foto by instagram.com/wadukgondang.kra

Ada Apa Dengan Waduk Gondang? Ini Kondisi Terbarunya

Diposting pada

Lokasi: Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Map: Klik Disini
HTM: Rp.2.500
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon:

Begitu beraneka ragam objek wisata di negara Indonesia ini, mulai dari dataran tinggi hingga ke dataran rendah bahkan dari wisata alam ke wisata buatan semua dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang tidak kalah menarik dari tempat wisata dari negara lain.

Waduk merupakan salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai objek wisata, selain fungsinya yang bertujuan untuk menyimpan air dalam jumlah besar waduk ini juga memiliki potensi lain yang dapat dimaksimalkan oleh pengelola atau penduduk setempat.

foto by instagram.com/bangjoephotographylamongan

Waduk Gondang ini berada di Kabupaten Lamongan merupakan waduk dan sekaligus menjadi tempat wisata yang memiliki pemandangan alam dan tentunya dapat memanjakan mata dengan keindahan alamnya mulai dari pepohonan rimbunnya di beberapa tempat dan ditemani dengan derau air dari Waduk Gondang itu sendiri.

Kabupaten Lamongan, Jatim sendiri terletak di sebelah barat dari Kota Surabaya dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Gresik disebelah timur, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban disebelah barat, bagian selatan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang dan di utara berbatasan dengan Laut Jawa.

Lokasi Waduk Gondang sendiri sudah ada di peta online. Untuk rutenya cukup ikuti GPS yang saat ini sudah menjadi petunjuk arah andalan tiap orang. Selain itu, ada video di youtube juga yang menampilkan konten berupa perjalanan menuju ke tempat ini dari suatu tempat tertentu, namun aplikasi Maps juga sudah menunjukan gambar secara nyata.

Biaya Milyaran

Waduk Gondang ini merupakan waduk buatan yang mulai dibangun pada tahun 1976-1986, untuk mewujudkan pembangunan waduk ini dibutuhkan biaya proyek sekitar Rp 14,902 Miliar dan diresmikan oleh presiden saat itu yaitu Presiden Soeharto pada tahun 1987, bukan Presiden Jokowi.

Secara administrasi alamat dari waduk ini sendiri berada di sebagian besar wilayah Kecamatan Sugio.

foto by instagram.com/screw_frog

Waduk ini juga menjadi salah satu objek wisata sejarah asal usul cerita berita fenomena mitos andalan dari Kabupaten Lamongan dan memiliki pemandangan sekaligus udara yang sejuk jika anda berkunjung ke tempat ini.

Dengan area seluas 6,60 Ha tempat wisata ini memiliki berbagai spot yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

foto by instagram.com/bungartphotography

Tentu dibangungannya tempat ini memiliki tujuan khusus dan manfaat, terutama untuk kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Biasanya waduk dibangun untuk irigasi, kra dan lain sebagainya.

Intinya tentang menyejaterahkan rakyat dan terbukti membuka lapangan pekerjaan (kerjo), karena menjadi tempat wisata, salah satunya adalah dengan usaha warung.

Fasilitas Yang Ada

Tersedia fasilitas parkir di tempat wisata ini, hal tersebut dapat memudahkan para pengunjung jika menuju tempat wisata ini dengan kendaraan pribadi.

Selain pemandangan waduk yang indah di area wisata ini juga menyediakan perahu motor untuk mengelilingi waduk, tersedia juga sepeda air cocok bagi wisatawan yang datang berdua dengan pasangan.

foto by instagram.com/kinar_photoart

Selain wisata yang dapat pengunjung nikmati diatas air dengan menaiki perahu motor dan sepeda air di Waduk Gondang juga terdapat satu wisata edukatif dan terbilang unik yaitu berupa kebun binatang mini.

Meski hanya sedikit koleksi yang terdapat di kebun binatang mini ini tetapi hewan – hewan tersebut termasuk yang jarang kita temui di alam luar, seperti elang, landak, hingga orangutan.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat masuk ke area Waduk Gondang ini para pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 2.500 per orangnya.

Tentunya dengan harga ang relative murah ini para pengunjung dapat menikati keindahan di sekitar area Waduk Gondang ini. Tentunya harga tiket ini dapat berubah sewaktu – waktu jika pihak pengelola berkenang.

Mitos Misteri

Terdapat juga beberapa misteri dari Waduk Gondang ini diantaranya adalah dalamnya dari waduk ini, meski terdapat kedalaman pasti sedalam 29 meter.

Namun di beberapa tempat di dasar waduk ini terdapat tempat berbahaya yang mengandung lumpur hisap dan konon jika masuk ke dalam tempat tersebut maka anda dikirim ke sisi lain dari dunia manusia yaitu dunia jin.

foto by instagram.com/wadukgondang.kra

Tentunya misteri tersebut juga patut diwaspadai seperti adanya lumpur hisap di dalamnya tetapi soal jika masuk ke dalam tempat tersebut masuk ke dunia jin maka itu akan dikembalikan ke kepercayaan masing – masing dari wisatawan yang mengunjungi waduk ini.

Namun untuk penampakan hantu, naga , tayub dan sejenisnya tidak diketahui secara pasti. Tragedi tersebut juga tidak wajib dipercayai, namun keberadaan lumpur hisap mungkin masih harus ditelusuri lebih lanjut.

Dekat Wisata Lain

Dekat dari area Waduk Gondang ini juga terdapat satu tempat wisata yang juga patut anda kunjungi baik berdua dengan pasangan maupun dengan keluarga anda. Tempat wisata itu adalah Wisata Edukasi Gondang Outbond atau biasa disebut WEGO.

foto by instagram.com/wadukgondang.kra

WEGO merupakan tempat wisata yang bertemakan Ekowisata dan memiliki berbagai macam bentuk permainan atau wahana untuk outbond, tempat ini terbilang baru di area sekitar Waduk Gondang karena baru saja diresmikan pada tanggal 10 november 2016.

Spot Terbaik

Memiliki area seluas 23 Hektar WEGO Sugio Lamongan memiliki berbagai macam wahana menarik diantaranya kolam renang bertemakan eropa, ada juga spot foto berupa pesawat Boeing 737 yang merupakan pesawat bekas dari maskapai penerbangan dan menjadi daya tarik pegunjung.

foto by instagram.com/ibraw_perman

Spot foto ini tak kalah popular dari pesawat WEGO adalah Jembatan Cinta WEGO spot ini yang paling disukai oleh pengunjung, terdapat satu pulau yang berbentuk Love disitu terdapat fasilitas seperti rumah pohon, dan tanam serta keindahan lainnya. Jembatan yang menghubungkan antara WEGO dan pulau inilah yang dinamakan Jembatan Cinta WEGO.

Area Outbond

Selain itu di WEGO Sugio Lamongan juga memiliki area outbond yang terbilang cukup lengkap seperti flaying fox, panjat tebing, dan kereta gantung. Tersedia juga bumi perkemahan untuk melakukan camping ground yang berada di tengah hutan jati dan memiliki fasilitas panggung dan juga toilet.

Untuk dapat menikmati WEGO Sugio Lamongan ini pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 per orangnya dan juga area parkir yang memadai bagi pengunjung, untuk biaya parkir sendiri dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua atau motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil dan Rp 10.000 untuk bus.

Lokasi WEGO

Lokasi WEGO ini berada di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Akses jalan untuk menuju destinasi wisata ini pun cukup baik dengan kondisi jalanan yang bagus.

Rute Menuju Lokasi

Kemudian untuk menuju ke area wisata ini jika dari Surabaya terdapat dua jalur yang dapat ditempuh, jalur pertama setelah melewati Kota Lamongan dan terus mengikuti jalan raya babat lamongan lalu sekitar 10 KM akan ada pertigaan besar lalu ambil jalur kanan.

Setelah itu sebelum sampai di kampus Unsida terdapat pertigaan kecil kemudian ambil jalur kiri dan akan menuju ke WEGO.

foto by instagram.com/taufikkracker

Di jalur kedua pengunjung dapat melewati jalur babat selain dari arah Surabaya baik dari Tuban, dan Bojonego dapat menempuh jalur ini.

Di jalur babat ini setelah melewati di pertigaan Tugu Pasar Babat setelah itu pengunjung dapat mangambil jalur kiri ke arah Jombang setelah kurang lebih 8 KM akan ada pertigaan dengan penunjuk arah jalan mengarah ke Kedung Pring dan Sugio lalu belok kiri dan terus mengikuti jalur maka sampailah di WEGO.

Dengan posisi objek wisata saling berdekatan antara Waduk Gondang dengan WEGO Sugio Lamongan ini maka tentunya para pengunjung lebih banyak mendapatkan pengalaman berlibur di Kabupaten Lamongan ini. Mulai dari menikmati keindahan dan fasilitas di Waduk Gondang kemudian melanjukan wisata edukatif ke WEGO Sugio lamongan.

foto by instagram.com/iws.infowongsolo

Bagi para traveler yang suka dengan wisata menikmati keindahan waduk dan melakukan aktivitas menyenangkan sekaligus memacu adrenalin tentu wisata Waduk Gondang dan WEGO Sugio Lamongan patut untuk anda kunjungi dan menghabiskan libur akhir pekan bersama pasangan ataupun keluarga besar anda.

Tidak sedikit wisatawan dari luar Jatim berkunjung ke sini, seperti dari Jateng, misalnya saja dari Magetan, Mantup, Nganjuk, Ngargoyoso, Rejo, Sragen, Ganten, Gempolan, Karanganyar dan masih banyak lainnya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.