Kue Muso, gambar By @moorlife_ammar

10 Jajanan dan Kue Khas Jambi Yang Harus Kalian Ketahui

Diposting pada

Pulau Sumatera memiliki beragam kuliner yang khas dan tentunya berbeda dari daerah lain. Tidak hanya makanan berat saja, namun berbagai jajanan dan kue tradisionalnya pun sangat enak.

Jika Palembang memiliki kue engkak ketan, maksuba, talam gandus, dan lain-lain, Jambi juga memiliki berbagai jajanan dan kue tradisional yang tidak kalah enaknya serta patut dicoba saat kulineran di sana.

Salah satunya adalah kue bangkit, yang merupakan kue kering untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Jambi serta kue naam yang terbuat dari ubi. Ada apa lagi yah selain itu?

Berikut ini merupakan beberapa macam jajanan dan kue khas Jambi yang wajib kalian coba saat kulineran di Kota tersebut:

1. Kue Padamaran

Foto By @icha_harycha

Salah satu kudapan tradisional yang mudah ditemukan saat bulan puasa adalah kue padamaran. Dengan tekstur yg lembut serta rasa manis dan gurih, penganan ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan pembuka untuk buka puasa.

Beberapa bahan pembuat kue padamaran adalah tepung beras, santan, gula merah, air perasan daun suji, pandan pasta, garam halus, dan daun pisang untuk membungkus. Dengan komposisi tersebut, tidak heran apabila camilan ini berwarna hijau.

Kalian bisa membeli kue ini di Saimen Bakery & Resto di Jl. Raden Mattaher No. 52 – 54, Sungai Asem, Pasar Jambi. Harganya pun cukup murah, hanya Rp. 1.000 hingga 1.500 per buahnya.

Jika kalian ingin coba buat sendiri, cara membuat cukup mudah karena resepnya banyak ditemukan di internet dan bahannya gampang ditemui.

2. Kue Gandus

Foto By @cerincake.plg

Selain kue padamaran, Jambi masih punya yang tidak kalah terkenal dan enak, yaitu kue gandus. Penganan ini memiliki tampilan yang serupa dengan talam ebi karena warnanya putih cerah seperti gambar di atas.

Beberapa bahan pembuat kue gandus adalah tepung beras, tepung sagu, garam, dan santan. Untuk memperkaya rasa, adonan dicampur dengan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih serta cabai.

Salah satu tempat untuk membeli kue gandus adalah di Saimen Bakery & Resto di Jl. Raden Mattaher No. 52 – 54, Sungai Asem, Pasar Jambi. Harganya pun cukup murah, hanya Rp. 5.000 hingga 10.000 per buahnya.

3. Kue 8 Jam

Foto By @mslittlekitchen

Tidak hanya Palembang saja yang punya kue 8 jam, Jambi juga lho! Kudapan ini merupakan salah satu camilan legendaris yang sering disajikan masyarakat Jambi saat lebaran.Disebut demikian karena dulu pembuatannya perlu waktu 8 jam.

Bahan-bahan untuk membuat kue ini antara lain enam hingga delapan butir telur ayam, satu kaleng susu putih, satu kilogram gula pasir, satu sendok tepung, dan mentega secukupnya.

Sayangnya, di Jambi kudapan tersebut cukup jarang ditemukan, hanya di beberapa toko kue saja. Harga per loyangnya bisa mencapai Rp. 120.000.

4. Bolu Kojo

Foto By @jazzymutia85

Kue basah yang satu ini merupakan jajanan yang populer bagi seluruh warga Jambi dan sekitarnya. Rasanya manis bercampur gurih membuatnya disukai oleh banyak orang. Aroma khasnya wangi daun pandan.

Banyak orang yang mengira bahwa bolu kojo mirip dengan kue lapis yang banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jawa, namun sebenarnya berbeda, terutama dari segi tekstur dan rasanya.

Tidak sulit untuk menemukan bolu kojo di Jambi, beberapa pasar tradisional menjualnya. Salah satunya adalah di Toko Kue Tradisional Talang Banjar atau Pasar Hongkong dengan kisaran harga Rp. 20.000 hingga 50.000, tergantung ukurannya.

5. Kue Putri Kandis

Foto By @fyifitri

Kudapan dengan nama yang cantik ini adalah makanan yang tidak kalah terkenal dari jajanan tradisional lainnya. Tampilan pun sesuai dengan namanya, bentuknya kotak persegi dan memiliki tumpukan warna hijau, kuning, cokelat.

Kue putri kandis biasanya disuguhkan pada saat prosesi antar belanjo yang merupakan bagian dari prosesi pernikahan sebelum akad nikah dilangsungkan untuk membangun rasa kekeluargaan dari kedua belah pihak keluarga.

Salah satu tempat untuk membelinya adalah di toko kue Putri Kandis Jambi yang terletak di Lorong Nusa Indah II, Simpang IV Sipin, Kota Jambi. Harganya dibanderol mencapai Rp. 200.000 hingga 250.000 per loyang.

6. Kue Srikaya

Foto By @dapoeriana

Ada lagi nih, kue khas Jambi yang cukup mudah ditemui dimana-mana, yaitu kue srikaya. Uniknya lagi, kudapan ini tidak dibuat menggunakan buah srikaya, melainkan memakai tape dan santan sebagai bahan campurannya.

Selain itu, kue srikaya juga dibuat menggunakan pewarna alami dari daun pandan, gula, dan beberapa rempah-rempah. Oleh karena itulah, tidak heran apabila kudapan tersebut memiliki rasa dan aroma yang khas.

Salah satu tempat untuk membelinya adalah di toko Nikmat Batanghari Cake dan Oleh-Oleh Khas Jambi di Jl. Hayam Wuruk No. 15, Cempaka Putih, Jambi. Harganya pun bermacam-macam, yakni Rp. 10.000 hingga 40.000.

7. Burgo

Foto By @dickychen1618

Kue burgo adalah makanan khas Jambi yang terbuat dari campuran tepung beras dan sagu. Jika dilihat dari bahan pembuatannya, mirip dengan kue gandus. Teksturnya juga hampir sama, yaitu kenyal dan legit.

Bedanya, kue ini disajikan seperti dadar gulung dengan kuah yang terbuat dari santan, kaldu ikan, dan udang. Untuk membuatnya semakin lezat, kalian juga bisa menambahkan bawang goreng.

Kue ini banyak dihidangkan di berbagai rumah makan yang ada di Jambi dengan harga di bawah Rp. 50.000 per porsinya. Nah, semakin penasaran kan dengan citarasanya?

8. Kue Muso

Kue Muso, gambar By @moorlife_ammar

Nah, kalo kudapan legendaris yg satu ini sering dibilang mirip dengan kue lumpang dari tampilannya. Hanya saja, kulit luarnya berbeda karena kue muso menggunakan cokelat.

Beberapa bahan untuk membuat kue muso adalah tepung terigu, tepung ketan, bubuk cokelat, dan lain-lain. Jika ingin membuat sendiri di rumah, kalian bisa coba untuk membuatnya lho, karena resepnya cukup banyak di internet.

Kue ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai takjil saat bulan puasa. Beberapa pasar tradisional menjualnya dengan harga yang cukup murah lho, per buahnya masih di bawah Rp. 10.000.

9. Kue Kubang Boyo

Foto By @us_barkah

Kalo jajanan khas Jambi yg satu ini memiliki beberapa nama lain, yaitu kue pak ipuk, kue anak buaya, kue buaya berenang, dan kue kubang buaya. Kudapan tersebut memiliki tampilan mirip punggung buaya sehingga selalu terselip nama buaya dalam setiap sebutannya.

Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan yang diberikan pasta pandan dengan isian berupa gula merah dan kelapa parut. Untuk penyajiannya, biasanya disajikan dengan saus santan atau fla.

Kalian bisa menemukan kue kubang boyo di berbagai pasar tradisional dan toko kue di daerah Jambi dengan harga yang murah, per buahnya hanya Rp. 1.000 hingga 2.000.

10. Rambutan Goreng

Foto By @atihalbar

Mungkin kalian baru mendengar nama kue yang satu ini. Seperti namanya, kudapan tersebut merupakan buah rambutan yg digoreng, yang sebelumnya buahnya dibiarkan kering terlebih dahulu.

Setelah kering, buah rambutan akan dibumbui tepung terigu, vanili, dan garam. Baru kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan alias matang. Camilan kering ini tahan hingga enam bulan lho!

Kalian bisa menemukan rambutan goreng di berbagai toko oleh-oleh yg ada di Kota Jambi dengan harga Rp. 15.000 per bungkusnya. Nah, murah kan?

Itulah beberapa jajanan dan kue khas Jambi yg bisa kalian coba saat kulineran di sana. Lantas, manakah favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.