gambar by: liputan6.com

10 Barang Antik Termahal di Dunia, Lawas Tapi Masih Diburu!

Diposting pada

Barang antik adalah barang lawas atau berusia sudah sangat tua bahkan sampai ratusan tahun umurnya, namun masih dalam kondisi yang bagus. Beberapa contohnya antara lain mebel, senjata, barang seni, hingga perabotan rumah tangga. Tidak jarang lho, ada orang yang suka mengoleksi barang antik.

Banyak orang yang suka menggunakan barang antik sebagai salah satu dekorasi untuk memperindah tempat tinggal mereka. Ada juga yang mengoleksi barang antik karena mereka memiliki kenangan tersendiri terhadap benda tersebut. Namun, ternyata barang antik juga bisa menjadi suatu alat untuk investasi lho.

Hal ini disebabkan karena ada beberapa barang antik yang memiliki nilai jual tinggi. Benda-benda ini seringkali menjadi incaran para kolektor yang memiliki kegemaran terhadap barang antik lho. Jadi, jika kalian punya beberapa barang antik bernilai mahal, dapat dijual dengan harga yang fantastis!

Nah, penasaran apa saja barang antik termahal di dunia 2021 beserta foto dan harganya? Yuk, simak dulu:

1. Lukisan “Three Studies of Lucian Freud

Harga: 1,6 triliun rupiah

foto by: hot.detik.com

Sebuah lukisan berjudul “Three Studies of Lucian Freud” karya seorang pelukis Inggris kelahiran Irlandia, Francis Bacon, tercatat menjadi salah satu benda antik paling mahal di dunia hingga saat ini. Sesuai dengan judulnya, karya seni yang satu ini menggambarkan seorang seniman bernama Lucian Freud, yang merupakan teman dekat Francis Bacon.

Lukisan yang terdiri dari tiga gambar ini dibuat pada tahun 1969 dan dilelang di balai lelang Christie’s, New York, Amerika Serikat. Tidak perlu waktu banyak untuk membuat lukisan ini laku. Sebab, hanya dalam waktu enam menit saja, lukisan ini sukses terjual di harga 1,6 triliun rupiah!

2. Pinner Qing Dynasty Vase

Harga: 612 miliar rupiah

foto by: channel4.com

Guci antik juga bisa menjadi salah satu barang yang dapat dijual dengan harga mahal, apalagi yang punya nilai historis tinggi. Salah satu guci antik termahal di dunia adalah milik Dinasti Qing yang merupakan peninggalan Kaisar Qianlong dari Cina. Sebab, guci emas dengan motif ikan dan bunga ini banyak mendapat pujian atas keindahan dan kemurniannya.

Meskipun bentuknya kecil dan sederhana, banyak orang yang mencari karena suka dengan kecantikannya. Oleh karena inilah, guci lawas yang satu ini ditawar seharga 612 miliar rupiah!

3. Leonardo Da Vinci Codex Leicester

Harga: 442 miliar rupiah

foto by: pinterest.com

Codex Leicester adalah sebuah buku yang ditulis oleh Leonardo Da Vinci, seorang seniman yang terkenal akan lukisan Mona Lisa. Isinya berupa penemuan terhebat dalam sejarah manusia dan beberapa teori yang belum sempat dikembangkan olehnya. Jumlahnya hanya ada satu buah di dunia ini lho.

Meskipun hanya 72 halaman dan dibuat menggunakan tulisan tangan, harganya begitu tinggi bahkan seharga Ferrari langka. Pada tahun 1992, Bill Gates rela membeli buku ini seharga 442 miliar rupiah. Pendiri Microsoft tersebut rela membayar mahal karena beliau terkesima dengan isi bukunya.

4. Badminton Cabinet

Harga: 383 miliar rupiah

foto by: gpsbikerroutes.com

Badminton Cabinet adalah sebuah furnitur fenomenal yang harganya dua kali lipat lebih mahal daripada perabotan termahal yang pernah terjual. Benda yang satu ini sangat unik dari segi bahan hingga bentuknya. Proses pembuatannya juga tidak mudah karena membutuhkan waktu enam tahun dan 30 pengrajin untuk menyelesaikannya.

Kabinet yang dibuat pada abad ke-18 ini memiliki 12 kaki dengan hiasan batuan yang dipoles dengan warna cantik. Perabot ini awalnya dipesan oleh Henry Scudamore, seorang bangsawan Inggris, pada tahun 1707. Kini, perabot yang memiliki tinggi 3,6 meter ini dipamerkan di Museum Liechtenstein.

5. The Oliphant

Harga: 231 miliar rupiah

foto by: bp-guide.id

Dapat dilihat pada foto di atas, The Oliphant merupakan barang antik yg berupa tanduk unik dan bisa berfungsi sebagai terompet perang. The Oliphant dibuat dari gading gajah dan terdapat berbagai ukiran binatang di bodinya. Hal ini tentu menjadikan keunikan tersendiri, ditambah lagi benda ini dibuat secara handmade lho.

Nilai historisnya juga tinggi karena telah ada dari abad ke-11 dan pernah digunakan dalam pertempuran. Wah, tidak heran ya harganya mencapai 231 miliar rupiah!

6. Bejana Emas Tripod Dinasti Ming

Harga: 189 miliar rupiah

foto by: bp-guide.id

Ada lagi nih, sebuah barang antik yg berasal dari Cina, yaitu Bejana Emas Tripod dari Dinasti Ming. Bentuknya sangat unik karena memiliki tiga kaki, jadi disebut tripod. Dapat kalian lihat pada foto di atas, bejana ini berwarna kuning. Hal ini disebabkan karena bejananya terbuat dari emas 18 karat, bukan kuningan ya!c

Kecantikan bejana ini terpancar dari hiasan permata cabochon, rubi, mutiara alami, safir, dan mata kucing chrysoberyl yg melekat pada bejananya.

7. Uang Kuno

Harga Tertinggi: 141,7 miliar rupiah

foto by: kumparan.com

Uang adalah salah satu benda yg selalu mengalami perubahan warna dan desain dalam kurun waktu tertentu. Tidak hanya di negara lain saja, namun di Indonesia juga lho. Hal ini pun membuat uang kuno menjadi suatu benda yg dinilai antik dan memiliki harga yg tinggi.

Sebab, uang kuno yg sudah tidak beredar menjadi sesuatu yg menarik untuk dikoleksi bagi sebagian orang. Nilai sejarahnya pun sangat tinggi, begitupun dengan harganya. Tercatat bahwa uang kuno termahal di dunia harganya mencapai 141,7 miliar rupiah lho. Sementara itu, di berbagai e-commerce Indonesia, harga uang kuno mulai dari dua juta rupiah.

8. Germain Royal Soup Tureen

Harga: 133 miliar rupiah

foto by: pinterest.com

Siapa sangka, bahwa sebuah mangkuk sup bisa memiliki harga yg sangat fantastis? Germain Royal Soup Tureen ini membuktikannya lho. Sesuai dengan namanya, mangkuk sup ini dibuat oleh seorang pengrajin perak asal Perancis, Thomas Germain pada tahun 1733. Beratnya mencapai 13,6 kg dan kini disimpan di Jerman.

Kabarnya, barang antik ini merupakan sebuah hadiah untuk Louis XV lho. Wah, tidak heran apabila harganya sangat fantastis ya!

9. Perangko “The Lady in Green Dress

Harga: 110 miliar rupiah

foto by: fjb.kaskus.co.id

Perangko kuno adalah salah satu benda yg banyak dicari untuk dijadikan koleksi. Siapa sangka, bahwa perangko kuno juga bisa memiliki harga yg sangat tinggi lho. Salah satunya adalah perangko “The Lady in Green Dress” yg dibuat pada tahun 1897 dengan harga 11o miliar rupiah. Perangko ini hanya dicetak sebanyak sembilan buah di dunia ini. Wah, pantas saja sangat mahal ya!

10. Pedang Napoleon

Harga: 76,22 miliar rupiah

gambar by: liputan6.com

Pedang milik Napoleon Bonaparte adalah salah satu benda antik termahal di dunia. Napoleon Bonaparte adalah salah satu tokoh yg paling berpengaruh dalam sejarah Perancis karena sifat gigihnya selama berkuasa. Pedang sepanjang 77,5 cm dan berlapis emas ini merupakan senjata yg selalu disarungkan di pinggangnya lho.

Itulah beberapa barang antik termahal di dunia lengkap dengan gambar dan harganya masing-masing. Wah, memang sangat fantastis ya! Namun, semua itu sebanding kok dengan keindahan yg ditawarkan oleh benda-benda di atas.

Buat para kolektor benda antik, mungkin jika kalian punya salah satu barang di atas bisa dijual dengan harga yg tinggi lho. Namun, sebelum menjual alangkah baiknya untuk cek terlebih dahulu ya harga pasarannya!

Selain itu, sebelum kalian membeli barang antik, ada beberapa benda yg perlu diperiksa keasliannya terlebih dahulu buat menghindari terkena penipuan. Untuk hal ini, cobalah ajak seseorang yg mengerti ya.

Perlu kalian ketahui bahwa harga yg tertera di atas tidak bersifat mengikat sebelum terjadinya transaksi. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari sumber, kualitas, dan umur barang.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.