Bukit Menoreh Kulon Progo Jogja

Foto By @andilutz_

Lokasi: Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 (Weekday), Rp.10.000 (Weekend)
Buka Tutup: 08.00 – 22.00 WIB
Telepon: 087-843-196-105

Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta secara Geologi, komposisi dan struktur tanahnya kadangkala longsor karena curah hujan dan baik untuk perkebunan teh, kopi dan cengkeh.

Berdasarkan peta wilayah kabupaten Kulon Progo Jogja tersebut terdiri dari 12 kecamatan.

Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata asri jika kita jalan-jalan keliling desa menggunakan motor Vario atau Jupiter.

Panorama alamnya masih alami dan udaranya cocok untuk terapi penyembuhan jerawat. Selain itu alam pegunungannya kaya batu-batuan dan dijuluki The Jewel of Java.

Salah satu cadangan alamnya berupa batu marmer yang bernilai jual tinggi dan terkadang di curi seseorang.

Banyak masyarakat yang mengolah batu akik dimana salah satunya adalah jenis akik 410 dengan banyak variant warna.

Menoreh Hills❤️

Foto By @anisa_fani16

Bukit Menoreh letaknya strategis karena berada pada perbatasan wilayah Purworejo dan Magelang.

Dalam web Wikipedia, ada tulisan yang menyatakan bahwa legenda terbentuknya bukit Menoreh karena orang sakti bernama Guna dharma.

Ketika itu Gunadharma beristirahat dan tertidur setelah membangun candi Borobudur.

Puncak Suroloyo merupakan bukit paling tinggi di kawasan pegunungan Menoreh, letaknya di Samigaluh.

Setelah melakukan pendakian melewati tangga, maka bisa melihat keindahan pemandangan alam Jawa Tengah.

Pemandangan lainnya bisa melihat keindahan candi Borobudur dari kejauhan. Hal menakjubkan lainnya yaitu pemandangan menunggu sunrise.

Foto By @nonceyulia

Para pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit secara perlahan-lahan di balik gunung Merapi dari Menoreh Hill.

Goa Kiskendo masih dalam kawasan lereng pegunungan Menoreh dan terdapat ornament stalagtit dan stalagmit yang membentuk ruangan-ruangan rahasia selama beratus-ratus tahun.

Menurut legenda masyarakat setempat, goa tersebut digunakan untuk bertapa dan dianggap sebagai goa keramat.

Lanjut:  Panorama Cantik Gunung Lanang, Sisi Keindahan Lain Dari Kulon Progo

Hal itu menambah suasana gua menjadi mistis serta gelap gulita karena kedalamannya sekitar 12 meter dibawah tanah.

Sedangkan diluar goa ada ukiran Ramayana yang masih menjadi misteri sampai sekarang, siapakah yang membuat relief tersebut.

Hal ini menjadi bukti bahwa kesenian nenek moyang kita sangat tinggi dimana mitos pewayangan menjadi kisah legenda hidup.

Foto By @bagaspratondho

Selain itu ada goa mistik lain yaitu goa Seplawan pada jalan simpang yang menghubungkan kabupaten Purworejo.

Pengunjung bisa melihat sisa-sisa reruntuhan candi Gondoarum berupa batu-batu bekas candi yang hilang dan berupa alas candi ketika melewati rute menuju goa.

Ada desa wisata Linggo dan desa wisata Banjaroyo ada candi Wulan serta terkenal dengan penghasil durian dan juga desa wisata Kalibiru.

Foto By @dandyalifn

Ada desa Banjarsari yang pernah mengalami kebakaran hutan pada tahun 2015, ditemukan 6 titik api yang melahat 6 hektar hutan yang terbakar. Ada taman satwa Jogya dengan aneka hewan hutan yang lucu seperti kera, burung dan lainnya.

Desa wisata Nglinggo terletak dikawasan Menoreh dengan sawah dan perkebunan yang indah.

Selain itu juga terdapat wisata lainnya seperti gunung Kukusan yang berbatasan dengan dusun Wonokerto, kecamatan Salaman, Magelang Jawa Tengah.

Di desa Pendowo Rejo ada wisata sungai Tempuran Kayangan dengan air terjun yang sejuk dan bisa digunakan sebagai air wudhu.

Foto By @dzaki_hanan

Kulon Progo terkenal dengan kuliner khasnya yaitu dessert coklat yang dikemas dalam cangkir plastik atau cup cinta atau juga es goyang.

Usaha coklat pop ditekuni para wanita atau ibu-ibu sebagai UKM dan di pasarkan secara online dengan memasang foto di Facebook.

Selain itu banyak UKM dalam bidang fashion terutama batik dengan corak ular Cobra dan pakaian couple yang dipasarkan di hotel dan butik. Banyak juga masyarakat yang menekuni usaha keripik goreng dari bahan ketela.

Lanjut:  Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo Jogja

Kepopuleran Bukit Menoreh❤️

Bukit Menoreh terkenal sejak dahulu sebagai tempat bersejarah dan pernah ada pertempuran dengan penjajah Jepang.

Foto By @fahmifaujzi

Sejak berabad-abad lalu pada masa Mataram juga sudah menjadi salah satu tanah leluhur yang penting.

Tahun 60-an, seniman yang bernama SH.Mintardja menulis novel serial berjudul “Api di Bukit Menoreh” yang bercerita riwayat pendekar di tanah Jawa.

Novel bertema cerita persilatan ini disukai masyarakat sehingga diterbitkan sampai ratusan episode.

SH.Mintardja meninggal dunia sebelum menyelesaikan novel tersebut, namun sudah ada 396 episode yang ditulis sebagai seri terakhir.

Foto By @hendro_triwibowo

Karena novel ini sangat populer sehingga membuat pembaca menunggu-nunggu dimanakah kelanjutan serial buku novel terusan tersebut hingga tamat.

Kita bisa membacanya pada Ruang Baca SH.Mintardja di situs https://serialshmintardja.wordpress.com.

Novel ini pernah diangkat dalam film layar lebar tahun 70-an dan bisa disaksikan video full movie film tersebut melalui Youtube dan pernah ditayangkan Indosiar.

Seorang seniman padepokan Gagak Seta yang bernama mbah Man melanjutkan novel berseri ini sampai episode 416.

Mbah Man menulisnya di Sidoarjo, kemudian diupload di padepokan Gagakseta. Ada penulis lain yang melanjutkan dan menulis novel ini yaitu Flam Zahra dan bisa dibaca secara lengkap di situs https://adbm2011.wordpress.com.

Foto By @riaaapratiwi

Novel Api di Bukit Menoreh mengisahkan pemuda bernama Agung Sedayu dan Raden Rangga putra panembahan senopati dan keduanya sama-sama sakti serta memiliki moral tinggi.

Selanjutnya berkembang novel-novel silat lainnya seperti Wiro Sableng dan kita juga bisa membaca novelnya dengan mendownload pada situs kangsuzi.com berupa ebook dengan format doc, rar, txt berupa tulisan saja.

Sedangkan novel bergambar atau komik bisa mengunduh file dowload secara gratis dengan format pdf free dengan file gambar Gif.

Lanjut:  Jalan Menuju Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Komik file pdf kapasitasnya sangat besar sehingga proses download menjadi lambat. Ada alternatif lainnya yaitu download komik dengan file DJVU atau Epub dengan ukuran file lebih kecil, sedangkan untuk android filenya berbentuk coc.

Foto By @sistamaheni

Kita juga bisa membaca novel silat terbaru lainnya melalui situs Bughiska.wordpress.com, Indozone.net serta harissetiana.blogspot.co.id.

Genre novel lainnya bisa dibaca pada situs weebtoon.com untuk novel-novel romantic dari Jepang dengan berbagai bahasa.

Dalam novel bahasa Jepang, sering kita temui kata ii atau beriil yang memiliki arti boleh atau diizinkan.

Novel bahasa asing lainnya yang populer di Indonesia yaitu karya Kahlil Gibran dan buku yang paling populer berjudul The Prophet (Sang Nabi) yang ditulis sebelum dia meninggal di New York.

Novel tersebut bercerita tentang kisah seorang nabi, namun nabi yang di maksud bukanlah nabi Muhammad seperti yang banyak di kenal orang di dunia.

Kahlil Gibran mungkin saja hanya mengubah namanya namun yang dimaksud adalah salah satu nabi seperti yang kita ketahui.


error: Content is protected !!