Foto By @harwiyan_harh

Ada Apa Aja di Hartono Mall Jogja

Diposting pada

Lokasi: Jl. Raya Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 57731
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 10.00 – 22.00 WIB
Telepon: (0274) 2924095

Setelah enam Pusat Belanja untuk sekian lama menguasai Jogja, yaitu Ramai Family, Galleria, Ambarukmo, Malioboro Mall, Jogjatronic dan Jogjakarta City, sepanjang tahun 2015 – 2020.

Bertambah lagi enam Pusat Belanja baru, yaitu Jogja One, Lippomall Yogyakarta, Jogja Town Square, Malioboro City, Sahid Yogya Lifestyle dan Hartono Mall Jogja.

Sebanyak 12 Pusat Perbelanjaan tersebut menurut banyak pihak ternyata dinilai masih kurang, dan Jogja masih butuh tambahan banyak mall lagi mengingat ITK (Indeks Tendensi Konsumen) DIY terus mengalami peningkatan.

Disamping itu terdapat setidaknya 3 keunggulan yang melekat pada Yogyakarta dan tidak dimiliki oleh kota tetangga.

Ketiga keunggulan itulah yang membuat pengembang dan peritel banyak yang tertarik untuk menciptakan proyek-proyek baru terkait dengan bidang mereka di Provinsi DIY.

Foto By @hartonomalljogja

Ketiga keunggulan tersebut diantaranya adalah: pertama, Yogyakarta merupakan destinasi wisata dunia yang menjadi primadona pariwisata Indonesia kedua setelah Bali dengan jumlah wisatawan yang dari tahun ke terus meningkat.

Kedua, banyak mahasiswa baru dari seluruh penjuru Indonesia yang datang dan kuliah di Yogyakarta dengan jumlah sekitar 200.000 – 300.000 orang pertahun.

Ketiga, Yogyakarta saat ini telah menjelma menjadi kota Urban yang terbuka terhadap segala perubahan, salah satu diantaranya adalah lifestyle atau gaya hidup.

Sehingga tingkat kebutuhan masyarakatpun terus mengalami pelonjakan dan jenisnya juga semakin bervariasi.

Berbicara tentang masalah kebutuhan masyarakat urban, masa dulu berbeda dengan saat sekarang. Kebutuhan masyarakat sekarang adalah agar dapat diakui (eksis), untuk dapat melihat (to see) serta untuk dapat dilihat (to be seen).

Untuk memenuhi ketiga kebutuhan tersebut, sarana yang dapat mengakomodasi, salah satu diantaranya adalah Pusat Perbelanjaan.

Karena itu, bukan sesuatu yang aneh jika PT Delta Merlin Dunia Properti mendirikan sebuah Pusat Perbelanjaan terbesar se-DIY dan Jawa Tengah lewat Hartono Mall Jogja (HMJ).

Dengan melihat masih besarnya tingkat kebutuhan masyarakat Jogja dan sekitarnya akan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan baru.

Kehadiran mall yang megah ini diprediksi akan memiliki prospek bagus ke depan dan akan menarik minat para peritel serta dibanjiri oleh pengunjung.

Sekilas Tentang

Foto By @octiepermana

Dibuka untuk pertama kalinya pada 20 November 2015, HMJ langsung menyedot perhatian masyarakat Yogyakarta.

Karena mall ini menurut catatan wikipedia merupakan Pusat Perbelanjaan terbesar, tidak hanya di Yogyakarta tapi juga di Jawa Tengah.

Menempati lahan seluas 6,2 hektar, total gross floor area yang dimilikinya seluas 220.000 meter2 dengan NLA (Nett Leassable Area) yang dapat disewa seluas 80.000 meter2.

Dan mengalahkan gross floor area dari Pusat Belanja yang telah ada sebelumnya, seperti Plaza Ambarukmo 120.000 meter2, Paragon City Semarang 120.000 meter2 serta Solo Paragon yang hanya memiliki gross floor area seluas 60.000 meter2.

Dengan area luas dan gedung yang memiliki 8 lantai serta 2 basemen tersebut, HMJ mampu menyediakan tempat bagi 300 tenant yang ingin meramaikan Pusat Perbelanjaan ini.

Serta tempat untuk berbagai macam fasilitas hiburan, wahana permainan, gadget, fashion dan aksesoris, kesehatan, kecantikan, dan sebagainya di lantai lower ground sampai dengan lantai 3.

Selain itu, tersedia area parkir di lantai B1 dan lantai B2 yang dapat menampung lebih dari 7.000 kendaraan bermotor dengan sistem parkir menggunakan mesin otomatis sehingga aman dan nyaman bagi yang ingin memarkir kendaraan.

Tidak hanya megah dan luasnya bangunan serta banyaknya tenant saja yang menjadi daya tarik dari HMJ, tapi juga brand-brand ternama yang mengisi Pusat Perbelanjaan ini.

Karena dari 300 tenant yang ada, 200 diantaranya mengusung brand lokal sedang 100 tenant sisanya membawa brand internasional.

Beberapa brand besar yang ikut meramaikan HMJ diantaranya adalah H&M Department Store, Parkson Department Store, Matahari Department Store, Hypermart, ACE Hardware, Electric Solution, Informa, converse, Velvet.

Foto By @hartonomalljogja

Lalu ada juga Uniqlo, Zara, Nike, JCO, KFC, Gramedia, Eggo Waffle, Chatime, Kidz Stasion, Fun World, CGV Blitz Cinema, dan masih banyak lagi brand besar lainnya.

Dengan banyaknya store di sini seolah ingin menegaskan tagline yang diusung HMJ, yaitu: “Your Shopping World!” serta ingin memantapkan posisinya sebagai icon pusat perbelanjaan di DIY.

Untuk lebih memanjakan pengunjung kelas eksklusif utamanya wisatawan asing yang berkunjung ke Jogja, HMJ juga menggandeng JW Marriot yang berlokasi di sebelah Selatan Pusat Perbelanjaan ini.

Hotel Berbintang Lima tersebut menyediakan 413 kamar dengan berbagai type dan harga bagi kalangan menengah ke atas serta tamu-tamu mancanegara yang tentunya sudah tidak asing lagi dengan brand hotel kelas internasional ini.

Meski memberi ruang yang cukup bagi pengunjung kelas menengah ke atas, namun mall ini menurut Herman E. Fherero, General; Manager HMJ tetap memprioritaskan kalangan menengah ke bawah.

Karena menurutnya, tingkat konsumsi masyarakat Jogja terhadap brand-brand ternama belum sekuat Solo serta kota-kota besar lainnya di Indonesia, meskipun Jogja sendiri merupakan kawasan urban.

Itu sebabnya HMJ yang semula dibuat untuk presenter diubah menjadi mall lifestyle, karena konsep ini dipandang lebih cocok dengan pola dan gaya hidup masyarakat Jogja.

Karena itulah dari jumlah tenant yang meramaikan HMJ, sebanyak 10 persen diisi oleh produk-produk UMKM.

Sedang segmen pasar yang dibidik, sekitar 30 persen dari kalangan menengah ke atas, dan 70 persen merupakan perpaduan antara kalangan menengah, bawah dan mahasiswa.

Foto By @radhit_gimbal

HMJ sendiri berada di bawah managemen PT Delta Merlin Dunia Properti yang sejak tahun 2.000 telah dikenal sebagai raja property di DIY dan Jawa Tengah.

Sebanyak 4 Pusat Perbelanjaan, 3 hotel dan 1 wisma yang menjadi milik perusahaan ini menjadi salah satu bukti eksistensi dari PT Delta Merlin Dunia.

Beberapa hotel dan Pusat Belanja yang berada di bawah naungan Properti perusahaan ini, diantaranya adalah Hartono Trade Center, Best Western Solo, The Alana Solo dan Hartono Mall Solo.

Khusus untuk HMJ, sengaja dibangun di lokasi strategis di pinggiran jalan, dengan alamat di JL. Raya Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman.

Sehingga dapat dengan mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang dapat diakses dari segala arah.

Pengunjung dapat berbelanja sepuas-puasnya di Pusat Perbelanjaan ini setiap hari sejak buka pada jam 10.00 WIB sampai dengan tutup pada jam 22.00 WIB.

Wisata Belanja

Foto By @_ynsafinaaa

Menjelajah luasnya Pusat Belanja terbesar se-Yogyakarta dan Jawa Tengah tentu memberikan keasyikan tersendiri.

Karena mata akan dimanjakan dengan berbagai jenis barang yang tersebar di Lower Ground, Ground Floor, Upper Ground, Lantai 1, Lantai 2 dan Lantai 3.

Apapun yang diinginkan, sepanjang uang di dompet cukup, Anda pun bisa membawa pulang.

Menariknya, dengan 300 tenant yang menempati HMJ membuat Anda dapat membandingkan kualitas dan harga barang yang akan dibeli, sekaligus berburu diskon untuk mendapatkan harga terbaik dan termurah.

Selain menyediakan uang yang cukup, waktu yang tersediapun juga harus panjang, karena untuk menjelajah keseluruhan store tanpa memasukinya satu persatu, dibutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam.

Apalagi kalau harus memilih barang dan membandingkan harga antara store yang satu dengan yang lain.

Karena itu, bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung ke Pusat Perbelanjaan ini, disarankan untuk melihat tenant directory di pintu masuk atau di bagian informasi agar dapat mengetahui ada apa aja di setiap lantai.

Berikut gambaran singkat tentang isi dari setiap lantai yang ada di HMJ:

Bagi pengunjung yang ingin membeli produk-produk fashion dan aksesoris, tempat yang paling tepat ada di Ground Floor dan Upper Ground.

Karena dikedua lantai itulah letak dari puluhan tenant yang membawa nama puluhan brand, baik lokal maupun internasional. Kecuali untuk yang bermaksud mencari produk Parkson, dapat menuju ke Lower Ground.

Berbeda jika ingin mencari produk Beauty & Personal Care, Lower Ground justru tempat yang paling tepat, karena di lantai ini tersedia berbagai produk dari belasan merek, selebihnya dapat ditemui di Ground Floor dan 2nd Floor.

Foto By @ardisptrh

Untuk yang mencari tempat makan usai berbelanja, di Lower Ground dan Ground Floor dapat menjadi tujuan pertama.

Karena dikedua lantai tersebut terdapat food court dari puluhan tenant ditambah beberapa restoran dan tenant kuliner yang ada di lantai 3.

Sedang bagi pengunjung yang ingin memanjakan putra-putrinya dengan berbagai fasilitas hiburan, Kidz Station yang ada di Upper Ground.

Kings Fun yang ada di Lantai 1, Fun World di Lantai 2, dan Gamer Village serta Fun & Fit yang ada di Lantai 3 bisa dijadikan tujuan.

Sementara bagi pengunjung yang ingin nonton film-film terbaru, dapat menuju Lantai 2 untuk menikmati bioskop cineplex persembahan dari CGV Blitz Cinemas.

Untuk mengetahui secara lengkap tentang HMJ beserta store-store yang mengisinya, cara terbaik adalah dengan membuka website resmi dari mall tersebut.

Disana juga dapat dijumpai info tentang Event & Exhibitions, Promo serta Career bagi yang ingin bekerja di bidang retail.

Dengan banyaknya SDM yang dibutuhkan untuk menggerakkan roda perdagangan di Pusat Perbelanjaan ini, membuat HRD mall hampir setiap waktu memasang informasi karir atau loker (lowongan kerja).

Berbagai event dan exhibitions serta promo dari produk-produk atau dari store-store tertentu selain dapat dilihat melalui website, juga dapat diketahui dengan mengakses akun facebook dan instagram resmi dari HMJ.

Atau dengan menghubungi customer service melalui email info@hartonomallyogya.com serta nomor telepon (0274) 2924095.

Satu lagi cara untuk mengakses informasi dari Pusat Belanja megah ini adalah dengan memasang aplikasi belanja online Hartono Mall yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Dengan memasang aplikasi tersebut, berbagai program, event, eksibisi dan promo yang digelar HMJ dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja.

Tidak hanya lewat mobile application saja kemudahan yang diberikan, tapi juga lewat Premiere Card yang diresmikan penggunaannya sejak 28 Mei 2016.

Premiere Card yang diberikan gratis kepada pelanggan yang berbelanja minimal Rp.150.000 ini, merupakan bentuk apresiasi kepada para customer.

Karena dengan menunjukkan kartu tersebut saat berbelanja, pelanggan yang berbelanja minimal Rp.100.000 di Special Tenant atau Rp.150.000 di Anchor Tenant, akan memperoleh 1 poin yang nantinya dapat ditukar dengan berbagai souvenir.

Sedang pemegang Premiere Card yang berbelanja minimal Rp.500.000 berhak mendapat ekstra 1 poin untuk diikutkan ke dalam undian diakhir periode dengan hadiah utama All New Nissan Grand Livina.

Aktifitas Menarik

Foto By @naufalpradana

Selain berbelanja berbagai jenis barang, banyak aktifitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di HMJ, diantaranya seperti:

1. Hangout dan Cuci Mata

Berkeliling di luasnya Pusat Belanja sambil melihat berbagai jenis barang dari berbagai merek, tentu memberikan keasyikan sendiri meskipun tidak ada niatan untuk berbelanja.

Terlebih jika ada event semacam pameran, pertunjukan musik atau berbagai jenis festival yang kerap di gelar di atrium HMJ.

Puas berkeliling dan ingin beristirahat sambil nongkrong bareng pacar, teman atau keluarga, tinggal mampir ke tenant food & baverage yang dapat ditemui di Lower Ground, Ground Floor dan Lantai 3.

Berbagai brand terkenal dapat Anda pilih, seperti Starbucks, Italian Delight, Wendys, Breadtalk, Chatime, Es Teler 77 serta yang lain.

2. Wisata Kuliner

Berlama-lama di dalam HMJ tidak akan membuat Anda kelaparan dan kehausan, karena foodcourt yang ada di 3 lantai akan memanjakan lidah Anda dengan berbagai macam makanan dan minuman.

Mulai dari menu lokal seperti Baksi Kota Cakman, Japanese Food sebagaimana yang disajikan Ichiban Sushi dan Sumo Squid, aneka olahan seafood yang ada di Fish n Co, dan menu-menu lainnya yang dipastikan akan menggoyang lidah.

Foto By @_nur.fahmi

3. Wahana Permainan

Bagi yang berbelanja sambil membawa anak, tidak perlu merasa bingung, karena sejumlah wahana permainan siap menemani putra-putri Anda disaat Anda sedang sibuk berbelanja.

Di Kings Fun misalnya, tersedia wahana permainan Boom Boom Car, Virtual Cooking Mama, Pump, Danzbase, Maximum Tune serta yang lain.

Sedang wahana permainan yang ada di Funworld diantaranya adalah Mexican Coaster, Kereeta Thomas, Happy Swing, Caroussel, Bumper Car, Magic Bike, Pump It Up Prime, dan masih banyak lagi permainan yang lain termasuk 150 mesin game.

Jika game online yang menjadi kegemaran putra-putri Anda, tinggal membawanya ke Gamer Village karena di tempat ini tersedia 100 Gaming PC yang disuport koneksi internet sebesar 30 Mbps di area PC dan 100 Mbps untuk area Wifi.Id Corner.

Sedang untuk yang gemar permainan berbau olahraga, Fun & Fit yang ada di Lantai 3 bisa dijadikan tujuan.

4. Nonton Bioskop

Lewat CGV Blitz Cinemas, pengunjung yang ingin menikmati film-film terbaru akan merasakan sensasi yang berbeda, karena tidak hanya sekedar gambar bergerak saja yang akan disaksikan.

Tapi juga nonton film dengan layar cekung di Sphere-X atau menikmati film 4D dengan efek gerak, efek air, angin dan efek aroma di Cinema 4DX.

Saat ini CGV Blitz Cinemas yang ada di HMJ memiliki 3 ruang studio Regular, 1 studio Starium, 1 Velvet, 1 Spherex, dan 1 studio 4DX.

Foto By @hartonomalljogja

5. Event Menarik

Sejak soft opening pada 20 November 2015 hingga kini, HMJ selalu menghadirkan event-event menarik minimal sekali dalam sebulan.

Bahkan tidak jarang menghadirkan artis-artis dan grup band ternama di Indonesia, seperti Drive, Kotak, Letto, Geisha, serta yang lain.

Foto By @harwiyan_harh

Berbagai eksebisi dan kompetisi juga kerap digelar di sini, seperti Auto Show, Culinary Festival, K-Pop Dance Competition, Vocal Competition, dan berbagai event lainnya.

Karena itulah meski HMJ tidak memiliki arena gokart di bagian atapnya sebagaimana Hartono Mall Solo Baru, namun dengan seringnya menggelar event menarik, membuat Pusat Perbelanjaan ini memiliki daya tarik lebih dalam mengundang pengunjung.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.