Foto By @wahid_en11

Menikmati Malam di Batu Night Spectacular

Diposting pada

Lokasi: Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Batu Kota, Jawa Timur 65316
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 60.000 (Allday Paket), Rp. 30.000 (Senin – Jumat), Rp. 40.000 (Sabtu – Minggu)
Buka Tutup: 15.00 – 23.00 WIB (Senin – Kamis), 15.00 – 00.00 WIB (Jumat – Minggu)
Telepon: 0341 5025111

Kota Malang di Jawa Timur atau Jatim memang benar-benar tahu bagaimana cara memanjakan para wisatawan yang sedang berlibur ke kota yang terkenal dengan buah apelnya ini.

Ada banyak kawasan wisata yang bisa ditemui ketika berlibur ke kota ini. Mulai dari kawasan wisata alam hingga kawasan wisata keluarga.

Foto By @ardianperdana_

Di daerah Batu misalnya, para wisatawan bisa mengunjungi kawasan wisata rekreasi keluarga dan alam yang sangat indah.

Untuk kawasan wisata alam, para wisatawan bisa menuju ke Wana Wisata Gunung Banyak yang siap menyajikan keindahan alam di kota Malang dan Batu.

Sementara untuk kawasan wisata keluarga, para wisatawan bisa mengunjungi Jatim Park, Museum Angkut dan juga yang terbaru adalah kawasan wisata Batu Night Spectacular yang benar-benar memberikan pengalamanspektakular dan menakjubkan.

Di sini ada banyak wahana permainan dan juga suasana malam di kota Batu yang sangat indah.

Mengenal BNS

Foto By @dpuspitaloka

Kawasan wisata Batu Night Spectacular atau biasa disebut BNS ini merupakan salah satu kawasan wisata yang memperkenalkan keindahan kota Batu.

Hal ini tertuang dari konsep dasar penamaan dari BNS tersebut yang bisa dilihat di website atau situs resmi dari Batu Night Spectacular yang sudah didukung dengan penggunaan bahasa Inggris di dalamnya.

Penamaan dan konsep yang diajukan oleh BNS ini memang untuk memperkenalkan keindahan kota Batu yang eksotis dan juga menawan.

Oleh sebab itu Batu Night Spectacular ini sudah siap untuk memberikan suasana menarik dengan permainan lampu, lampion danlaser serta segudang wahana permainannya.

Batu Night Spectacular ini menggabungkan pariwisata malam dengan konsep hiburan keluarga seperti mall, market dan sport dalam satu kompleks.

Tentu saja hal ini untuk menunjang wisata hiburan di kota Malang dan Batu kepada para wisatawan baik domestik atau mancanegara.

Asal usul dari BNS ini dibangun untuk memberikan pengalaman menarik kepada masyarakat di sekita kota Batu dan Malang. Sekaligus memperkaya dunia pariwisata di kota tersebut.

Letak geografis dari spot ini memang berada di pusat kota Batu. Akan tetapi kawasan wisata ini juga bertujuan memperkenalkan kota Malang kepada khalayak ramai.

Ditambah lagi banyak kisah sejarah yang bisa diambil di kawasan wisata rekreasi Batu Night Spectacular ini.

Untuk menunjang dunia pariwisata tersebut, sudah banyak review dan ulasan artikel yang membahas mengenai kapan berdirinya BNS serta tujuan pembangunannya.

Sejumlah review tersebut tertuang di blog serta situs-situs resmi dari pariwisata kota Malang sendiri.

Night Market dan Food Court

Foto By @aland_jc

Salah satu fasilitas yang bisa ditemukan di Batu Night Spectacular ini adalah Night Market dan juga Food Court.

Di area Night Market ini para wisatawan bisa mendapatkan berbagai macam barang-barang mulai dari pakaian, aksesoris, karya seni hingga barang-barang lainnya yang biasa ditemukan di pasar malam.

Tentu saja harga yang dipatok cukup murah dan terjangkau. Sangat pas untuk para ibu-ibu yang ingin berbelanja untuk anak-anak mereka. Apalagi areanya cukup luas sehingga bisa memudahkan para pengunjung untuk memilih.

Selain Night Market, di sini sudah ada area Food Court yang menyajikan aneka kuliner lezat dan sedap khas Jawa Timur seperti rawon, bronkos, rujak hingga lontong balap.

Selain kuliner Jawa Timur, kuliner dari Indonesia lainnya dan beberapa menu khas western juga ada di sajikan disini.

Spectacular Show

Foto By @arthawidyatama

Di kawasan wisata rekreasi keluarga Batu Night Spectacular ini juga ada pertunjukkan Spectacular Show yaitu Laser Show.

Di acara ini para wisatawan akan diperlihatkan permainan lampu laser yang menarik dan menyajikan bentuk-bentuk unik.

Permainan laser ini berpadu dengan lampu-lampu berwarna-warni yang sangat indah dan berpadu dengan acara Air Mancur Menari.

Di acara ini para wisatawan akan disajikan keindahan air mancur yang menjulang tinggi dan seolah sedang menari-nari.

Air mancur ini bergerak bergantian dan berpadu dengan laser serta lampu yang berwarna-warni sehingga menyajikan tampilan yang luar biasa mengagumkan.

Tidak heran jika banyak para wisatawan tertarik untuk menikmati sajian ini. Sayangnya para wisatawan tidak diperbolehkan mengambil foto dengan blitz.

Sehingga photo atau gambar yang diabadikan kurang terang disebabkan area yang gelap untuk menunjang tampilan lampu dan laser agar lebih terlihat cerah.

Di acara Spectacular Show ini juga Batu Night Spectacular menyediakan Multimedia Show yang menggunakan layar dengan panjang sekitar 50 meter. Dan diklaim sebagai layar terpajiang di Indonesia.

Hal ini tentu saja untuk memberikan sajian yang spektakuler kepada para wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata rekreasi keluarga ini.

Sajian ini diiiringi oleh lagu dan musik akulturasi antara budaya barat dan timur yang cukup menarik.

Di sini sudah ada pula area stage. Di panggung hiburan ini para pengunjung bisa menikmati sajian live musik setiap akhir pekan hingga acara kesenian yang memperkenalkan budaya Jawa Timur pada khususnya.

Dan juga budaya Indonesia pada umumnya kepada para pengunjung yang datang untuk memperkenalkan lebih dalam kebudayaan Indonesia.

Lampion Garden

Foto By @umiazizah16

Kurang pas rasanya jika berlibur ke Batu Night Spectacular ini tidak mengunjungi area Lampion Garden. Area tersebut menjadi salah satu tempat yang diincar oleh para pengunjung terutama anak-anak muda.

Pasalnya di sini para wisatawan bisa menemukan banyak lampion-lampion cantik yang dibentuk menjadi sebuah wujud seperti hewan hingga tulisan dan dilengkapi dengan warna-warni yang menawan.

Di area pintu gerbang para pengunjung sudah disambut oleh tulisan Lampion Garden yang besar dengan dilengkapi lampu menarik.

Ditambah lagi dengan tampilan 2 patung pria dan wanita yang seolah menyambut para pengunjung lengkap dengan lampu-lampu berwarna-warni.

Di bagian dalam dari taman, para pengunjung bisa melihat atap lampion berwarna-warni yang memenuhi langit-langit.

Hal ini memberikan pemandangan dan panorama warna-warni yang eksotis dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Selain itu ada tulisan Love dan juga bentuk hewan seperti angsa hingga burung flamingo yang cantik dengan dipenuhi lampu-lampu yang cerah.

Di area kolam juga dipenuhi dengan lampion-lampion berwarna-warni dengan bentuk seperti angsa hingga bunga teratai yang cantik.

Tidak heran jika banyak anak-anak muda yang menggandeng pasangan berfoto di sekitar area kolam tersebut.

Bioskop 4 Dimensi

Foto By @wahid_en11

Di Batu Night Spectaculer juga sudah ada Bioskop 4 Dimensi. Di sini para pengunjung akan diajak untuk merasakan sensasi berpetualang di dalam sebuah film.

Para pengunjung akan merasakan seolah ikut berpetualang di dalam film dengan menggunakan kacamata serta kursi khusus.

Seolah para wisatawan sedang ikut berada di dalam film tersebut. Bukan cuma gerak dan visual saja, indera perasa juga akan mendapatkan rangsangan di Bioskop 4 Dimensi ini.

Hantu di BNS

Di kawasan Batu Night Spectacular ini para pengunjung bisa menuju ke Rumah Hantu untuk melihat vampire atau lainnya dan siap-siap mendapatkan kejutan serta shock terapi dari hantu-hantu.

Rumah Kaca juga menjadi salah satu wahana permainan yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung bersama keluarga.

Di Rumah Kaca ini para wisatawan akan diajak menelusuri rumah yang dipenuhi dengan jebakan kaca. Para pengunjung harus menemukan jalan keluar dari labirin-labirin kaca tersebut.

Wahana Keluarga

Kawasan wisata Batu Night Spectacular ini memang sangat pas untuk keluarga. Bagi yang ingin bernyanyi dengan puas dan bebas bisa mengunjungi area Karaoke.

Di sini para pengunjung bisa bebas bernyanyi dan mengekspresikan diri. Tentu saja jangan lupa ajak keluarga untuk bernyanyi bersama.

Selain Karaoke Keluarga, di Batu Night Spectacular ini juga terdapat area Game Room. Ada banyak permainan-permainan menarik yang bisa dilakukan di sini.

Bagi yang gemar balapan, area Go Kart bisa dikunjungi. Para pengunjung yang ingin mencobanya akan mendapatkan instruksi dan pakaian hingga perlengkapan yang lengkap.

Di Batu Night Spectacular sendiri juga sudah ada sirkuit untuk balapan. Bagi yang ingin menonton Drag Race, Road Race hingga Slalom bisa mengunjungi area tersebut.

Sudah tersedia area tribun penonton bagi para pengunjung yang ingin menikmati balapan hingga slalom.

Permainan Karnaval

Foto By @daniel.chrisss

Batu Night Spectacular ini memang konsepnya seperti pasar malam atau pasar karnaval yang lengkap dengan Night Market serta aneka permainan mengasyikkan salah satunya adalah Sepeda Udara.

Di permainan sepeda udara ini para pengunjung harus menaiki sebuah sepeda dengan 2 penumpang di dalam sebuah rel dan harus mengayuh sepeda berkeliling.

Setelah puas bermain sepeda, tidak ada salahnya mencoba Disco Bumper Car. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan Bom Bom Car.

Para pengunjung akan mengendarai sebuah mobil dan menabrakkannya ke mobil lawan di sini. Yang membuat wahana ini cukup menarik tentu saja lampu mobil yang berwarna-warni.

Kursi Terbang juga bisa dicoba jika ingin memanjakan adrenalin. Wahana ini mirip dengan Ontang Anting yang ada di Dunia Fantasi atau Dufan.

Bedanya di Batu Night Spectacular ini dilengkapi dengan lampu-lampu yang terang sehingga tampilan lebih menarik. Dan para wisatawan bisa melihat keindahan Batu Night Spectacular ini dari ketinggian.

Bagi para pengunjung anak-anak bisa mencoba wahana Merry Go Round, sebuah komidi putar yang dilengkapi dengan permainan lampu berwarna-warni dan musik.

Selain Merry Go Round, para pengunjung anak-anak bisa mencoba bermain boom boom car yang relatif lebih aman.

Mini Train juga sudah disediakan di kawasan wisata rekreasi keluarga ini. Wahana tersebut akan mengajak para pengunjung untuk melihat dan menikmati suasana di Batu Night Spectacular tersebut.

Selain itu ada pula wahana permainan Rodeo, Sepeda Gila, Trampoline serta area Playground hingga Fun House.

Ada pula beberapa wahana baru yang cukup digemari yaitu Gravitron, sebuah hiburan yang memiliki gravitasi tinggi sehingga tubuh para pengunjung akan terasa berat.

Wahana baru lainnya yang bisa dimainkan di kawasan wisata ini adalah Laser Mission dan Trick Art Gallery.

Di wahana Trick Art Gallery ini para wisatawan bisa melihat berbagai macam karya seni 3 dimensi yang memiliki bentuk serta tampilan unik. Tentu saja menjadi tempat yang pas untuk berfoto-foto.

Wahana lainnya yang bisa dimainkan di sini adalah Joy Land, Jump Around, Monkey Jump, Baby Wheel, Rockin’ Tug, Mega Mix dan juga Magic Bounce.

Setiap wahana disini pastinya memberikan pengalaman permainan yang cukup seru dan menantang.

Letak dan Lokasi

Foto By @cristopherronyardo

Letak dan lokasi serta alamat dari kawasan wisata Batu Night Spectacular ini berada di Jalan Raya Oro-oro Ombo No.200, Kecamatan Batu, Kota Wisata Batu, Batu, Jawa Timur.

Tentu saja akses dan rute untuk menuju ke kawasan wisata ini sudah sangat mudah untuk dijangkau. Para wisatawan bisa menuju ke kawasan wisata Batu Night Spectacular ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Jika menggunakan kendaraan umum para wisatawan bisa bergerak dari pusat kota Malang yang menuju ke arah Terminal Landungsari.

Dari terminal Ladungsari kemudian naik kendaraan umum yang menuju ke Terminal Batu. Tidak terlalu sulit untuk menemukannya.

Sementara bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, akses untuk mengunjungi kawasan wisata ini juga sangat mudah untuk dilalui.

Kendaraan pribadi biasanya menjadi alat transportasi yang digunakan oleh para wisatawan.

Biasanya mereka menyewa di sekitar pusat kota Malang. Perjalanan ke Batu Night Spectaculer ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja.

Jika bingung dengan arah serta tujuan di kota Malang, para wisatawan bisa menggunakan aplikasi Google Map/GPS smartphone Android untuk petunjuk arah.

Aplikasi akan memberikan denah dan peta kota Malang Batu yang akan memudahkan para wisatawan. Selain itu sudah ada papan penunjuk jalan menuju ke kawasan wisata keluarga Batu Night Spectacular.

Fasilitas Yang Ada

Foto By @jacelynrahardjo

Selain wahana permainan di sini juga ada beberapa fasilitas yang cukup memadai dan siap memanjakan para wisatawan contohnya adalah hotel terdekat.

Mengenai penginapan, di sekitar Batu Night Spectacular ini para wisatawan bisa menemukan villa, hotel hingga guest house dengan harga yang cukup terjangkau.

Apalagi lokasinya juga sangat dekat dengan kawasan wisata ini. Sehingga memudahkan para pengunjung untuk bermalam saat berkunjung ke Batu Night Spectacular ini.

Selain itu bisa memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata lainnya seperti Museum Angkut, Jatim Park hingga Wana Wisata Gunung Banyak.

Selain hotel dan penginapan, di sekitar kawasan wisata ini seperti yang sudah disebutkan di awal sudah tersedia aneka macam rumah makan di area Food Court.

Hal ini tentu saja untuk memberikan kepuasan kepada para pengunjung jika ingin makan ketika lapar. Tentu saja sudah banyak aneka macam kuliner yang bisa dipilih.

Untuk fasilitas umumnya sendiri sudah tersedia toilet umum dan juga tempat parkir serta musholla yang tersebar di sekeliling kawasan wisata keluarga ini.

Sementara untuk area tempat parkir sendiri sangat luas. Untuk kendaraan roda 4 cukup membayar 5 ribu saja sementara cuma 2 ribu.

Tidak pas rasanya jika kawasan wisata rekreasi keluarga tidak memiliki toko souvenir. Di sini para wisatawan bisa membeli aneka macam oleh-oleh untuk saudara dan juga keluarga di rumah.

Ada berbagai macam juga cinderamata yang bisa dipilih. Harganya juga sangat terjangkau untuk para wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Foto By @marinafsptri

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata Batu Night Spectacular ini cukup membayar tiket seharga 30 ribu untuk hari biasa. Sementara di akhir pekan atau hari libur dikenakan biaya sekitar 40 ribu.

Ada pula tiket terusan sebesar 60 ribu yang bisa digunakan untuk bermain berbagai macam wahana permainan di sekitar kawasan wisata ini.

Sedangkan untuk jam operasional dibuka pada pukul 3 sore WIB. Dan akan ditutup pada pukul 11 malam WIB untuk hari Senin hingga Kamis.

Sementara untuk akhir pekan dan juga libur nasional, kawasan wisata ini akan tetap buka pada pukul 3 sore. Dan akan tutup pada pukul 12 malam.

Tips Liburan

Ada beberapa tips dan juga saran untuk para wisatawan sebelum memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata rekreasi ini.

Jika ingin mengunjungi Batu Night Spectacular ini disarankan untuk membawa jaket yang tebal atau minimal sweater. Hal ini disebabkan udaranya dingin terutama di malam hari.

Pasalnya kota Batu ini letaknya berada di dataran tinggi dan dekat dengan pegunungan. Praktis udara yang ada di kota ini pada malam hari akan cukup dingin dan menusuk tulang.

Tentu saja untuk menikmati liburan yang nyaman, jaket tebal bisa menjadi pilihan yang pas untuk dikenakan.

Berfoto menjadi salah satu kegiatan yang sangat wajar ditemukan di sini. Jika ingin berselfie di sekitar kawasan wisata ini disarankan menggunakan blitz atau flash.

Hal ini disebabkan kawasan wisata Batu Night Spectacular ini dipenuhi dengan lampu yang berwarna-warni. Sehingga jika tidak menggunakan blitz bisa menimbulkan back light sehingga foto tidak terlalu bagus.

Jika memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata ini pada akhir pekan atau ketika musim liburan tiba, disarankan untuk datang sejak awal atau minimal jam 5 sore.

Pasalnya suasana di sekitar taman rekreasi ini akan sangat ramai danpenuh. Ditambah lagi di area parkir akan terjadi antrian mobil yang panjang.

Bahkan bisa jadi para wisatawan tidak akan mendapatkan tempat parkir disebabkan pengunjung yang membludak.

Jika berniat untuk mengunjungi kawasan wisata Batu Night Spectacular ini ketika cuaca sedang cerah. Jika datang ketika musim hujan dan kabut, suasana di sekitar kurang menarik.

Pasalnya lampu-lampu di sekitar Batu Night Spectacular ini akan dipenuhi kabut yang menyelimuti taman rekreasi.

Ditambah lagi ketika musim hujan sebagian wahana permainan tidak akan dioperasikan diakibatkan cukup berbahaya.

Kala kabut datang juga membuat kota Malang akan tertutup sehingga lampu-lampu tidak terlihat dengan sempurna.

Tips lainnya adalah jangan lupa untuk membawa uang tunai. Disebabkan di beberapa wahana tidak melayani kartu debit atau kredit. Meskipun membeli tiket terusan tidak semua wahana bisa dinaiki dengan tiket tersebut.

Ada beberapa wahana yang harus membayar di lokasi wahana itu sendiri dan berbeda dengan tiket masuk. Sehingga uang cash bisa menjadi pilihan yang pas.

Terutama area jajanan yang tersebar di sekitar kawasan wisata ini beberapa diantaranya memang harus menggunakan uang cash.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.