Foto By @pendaki_cantikganteng

Ini Dia 10 Gunung Cantik Yang Bisa Didaki di Banten

Diposting pada

Sekarang, kegiatan mendaki gunung dianggap sebagai bagian dari gaya hidup. Kurang afdol rasanya jika seumur hidup belum pernah melakukan aktivitas satu ini.

Bagi para expert, mendaki medan terjal sekalipun mungkin tidak masalah. Lalu, bagaimana dengan pendaki pemula yang minim pengalaman? Mereka tentu saja boleh mendaki, namun disarankan carilah gunung yang sesuai dengan kemampuan.

Banten tidak hanya terkenal dengan wisata danau dan pantainya saja, provinsi ini juga memiliki satu lagi jenis obyek alam yang menarik untuk dijajal, yaitu gunung.

Meski jumlahnya tidak begitu banyak, tapi ada beberapa lho gunung yang menjadi primadona masyarakat Serang, Tangerang dan Jakarta.

Nah, bagi kamu para penggiat alam bebas atau pendaki yang ingin menelusuri wilayah pegunungan di Banten, 10 daftar dibawah ini mungkin bisa dijadikan pilihan.

1. Gunung Karang

Foto By @sumedang_banget

Mount Karang ini terletak di daerah Pandeglang, Banten. Memiliki ketinggian sekitar 1.778 mdpl, gunung angker tersebut termasuk berapi bertipe stratovolcano. Berdasarkan beberapa sumber, kemungkinannya meletus masih ada.

Karang mountain menjadi salah satu spot favorit para pendaki dan peziarah. Pasalnya, alam di puncaknya yang sering disebut Sumur Tujuh begitu mempesona. Selain itu, disana pun terdapat sebuah makam sesepuh kerajaan Banten yakni Pangerang TB.Jaya Raksa.

Bukan hanya itu saja, mendaki ke Karang mountain yang disebut-sebut sebagai salah satu gunung tertinggi di Banten ini kamu juga akan disuguhi beberapa tempat wisata menarik seperti pemandian air panas Cisolong, CAS Cikole dan kolam renang Cikoromoy.

2. Gunung Pulosari

Foto By @drsmarchaend

Siapa tak tahu dengan keberadaan Pulosari mountain yang sangat hits di kalangan pendaki area Banten Raya ini. Walau belum pernah erupsi, namun statusnya termasuk gunung aktif karena di dalamnya terdapat sebuah kawah yang menunjunkkan aktifitasnya.

Pulosari sendiri memiliki ketinggian 1.346 mdpl. Menurut sejarah, warga sekitar menganggap kawasan kesultanan ini sebagai spot yang keramat karena Sunan Gunung Jati pernah datang kesini bersama putranya sebelum menaklukkan raja Banten Girang.

Sunan Gunung Jati atau lebih dikenal dengan nama Syarif Hidayahtullah adalah yang pertama menyebarkan ajaran-ajaran Islam di daerah Banten.

Selain itu, mengeksplor alam Pulosari kamu juga akan menemukan pesona indah curug Putri dan kawah aktif. Untuk mencapai puncaknya sendiri dibutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam.

3. Gunung Krakatau

Foto By @philandiva

Memiliki ketinggian hanya sekitar 813 meter, Krakatau mountain yang berada di selat Sunda ini dikenal sebagai salah satu gunung api aktif di Indonesia.

Gunung ini dikenal dunia karena mengalami letusan yang cukup dahsyat di tahun 1883. Dan setelah meletus lebih dari 40 tahun, akhirnya muncul anak Krakatau dari kawasan Kaldera Purba yang masih aktif.

Dibalik keganasannya, Krakatau memiliki panorama alam yang menakjubkan. Akses menuju lokasi pun terbilang mudah. Kamu bisa menggunakan kapal kayu nelayan ataupun speedboat dari Anyer, Banten.

4. Gunung Luhur

Foto By @like_banten

Spot yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di kota Banten ini tengah digandrungi para penggemar wisata alam dan terkenal menjadi lokasi terbaik untuk mendapatkan picture perfect.

Setelah di jepret secara tak sengaja dan diunggah di media sosial, spot yang disebut Negeri diatas awan ini pun kemudian langsung viral.

Setidaknya ada beberapa alasan untuk mengunjungi Mount Luhur sekali seumur hidup. Pertama, jaraknya dari Jakarta sangat dekat. Kedua, bisa jadi tempat camping. Ketiga, ada banyak opsi penginapan dan keempat, punya kawasan wisata terpadu.

5. Gunung Kencana

Foto By @adityafrans

Kawasan wisata satu ini berada di daerah Banten Selatan, lebih tepatnya di kabupaten Lebak. Konon katanya, Kencana Mountain memiliki banyak cerita unik dari mulai zaman pra-islam sampai pada masa kolonial.

Mount Kencana termasuk salah satu tempat wisata sejarah dan ziarah yang ada di Lebak. Berkunjung kesini, banyak situs bersejarah bisa kamu temui dari mulai Batu Lingga sampai makam Nyai Surya Kencana.

6. Gunung Aseupan

Foto By @enddangsoekmana

Jika dilihat dalam peta, gunung berketinggian 1.174 mdpl bernama Aseupan ini terletak di daerah Pandeglang, Banten. Ia sangat jarang didaki karena cukup curam dan diselimuti dengan cerita-cerita mistis.

Meski berada di dekat Pulosari, namun namanya tidak begitu populer. Satu hal menarik yang ada di Aseupan adalah banyaknya ditemui tumbuhan kantong semar.

Jalur pendakian menuju puncak Aseupan biasanya dimulai dari desa Sikulan, Kec.Jiput dan dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam untuk sampai ke atas. Tak hanya menyuguhkan panorama indah, disana kamu juga akan menjumpai sebuah makam keramat.

7. Gunung Honje

Foto By @liburanhemat.id

Bila dibandingkan dengan 6 spot diatas, Honje ini tidak terlalu tinggi sebab ketinggian yang dimiliki hanya berkisar 600 meter diatas permukaan laut dan dilihat dalam peta, letaknya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Terletak di areal konservasi, tak heran bila vegetasi hutannya begitu indah dan banyak ditemui hewan yang dilindungi, seperti badak bercula satu serta owa jawa.

Bukan hanya itu saja, banyak objek wisata menarik lainnya yang juga bisa kamu temui di Gunung Honje ini seperti sumber air panas Cibiuk, air terjun Cikacang dan sungai Cigenter.

8. Gunung Batu Lawang

Foto By @riswan92

Batu Lawang Mountain ini adalah salah satu destinasi wisata favorit warga Banten sekitarnya. Sejauh mata memandang, akan tampak hamparan pohon hijau di perbukitan dan bila kita lihat ke bawah panorama kota Cilegon pun begitu indah dari ketinggian.

Diberi nama demikian, karena terdapat dua buah batu besar yang berdampingan dan tampak seperti sebuah pintu masuk disana. Untuk menuju lokasi, dari Cilegon kamu bisa ambil jalur ke arah Merak.

9. Gunung Endut

Foto By @ipung_photography88

Selain Luhur mountain di daerah Citorek Kidul, Negeri di Atas Awan juga bisa kamu temui di Gunung Endut di desa Cilebu, salah satu nama perkampungan yang terletak di Lebak, Banten.

Sesuai dengan julukannya “Negeri di Atas Awan”, panorama petakan sawah sawah dengan hamparan awan putih bisa kamu nikmati dari puncak Endut berketinggian 1.207 mdpl ini.

Bukan hanya itu, kamu pun bisa melihat gedung-gedung tinggi yang ada di Banten dan juga Jakarta. Tak sedikit pula wisatawan dari luar pulau Jawa yang datang menggelar berbagai kegiatan seru disini.

10. Gunung Halimun

Foto By @bumiiadv

Berada di dalam 3 kabupaten yakni Bogor, Sukabumi dan Lebak, gunung satu ini disebut-sebut masih bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat.

Dengan ketinggian mencapai 1.925 mdpl, Halimun mountain berhasil menyandang predikat sebagai gunung tertinggi pertama di provinsi Banten.

Dalam bahasa Sunda, Halimun memiliki arti “kabut”. Gunung ini juga menjadi salah satu spot pendakian favorit warga Banten dan sekitarnya. Untuk mencapai puncaknya, diperlukan waktu sekitar 8 jam pulang-pergi.

Itu tadi 10 daftar nama gunung di Banten yg bagus untuk dikunjungi. Sama seperti sederet pantai disana, masuk ke objek wisata diatas juga dikenakan biaya. Jadi, dari beberapa list tersebut mana yang menurutmu lebih menarik buat didaki?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Ini Dia 10 Gunung Cantik Yang Bisa Didaki di Banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.