gambar by instagram.com/rahmakurnia8/

Pantai Krakal Jogja, Panoramanya Cantik dan Alami

Diposting pada
4.9/5 - (8 votes)

Lokasi: Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.4.000 per Orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WIB
Nomer Telepon:
0813 2656 7422

Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak habisnya dengan tempat wisata favorit. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi mulai dari situs sejarah hingga wisata alam yang indah.

Salah satunya adalah Pantai Krakal. Seperti namanya, pantai ini terletak di Kampung Krakal. Jaraknya sekitar 38 km dari kota Wonosari. Pantai Krakal merupakan salah satu pantai favorit wisatawan yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Foto pantai krakal beach jogja wonosari lokasi sejarah yogyakarta baron kukup gambar penginapan hotel gunung kidul terbaru Juni-2021 kebumen kabupaten gunungkidul daerah istimewa 55000 wisata jalan menuju rute harga tiket masuk alamat letak peta google map
foto by instagram.com/ardillawd_/

Nama Krakal memang sebenarnya sudah tidak asing bagi kita. Ada sebuah tempat wisata lain yang memiliki nama serupa yaitu ada di Kabupaten Kebumen.

Dimana ada sebuah wisata pemandian air hangat yang bernama Pemandian Air Panas Krakal Kebumen. Tentu saja berbeda dengan pantai yang sedang kita bahas sekarang

Sejarah Singkat

Sejarah Pantai Krakal yang ada di Jogja ini memiliki proses yang sangat panjang sehingga menjadi tempat wisata hingga sekarang.

Dulu pantai ini adalah sebuah dasarat laut, kemudian terjadi sebuah proses alam pengangkatan kerak bumi yang mengakibatkan dasar laut tersebut dapat sampai di permukaan dan menjadi sebuah daratan.

foto by instagram.com/kistini_m/

Kemudian daratan inilah membentuk pantai yang disebabkan pengankatan dasar laut tersebut. Lalu munculah pantai ini yang memiliki nama Pantai Krakal.

Pantai ini dikenal cukup unik dengan banyaknya batu karang yang bertebaran di hingga pinggir pantai. Mulai dulu hingga sekarang batu karang ini menjadi rumah bagi ikan – ikan yang bisa mencapai dasar laut.

Maka tak jarang banyak sekali para pengunjung yang bermain-main di batu karang ini dan mendapat ikan.

Ketika kamu menuju Pantai Krakal, di jalan akan dapat melihat bongkahan batu karang yang tampk begitu indah.

Selama perjalanan kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan dan panorama yang sangat indah. Daerah yang terlihat bongkahan batu karang inilah yang oleh masyawakat setempat diberi nama daerah Karst.

foto by instagram.com/restu.yrn/

Di Pantai Krakal kamu juga akan melihat dua buah batu karang yang sangan tinggi. Batu karang itu sebagai tanda pembatas pantai yang ada disebelahnya.

Pantai Krakal memang bersebelahan dengan beberapa pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Jadi kamu bisa sekaligus datang ke pantai lain setelah mengunjungi Pantai Krakal.

Selain itu di Pantai Krakal juga disediakn beberapa Gazebo yang ada di pinggir pantai. Kamu bisa menggunakan Gazebo tersebut untuk berteduh dan beristirahat sambal menikmai pemandangan yang ada.

Jika kamu membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, bisa langsung kamu nikmati di Gazebo tersebut. Tetapi jika kamu tidak membawa bekal tenang saja ada beberapa tempat makan yang menyajikan beberapa menu khas dan olahan ikan laut.

Pergi ke pantai kurang rasanya jika tidak mengahabiskan senja di sore hari. Kamu bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam ketika sore tiba. Pemadangan matahari tenggelam ini tidak kalah indahnya dengan pantai – pantai lainnya.

Dan jangan lupa untuk mengabadikan liburan kamu dengan berfoto-foto di Pantai Krakal. Selain itu banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti bermain pasir dan laying-layang.

Karena angina dan udara sangat cocok digunakan bermain laying-layang, maka banyak pula warga sekitar yang bermain layangan di pantai Krakal.

Keindahan dan Potensi

foto by instagram.com/dewanti_fatikasari/

Dari sekian banyaknya pilihan pantai yang ada di Jogjakarta, Pantai Kraka di Kabupaten Gunung Kidul ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib kamu dikunjungi.

Pantai Krakal memiliki keindahan alam yang sangat indah dan tersembunyi. Belum banyak yang tau akan indahnya pemandangan dan suasana yang begitu nyaman di pantai.

Keunggulan lain yang dimiliki pantai Krakal adalah memiliki beberapa spot surfing yang sudah sangat terkenal. Menjadi salah satu tempat surfing terbaik di pantai bagian selatan Jogja ini adalah keunikan tersendiri dari Pantai Krakal.

Batu karang yang ada di pantai Krakal juga menjadi salah satu tujuan wisatawan berkunjung kesisini. Apabila pasang surut air laut tiba maka ikan – ikan dengan beragam jenis akan ikut ke pinggir dan kadang terjebak di batu karang.

Garis pantai Krakal ini juga memiliki pesona yang sangat bagus, bagaimana tidak, pasir yang ada disana sungguh halus dan berwarna putih.

foto by instagram.com/dianfahir4/

Ikan yang cukup terkenal dari Pantai Krakal ini adalah ikan damselfish, berwarna kuning dengan aksen garis biru di punggungnya membuat banyak pengunung menyukai ikan ini.

Ada juga ikan lain yang berwarna biru terang yang berenang berkelompok ke pinggir pantai ketika pasang surut tiba. Ini dijadikan moment bagi para wisatawan bermain dengan ikan dan tak jarang juga mereka menangkapnya dan dibawa pulang.

Jika sudah puas bermain dengan ikan ketika pasang surut air tiba, kamu bisa bermain-main di laut lepas di sebuah beretan batu karang yang besar.

Batu karang ini berbentuk menyembul kearah permukaan air dan memanjang yang terlihat seperti jalan setapak di lautan.

Banyak sekali para pengunjung yang menghabiskan waktu di batu karang ini dan tidak lupa mengambil gambar atau foto karena memiliki pemandangan dan background yang cukup bagus.

foto by instagram.com/meilanieka08_/

Jika kamu sedang berjalan-jalan di pinggir Pantai Krakal ini akan menemui banyak sekali perahu nelayan yang melintas. Para nelayan tersebut sedang mencari tempat yang cocok untuk melempar pancing untuk menangkap ikan.

Ada juga beberapa nelayan yang mencari umbal. Umbal adalah sejenis makhluk laut yang hidup di batuan karang dengan cara menempel. Umbal ini sering digunakan oleh para warga setempat untuk dikonsumsi sendiri dan diolah menjadi rempeyek.

Pantai Krakal memiliki fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti bermain selancar. Ombak yang ada di pantai ini cukup besar. Untuk kamu yang ingin bermain selancar harus belajar kearah deretan batu karang.

Batu karang tersebut berada di pinggir pantai yang memiliki ombak cukup besar dan bertipe reef break sehingga dirasa sangat menantang bagi para peselancar. Dasar laut di Pantai Krakal ini masih banyak sekali karang sehingga kamu wajib berhati-hati saat surfing.

Krakal Beach ini biasa digunakan berselancar saat bulan MAret dan September, karena pada bulan tersebut adalah waktu yang pas untuk berselancar.

Penginapan Terdekat

foto by instagram.com/guntur_maulana_31/

Di tahun 2021 ini sudah banyak sekali pilihan penginapan mulai dari yang lama hingga terbaru.

Ada penginapan yang dibangun sebelahan dengan rumah makan di Pantai Krakal, ada juga penginapana yang ada di sekitar, bahkan ada pula yang dibangun diatas bukit. Semua tinggal pilihan dan selera kamu untuk memilih hotel mana yang cocok bagi kamu.

Tentu saja lokasi dan letak penginapan tersebut tak jauh dari alamat pantai Krakal. Kamu bahkan bisa berjalan kaki dari kamar yang kamu pesan menuju pantai.

Fasilitas kamar yang diberikan juga memiliki perbedaan tersendiri tergantung dari budget yang kamu tentukan.

Tetapi kamu jangan mencari hotel atau penginapan yang berkelas bintang 5 disini, semua yang ada hanya berkelas melati atau sekedar ruang yang hanya digunakan tempat beristirahat bagi kamu yang melakukan perjalanan jauh.

Beberapa penginapan yang tim kami rekomendasikan untuk kamu sangat banyak.

Misalnya saja Sembrodo Cottages, Hotel Pandawa yang memiliki harga sekitar 100 ribu per malam, Hotel Paradiso, Penginapan Pantai Asmara, tempat ini juga menyediakan rumah makan yang menjadi favorit bagi setiap pengunjung.

Dan ada pula Rimba Homestay, tempat ini sering kali digunakan bagi peselancar yang sedang mencoba Pantai Krakal.

Kami juga sudah menyiapkan titik koordinat letak Pantai Krakal yang sudah terhubung dengan peta online dari google map bagi kamu yang masih mengalami kesulitan dengan rute jalan ke arah Pantai Krakal.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/septi9414/

Jalan menuju Pantai Krakal ini terbilang sangat mudah di lalui. Karena pantai Krakal termasuk kawasan pantai selatan di Gunungkidul yang menjadi destinasi wisatawan sehingga pemerintah daerah setempat memberi fasilitas jalanan yang sangat baik.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil disini. Banyak sekali jasa persewaan kendaraan yang menawarkan kamu untuk mengantar hingga sampai di Pantai Krakal.

Yang pertama kita akan bahas rute jika kamu berangkat dari Kota Solo.

Dari Solo ke Sukoharjo kamu harus melewati jalan menuju arah Wonogiri dan Wuryantoro kemudian ambil arah menuju Purwodadi sehingga kamu akan memasuki kecamatan Tepus dan terakhir akan bertemu dengan Pantai Krakal.

Jika amu berangkat dari Wonosari kamu harus mengambil arah Mulo, kemudian akan bertemu dengan pertigaan Mulo kemudian lurus saja ke arah Pantai Baron.

Nah sebelum sampai di Pantai Baron, kurang lebih 1 km kamu ambil arah ke kiri dan akan menemui arah Pantai Kukup, setelah itu kamu ambil arah lurus maka akan menemukan pertigaan Winangun lalu belok ke kanan arah Pantai Siung.

Berbeda jika kamu berangkat dari Jogjakarta, ambilah arah menuju Candi Prambanan lalu kamu akan menemukan pertigaan lampu merah setelah jembatan yang ada di dekat Candi kemudian belok kanan dan lurus.

Setelah itu kamu akan menemukan pertigaan piyungan dan berbelok ke kiri. Setelah itu kamu akan menenmukan area Lapangan AAU Gading. Sampai disitu kamu akan harus memiliki arah dua jalur yaitu Jalur Tepus atau Tanjungsari.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/pkartini97/

Untuk tiket masuk ke Pantai Krakal ini juga terbilang sangat murah. Kamu hanya membayar restribusi sebesar 4 ribu rupiah per orang dan membayar karcis kendaraan bermotor sebesar 5 ribu rupiah.

Cukup murah kan, dengan harga itu kamu bisa merasakan panorama indahnya pantai Krakal dan beberapa fasilitas lainnya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.