Foto By @shantyshmily

Kebun Teh Wonosari Malang

Diposting pada

Lokasi: Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153
Map: Klik Disini
HTM: Weekday Rp. 8.000/Orang, Weekend Rp. 12.000/Orang
Buka Tutup: Senin-Minggu 07.00 – 17.00
Telepon: 0811 3637 198

Jika Anda bosan berwisata ke pantai dan ingin mencari suasana yang sejuk, santai dan membuat relax, maka berkunjunglah ke kota Malang.

Kota Malang berada di wilayah dataran tinggi sehingga memiliki iklim yang dingin dan sejuk. Selain itu di daerah ini juga terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Selain terkenal dengan agrowisata apelnya, wisata perkebunan teh di kota Malang juga tak kalah menarik. Salah satunya objek wisata agro Kebun Teh Wonosari Lawang Malang.

Foto By @sintyawij

Kebun Teh Wonosari bisa diibaratkan sebagai pengganti wisata puncak bagi masyarakat Jawa Timur, terutama yang bertempat tinggal di wilayah Malang.

Sehingga mereka tidak perlu pergi ke wisata Puncak, Bogor yang tempatnya sangat jauh dari Jawa Timur.

Keindahan panorama Kebon Teh Wonosari tidak kalah menakjubkan dibandingkan wisata Puncak di Bogor. Hanya mungkin Puncak di Bogor lebih populer di telinga masyarakat.

Lokasi agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak di kaki gunung Arjuno, perbatasan kota Surabaya dan Malang.

Alamat perkebunan ini tepatnya berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dengan ketinggian 950-1.250 meter dari permukaan laut.

Kawasan ini terletak 6 km dari Lawang atau kurang lebih 30 km arah utara kota Malang dan 80 km dari kota Surabaya.

Sejarah Berdirinya

Foto By @ananditacinta

Kebun teh Wonosari memiliki sejarah panjang sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya berdiri pada tahun 1910.

Kebun teh Wonsari merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang bernaung di bawah perusahaan Belanda bernama NV. Cultur Maathappy pada saat itu kebun teh ini ditanami teh dan kina.

Namun pada masa penjajahan Jepang, dengan misi swasembada pangan untuk jajahannya, sebagian tanaman teh diganti dengan tanaman bahan makanan pokok seperti singkong, ubi, kentang dan sejenisnya.

Setelah terbebas dari penjajahan Belanda dan Jepang, perkebunan teh ini diambil alih oleh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) sampai saat ini.

PTPN XII merupakan Badan Usaha Milik Negara dengan status Perusahaan Perseroan yang menangani perluasan prosuksi teh dan pendistribusiannya.

Melihat ketinggian lokasi dan kelembaban tanah, PTPN XII memfokuskan tanaman menjadi teh, kopi dan tanaman lainnya dan kemudian kebun teh ini menghasilkan produk teh dengan merk Teh Rolas.

Selain memproduksi teh, kebun teh Wonosari juga dijadikan agro wisata yang pastinya sangat layak untuk anda kunjungi.

Berada di wilayah dataran tinggi, kebun teh ini tidak hanya menyajikan panorama keindahaan alam namun juga udara yang sejuk dan segar sehingga selain dapat menjadi tempat rekreasi bagi anda dan keluarga.

Kebun teh ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan stress dan penat dari hiruk pikuk suasana ibu kota yang ramai.

Jadi, sangat disarakan bagi Anda untuk rehat dan me-refresh diri sejenak dengan menginap beberapa hari di villa atau hotel yang disewakan di sekitar kebun teh ini.

Fasilitas dan Aktivitas

Foto By @pusat_travelling_surabaya

Bila Anda berkunjung ke kebun teh Wonosari, tak perlu khawatir karena di tempat ini disediakan berbagai fasilitas yang sangat memadai.

Mulai dari fasilitas penginapan (wisma, hotel, villa, cottage), masjid, tempat olahraga dan rekreasi, restoran.

Dan yang lebih hebat lagi, di Wisata Agro Wonosari ini telah tersedia jaringan internet nirkabel (WiFi) yang memudahkan wisatawan melakukan akses internet sambil berwisata.

Fasilitas kegiatan di tempat wisata ini pun sangat beragam sehingga Anda tidak hanya bisa menikmati panorama hamparan kebun teh yang indah tetapi juga bisa menikmati aktivitas yang sangat menyenangkan yang disediakan pihak pengelola.

Anda bisa melihat proses pengolahan teh dari proses pemetikan daun teh hingga menjadi teh yang siap diseduh.

Mulai dari proses penerimaan daun teh, proses pelayuan, proses penggilingan, fermentasi, pengeringan, proses pengepakan sampai teh siap untuk dipasarkan. Anda juga bisa membawa pulang teh olahan Wonosari ini.

Kebanyakan produk teh yang dihasilnya dari kebun ini diekspor keluar pulau Jawa, bahkan sampai ke mancanegara.

Namun kegiatan ini hanya bisa dinikmati pada hari kerja sedangkan pada hari libur atau weekend, pengunjung tidak bisa melihat proses pembuatan teh disini.

Proses pembuatan teh dilakukan di pabrik peninggalan zaman Belanda. Hal ini tentunya menjadi kegiatan dan pengalaman yang sangat menarik.

Pantas saja selain wisatawan dalam negeri, banyak sekali wisatawan asing, khususnya yang berasal dari Belanda, Amerika, Jerman, Jepang dan Australia, yang sering datang dan menginap cukup lama di kawasan sini.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati tea walk di area kebun teh Wonosari yang menyejukkan mata ini.

Sarana Permainan

Foto By @shantyshmily

Selain bisa melihat proses pembuatan teh, pengunjung juga bisa berekreasi dan berolah raga. Untuk rekreasi Anda bisa mengunjungi kebun binatang mini untuk melihat-lihat koleksi hewan yang ada disini.

Atau bisa juga bermain bersama anak-anak di playground, bersantai di taman, bermain di arena permainan outbound dan bila merasa kedinginan, dapat berenang di kolam renang hangat.

Udara yang segar dan bebas polusi sangat enak untuk jalan-jalan mengelilingi kebun teh Wonosari seluas 1.114 hektar.

Jika ingin berkeliling, Anda bisa menggunakan fasilitas kendaraan wisata yang disediakan seperti kereta mini atau kereta kerinci, sepeda air, sepeda gunung, kuda wisata, mobil battery maupun ATV yang menantang adrenalin.

Lahan yang luas dengan berbagai fasilitas olahraga seperti lapangan tenis, sepak bola, volley serta area untuk jogging disediakan bagi anda yang gemar berolahraga.

Pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan Flying Fox, Wall Climb dan Paint Ball yang pastinya sangat seru.

Lebih lengkapnya lagi, kebun teh Wonosari menyediakan ruang untuk meeting dan pendidikan serta sarana untuk camping sehingga banyak universitas atau sekolah yang menjadikan perkebunan teh ini sebagai wisata edukasi dan lainnya.

Paket Agrowisata

Foto By @schisscha07

Banyak instansi seperti sekolah, universitas maupun perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di kebun teh ini, maka dari itu pihak pengelola menyediakan berbagai macam paket.

Mulai dari paket edukasi, petik teh, bermalam khusus pelajar, paket meeting & gathering, outbond dan camping.

Harga yang ditawarkan tiap paket berbeda-beda, tergantung jumlah peserta, kegiatan yang diikuti serta fasilitas yang dinikmati.

Diantara semua paket, paket edukasi adalah paket yang cukup banyak diminati. Banyak siswa-siswi dari mulai playgroup sampai dengan SMA yang melakukan study tour ke objek wisata Kebun Teh Wonosari.

Paket edukasi terdiri dari 6 paket. Paket 1 yaitu untuk jumlah pengunjung minimal itu hanya 20 orang saja.

Fasilitas dan kegiatan yang ada di paket 1 ini yaitu tour kebun, tour pabrik didampingi pemandu, snack dan minum teh. Setiap orangnya dikenakan biaya 38.000 rupiah per orang untuk paket 1.

Untuk paket 2, fasilitas dan kegiatan sama dengan paket 1. Hanya saja biayanya naik menjadi 50.000 per orang karena ada tambahan makan siang.

Untuk paket 3, sama seperti paket 2. Yang membedakan hanya di biaya per orang dan adanya fasilitas kereta kelinci.

Dengan membayar 55.000 per orang Anda dan rombongan sudah bisa mengambil paket ini dan menikmati fasilitas yang ada di paket no. 3 ini. Sedangkan paket 4 jumlah orang yang ada dirombongan anda minimal berjumlah 50 orang.

Fasilitas yang ada di paket 4 ini adalah tour kebun, tour pabrik didampingi pemandu, snack, minum teh, makan siang, kereta kelinci, kolam renang dan flying fox. Adapun biaya yang harus dikeluarkan per orangnya yaitu 90.000 rupiah.

Paket selanjutnya adalah paket 5. Minimal jumlah orang bila anda dan rombongan ingin mengambil paket ini adalah sepoerti paket 4, yakni 50 orang. Fasilitas yang ditawarkan pun hampir sama dengan yang ada di paket 4.

Hanya saja untuk paket 5 fasilitas kolam renang diganti dengan olah raga wall climbing yang yang memacu adrenalin Anda.

Biaya yang harus dibayarkan tidak jauh berbeda dengan paket 4. Anda dan rombongan hanya perlu membayar 100.000 per orangnya.

Yang terakhir adalah paket 6. Harga yang harus anda bayar untuk bisa menikmati paket 6 ini adalah 130.000 per orang.

Paket ini merupakan paket paling mahal di paket edukasi. Namun, harga tersebut sangat seimbang dengan fasilitas yang akan anda dapat.

Fasilitas yang ada di paket 6 ini adalah tour kebun, tour pabrik beserta pemandu wisata, snack, minum teh, makan siang, kereta kelinci dan fun outbound. Minimal jumlah peserta untuk mengambil paket ini adalah 50 orang.

Kuliner dan Oleh-Oleh

Foto By @andfhrdnnn

Untuk kuliner, anda jangan khawatir karena selain fasilitas bermain dan rekreasi, disediakan pula wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah.

Di kebun teh Wonosari ini tersedia rumah makan dan kios-kios. Makanan yang tersedia sangat beraneka ragam.

Ada bakso, jagung bakar, mie goreng dan lain sebagainya. Tersedia juga mini market bila anda ingin menikmati makanan dan minuman ringan.

Jika ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah dan juga teman-teman, tak perlu bingung karena di kebun teh Wonosari ini terdapat pusat oleh-oleh yang tidak hanya menjual teh.

Tetapi ada juga dijual makanan, minuman bahkan kerajinan menari yang dibuat oleh warga sekitar.

Bagi pecinta tanaman, anda juga bisa berbelanja tanaman dan bunga hias di toko-toko bunga sebagai oleh-oleh ataupun kenang-kenangan dari tempat ini.

Penginapan di Sekitar

Foto By @elwinnovita

Jika Anda dan keluarga berencana untuk menginap, sebaiknya direncanakan berdasarkan jumlah orang yang akan menginap.

Apabila Anda datang bersama rombongan, maka sewalah villa atau bungalow karena akan lebih murah dibanding menyewa hotel untuk anggota rombongan.

Bila hanya datang sendiri atau dua orang, sebaiknya menyewa hotel saja. Menginap di hotel mempunyai kelebihan tersendiri.

Selain dapat melihat Kebun Teh Wonosari dengan view yang sangat indah, Anda pun akan mendapatkan fasilitas kamar lengkap, terjamin dan pastinya kondisi kamar bersih.

Informasi dan Reservasi

Foto By @liefukpau

Untuk pengunjung yang bertempat tinggal jauh dari lokasi kebun teh Wonosari, khususnya yang tinggal di luar Malang, maka bisa menggunakan fasilitas reservasi online yang dibuat untuk memudahkan proses pemesanan.

Untuk melakukan reservasi online, bisa melalui website www.agro-ptpn12.com atau www.reservasi.agro-ptpn12.com.

Disini Anda bisa melakukan pemesanan wisma/kamar secara online dan memilih fasilitas kamar sesuai budget.

Tentunya fasilitas reservasi online ini sangat memudahkan pengunjung untuk memesan wisma/kamar hotel dari jauh hari.

Bila ada pertanyaan atau ingin berkunjung ke perkebunan ini, Anda bisa menghubungi pihak pengelola melalui email wonosari@agro-ptpn12.com.

Atau bisa menghubungi nomor telepon di (0341) 426032 dan handphone 082 895 250 682 ataupun Fax (0341) 425123.

Jalan Menuju Lokasi

Foto By @pitaloka2050

Bila Anda melakukan trip ke Wisata Agro Wonosari, rute yang akan anda lewati cukup mudah. Anda bisa travelling menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan seperti travel ataupun menggunakan kendaraan umum.

Bagi yang berkendara menggunakan kendaraan pribadi dari arah Surabaya, anda bisa mengikuti jalur utama Surabaya-Malang.

Setelah kurang lebih berada 80km ke kota Lawang, ikuti petunjuk jalan yang menunjukkan arah belok kanan menuju kebun teh Wonosari.

Sebaliknya bila Anda berangkat dari kota Malang, ikuti arah menuju utara sekitar 30km kemudian belok kiri ke arah perkebunan teh Wonosari.

Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik angkutan umum dari Malang menuju Surabaya dan turun di terminal Lawang.

Selanjutnya Anda bisa naik angkutan umum dengan kode SLKW yang khusus menuju kebun teh Wonosari.

Jalannya cukup bagus, menanjak dan sedikit berbelok-belok karena ini merupakan daerah dataran tinggi. Untuk rombongan, Anda bisa menyewa kendaraan umum yang ada terminal Lawang agar lebih hemat.

Agar tidak tersesat saat menjelajahi Kebun Teh Wonosari ini, sangat disarankan untuk meminta peta pada pihak pengelola saat anda tiba disini.

Foto By @ellyaazizah

Harga Tiket Masuk

Untuk tahun 2020, harga tiket masuk Wisata Agro Wonosari yaitu Rp. 8.000 per orang bila Anda datang di hari kerja yakni hari Senin sampai Sabtu.

Sedangkan bila Anda berkunjung di hari libur atau weekend tepatnya pada hari Minggu atau hari libur nasional, harga tiket naik menjadi Rp. 12.000 per orang.

Untuk menikmati fasilitas yang ada, seperti kolam renang, lapangan tenis, lahan camping, kereta kelinci, kendaraan ATV, sepeda air dan lain sebagainya dikenakan biaya terpisah mulai dari lima ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Namun bila Anda ingin lebih murah, sebaiknya mengambil paket yang telah dijelaskan pada artikel diatas.

Foto By @shantyshmily

Agrowisata kebun teh Wonosari ini memiliki jam buka mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Walaupun memiliki jam buka yang cukup lama, namun tidak cukup rasanya apabila anda ingin mencoba semua fasilitas di sini.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “Kebun Teh Wonosari Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.