10 Tips Backpacker Aman dan Murah Ke Sumba, Berani?

Diposting pada
Rate this post
foto by exploresumba.com

Beberapa waktu belakangan ini, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang satu ini banyak di perbincangkan oleh banyak wisatawan. Karena pulau ini benar-benar masih terjaga kealamian dan keeksotisannya.

Yap ! apalagi kalau bukan Pulau Sumba. Pulau yang terletak di sebelah selatan Flores ini memang menjadi idola baru bagi para treveler. Tapi buat yang ngga tau, Sumba sama Sumbawa itu beda ya guys.

Sumba terletak di NTT, sedangkan Sumbawa itu adanya di NTB. Jadi jelas beda ya. Kadang orang salah presepsi dalam menyebut kedua pulau ini, mengira jika keduanya sama.

Namun sangat disayangkan, keinginan untuk berlibur ke Pulau ini akan sedikit terhambat karena biaya open trip ke sana memang tidak murah. Terkadang, paket wisata yang ditawarkan juga singkat alias waktunya sebentar.

Tapi, semua itu bisa kita akali kok. Kamu bisa pergi berlibur ke Pulau Sumba dengan cara backpacker. Iya backpacker, liburan tanpa jasa paket tour. Gimana mau coba? Ikutin tips berikut ini ya !

1. Naik Transportasi Paling Terjangkau

Sebenarnya untuk jalan-jalan ke Sumba, ada beberapa alternatif transportasi publik yang bisa digunakan. Pertama ada Kapal Pelni. Transportasi ini memang di anggap efektif, budget untuk menggunakan kapal ini kurang lebih Rp 300.000 – Rp 400.000 dari Surabaya.

foto by jadwaltiket.info

Namun dibalik keuntungan dari segi biaya yang cukup terjangkau, ada minusnya juga nih guys. Dengan menggunakan kapal pelni kamu akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 2-3hari diatas kapal.

Selanjutnya ada pesawat. Ya buat yang tidak terlalu suka perjalanan lama, kamu bisa menggunakan pesawat terbang. Banyak penerbangan dari Bali untuk ke Sumba. Contoh saja Garuda Indonesia airlines melayani penerbangan dari Bandara Internasional Ngurah Rai menuju Bandara Tambaloka.

foto by merdeka.com

Waktu penerbangan dari Bali ke Sumba kurang lebih 1 jam 30 menit. Dan untuk ongkosnya sekitar 1,5-2juta. Selain jalur Bali-Sumba, ada juga rute Jakarta-Lombok .

Setelah sampai Bandara Lombok, kamu bisa melanjutkan perjalanan via jalur darat laut menggunakan bus dan kapal untuk sampai di Pelabuhan Waikelo Sumba Barat Daya (SBD). Ongkos yang dihabiskan dalam perjalanan ini kurang lebih Rp 700.000.

Nah jadi gimana? Mau pilih naik kapal atau pesawat? Mending yang hemat biaya atau waktu? Itu semua tergantung kemampuanmu ya gengs.

2. Cari Penginapan Murah

foto by katariau.com

Untuk mencari penginapan di Sumba Timur itu ngga susah. Disana penginapan yang tersedia variatif. Misalnya saja di Waingapu, disana ada penginapan dengan tarif mulai dari 100ribu per malamnya.

Selain itu ada juga pilihan untuk menginap di homestay rumah-rumah penduduk setempat secara gratis atau biasa disebut dengan couchsurfing dikalangan para backpacker. Atau ingin mencoba sensasi bersantai di Resort kelas dunia? Coba menginap di Nihiwatu Resort.

3. Makan Makanan Sederhana

foto by catatankepitingkecil.blogspot.com

Kalau masalah perut, bagi para backpacker paling utama adalah harga dan rasa. Saat backpacker-an di Sumba Timur kamu akan mudah untuk menemukan makanan-makanan yang harganya terjangkau.

Karena mayoritas, warung makan disana adalah warung jawa. Dimana warung tersebut banyak menjual masakan-masakan jawa yang tidak asing di lidah orang Indonesia seperti nasi goreng, capcay, pecel, hingga bakso. Cukup dengan biaya 10-15ribu kamu sudah bisa kenyang.

Selain warung makan jawa, disana kamu juga bisa menemukan restoran padang sampai makassar. Gimana? Untuk masalah perut ngga ada masalah kan ya?

4. Menyewa Motor Untuk Explore

Saat kamu ingin explore beberapa tempat di Sumba. Ada baiknya gunakanlah sepeda motor atau mobil. Karena ini akan lebih memudahkanmu. Maka dari itu sewalah motor jika ingin explore Sumba Timur, dan mobil untuk mengeksplor Sumba Barat. Itu semata-mata untuk keselamatan saja.

Karena daerah Sumba Barat kurang ramah untuk para wisatawan, sehingga disarankan untuk menggunakan mobil.

Tarif sewa untuk motor sendiri sekitar 100-200ribu per harinya. Sedangkan untuk mobil agak mahal yaitu 800ribu per harinya.

5. Be Safe And Brave

foto by jakartaglobe.id

Banyak sekali wisata di pulau Sandelwood ini yang patut untuk di kunjungi, salah satu paling ikonik adalah Bukit Wairinding. Saat mengeksplor tempat-tempat disana harap tetap berhati-hati karena masih banyak binatang yang bebas berlalu-lalang dijalanan.

Jadi walaupun sedang bersenang-senang, perhatikan juga keselamatan kamu ya. Jangan sampai berbuat kesalahan yang dapat mengancam keselamatanmu sendiri.

6. Ke Sumba Barat, Jangan Sendirian !

foto by IndonesiaKaya.com

Selain Sumba Timur, wilayah Sumba Barat juga patut untuk dikunjungi. Seperti Mata Air Waikelo Sawah, Air Terjun Lapopu, dan Pantai Kerewee. Namun untuk bisa mengunjungi satu persatu wisata yang ada disana kami tidak menyarankan untuk pergi sendirian.

Karena beberapa wilayah Sumba Barat banyak yang bilang belum terlalu aman untuk dikunjungi seorang diri. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya ajak teman-temanmu untuk ramai-ramai explore Sumba Barat.

7. Persiapkan Fisik

foto by lifestyle.okezone.com

Exploring Sumba tidaklah mudah. Kamu harus mempunyai kondisi tubuh yang fit. Karena beberapa wisata di Sumba mengharuskan kita untuk tracking agar bisa sampai tujuan. Ditambah dengan medan-medannya yang tidak mudah dilalui.

Karena dalam perjalanan akan banyak menghabiskan banyak tenaga, maka keadaan fisik kamu harus prima ya sebelum melancong ke Sumba.

8. Tak Perlu Kaget Dan Takut Dengan Warga Lokal Pembawa Parang

foto by storyaboutsumba.wordpress.com

Parang merupakan atribut wajib yang biasa dikenakan oleh warga lokal sebagai bentuk perlindungan diri. Biasanya mereka menaruh parang mereka di pakaian atau sarung mereka.

Jadi ketika melihat pemandangan seperti ini, kamu tidak perlu takut ya. Mereka bukan penjahat yang akan menodongmu seperti begal-begal. Namun dalam kondisi apapun kamu harus tetap berhati-hati ya.

9. Siapkan Provider Khusus Selama Disana

Inilah salah satu kendala yang akan dihadapi oleh para wisatawan saat backpacker-an kesana. Yaitu kendala jaringan selular. Karena konon katanya, yang dapat menangkap sinyal selular hanya satu provider saja. Itu pun hanya tertangkap di Kawasan kota.

Jadi FYI aja, sebaiknya kamu membeli atau menyiapkan provider khusus selama berada di Sumba. Karena walau bagaimanapun komunikasi tetap penting apalagi jika kamu sedang solo backpacking.

10. Belanja Oleh-oleh Kuliner Khasnya

foto by daonlontar.blogspot.com

Saat kamu ingin membawa beberapa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman dirumah. Kamu bisa mengunjungi beberapa sentra oleh-oleh di Kota Waingapu. Disana kamu bisa membeli oleh-oleh kuliner khas Sumba. Seperti kacang-kacangan, harganya cukup murah Rp 20.000.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa dijadikan panduanmu saat travelling ke Pulau Sumba di tahun 2021 ini. Susun segera itinerarymu dan lekas berangkat ! Pilihlah waktu yang tidak ramai oleh pengunjung wisatawan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.