatang-binatang, kamu juga bisa menggunakan fasilitas yang disediakan seperti Waterpark dan Fun Zone. Bahkan di dalamnya disediakan penginapan berupa pondok – pondok apabila kamu ingin bermalam.

2. Bali Bird & Reptile Park

Foto By @devykrisdianti

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati
Map:
Klik Disini
HTM:
Rp.50.000 (anak-anak) dan Rp.100.000 (dewasa)
Buka Tutup:
09.00 – 17.30 WITA
No Telp:
0361 299352

Bagi kamu yang suka burung dan reptil, rupanya disini adalah tempat yang cocok untuk datangi. Di Bali Bird & Reptile Park kamu akan menemukan 1000 ekor unggas dan 250 spesies.

Selain dapat menyaksikan bermacam burung dan reptil, para wisatawan juga akan diedukasi mengenai pengetahuan tentang bagaimana cara perkembangbiakannya.

Berfoto bersama burung-burung cantik yang eksotis juga salah satu fasilitas yang bisa kamu lakukan. Jadi, bagi yang akan atau sedang berlibur ke Bali membawa anak-anak, sangat disarankan agar mengunjungi tempat ini.

3. Bali Zoo

Alamat: Jl. Raya Singapadu Banjar, Seseh, Sukawati
Peta:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp.80.000 (anak-anak) dan Rp.105.000 (dewasa)
Jam Operasional:
09.00 – 22.00 WITA
Nomor Telepon:
0361 294357

Bali Zoo berlokasi di Jalan Singapadu, Kecamatan Sukawati. Lokasinya sangat strategis, banyak sekali papan petunjuk arah yang akan membantu kamu sampai di kebun binatang ini.

Bali Zoo memiliki daya tarik tersendiri, yaitu desain yang sangat tertata dan terarah. Jika kamu pergi ke Bali bersama anak, maka spot ini adalah tempat yang pas dikunjungi.

Selain bermain dengan binatang, wisatawan juga akan dimanjakan dengan fasilitas lain yang sudah disediakan, yaitu Miniapolis Jungle Waterplay. Wahana ini sangat cocok dikunjungi setelah kamu keliling melihat binatang di Bali Zoo.

4. Bali Elephant Safari Park

Foto By @malvinka_liel

Lokasi: Jalan Elephant Safari Park, Banjar Desa Taro, Tegallalang
Koordinat:
Klik Disini
Telepon:
02361 8988888

Ingin cari sensasi yang berbeda ketika berlibur ke Bali? Maka kamu wajib mengunjungi Bali Elephant Safari Park. Selain bisa melihatnya, kamu juga bisa naik dan berjalan bersama Gajah.

Lokasinya safari park ini berada di Desa Taro, Tegallalang. Jika kamu berangkat dari Desa Ubud maka cukup dekat dan hanya perlu memakan waktu sekitar 30 menit.

5. Desa Wisata Ubud

gambar By @indtravel

Alamat: Desa Ubud, Kecamatan Ubud
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Ubud merupakan pusat seni dan budaya Bali. Di tempat ini banyak sekali lahir seniman berbakat. Selian itu, pesona alam yang begitu indah akan ditampilkan di desa tersebut.

Area persawahan dan hutan yang sangat asri bisa kamu temui disini, sehingga cocok sekali untuk dijadikan objek pengambilan gambar atau foto-foto instagenik.

Sebagian besar memang masyarakat sekitar berprofesi sebagai seniman, oleh sebab itu banyak pula wisatawan asing sering datang untuk menyaksikan penampilan yang apik ini.

6. Taman Nusa

Alamat: Jl. Taman Bali, Desa Sidan
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.85.000 per Orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WITA
Telepon:
0361 952952

Taman Nusa merupakan sebuah taman yang memiliki konsep wisata tentang budaya yang ada di Indonesia. Kamu akan mendapatkan informasi mengenai kebudayaan dan suku dari Sabang sampai Merauke disini.

Tata ruang di Taman Nusa ini memiliki latar belakang alam dan pegunungan. Spot tersebut bisa dibilang sangat pas dijadikan tujuan wisata bagi anak-anak dan keluarga.

Banyak sekali bangunan-banguna bersejarah yang akan ditemui. Informasi yang diberikan sangat atraktif sehingga anak-anak akan mudah memahami informasi yg diterima.

7. Goa Gajah

Foto By @maipo.photo

Alamat: Jalan Raya Goa Gaah, Ubud
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.6.000 per Orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WITA

Goa Gajah adalah objek wisata bersejarah yang wajib kunjungi di Bali. Tterletak di Ubud, Kabupaten Gianyar, tempat ini selalu ramai pengunjung di setiap harinya.

Menurut sejarahnya, konon katanya spot tersebut awalnya merupakan sebuah area untuk beribadah bagi umat Budha yang diciptakan oleh Mpu Prapanca.

Disekitaran Goa Gajah ini dikelilingi oleh pepohonan yang asri sehingga menciptakan udara yang begitu sejuk dan nyaman. Selain itu, terdapat pula tujuh patung yang memegang air suci yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India.

8. Istana Tampak Siring

Foto By @murilomatosmendonca

Alamat: Jl. Tampaksiring, Manukaya
Koordinat:
Klik Disini
Telepon:
0812 5946 0859

Di Bali juga ada Istana Kepresidenan, tepatnya berada di daerah Tampaksiring. Uniknya Istana ini berada di atas bukit, kurang lebih sekitar 750 meter diatas permukaan bumi.

Istana ini dibuka untuk umum pada hari-hari tertentu, jadi pastikan kamu memesan dulu sebelum berkunjung kesini. Selain disuguhi bangunan megah, kamu juga dapat melihat pemandangan yang sangat menakjubkan di depan istana yakni sawah berupa terasiring.

9. Pasar Seni Sukawati

Alamat: Jl. Raya Sukawati
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WITA

Jika sedang berlibur ke suatu tempat, rasanya kurang lengkap jika belum berbelanja oleh-oleh, apalagi berlibur ke Pulau Dewata. Jika ingin mendapatkan yang harga murah, maka Pasar Seni Sukawati adalah tempat yang cocok untuk kamu.

Tempatnya sangat strategis, berjarak kurang lebih 30 km dari Bandara Ngurah Rai, atau sekitar 40 menit jika kamu menggunakan kendaraan bermotor.

Banyak sekali aneka kerajinan khas Bali yang dijual disini, bahkan camilan dan baju-baju juga banyak tersedia. Tips jika berbelanja di tempat ini, kamu harus pintar menawar agar mendapat harga yang lebih murah.

10. Pantai Lebih Gianyar

Foto By @katarina.ondrejkova

Alamat: Jl. By Pass Ida Bagus Mantra, Lebih, Kec. Gianyar
Koordinat:
Klik Disini

Hamparan pasir hitam di Pantai Lebih Gianyar terlihat jelas ketika kamu masuk ke area bibir pantai. Masih sangat alami dan asri adalah keunggulan dari spot ini.

Suasananya sangat tentram dan nyaman membuat para wisatawan betah berlama-lama menikmati pemandangannya yang bagus. Kamu pun bisa sembari menyantap hidangan laut di tempat makan yang ada disana.

11. Air Terjun Tegenungan

Foto By @nusatrip

Alamat: Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.5.000 (anak-anak) dan Rp.10.000 (dewasa)
Jam Operasional:
06.00 – 18.00 WITA

Air terjun Tegenungan ini berlokasi di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Letaknya tidak jauh Kota Denpasar, hanya sekitar 30 menit jika kamu menggunakan kendaraan bermotor.

Air terun Tegenungan sudah cukup terkenal dikalangan wisatawan domestik, juga turis asing. Pemandangan alam yang ditawarkan sangat bagus, disekelilingnya terdapat pohno-pohon yang hijau.

Tracking menuju air terjun tersebut dari area parking memang sedikit menantang dimana kamu harus menuruni anak-anak tangga.

12. Bukit Jati Waterboom

Alamat: Jl. Raya Bukit Jati, Samplangan
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.35.000 (anak-anak) dan Rp.50.000 (dewasa)
Jam Operasional:
10.00 – 18.00 WITA
Telepon:
0361 4791513

Di bagian Bali Timur terdapat tempat rekreasi keluarga yg memiliki wahana permainan air yang sangat lengkap, namanya yaitu Bukit Jati Waterboom. Lokasinya berada di jalan Raya Bukit Jati Samplangan.

Banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan disini, seperti kolam arus, kolam slide besar dan kolam renang anak. Tempat ini selalu ramai pengunjung karena tiket yang ditawarkan sangat murah.

13. Sekar Bumi Farm

Foto By @w_tawan14

Alamat: Jl. Raya Sekar Bumi No. 99, Banjar Buhu, Desa Kerta Payangan
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 18.00 WITA
Telepon:
0815 4707 744

Sekar Bumi Farm merupakan maskot agrowisata di Kabupaten Gianyar. Disini banyak sekali aktivitas yang dilakukan, misalnya saja outbond, berkemah, jungle tracking dan lainnya.

Daerah Payangan memiliki potensi alam yang sangat baik, maka dari itu tumbuhan yang ditanam selalu tumbuh dangan baik. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dari kesibukan pekerjaan kantor.

Pemandangan dan udara yang sejuk mendukung kamu untuk beristirahat dan menikmati liburan bersama teman atau keluarga tersayang.

14. Rafting Sungai Ayung

Foto By @ekabian03

Alamat: Jl. Raya Ubud
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.150.000
Jam Operasional:
09.00 – 18.00 WITA
Telepon:
0877 6014 2434

Setelah kamu menikmati wisata di pantai di Kabupaten Gianyar, saatnya kamu menjelajahi wisata alam lainnya, yaitu rafting. Di Gianyar terdapat Sungai Ayung yang arus airnya cukup deras, maka dari itu warga setempat memanfaatkan sungai tersebut tempat wisata.

Banyak sekali penyedia rafting yang ada di sekitar sungai tersebut, tentunya juga akan ditemani instruktur yang sangat berpengalaman jadi tidak perlu kawatir.

Di Sungai Ayung, kamu akan melakukan permainan rafting sepanjang 12 km. Selain dimanjakan dengan keseruan, juga juga akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

15. Tari Barong di Batubulan

Alamat: Jl. Raya Batubulan
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp.30.000 per Orang
Jam Operasional:
09.30 – 10.30 WITA
Telepon:
0361 298038

Di Ubud sudah terkenal dengan keseniannya yang sangat memukau. Salah satunya adalah Tari Barong. Desa Batubulan selalu memberikan pertunjukan tari disetiap harinya. Jadi kapan saja kamu pergi ke Gianyar pasti bisa menonton tari barong ini.

Pementasannya pun didesain dengan arsitektur Bali. Pertunjukkan Tari Barong di Desa Batubulan ini tidak pernah sepi pengunung maka dari itu setiap agen tour and travel pasti menyelipkan jadwal untuk mendatangi tempat ini.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.