Foto By @uncl3_k

10 Daftar Gunung di Kalimantan Yang Siap Memanjakan Mata

Diposting pada

Siapa bilang Kalimantan hanya memiliki lembah, bukit, sungai, pantai dan dataran rendah sebagai objek wisata? Pulau ini juga masih punya keindahan alam lain yang layak untuk dieskplorasi, salah satunya yaitu gunung.

Jika dilihat dari parameter sering atau tidaknya terkena bencana alam gempa, Pulau terbesar di Indonesia ini adalah yang paling jarang dilanda efek dari pergeseran lempeng bumi. Namun bukan berarti, wilayah tersebut tidak memiliki gunung berapi.

Walau tidak seindah dan sepopuler yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera, namun terdapatnya sederet gunung di Kalimantan menunjukkan bahwa pulau terbesar di Indonesia ini layak untuk dieksplorasi.

Makin penasaran apa saja daftar gunung di Kalimantan yang menjanjikan spot pendakian terbaik dan memiliki panorama ciamik? Mari kita kulik satu per satu!

1. Gunung Liangpran

Foto By ilmugeografi.com

Memiliki ketinggian kurang lebih 2.240 meter diatas permukaan laut, membuat Liangpran mountain meraih urutan kedua dalam deretan gunung tertinggi di Pulau Kalimantan.

Liangpran mountain sendiri berdiri tegap di kecamatan Long Pahai, Kabupaten Kutai Barat, provinsi Kalimantan Timur. Ia memang tidak terlalu terkenal dan jarang dijadikan tujuan pendakian, itulah kenapa hutannya masih sangat asri.

Liangpran merupakan salah satu gunung api tua yang ada di wilayah Indonesia. Untuk menuju lokasinya dibutuhkan biaya cukup mahal. Mungkin itulah alasan mengapa pendaki enggan dan berpikir dua kali ingin mengeksplorasinya.

2. Gunung Kelam

Foto By @sifrx90_nekadtravlr

Spot yang lebih dikenal dengan nama Bukit Kelam ini merupakan objek wisata ikonik di kota Sintang, provinsi Kalimantan Barat. Keunikan dari objek tersebut adalah bukitnya tidak terbuat dari tanah, melainkan batu besar.

Diberi nama demikian karena karena warna batunya hitam kelam. Jarak spot tersebut dari kota Sintang sekitar 23 kilometer dan untuk naik ke atas puncaknya, dibutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit saja.

Tidak seperti gunung lain, Kelam mountain ini terbilang sangat baik karena jalan menuju lokasi sudah dilapisi dengan aspal. Namun menurut berita beredar, spot tersebut diselimuti berbagai kisah yang penuh misteri.

3. Gunung Nyapa

Foto By @roadtopuncak

Mount Nyapa ini terletak di pinggiran sungai Kelay. Letaknya sendiri masih sangat dekat dengan Liangprang, yakni di desa Long Panuk, Kec.Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Mount Nyapa juga sangat layak dijadikan spot pendakian ataupun tempat wisata. Ia sendiri memiliki panorama alam yang masih begitu asri. Berada di tepi sungai cantik dengan dihiasi pegunungan karst indah.

Hutannya pun masih terjaga. Mengeksplore keindahan Nyapa, kamu akan menemukan puluhan primata dan melata disana. Tidak hanya itu saja, spot tersebut juga menjadi saksi sejarah kehidupan manusia.

Hal tersebut terlihat dengan adanya beberapa gowa dan area pemakaman leluhur suku Dayak. Nah, tertarik ingin mengunjunginya?

4. Gunung Bukit Raya

Foto By backpackerjakarta.com

Memiliki puncak yang berada pada ketinggian 2.278 meter diatas permukaan laut, Bukit Raya terkenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan.

Menurut catatan, Bukit Raya ini merupakan salah satu areal konservasi yang letaknya berada di kabupaten Katingan, provinsi Kalimantan Tengah.

Walau dikenal sebagai puncak tertinggi, namun nama Bukit Raya masih asing ditelinga kalangan pendaki. Hal ini tentunya, dikarenakan jalur pendakiannya yang sangat rumit.

Untuk awal pendakiannya bisa dimulai dari Kalimantan Barat, sementara pucaknya berada di Kalteng. Menurut para pendaki, biaya hiking ke Bukit Raya ini sama mahalnya dengan Puncak Jaya, mungkin itulah salah satu alasan mengapa ia tidak terlalu terkenal.

5. Gunung Halau-Halau

Foto By @naufalnabawe

Halau-halau yang terletak di dusun Kiyu, Desa Hina Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai, Kalimantan Selatan ini juga menduduki urutan sebagai salah satu puncak tertinggi.

Sama seperti Bukit Raya, Halau-halau juga masih sangat asing di telinga para pecinta olahraga hiking. Namun begitu, ini adalah salah satu spot yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Mau tahu kenapa?

Pasalnya, gunung yang sudah tidak aktif dan namanya kerap menjadi soal TTS ini menawarkan jalur pendakian cukup menantang, dimana medannya memiliki tingkat kesulitan tinggi untuk dilalui.

6. Gunung Kalambit

Foto By @pecinta_gunung099

Terletak di Kabupaten Malinau, Kalambit mountain menjadi salah satu puncak yang wajib kamu taklukin saat ingin menelusuri alam di Kalimantan utara.

Pasalnya, Kalambit ini termasuk salah satu spot yang tidak terlalu sulit untuk ditaklukkan dan puncaknya pun gampang buat didaki. Hal tersebut dikarenakan, tingginya hanya sekitar 1.775 meter diatas permukaan laut.

Selain itu, trek pendakiannya pun didominasi oleh hutan hujan tropis dan hutan lebat yang mana pohon-pohon di sekitarnya memiliki ukuran besar. Ini adalah salah satu spot menantang buat kamu taklukin, terutama bagi pendaki pemula.

7. Gunung Latuk

Foto By @surya.harja

Spot wisata olahraga hiking berikutnya ini dikenal dengan nama Mount Latuk. Sama seperti beberapa daftar sebelumnya, ia juga masih sangat asing di telinga para pendaki.

Namun kamu mungkin tidak akan pernah menyangka, bahwa puncak Latuk yang berada pada ketinggian 1.850 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini masuk sebagai salah satu daftar dalam deretan gunung tertinggi di Pulau Kalimantan.

Mount Latuk sendiri berdiri tegap di desa Long Bena, Kecamatan Pujungan, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara dan masih sangat dekat dengan Mount Kalambit.

Namun cukup disayangkan, minimnya informasi Latuk mountain membuatnya jarang dijadikan destinasi oleh para pendaki.

Meski begitu, tak ada salahnya mencoba menelusurinya sesekali saat ingin sedang menikmati keindahan alam dari ketinggian Kalimantan.

8. Gunung Meratus

Foto By @nadi__027

Penggemar wisata antimainstream alias tidak biasa, tampaknya wajib untuk menaklukkan kawasan Meratus yang ada di provinsi Kalimantan Selatan ini.

Selain memiliki keindahan panorama memukau, Meratus juga menyimpan kekayaan sumber daya alam yang begitu luar biasa. Bukan hanya itu saja, spot tersebut bahkan menawarkan keunikan budaya masyarakat Dayak.

Puncak Meratus sendiri berada pada ketinggian 1.901 meter diatas permukaan laut. Bagi mereka yang suka dengan wisata menantang, sepertinya spot ini bisa dijadikan sebagai destinasi pendakian pada liburan selanjutnya. Bagaimana, setuju?

9. Gunung Palung

Foto By @tanagupa

Objek pegunungan berikutnya yang mungkin layak buat dieksplorasi di Pulau Kalimantan adalah Mount Palung. Spot tersebut memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 1.116 meter diatas permukaan laut.

Seperti dilansir dari beberapa sumber, spot tersebut masih termasuk dalam ruang lingkup Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) yang sudah resmi berdiri sejak tahun 1990 lalu.

Mount Palung ini tak hanya memiliki bentangan alam yang indah, namun ia juga merupakan habitat bagi 2.000-3.000 orangutan dan bekantan. Selain itu, spot tersebut pun menjadi rumah 450 spesies flora.

Tidak hanya menarik untuk didaki, Palung juga menawarkan beberapa objek wisata di sekitarnya seperti Pantai Pulau Datok, Air Terjun dan Lubuk Baji.

10. Gunung Birah

Foto By @txtiyaaa__

Buat kamu yang mengaku pecinta alam, Mount Mirah unggulan provinsi Kalimantan Selatan ini pun wajib buat dijajal. Letaknya sekitar 88 km dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Tak perlu takut untuk menjajalnya, karena Mount Birah termasuk salah satu spot yang ramah bagi siapapun karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai.

Kamu pun bisa menggelar tenda untuk menikmati keindahan panoramanya di malam hari. Menikmati secangkir kopi di warung yang ada di Puncak Birah, mungkin akan menjadi satu pengalaman tak terlupakan.

Nah, itu dia 10 daftar gunung di Kalimantan. Kamu sudah pernah mendaki yang mana nih?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.