Bir Pletok, gambar By @limadaun

Liburan Ke Ibukota, Coba Cicipi 10 Minuman Segar Khas Jakarta Ini

Diposting pada

Kota Jakarta memiliki segudang kuliner khas yang lezat dan patut buat dicoba. Bukan hanya makanannya, kamu juga wajib mencicipi sederet minumannya dari ibukota Indonesia ini.

Minuman khas DKI Jakarta ini cukup terkenal karena memiliki keunikan dan citarasa tersendiri. Tak hanya sebagai pelepas dahaga, tapi beberapa diantaranya juga diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Aneka minuman khas Jakarta ini juga menambah daftar keanekaragaman kuliner khas di Indonesia. Jenisnya pun bermacam-macam, ada yang dingin, unik, tradisional sampai beralkohol.

Berikut adalah 10 daftar minuman khas Jakarta yang banyak dicari karena memiliki citarasa lezat lengkap beserta penjelasannya dan gambarnya.

1. Bir Pletok

Tidak semua yang namanya bir itu memabukkan. Bir Pletok adalah salah satu contohnya. Ini bukanlah minuman keras yg mengandung alkohol, justru sangat menyehatkan karena terbuat dari aneka macam rempah-rempah seperti jahe, serain dan daun pandan.

Memiliki ciri warna merah karena resepnya juga menggunakan ramuan kayu secang. Minuman tradisional ini sangat terkenal di kalangan Betawi.

Bahkan katanya, ini adalah salah satu minuman asli orang Betawi tempo dulu yang memiliki citarasa segar dan dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi masalah sulit tidur.

Bir Pletok ini bisa dijumpai dengan mudah di seluruh kawasan Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan harganya dibanderol hanya kisaran belasan rupiah saja.

2. Es Selendang Mayang

Foto By @terasaculinary

Bagi masyarakat Jakarta khususnya orang Betawi, pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman khas bernama Es Selendang Mayang.

Seperti namanya, minuman yang cukup menyegarkan dan mengenyangkan ini bahan dasarnya dibuat dari seledang mayang, yaitu campuran tepung beras dengan sagu yg kemudian dibentuk menjadi kue seperti agar-agar lalu disiram kuah santan.

Es Selendang Mayang ini merupakan jajanan asli orang Betawi yang keberadaannya hampir punah karena tergerus oleh zaman. Namun begitu, kamu masih tetap bisa mencicipinya saat bertandang ke kawasan Kota Tua.

Beberapa penjual es Selendang Mayang masih setia dan bisa kamu temui dengan mudah disana. Cukup modal 5-10 ribun saja untuk bisa menikmati seporsinya.

3. Es Doger

Foto By @hobimakan_garut

Nah, kalau minuman tradisional satu ini rasanya hampir semua masyarakat luas seantero nusatara sudah mengenalnya ataupun mencicipinya.

Bagaimana tidak, es doger adalah salah satu jajanan tradisional yang sangat mudah ditemui di setiap sudut daerah termasuk di kota Jakarta, baik di pinggir-pinggir jalan, mall ataupun restoran mewah.

Rasanya pun sangat segar, manis dan cukup mengenyangkan. Ditambah lagi isiannya sangat beragam, ada kelapa muda, tape ketan, santan kental hingga susu kental manis yang membuat citarasanya semakin menggoda untuk segera disantap.

Disamping itu, harga yang ditawarkan untuk per porsi es doger juga tidak terlalu mahal, hanya kisaran 5-10 ribuan saja. Meski murah tapi bukan berarti citarasanya murahan ya!

4. Kopi Jahe

Foto By @kollout

Bosan dengan menu itu-itu aja? Coba deh kopi jahe ala Betawi. Ini adalah minuman kopi yang patut kamu cicipi. Rasanya, super mantap dan dijamin bakal ketagihan.

Selain rasanya segar, aromanya khas, khasiatnya juga cukup bagus bagi kesehatan jika dikonsumsi karena minuman khas Jakarta ini dibuat dengan menggunakan rempah-rempah berupa jahe.

Kopi Jahe ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang hujan dalam keadaan hangat-hangat. Selain dapat menghangatkan tubuh, juga dipercaya bisa mengobati deman, perut kembung serta masuk angin.

Selain memiliki resep yang mudah dibuat, kopi jahe juga termasuk salah satu minuman yg cukup gampang ditemui karena sudah tersedia dalam kemasan dan banyak dijual di supermarket dengan harga cukup bervariasi.

5. Es Goyang

Foto By @foodirectory

Nah, untuk pelepas dahaga satu ini gampang sekali ditemui di pinggir jalan kota Jakarta dan harganya pun sangat terjangkau, cuma kisaran 3 ribu rupiah. Es goyang adalah jajanan tempo dulu yang masih eksis sampai sekarang.

Diberi nama demikian karena untuk membuatnya penjualnya harus menggoyang-goyang gerobaknya secara perlahan-lahan. Berdasarkan resepnya, es tersebut terbuat dari campuran santan kelapa, gula pasir, perasa makanan dan tepung hunkwe.

Es Goyang sendiri paling mudah ditemui di sekitaran Pasar, Stasiun dan terminal Senen. Berbicara soal rasa, dijamin kamu bakal nagih.

6. Es Campur Betawi

Foto By @arinda_1ife

Mendengar namanya mungkin kamu akan menganggapnya biasa saja, namun sebenarnya minuman khas ibukota ini berbeda dari es campur pada umumnya. Mau tahu dimana letak perbedaannya?

Nah, es campur orang Betawi ini tidak hanya diisi dengan berbagai buah-buahan dengan cincau saja, tapi dalam penyajiannya juga diberi tambahan berupa bubur sumsum. Soal rasa, dijamin akan sangat mengesankan deh!

Dan salah satu es campur yang terkenal enak di Jakarta adalah milik dari kedai Bakso Mas Gendut di jalan Villa Melati Mas Raya Blok H1 No.26, Serpong. Selain rasanya nikmat, harganya pun tak bikin kantong bolong, cuma Rp.12.000 aja.

7. Sekoteng

Foto By @infomrraya

Sekoteng ini sebenarnya asalnya dari Solo, Jawa Tengah namun cukup populer di ibukota. Minuman hangat tersebut tampilannya hampir mirip dengan wedang, begitupun dengan bahan-bahan bakunya.

Sekoteng sendiri terbuat dari aneka macam rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, serai, daun pandan dan gula pasir. Untuk melengkapi penyajiannya biasanya diberi tambahan berupa potongan roti tawar, kolang-kaling, pacar cina, serta kacang tanah sangrai.

Minuman ini juga sangat cocok dikonsumsi saat malam hari di tengah dinginnya cuaca atau ketika hujan karena bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Sajian tradisional tersebut juga cukup mudah ditemui karena banyak dijajakan di warung-warung makan pinggiran jalan dan harganya pun sangat ramah dikantong.

8. Es Kolang-Kaling

Foto By @windowofmyworld

Berikutnya adalah es kolang-kaling. Ini adalah salah satu minuman khas Jakarta yang tidak kalah populer. Kesegarannya sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas.

Warnanya yang tampil menggoda membuat banyak orang jatuh hati dengan es kolang-kaling ini. Untuk bahan utamanya, sama seperti namanya dengan tambahan berupa es batu serta gula pewarna.

Untuk mendapatkan menu tradisional ini tidaklah sulit karena banyak dijajakan di warung makan atau gerai minuman pinggir jalan dan harganya pun bersahabat dengan kantong.

9. Jamu

Foto By @theyogabarn

Jamu yang selama ini dikenal sebagai minuman tradisional, kini tengah naik daun. Alasannya apalagi kalau bukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19.

Jamu juga termasuk salah satu minuman khas Jakarta yg kalau dikonsumsi secara teratur dapat membuat tubuh menjadi jauh lebih segar dan bugar karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia.

Dan salah satu tempat paling recommended untuk mencici jamu terbaik di Jakarta, namanya adalah Suwe Ora Jamu yg terletak di jalan Petogogan No.28B, Jaksel. Selain pilihan rasanya beragam, harganya pun terbilang ekonomis.

10. Es Cingcau

Foto By @susiherawati_obgyn

Sejak zaman dahulu, masyarakat Betawi sangat menyukai bahan makanan yg namanya cingcau. Dan kerap dijadikan sebagai pembuatan minuman segar bernama es cincau.

Cincau ini sebenarnya berasal dari daun tanaman cingcau yang diperas dan dikentalkan. Dengan campuran santan serta gula merah membuat minuman tersebut memiliki rasa manis juga gurih.

Untuk menemukan penjual minuman tersebut tidaklah sulit karena banyak dijajakan dari mulai pedagang kaki lima sampai restoran mewah. Soal harga, tidak perlu khawatir karena dibanderol dengan sangat terjangkau.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai beberapa minuman khas Jakarta yang banyak dicari. Diantara daftar diatas, mana sih yg menjadi favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.