Cantiknya Gumuk Pasir Parangkusumo, Spot Terbaik Untuk Sandboarding di Bantul

Diposting pada
Gumuk pasir parangkusumo jogja rute yogyakarta bantul daerah istimewa tiket hotel dekat sandboarding di tempat wisata wikipedia pdf jurnal entrance fee masuk 55772 indonesia ayunan akses ke asal usul taman pantai biaya jam buka bunga cara deskripsi sunset foto gambar geologi htm 2020 harga lokasi keunikan malioboro menuju parangtritis pembentukan snowboarding review sekitar tentang proses terjadinya
foto by instagram.com/faniaoctavianny/

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Kretek, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0895 3928 25163

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Harga tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo sangatlah murah dan terjangkau yaitu cuman 5ribu. Saat memasuki kawasan wisata kamu akan menemukan sebuah loket, disanalah pembayaran tiket masuk dilakukan.

foto by instagram.com/fizarotul93/

Setelah membayar tiket masuk, kamu tinggal menuju ke lokasi Gumuk Pasir berada, tempatnya nggak jauh kok dari loket. Berkunjung ke wisata hits ini memang menguntungkan sekali, karena bisa melakukan banyak aktivitas salah satunya sandboarding.

Nah, pihak pengelola pun menawarkanmu jasa penyewaan papan sandboarding yang dibanderol dengan harga mulai dari 150ribu-200ribu. Buat yang baru coba2 pake sandboarding, tenang disini ada petugas pemandunya kok.

Jadi, jangan sampai udah jauh2 kesini tapi tidak menyempatkan untuk menjajal atraksi sandboarding ini deh. Pokoknya persiapkan saja budgetnya terlebih dahulu deh sebelum benar2 memutuskan untuk bermain sandboarding.

Rute Perjalanan

foto by instagram.com/sahidiena_ayyub/

Lokasi coastel dunes ini berada di wilayah yang sangat ngehits di Jogja apalagi kalau bukan Pantai Parangtritis. Untuk bisa menjangkau tempat ini pun sangat mudah meskipun jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Jogja.

Meskipun jauh, tetapi akses jalanan menuju Gumuk Pasir sudah cukup bagus dan mudah untuk dilalui, sehingga aneka kendaraan seperti motor, mobil, ataupun bus dapat melewati jalan ini. Jarak dari Pusat Kota Jogja menuju lokasi wisata sendiri ialah sekitar 28 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan kira2 1 jam menggunakan kendaraan roda dua.

foto by instagram.com/bayucenold/

Rute menuju Gumuk Pasir Parangkusumo dari arah Pusat Kota Jogja cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu mengarahkan kendaraanmu ke Jalan Parangtritis. Setelah melewati Jalan Parangtritis lalu lurus terus ke arah selatan sampai menemukan sebuah Jembatan panjang.

Tak jauh dari jembatan kamu akan menjumpai loket pembayaran tiket masuk Pantai Parangtritis. Nah sebelum loket ada belokan ke kenan dengan papan petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu tiba di Gumuk Pasir.

Fasilitas Wisata

Belom lengkap seperti tempat wisata pada umumnya, fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo tergolong masih ala kadarnya. Namun tidak perlu khawatir meskipun masih seadanya, tapi fasilitas disini cukup bisa membuat para pengunjung nyaman, beberapa diantaranya seperti:

foto by instagram.com/hasniamariarati/

1. Area Parkir

Yap sama dengan tempat wisata pada umumnya pasti memiliki lahan parkir begitupun juga dengan Gumuk Pasir Parangkusumo. Dengan adanya area parkir luas, pengunjung tidak perlu repot2 atau kesusahan mencari tempat untuk menitipkan kendaraannya.

2. Toilet

Fasilitas toilet di tempat wisata ini bisa dibilang sudah cukup memadai dan terawat. Karena kadang ada lokasi wisata yang toiletnya kotor dan tidak terawat. Untuk menikmati fasilitas ini kamu cukup memberikan biaya pemeliharaan yang bisa diberikan secara sukarela.

3. Warung Makan

Tak perlu khawatir ketika ditengah2 momen bermainmu tiba2 perut keroncongan dan butuh asupan energi, karena disini tersedia fasilitas Warung Makan lho. Pengunjung bisa memanfaatkan tempat ini untuk sekadar istirahat sambil menyantap panganan sebelum kembali bermain.

4. Spot Foto

foto by instagram.com/twins_rj/

Salah satu alasan orang-orang kepo datang ke tempat ini yaitu selain bermain pasir mereka juga ingin berpose dibeberapa spot yang ada salah satunya ialah ayunan. Gumuk Pasir Parangkusumo memang memiliki spot foto keren, bahkan kerap dijadikan sebagai background photo pra-wedding lho.

Tentang Lokasi

foto by instagram.com/listiyani28_/

Saat melihat teman-temanmu berfoto disini, pasti kamu mengiranya kalau ini diluar negeri ya? Kalau benar seperti itu, dugaanmu salah besar guys, karena tempat yang dimaksud itu Bantul punya!

Buat orang yang belom pernah tau atau datang ke lokasi pasti akan mengira kalau tempat cantik ini berada di Timur Tengah, padahal Gumuk Pasir Parangkusumo adalah made in Indonesia. Indonesia, terkhususnya Jogja memang selalu membuat kagum dengan keunikan destinasi wisatanya.

foto by instagram.com/edo_ari_anggara/

Pengertian Gumuk Pasir sendiri ialah sebuah gundukan pasir yang terbentuk secara alami dan biasanya letaknya berada di dekat pantai. Satu hal yang menarik adalah Gumuk Pasir ini hanya ada empat di dunia lho yaitu di Indonesia (Jogja), Mexico, Vietnam, dan Filipina.

Fenomena alam ini tentu membuat masyarakat Indonesia patut bangga dan tak heran jika sekarang Gumuk Pasir yang ada di Bantul ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jogja, bahkan bukan hanya wisatawan lokal saja tetapi mancanegara juga.

foto by instagram.com/dindarengganish/

Perlu kamu ketahui bahwa awal pembentukan Gumuk Pasir berawal dari Gunung Merapi yang saat itu meletus sangat hebat dan menyebabkan muatan vulkanik berupa pasir ini menyebar hingga ke seluruh pelosok Jogja.

Setelah melaui proses yang cukup lama akhirnya muatan vulkanik ini tiba di Pantai Selatan dan berujung terbawa angin sampai ditempat dimana Gumuk Pasir Parangkusumo saat ini berada. Gumuk pasir parangtritis memiliki type pasir berchan.

Aktivitas Menarik

foto by instagram.com/hilal_darmawan/

Selain menjadi destinasi liburan yang cocok untuk dinikmati bersama orang2 terdekat, tempat wisata ini juga sangat recommended dijadikan spot foto lho.

Namun selain berfoto ternyata ada hal yang bisa dilakukan disini contohnya seperti bermain sandboarding, duduk santai di ayunan, menikmati magic hour ataupun sunset time, bahkan bisa juga dijadikan tempat untuk sesi pembuatan Video Klip hingga foto pra-wedding guys.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata yang ada disekitarnya salah satunya Taman Gumuk Pasir, Pantai Barchan, Pantai Pelangi, Pantai Cemara Sewu, dll.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.