Es Kelapa Kopyor, gambar By @frozenkopyor

Ini Lho, 10 Ragam Minuman Khas Bali Yang Wajib Kamu Cicipi

Diposting pada

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan segudang destinasi wisata yg terkenal akan keindahannya, entah itu berupa alamnya maupun budayanya. Bahkan nama Pulau Dewata ini sudah cukup populer hingga ke manca negara.

Sebagai salah satu daerah wisata terkenal, Bali tentunya mempunyai sesuatu yang khas dan mungkin tidak dimiliki tempat lain, baik itu dari keramahan penduduknya sampai makanan serta minumannya.

Dari segi kuliner, Bali tak hanya memiliki segudang masakan atau jajanan enak tapi juga beraneka macam minuman khas yang menggoda dan wajib buat dicicipi.

Lantas, apa sajakah minuman khas Bali yang mesti dicobai saat berlibur kesana? Berikut ulasannya lengkap beserta penjelasannya.

1. Es Kelapa Kopyor

Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan minuman yang bisa membuat kecanduan ini. Apalagi jika dikonsumsi saat cuaca sedang panas terik.

Es Kelapa ini rasanya cukup unik dan cara membuatnya pun cukup mudah. Berdasarkan resepnya, bahan dasarnya terbuat dari campuran antara kelapa kopyor, agar-agar, sirup serta bongkahan es batu.

Kedai Es Waneng di Jalan Mawar, Banjar Gerokgak Gede, Desa Delod Peken, Tabanan, Bali adalah tempat terbaik untuk menikmatinya. Ini juga termasuk salah satu spot kuliner legendaris loh di Pulau Dewata.

Selain rasanya enak bisa bikin jatuh hati, harga satu gelas Es Kelapa Kopyornya juga murah meriah, hanya dibanderol 2 ribuan saja. Wah, nambah berkali-kali pastinya tidak akan membuat kantong bolong ya! Wajar saja banyak orang memburunya.

2. Es Kuwut

Foto By @jatengkitaid

Kuwut dalam bahasa Bali artinya adalah Kelapa. Nah, setelah mengetahuinya kamu pasti bisa tebak kan apa yang menjadi bahan utama dalam resep pembuatan minuman tradisional khas Pulau Dewata satu ini.

Selain kelapa, seporsi Es Kuwut ini juga diberi beberapa bahan tambahan berupa melon, biji selasih, perasan jeruk nipis dan es batu agar semakin menyegarkan.

Cara membuat Es Kuwut juga tergolong mudah dan rasanya cenderung manis namun sedikit asam karena diberi perasan jeruk nipis.

Es Kuwut ini juga bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut Pulau Bali dan harganya hanya dipatok kisara Rp.2.000 saja.

3. Es Daluman

Foto By @eko_channelone

Minuman tradisional Pulau Dewata ini sebenarnya dikenal dengan nama Es Cincau. Dan konon katanya, sajian tersebut sangat berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Seporsi Es Daluman umumnya disajikan dengan gula merah cair, kuah santan serta es batu dan memiliki ciri rasa yakni gurih juga creamy saat diteguk.

Es Daluman juga termasuk salah satu minuman khas Bali yang murah meriah dan banyak diminati oleh warga maupun wisatawan sebagai sajian pelepas dahaga di kala cuaca panas.

Dan kedai Es Daluman deDari adalah salah satu tempat paling recommended buat mencicipinya. Selain varian rasanya beraneka macam, harganya pun tidak membuat kantong jebol.

4. Es Tambring

Foto By @agbambangs

Nah, kalau yang satu ini benar-benar hanya bisa ditemui di Bali saja. Es Tambring adalah sejenis minuman tradisional yg terbuat dari campuran kelapa muda, gula jawa, putih telur ayam kampung serta asam jawa.

Sekilas tampilannya tampak seperti es kopyor namun rasanya tidak manis melainkan sedikit agak asam. Jika kamu punya kesempatan ke Bali, cobalah mengonsumsinya dibawah terik matahari, dijamin dahagamu akan terobati.

Es Tambring ini juga gampang sekali didapat, karena penjualnya sudah tersebar di seluruh penjuru pulau Bali dan harganya pun dipatok dengan sangat terjangkau.

5. Es Loloh Cemcem

Foto By @lasma.novida.in

Buat kamu yang suka mengonsumsi minuman herbal, Es Loloh wajib buat dicobain. Dalam bahasa Bali, Loloh artinya adalah jamu.

Minuman ini memiliki ciri rasa yang cukup unik, dimana manis, pedas, asam, serta asin berpadu menjadi satu. Diberi nama demikian karena, es tersebut mengandung daun Cemcem.

Es Loloh ini diyakini dapat membantu meredakan tekanan darah dan melancarkan sistem pencernaan. Bukan hanya itu saja, namun juga dipercaya baik untuk ibu menyusui.

Es Loloh sendiri termasuk minuman tradisional yang bisa kamu beli dengan harga murah Rp.5.000 di desa Panglipuran. Selain dapat dikonsumsi di tempat, juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

6. Brem Bali

Foto By @prema_rasa

Brem Bali ini bisa dikategorikan sejenis anggur. Minuman yg namanya kerap masuk dalam soal TTS tersebut merupakan hasil fermentasi dari ketan merah dan bisa kamu jumpai dengan mudah pada event-event tertentu di Pulau Dewata.

Dikategorikan beralkohol lantaran minuman keras bernama Brem ini menggunakan ragi tape dalam proses fermentasinya. Miras tersebut sangat cocok dikonsumsi setelah makan sebab didalamnya terkandung gula preduksi, CO2 serta asam organik.

Meski pada awalnya hanya merupakan bagian dari ritual adat, namun kini Brem menjadi salah satu welcome drink buat para tamu-tamu, bahkan menjadi oleh-oleh khas dari Bali.

Jika kamu ingin membelinya, bisa ke pusat produksinya langsung di Sila Siyana di Jln. By Pass Ngurah Rai, Sanur. Disini tersaji berbagai varian rasa brem dan harganya pun masih tergolong sangat ekonomis.

7. Kopi Bali

Foto By @sangde_sign

Kopi adalah salah satu jenis minuman ekslusif yang disukai secara turun-temurun dan hal itu juga tidak luput dari pesona Pulau Dewata Bali.

Kopi Pulau Dewata ini rasanya juga sangat nikmat, bahkan kealamiannya masih terjaga dan memiliki ciri khas yg cukup menonjol pada proses pembuatannnya yang dilakukan dengan cara tradisional yakni diolah menggunakan kayu bakar.

Minuman tersebut juga cukup mudah ditemui di setiap sudut pulau Dewata dan kamu tidak perlu merogoh kocek besar untuk meneguk segelasnya. Kopi ini sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan hangat.

8. Teh Jahe

Foto By @henkyhonggo

Selain Es Loloh Cemcem, Bali juga masih punya satu lagi jenis minuman tradisional yang menyehatkan bagi tubuh, namanya yaitu Teh Jahe.

Sesuai dengan namanya, bahan utama dalam pembuatan teh ini adalah jahe yang diparut atau yg dipotong-potong menjadi bagian kecil-kecil. Minuman tersebut sangat nikmat dikonsumsi saat malam hari dan dalam keadaan hangat-hangat.

Teh Jahe juga cukup mudah ditemui di warung makan atau di pedagang kaki lima di sekitar Pulau Dewata. Mengenai harga tidak perlu khawatir karena dijual dengan harga yang bersahabat dengan kantong.

9. Es Bir

Foto By @resep.us

Meski dinamakan demikian, tapi Es Bir ini sebenarnya bukanlah minuman keras seperti jenis sajian beralkohol pada umumnya, karena tidak ada campuran alkohol sedikit pun dalam pembuatannya.

Es Bir ini sebenarnya campuran dari air kelapa muda dengan perasan jeruk nipis. Dengan bahan tersebut, sehingga tak heran bila rasanya tidak hanya manis tapi juga sangat fresh.

Untuk menemukannya juga tidak sulit, karena penjualnya bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang pinggir jalan. Harga per gelasnya pun tidak membuat dompet sampai jebol.

10. Arak Bali

Foto By @balipost_com

Ketenaran minuman beralkohol khas Pulau Dewata ini tak hanya dikenal masyarakat lokal saja, namun termasuk salah satu sajian yang sudah go international. Dengan esksistensinya, tak heran bila Arak tersebut bisa ditemui dengan mudah di seluruh penjuru Bali.

Jika selama ini kamu familiar dengan anggur hasil fermentasi, maka arak tersebut justru berbeda karena bahan bakunya terbuat dari air kelapa yang disuling.

Dan uniknya, arak ini tidak bisa dicampur dengan soda, jus atau buah seperti minuman alkohol pada umumnya karena bisa fatal akibatnya. Memiliki citarasa cukup unik membuat harga pelepas dahaga ini sedikit agak mahal.

Nah, itulah beberapa minuman khas Bali yang patut buat dicoba. Jadi kalau punya waktu menjejakkan kaki kesana, sempatkan untuk mencicipi salah satunya ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.