Wedang Cemue, gambar By @nedhasari.foods

10 Minuman Khas Jawa Timur Yang Menyehatkan

Diposting pada

Selain memiliki beragam makanan enak, Jawa Timur juga menyajikan beraneka macam minuman yang bisa bikin ketagihan. Rasanya yg segar dan cukup khas, membuat banyak orang kangen ingin kembali ke provinsi satu ini.

Seperti kita ketahui, Jawa Timur adalah salah satu daerah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara.

Memiliki beraneka macam kuliner enak dan khas adalah daya tarik utama yang dimiliki oleh provinsi ini. Selain memiliki aneka makanan, Jawa Timur juga mempunyai beragam minuman lezat nan menggoda yang siap untuk melepas rasa dahagamu.

Dan dalam artikel ini, JejakPiknik akan membahas sederet minuman khas Jawa Timur yang cukup menyehatkan, lengkap beserta penjelasannya.

1. Es Sinom

Foto By @sinom_3d

Sinom adalah jamu tradisional favorit masyarakat Surabaya yang dibuat dengan menggunakan resep khusus sehingga menjadi salah satu minuman enak yg cukup menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh.

Memiliki banyak manfaat buat kesehatan dan tidak berbahaya jika dikonsumsi setiap hari, membuat minuman berbahan dasar daun asam, kunyit serta gula aren ini disukai masyarakat luas.

Sinom ini pas untuk dijadikan sebagai pelepas dahaga di tengah panasnya cuaca. Ditambah dengan bongkahan es batu dalam porsinya, membuat rasanya semakin menyegarkan di tenggorokan.

Untuk menemukannya juga tidak sulit, karena penjualnya banyak ditemui di pinggir jalan kota Surabaya dan harganya umumnya dibanderol kisaran 3 ribuan.

2. Wedang Pokak

Foto By @bany_nur_usman

Ada yang mengatakan kalau minuman tradisional satu ini asalnya dari Probolinggo, tetapi sebagian orang juga berpendapat bahwa sajian anti dahaga tersebut adalah khas daerah Gresik.

Bahkan tak sedikit juga yang beranggapan kalau sajian ini merupakan menu khas kota Demak, Jawa Tengah. Namun dari manapun asalnya, Wedang Pokak adalah salah satu contoh minuman yg bisa dijumpai dengan mudah di provinsi Jawa Timur.

Menurut resepnya, Wedang Pokak ini bahan dasarnya terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti serai, kayu manis, cengkeh, jahe, daun pandan dan jeruk purut. Agar citarasanya semakin manis, kamu juga bisa menambahkan sedikit gula.

Wedang Pokak bisa disajikan dalam keadaan dingin ataupun hangat. Disamping berkhasiat untuk kesehatan, harganya murah cuma 9 ribuan, untuk menemukannya juga cukup gampang, khususnya di kota Probolinggo dan Gresik.

3. STMJ

Foto By @alkalinda_

STMJ atau Susu Telur Madu Jahe adalah singkatan dari salah satu nama minuman khas kota Malang, Jawa Timur. Sajian ini sudah hampir dikenal di seluruh penjuru Nusantara.

Banyak yang bilang, STMJ ini merupakan sejenis jamu dan dipercaya memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh, diantaranya untuk menambah kebugaran.

Terbuat dari telur berprotein, susu berkalsium dan madu yang mengandung vitamin membuat STMJ menjadi salah satu jenis minuman menyehatkan.

Teh tradisional ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota Jawa Timur dan cocok diminum ketika cuaca dingin. Disamping itu, harganya pun murah, kisaran 8 ribu aja.

4. Sirup Secang

Foto By @yasanature

Jika kamu berkesempatan singgah ke Nganjuk, luangkanlah sedikit waktumu untuk mencicipi minuman khas daerah tersebut, yaitu Sirup Secang.

Pasalnya minuman khas Nganjuk, Jawa Timur ini diyakini berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Tak hanya disajikan dalam berbentuk sirup tapi minuman ini juga bisa kamu dapatkan berupa bubuk. Selain menjadi pelepas dahaga, cocok pula buat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Untuk mendapatkannya juga tidak sulit karena tersedia hampir di seluruh toko oleh-oleh di Nganjuk. Soal harga, sebotol Sirup Secang umumnya dibanderol sekitar Rp.15.000 sedangkan 1 pack bubuknya dijual seharga Rp.5.000/125 gram.

5. Wedang Jaselang

Foto By @jamuintansukses

Malang adalah salah satu daerah di provinsi Jawa Timur yang terkenal menyuguhkan banyak minuman khas. Selain STMJ, kota ini juga punya Wedang Jaselang.

Jaselang sendiri merupakan singkatan dari nama bahan-bahan pembuatan minuman tersebut yaitu Jahe, Secang dan Alang-alang. Usut punya Usut, ternyata wedang ini sudah terkenal sejak zaman nenek moyang kita loh.

Selain cara membuatnya yang cukup mudah, Wedang Secang juga terkenal karena memiliki aroma dan citarasa yg kuat. Minuman tersebut bisa dikonsumsi baik dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Wedang yang dikenal ampuh untuk menjaga kesehatan ini juga termasuk sajian anti dahaga merakyat karena dipatok dengan harga 5 ribu aja dan mudah ditemui di seluruh penjuru kota Malang.

6. Es Gudir

Foto By jombangcityguide.blogspot.com

Gudir dalam bahasa Jawa artinya adalah agar-agar. Jauh sebelum boba milk populer, es khas Jawa Timur ini sudah terlebih dahulu hadir.

Bahkan Es Gudir digadang-gadang sebagai salah satu pelepas dahaga yg cukup menyehatkan. Dalam seporsinya tak hanya diberi agar-agar, tapi juga dilengkapi dengan bahan-bahan tambahan seperti santan dan gula merah.

Es Gudir paling nikmat disantap saat siang hari di tengah teriknya cuaca. Minuman seharga 5 ribu ini pun bisa didapatkan dengan mudah di gerai atau warung makan pinggir jalan.

7. Es Dawet Siwalan (Ental)

Foto By @fifi_afif06

Pelepas dahaga khas Lamongan ini rasanya juga tak kalah enak, namanya yaitu Es Dawet Siwalan atau biasa disebut dengan Ental. Minuman tersebut terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula jawa dan tak lupa buah Siwalan.

Sajian ini rasanya cenderung manis serta segar dan sangat cocok dinikmati ketika cuaca panas. Es Dawet tersebut bisa dengan mudah kamu temui di sepanjang jalan Lamongan. Untuk harganya dipatok kisaran 5 ribu saja per gelasnya.

8. Coffee Beer

Foto By @kopidjanoko

Bir umumnya identik sebagai minuman keras yang mengandung alkohol, namun tidak demikian dengan sajian nikmat khas Jawa Timur bernama Coffee Beer ini.

Justru Coffee Beer bisa dinikmati siapapun, dari muda hingga tua. Minuman tersebut sudah ada sejak lama, hanya saja kehadirannya kalah pamor dengan bir pletok khas Betawi.

Minuman yang mengandung sedikit soda ini rasanya ringan, manis dan juga menyegarkan. Namun cukup disayangkan karena Coffee Beer kinit cukup sulit ditemukan.

Kamu yg penasaran ingin mencobanya, kafe What’s Good Coffee di Kemang, Jakarta mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif.

9. Wedang Angsle

Foto By @gembulfoodie

Saat cuaca sedang dingin, memang paling enak menghangatkan badan dengan mengonsumsi minuman hangat khas Jawa Timur yaitu Wedang Angsle.

Pasalnya, wedang ini terbuat dari rebusan jahe, serai, gula jawa dan santan kelapa yg kemudian diberi tambahan kacang tanah sangrai, potongan kue tawar, ketan putih, putu mayang serta tape singkong dalam penyajiannya.

Wedang Angsle ini rasanya benar-benar nikmat, aroma jahenya begitu kuat dan bisa ditemukan dengan mudah hampir di seluruh daerah Jawa Timur. Harganya pun murah meriah, kisaran 7 ribuan per porsinya.

10. Wedang Cemue

Wedang Cemue, gambar By @nedhasari.foods

Ngawi juga punya pelepas dahaga yang tak kalah nikmat, salah satunya adalah Wedang Cemue. Jika dilihat dari gambar, minuman ini hampir mirip dengan Wedang Angsle.

Selain tampilannya, cara membuatnya pun hampir sama dengan Wedang Angsle. Pembedanya hanya terletak pada isiannya saja, dimana seporsi Cemue hanya diberi kacang tanah goreng, roti tawar serta taburan bawang goreng.

Sedangkan untuk kuahnya, hanya menggunakan jahe dan susu kental manis. Harganya per porsi cuma dipatok kisaran 3 ribu saja. Selain merakyat, juga mudah ditemui di setiap sudut kota Ngawi.

Itulah 10 daftar minuman khas Jawa Timur yang cukup menyehatkan dan patut buat kamu coba. Dari yg disebutkan, mana nih favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.