gambar By @yudha_kp14

25 Obyek Wisata di Madiun dan Sekitarnya

Diposting pada

Madiun merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang dikenal dengan pusat industri kereta api dan berada dekat stasiun serta memiliki makanan khas yaitu brem. Daerah ini memiliki Caruban sebagai ibukota pemerintahan.

Sebelumnya ada eks-karesidenan Madiun yang terdiri dari Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan, dan Ponorogo. Secara geografis, kota ini terletak di dataran dengan ketinggian 63 – 67 meter dari permukaan laut.

Ada berbagai destinasi tempat wisata yang ditawarkan oleh kota Madiun ini dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Namun jika ingin ke pantai bisa mencari lokasi di kota sekitarnya atau bertanya pada biro perjalanan.

Berikut ini daftar tempat wisata yang menarik di Madiun dan sekitarnya lengkap dengan keterangan dan gambar/foto.

1. Dumilah Park

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 99, Klegen, Madiun, Jatim
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000 – Rp.10.000 per Orang
Jam Operasional: 07.00 – 19.00
Telepon: 0822-3260-2507

Dumilah Water Park Madiun menyajikan tempat wisata yang cukup lengkap. Wahana yang ada di sini yaitu terbagi dalam beberapa zona, yaitu Garden Zone, Games Zone, Water Zone, dan Pujasera.

Garden Zone merupakan wilayah taman yang asri cocok untuk bersantai. Water Zoner merupakan wisata air dengan kolam renang untuk anak, tanding, dan arus.

Pujasera merupakan pusat jajanan yang menyajikan berbagai makanan untuk para wisatawan. Dumilah Park cocok dikunjungi bersama anak dan keluarga. Selain memiliki wahana yang cukup lengkap, harga masuknya juga terjangkau.

2. Monumen Kresek

Foto By @dailymadiun

Lokasi: Kresek, Wungu, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

Monumen Kresek merupakan monumen bersejarah atas Peristiwa Madiun. Terdiri dari monumen dan relief peninggalan sejarah mengenai keganasan PKI pada tahun 1948.

Fasilitas lain di sekitarnya yaitu pendopo, taman tanaman langka, dan area parkir. Tempat ini diresmikan pada tanggal 10 Juni 1991 oleh Gubernur Jawa Timur.

3. Wana Wisata Grape

Alamat: Kresek, Wungu, Kuwiran, Kare, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000 per 2 Orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

Wana Wisata Grape menyajikan tujuan wisata alam. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang ada di sana serta kesejukan dari lereng gunung.

Ada kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung, yaitu wader goreng. Wisatawan bisa menikmati hidangan dengan lesehan dan menikmati suasana alam.

4. Wisata Umbul Madiun

Lokasi: Jalan Ngumbul, Dolopo, Glonggong, Madiun, Jawa Timur 63174
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.10.000 – 15.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 23.00

Wisata Umbul Madiun menyajikan berbagai wahana bagi wisatawan, khususnya anak muda. Tempat wisata yang berlokasi di Dolopo ini beroperasi sampai malam hari. Salah satu andalannya adalah Square Night Festival berupa taman hiburan di malam hari.

Ada hiburan pentas musik yang akan memeriahkan suasana. Taman Wisata Umbul sebenarnya merupakan peninggalan Belanda. Saat ini wahana yang tersedia berupa kolam renang, taman bermain, kebun binatang, dan area outbond.

5. Taman Bantaran Kali

Foto By @dlaprilia

Alamat: Pangongangan, Mangu Harjo, Madiun, 63121
Koordinat: Klik Disini

Daerah bantaran kali selama ini dianggap kawasan yang kurang bersahabat. Namun Pemerintah Madiun menyulap Taman Bantara Kali menjadi kawasan wisata bernuansa Ancol.

Taman tersebut sebelumnya sudah ditata namun akan diberi tambahan fasilitas lagi sehingga lebih nyaman bagi pengunjung.

6. Air Terjun Slampir

Lokasi: Desa, Kare, Madiun, Jawa Timur 63182
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.1.000 per Kendaraan (parkir)

Air terjun Slampir memiliki nama lain yaitu Seweru atau Serondo. Lokasinya berada di lereng Gunung Wiling dengan ketinggian 400 meter. Terdapat dua buah air terjun yang saling berhadapan.

Bagi yang ingin ke sana sebaiknya menggunakan sepeda motor agar bisa masuk ke dalam. Perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni daerah perbukitan.

7. Waduk Bening Saradan

gambar By @yudha_kp14

Alamat: Pajaran, Saradan, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.500 per Motor

Waduk Bening Saradan bisa jadi pilihan obyek wisata yang bisa dikunjungi saat liburan. Di sana pengunjung bisa melihat waduk dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk.

Tak hanya itu, ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti memancing, berkemah, flying fox, sepeda motor mini trail, dan naik perahu. Jadi walaupun harga masuknya lumayan murah, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini.

8. Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark

Lokasi: Jl. Raya Ngawi-Madiun KM. 7, Ngawi, Tempuran
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.12.500 – Rp.15.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Telepon: (0351) 745581

Taman Air Tirtonirmolo menyajikan wisata kolam renang bagi anak-anak sampai dewasa. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain seluncur, gedung film 3D, boom boom boat, becak family, kereta gantung, motor ATV, Flying fox, bianglala, panggung festival, dll.

Wahana yang disediakan cukup lengkap, jadi bisa mengajak seluruh keluarga untuk berlibur ke tempat ini. Apalagi harga tiketnya juga cukup murah.

9. Masjid Kuno Kuncen

Foto By @madiunview

Alamat: Kuncen, Taman, Kota Madiun
Koordinat: Klik Disini

Madiun memiliki obyek wisata religi yang juga bersejarah yaitu Masjid Kuno Kuncen. Masjid tua ini dibangun di masa pemerintahan Pangeran Timur atau Sultan Trenggono. Walaupun berusia ratusan tahun namun bangunannya masih tampak kokok.

Ada empat tiang utama yang terbuat dari kayu jati berukuran besar, bahkan ukirannya juga tak rusak. Di dekat masjid, terdapat Makam Pangeran Timur. Pengunjung biasanya banyak datang pada saat bulan Ramadhan.

10. Sendang Biru Madiun

Lokasi: Jl. Raya Munggut, Wungu, Madiun, 63181
Koordinat: Klik Disini

Sendang Biru Madiun berupa wisata kolam renang yang terbagi menjadi dua, yaitu untuk anak maupun dewasa. Si kecil pasti senang saat bermain air di tempat ini karena fasilitasnya yang cukup lengkap.

11. Masjid Agung Baitul Hakim

Alamat: Jalan Alon-Alon Barat, Pangongangan, Mangu Harjo, Madiun, 63121
Koordinat: Klik Disini

Masjid Agung Baitul Hakim adalah masjid terbesar di Madiun yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1830 dan pada tahun 2002 dilakukan renovasi besar-besaran. Arsitekturnya memakai desain Jawa, Arab, Saudi serta Eropa.

Masjid ini memiliki keunikan yaitu ada 12 tiang yang miring. Fasilitas yang ada di dalamnya berupa taman, ruang belajar, aula serba guna, perpustakaan, kamar mandi, tempat wudhu, menara, dan lain-lain.

12. Desa Wisata Brumbun Tubing Adventure

Foto By @puput_arini11

Lokasi: Brumbun, Wungu, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telepon: 0852-3500-3359

Brumbun Tubing Adventure merupakan salah satu wisata baru di Madiun. Wisata ini memanfaatkan arus sungai di lereng Gunung Wilis.

Pengunjung dapat melakukan petualangan dengan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Bagi yang suka wisata menantang, tubing bisa dijadikan pilihan.

13. Waduk Kedung Brubus

Alamat: Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun
Koordinat: Klik Disini

Waduk Kedung Brubus merupakan bendungan yang terletak di utara Kecamatan Pilangkenceng, Madiun. Sekarang spot ini berfungsi secara maksimal baik untuk irigasi maupun obyek wisata.

Akses jalan menuju ke tempat ini cukup baik apalagi ditambah pemandangan hutan jati yang indah sebelum memasuki waduk dan di sekitarnya banyak ditemukan fosil purba.

Para ahli menyatakan bahwa spot ini berkaitan dengan Trinil di Ngawi. Wisatawan banyak datang untuk memancing di waduk terutama pada malam hari dan hari libur. Pihak pengelola memberikan fasilitas warung ikan bakar/goreng segar dari karamba.

14. Lapangan Kanigoro

Lokasi: Jl. Lap., Kanigoro, Wungu, Madiun, Jawa Timur 63181
Koordinat: Klik Disini

Lapangan Kanigoro merupakan tempat olahraga bagi warga Madiun. Fasilitas olahraga yang ada berupa lapangan rumput dan tempat untuk terapi serta jogging. Warga berharap tempat ini terus bisa digunakan sebagai lapangan olahraga.

15. Taman Hijau Demangan

Foto By @madiun_nice.id

Alamat: Jl. Soekarno-Hatta, Demangan, Taman, Kota Madiun, 63133
Koordinat: Klik Disini

Taman Hijau Demangan merupakan taman umum di Madiun. Di sekitarnya terdapat banyak kios pedagang. Taman mulai diperbaiki dengan menambahkan beberapa fasilitas seperti jalan setapak dan berbagai macam tanaman.

16. Enefka Madiun

Lokasi: Jalan Margobawero Gg. VII No. 18, Mojorejo, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Telepon: 0856-3232-950

Enefka Madiun menawarkan paket wisata outbond. Aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu rafting, game air, flying fox, dan lain-lain.

17. Klenteng Madiun “Tri Dharma”

Foto By @exploremadiun

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 63 Kejuron, Taman, Kota Madiun
Koordinat: Klik Disini

Kelenteng Tri Dhrama atau Hwie Ing Kiong merupakan tempat ibadah dengan pujaan utama YM Mak Zu Thian Shang Sheng Mu. Ada banyak altar dalam kelenteng dan terdapat juga pagoda 3 tingkat yang namapk indah.

Dahulu kelenteng ini diprakarsai oleh tokoh Tionghoa. Mereka membawa patung Ma Zu Thien Shang Shen Mu setinggi 97 cm dari Tiongkok. Kelenteng mulai dibangun pada tahun 1887.

18. Gunung Wilis

Lokasi: Banaran, Pulung, Ponorogo
Koordinat: Klik Disini

Gunung Wilis merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.169 di atas permukaan laut yg terletak di enam kabupaten yakni Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek.

Pendakian bisa dimulai melalui Kabupaten Kediri. Di dalamnya ada objek wisata air terjun. Pemandangan dari puncak gunung ini juga sangat indah.

19. Gunung Kendil

Foto By @ddykurniawan19

Alamat: Pilangrejo, Wungu, Kab. Madiun
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 07.00 – 18.00

Gunung Kendil terkenal dengan pemandangannya yang seperti berada di Santa Monica, Los Angeles. Lokasinya sendiri cukup mudah untuk diakses. Dahulu, kawasan ini dijadikan sebagai tempat latihan militer.

Sekarang sebagai tempat wisata, kawasan gunung dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, warung makan, dan gazebo.

Ada juga tempat pemancingan, bumi perkemahan, tempat latihan menembak, sampai arena balap motor dan mobil off road. Jadi ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang datang ke tempat ini.

20. Hutan Pinus Nongko Ijo

Lokasi: Kare, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.2.000 per Motor, Rp.5.000 per Mobil.
Jam Operasional: 06.00 – 18.00
Telepon: 0819-4636-3737

Hutan Pinus Nongko Ijo terletak di lereng Gunung Wilis. Dinamai nongko ijo karena terjadapa pohon nangka hijau yang sangat besar tumbuh di sana. Saat ini kawasan hutan mulai dikembangkan sebagai tempat wisata.

Pemandangannya sangat indah dengan dua mata air sungai yang menjadi satu. Ada juga bendungan peninggalan dari Belanda. Kedepannya akan diberi tambahan fasilitas seperti kamar mandi, rumah pohon, hammock, outbond, perkemahan, tubing, dan flying fox.

21. Punden Lambang Kuning

Foto By @iftahwahyusaputra

Alamat: Nglambangan, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Telepon: 0812-1829-106

Punden Lambang Kuning berpa makam Nyai Lambang Kuning. Disini terbagi menjadi dua halaman. Pada halaman pertama terdapat pendopo yang digunakan untuk ritual bersih desa dan peristirahatan pengunjung.

Halaman kedua menyimpan kumpulan benda purbakala antara lain sandung/miniatur rumah, umpak persegi, yoni dengan bagian cerat terpotong, dan batu tungul. Di sebelah kiri benda-benda purbakala terdapat pura bali dan makam yang di tengahnya ditumbuhi pohon.

Makam itu yang disebut sebagai makam Nyai Lambang Kuning. Beliau disebutkan masih keturunan Kerajaan Kahuripan dan korban dari Calon Arang yang melarikan diri.

22. Air Terjun Krecek Ndenu

Lokasi: Desa Kepel, Kare, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.5.000 per Motor

Air Terjun Krecek Ndenu tak jauh dari Wana Wisata Grepe. Akses menuju ke sana juga cukup mudah hanya perlu berjalan kaki 15 menit untuk sampai ke lokasi air terjun.

Selain itu di desa lan terdapat Air Terjun Banyulawe. Sudah banyak wisawatan yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan pemandangan objek tersebut.

23. Suncity Theme & Water Park

Foto By @themepark_suncitymadiun

Alamat: Jalan Letjen S Parman no 8, Oro-oro Ombo, Kota Madiun 63117
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.25.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Telepon: (0351) 476796

Suncity Theme dan Water Park menyajikan tempat bermain air dengan fasilitas sangat lengkap seperti kolam ombak, kolam air, dan kolam olimpik.

Selain itu ada aneka wahana di Sun City Park Toys Adventure Land seperti Ocean Walk, Jelly Fish, Boom Boom Car, Pirate Ship, Carousel, Trampoline, Naughty Castle, Space Ring, dan lain-lain. Tempat wisata ini cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak.

24. Piranha Swimming Club

Lokasi: Jl. Anturium / Pesaren, Munggut, Wungu, Madiun 63181
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 06.00 – 18.00
Telepon: 0857-3047-9627

Piranha Swimming Club merupakan perkumpulan renang yang memiliki tempat tersendiri untuk latihan para atlet. Di sini dibina pelatihan renang dari pemula sampai prestasi.

25. Palang Mejayan

Alamat: Jalan Panglima Sudirman No. 79 A, Mejayan, Madiun
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 04.00 – 23.00
Telepon: 0858-5008-8561

Palang Mejayan merupakan tempat bersejarah. Situs ini menyimpan berbagai macam arca dari peninggalan kerajaan kuno Jawa. Bagi yang ingin menikmati wisata sejarah di Madiun bisa datang ke tempat ini.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “25 Obyek Wisata di Madiun dan Sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.