Tuak, gambar By @tut__dee

Hilangkan Dahagamu Dengan 10 Pilihan Minuman Khas Sumatera Utara Ini

Diposting pada

Betapa beruntungnya kita tinggal di Indonesia. Bukan hanya melimpah dengan kebudayaan dan alam indah, tapi juga kaya akan variasi kuliner yang menggoda.

Hampir tiap-tiap daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke punya santapan khas masing-masing. Begitu pula dengan jenis minumannya, sangat beragam dan kaya rasa berkat aneka rempah-rempah serta bahan-bahan lain di dalamnya.

Tak hanya enak, tapi juga cukup menyehatkan. Begitu pun dengan aneka minuman khas provinsi Sumatera Utara. Salah satu wilayah yang mayoritas penduduknya keturunan suku Batak ini pun punya beragam jenis minuman enak yg wajib buat disantap.

Penasaran apa saja minuman khas Sumatera Utara yang pas untuk dijadikan sebagai pelepas dahaga? Yuk, langsung aja kita bahas satu per satu!

1. Tuak

Menyinggung soal suku Batak di provinsi Sumatera Utara, ada satu minuman keras yang kerap di konsumsi masyarakat tersebut baik tua maupun muda, namanya adalah Tuak.

Tuak merupakan jenis minuman beralkohol hasil dari fermentasi nira, beras ataupun buah yang mengandung gula. Dalam perayaan pesta adat Batak, tuak kerap dijadikan disajikan sebagai hidangan penjamu tamu.

Menurut mereka, ini sangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan pereda stress. Dan di Sumatera Utara, kedai penjualnya disebut dengan Lapo Tuak.

Tidak sulit untuk mendapatkannya karena sudah tersebar hampir di setiap sudut daerah Sumut dan harganya pun tidak sampai 10 ribuan per gelasnya.

2. Cendol Panas

Foto By @the.other.zeni

Salah satu minuman khas yang sangat terkenal dari kota Pematang Siantar, Sumatera Utara adalah Cendol. Jika biasanya disajikan dalam keadaan dingin, di daerah ini justru disuguhkan panas-panas.

Untuk menemukan penjual cendol panas di sekitar daerah Siantar bukanlah hal sulit karena ini merupakan ikon kuliner dari kota tersebut.

Apalagi kalau kamu mampir ke jalan Sutomo, Pematang Siantar. Disana, ada banyak sekali gerobak-gerobak pedagang cendol panas. Harganya juga sangat murah, kisaran 5 sampai 10 ribuan saja per porsinya.

3. Teh Susu Telur (TST)

Foto By @kedaikopibarikaaceh

Kalau kamu suka jalan-jalan malam atau nongkrong di kota Medan, pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman enak bernama Teh Susu Telur (TST).

Diberi nama demikian karena bahan-bahannya memang terbuat dari campuran susu, teh dan telur. Meski resep mudah ditemui, namun jangan salah kira kalau cara pembuatannya gampang.

Dibutuhkan keahlian khusus dalam pembuatannya agar bau amis telurnya tidak tercium dan rasanya pun enak ketika dikonsumsi. Kedai TST sendiri sangat menjamur di kota Medan. Kamu cuma perlu merogoh kocek 10 ribu saja untuk bisa menikmatinya.

4. Soda Cap Badak

Foto By @restu.ks

Bukan hanya luar negeri yang punya minuman bersoda, Sumatera Utara juga punya satu jenis soda yg cukup khas dan menjadi kebanggaan masyarakat disana, namanya ialah Badak.

Minuman ini juga cukup beken hampir di seluruh daerah di Sumatera Utara, terutama kota Pematang Siantar, Medan dan sekitarnya. Kenapa diberi nama demikian, karena pemilik pabriknya adalah seorang penyuka hewan Badak.

Varian rasa badak pun beragam ada jeruk, anggur serta sarsaparilla. Cara penyajiannya pun bermacam-macam, bisa diminum begitu saja atau dicampur dengan susu kental manis.

Badak ini juga mudah ditemui baik di warung-warung makan, restoran ataupun pedagang kaki lima. Harganya? Santai, cuma 5 sampai 8 ribuan aja kok per botolnya.

5. Jus Martabe

Foto By @tokojusbuah

Mendengar namanya mungkin masih sangat asing, tapi bagi masyarakat Medan ini adalah salah satu jenis minuman yang sangat popular dan favorit warga disana.

Martabe merupakan singkatan dari Markisa dan Terong Belanda, dua jenis buah khas Berastagi yang terletak di kawasan dataran tinggi Tanah Karo. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, keduanya pun kerap dijadikan bahan pembuatan jus.

Nah, di Medan, jus Martabe adalah salah satu minuman favorit yang bisa kamu temui dengan mudah, baik di gerai-gerai minuman di pinggir jalan, warung makan maupun berbagai restoran.

Untuk harganya pun tidak terlalu mahal, dengan modal 5 ribuan saja kamu sudah bisa meneguk seporsi jus segar satu ini.

6. Sirup Markisa

Foto By @yumberkebun

Selain dijadikan bahan pembuatan jus, buah markisa juga diolah menjadi sirup. Ini juga merupakan salah satu kuliner sekaligus oleh-oleh kebanggaan masyarakat Tanah Karo, Medan dan sekitarnya.

Rasanya pun sangat menyegarkan, kamu bisa menyeduhnya dalam keadaan hangat-hangat atau dingin dengan dicampur es batu. Sirup ini bahkan menjadi salah satu sajian yang akan sangat mudah ditemui saat Lebaran ataupun acara Tahun Baru.

Harganya pun tergolong murah, kisaran 10-20 ribuan per botolnya. Kamu bisa membelinya di warung-warung, minimarket ataupun supermarket di sekitar kota Berastagi maupun Medan.

7. Es Pokat Kocok

Foto By @fatimahnaila

Kuliner khas Sumatera Utara satu ini kalau dilihat sekilas tampak seperti jus, padahal bukan. Karena dalam pembuatannya, minuman berbahan alpukat tersebut tidak ada menggunakan air sama sekali.

Untuk menemukan minuman ini di kota Medan bukanlah hal sulit, tapi ada satu tempat yang cukup terkenal dan sangat legendaris, namanya adalah Es Pokat Kocok Simpang Glugur.

Kedainya terletak di jalan Putri Hijau. Ini adalah salah satu spot kuliner yang tak pernah sepi pembeli, jadi sekali kesana kamu pun harus rela mengantre. Untuk bisa menikmati seporsi pokat kocoknya, kita cukup merogoh kocek 12 ribuan saja.

8. Bandrek

Foto By @jogjaku

Selain Teh Susu Telur, masih ada satu lagi minuman khas Sumatera Utara yang akan banyak kamu jumpai di kota Medan saat jalan-jalan malam, namanya yaitu Bandrek.

Bandrek ini adalah sejenis minuman penghangat badan yang disajikan dalam keadaan panas dan terbuat dari aneka macam rempah-rempah yakni jahe, kayu manis, cengkeh, buah pala serta gula merah.

Rasanya cenderung pedas namun sangat menyegarkan. Minuman ini juga sangat mudah ditemui, karena dimana ada TST, biasanya disitu juga akan disediakan bandrek. Dan harganya pun tergolong murah, kisaran 8 sampai 10 ribuan saja per gelasnya.

9. Es Kolak Durian

Minuman khas sumatera utara dan cara pembuatannya jenis daerah nama resep
Foto By @mr.thamciak

Ini adalah salah satu minuman khas Sumatera Utara yang hanya akan kamu temui di kota Medan dan merupakan kuliner kebanggaan warga disana.

Kamu pecinta buah durian, wajib untuk mencicipinya. Tidak sulit menemukannya karena di sepanjang jalan Dr.Mansyur atau sekitaran Kampus USU, ada banyak penjaja es kolak ini dan harganya hanya sekitar Rp.10.000-Rp.15.000 saja.

Seporsi es kolak durian biasanya berisi ketan putih, gula merah, santan dan es batu. Rasanya sangat menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi saat siang hari.

10. Rujak Serut

Foto By @herlin.lay

Mendengar namanya, jangan kira kalau ini adalah makanan, bukan. Rujak serut adalah salah satu jenis minuman yang khas dari provinsi Sumatera Utara.

Seporsi minuman ini berisi serutan aneka buah-buahan seperti timun, bengkuang, pepaya, mangga, nanas, cabe merah, jeruk bali serta jeruk nipis yang kemudian diberi kuah rujak.

Rasanya dijamin mampu melepas rasa hausmu. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit karen banyak dijajakan di warung pinggir jalan dan harganya hanya kisaran Rp.10.000 saja.

Itu dia 10 minuman khas Sumatera Utara yang cocok buat dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Kamu sudah pernah mencoba yg mana aja nih dari daftar diatas?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.