Ini Dia 12 Oleh Oleh Khas Padang Yang Paling Recommended

Diposting pada

Berkunjung ke Padang, Sumatera Barat ada banyak hal menarik yang bisa kita nikmati mulai dari keindahan alamnya, rumah adatnya hingga kulinernya.

Namun setelah usai menikmati semua itu ada satu hal yang tak boleh dilewatkan sebelum beranjak dari ranah Minangkabau ini yakni membeli oleh-oleh khasnya.

Tak kalah dari Bandung atau Jakarta, ada cukup banyak pilihan buah tangan yang bisa kita beli dari kota Padang ini baik berupa makanan, cemilan, barang unik, aneka souvenir ataupun kue kekinian.

Dan berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Padang versi JejakPiknik yang pas untuk dibawa pulang buat orang terdekat usai menghabiskan liburan di ranah Minangkabau.

1. Rendang

Foto By womantalk.com

Padang memang sangat terkenal dengan yang namanya rendang. Citarasa yang begitu enak dan menggugah selera membuat kuliner ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat pada tahun 2017 lalu oleh CNN.

Jadi, saat berkunjung ke Padang tentunya akan sangat kurang lengkap jika tidak membawa pulang masakan terlezat satu ini sebagai oleh-oleh.

Tak perlu khawatir jika ingin menjadikannya sebagai bingkisan karena rendang sapi tersebut mampu bertahan lama.

Disamping itu, rendang juga mudah ditemui di berbagai toko maupun pusat oleh-oleh yang ada di sekitar Padang dan harga kuliner ini pun dijual hanya sekitar Rp.55.000/250gr.

2. Rendang Telur Kering

Foto By travel.tempo.co

Saat mendengar nama kuliner satu ini, Sahabat JejakPiknik mungkin berpikir bahwa makanan tersebut bahannya pasti terbuat dari telur yang kemudian diberi bumbu rendang.

Yup, itu memang benar namun kuliner tersebut bentuknya mirip seperti keripik dan rasanya pun cenderung sangat pedas. Sahabat JejakPiknik sudah pernah belum mencobanya?

Nah, jika belum jangan lupa untuk membawanya pulang sebagai buah tangan ya! Soal harga murah kok, hanya berkisar Rp.34.000 sampai dengan 70.000 saja, tergantung ukurannya.

Untuk menemukannya juga cukup gampang karena dimana ada rendang daging disitu juga biasanya ada dijual kuliner tersebut.

3. Arai Pinang

Foto By pariwisata.klikpositif.com

Arai pinang itu adalah salah satu jenis cemilan asli Pariaman yang bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan aneka campuran rempah-rempah. Kudapan tersebut citarasanya tak hanya renyah namun juga gurih.

Arai pinang sendiri sangat menarik untuk dijadikan buah tangan karena sudah dikemas dalam wadah modern dan dijual hanya dengan harga kisaran Rp.28.000 hingga 51.000 saja, tergantung ukurannya.

Cemilan ringan yang bisa bertahan sampai dua bulan ini bisa ditemui dengan mudah di pusat oleh-oleh maupun di berbagai toko online.

4. Mukena Kerancang

Foto By makananoleholeh.com

Selain makanan berat, Sahabat JejakPiknik juga bisa membawa pulang mukena kerancang sebagai hadiah alternatif untuk mama ataupun pasangan tercinta.

Mukena asli Padang Panjang ini dibuat dengan tehnik sulam khas Sumatera Barat yang mana dibentuk dengan membuat lubang-lubang beraneka ukuran.

Pembuatan mukena kerancang yang bercorak biasanya dibutuhkan waktu selama 12 hari bahkan bisa sampai 2 bulan jika ingin motif lebih menarik.

Satu set mukena kerancang biasanya dibanderol mulai dari 400 ribuan hingga 2 jutaan, tapi tergantung motif serta tingkat kerumitan pembuatannya.

Sahabat JejakPiknik bisa mendapatkan produk hand made ini di berbagai pusat kesenian kerancang baik yang ada di sekitaran Padang, Solok maupun di kota Lima Puluh.

5. Keripik Sanjai

Foto By djawanews.com

Bila Padang Lawas terkenal akan keripik Balakka, maka di ranah Minang sanjai adalah salah satu buah tangan yang sangat populer dan paling wajib untuk dibawa pulang setelah rendang.

Keripik berbahan dasar singkong khas Bukittinggi ini dinamakan demikian karena nama jalan pertama kali cemilan tersebut adalah sanjai, letaknya di desa Manggis Gantiang.

Keripik sanjai tersebut terdiri dari tiga varian rasa mulai dari tawar yang tidak menggunakan bumbu kemudian ada asin dengan ciri warna kuning dan terakhir balado bercitarasa ekstra pedas.

Beberapa tempat paling pas untuk mendapatkannya adalah toko Christine Hakim di jln.Nipah No.38, Berok, Balado Shirley di jln.Gereja No.36, Padang, dan lapak Rohana Kudus di Kampung Jao.

Baik di toko Cristine Hakim, Rohana Kudus atau Shirley, harga keripik sanjai dijual dengan cukup bervariasi tergantung rasa pilihan Sahabat JejakPiknik.

6. Kopi Kiniko Enterprise

Foto By mehtravelwithme.blogspot.com

Nah, bila Padang Sidempuan di Sumatera Utara terkenal akan sirup markisanya, maka di ranah Minang minuman paling populer itu kopi Kiniko Enterprise.

Meski kopi bisa ditemukan dengan mudah namun minuman khas daerah Batu sangkar, Tanah Datar ini rasanya sangat unik karena disajikan menggunakan batok kelapa.

Selain bisa dicicipi langsung, Kopi Kiniko Enterprise ini juga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh dan harga satu paketnya biasanya dibanderol hanya kisara 20 ribuan saja.

7. Bolu Batik

Foto By infobatik.id

Sesuai namanya, kue bolu gulung khas Padang satu ini bagian atasnya memang dihiasi motif batik. Penganan tersebut sangat populer di setiap sudut wilayah ranah Minangkabau, tidak terkecuali dengan daerah Cupak Tangah, Pauh.

Meskipun dibutuhkan keterampilan dan ketelitian tinggi untuk menggambar motif batik, tapi kue ini dijual dengan harga relatif terjangkau hanya sekitar 60 ribuan saja per kotaknya.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke kawasan Nurul Iman di Padang selatan atau bisa juga dipesan secara online melalui bolubatik.com.

8. Roti Randang

Foto By blog.traveloka.com

Rendang di ranah Minang bukan hanya dalam bentuk lauk saja, tetapi juga dikreasikan jadi roti yang super enak.

Berbeda dengan rendang biasanya, roti ini proses pembuatannya cukup panjang agar daging didalamnya bisa matang merata tanpa meninggalkan minyak.

Roti ini juga mudah ditemui diberbagai toko oleh-oleh yang ada di sekitar Padang dan soal harganya, kita hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp.6.000 saja untuk membeli per bijinya.

9. Karak Kaliang

Foto By makananoleholeh.com

Karak Kaliang adalah salah satu jenis camilan ringan berwujud kerupuk yang terbuat dari ubi kayu dan memiliki bentuk menyerupai angka delapan. Jajanan ini pun sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

Jika Sahabat JejakPiknik tertarik membeli karak kaliang sebagai buah tangan, silahkan datang ke pabrik pembuatannya di kota Payakumbuh atau kabupaten Lima Puluh Kota.

Di tempat produksinya ini, harga kerupuk kaliang biasanya dibanderol sekitarĀ  5 ribu saja per kemasannya.

10. Kaos Bukittinggi

Foto By prelo.co.id

Masih bingung mau beli souvenir apa yang pas untuk dibawa pulang dari Padang selain tas atau pernak-pernik? Membeli kaos khas Bukittinggi sebagai alternatif sepertinya oke juga.

Kaos khas Bukittinggi ini model serta desain motifnya bervariasi ada gambar rumah adat dan juga jam gadang yang ikonik.

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Sentral Pasar Raya di kawasan jalan Mohammad Yamin. Soal harga masih terjangkau kok, tergantung ukuran serta motifnya.

11. Rendang Suwir Ayam

Foto By resepnusantara.id

Kuliner khas Padang lainnya yang juga cukup andal untuk dijadikan sebagai buah tangan alternatif namanya adalah rendang suwir ayam.

Rendang suwir ayam tersebut jika dilihat dari tampilannya mirip seperti abon dan termasuk salah satu makanan tahan lama sehingga cocok dijadikan buah tangan.

Rendang suwir bisa dibeli di berbagai toko oleh-oleh yang ada di sekitar Padang dan pada umumnya dijual hanya sekitar 50 ribuan saja.

12. Dendeng Daun Singkong

Foto By blog.ivacanza.co

Bila pada umumnya dendeng kebanyakan dibuat dari daging namun tidak demikian di kota Padang, bahannya justru menggunakan daun singkong. Kuliner ini cocok untuk penderita kolestrol yang hobi makan daging.

Untuk menemukannya juga tidak sulit karena banyak dijual di sentra oleh-oleh dan harganya pun dijual sangat terjangkau hanya sekitar 10-20 ribuan saja.

Sudah tau kan apa saja daftar oleh-oleh khas Padang yang bagus untuk dibawa pulang buat orang terdekat? Sekarang, Sahabat JejakPiknik tinggal siapin budget aja ya dan selamat berlibur!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.