Kue Ape, gambar By @perutkarets

10 Jajanan dan Kue Khas Jakarta Untuk Kulineran Saat Senggang

Diposting pada

Provinsi DKI Jakarta menyimpan beragam kuliner khas yang berbeda dari daerah lain di Indonesia seperti Banjarmasin, Makassar, Manado, Bekasi, Palembang, dan beberapa kota di Jawa Barat.

Tidak hanya makanan berat saja, namun Kota Jakarta juga memiliki berbagai jajanan dan kue yang bisa kalian nikmati. Selain kue bolu kekinian para artis, masih ada banyak kue-kue tradisional khas suku betawi lho!

Ada beberapa kue tradisional Jakarta yang dihidangkan pada acara-acara penting seperti lamaran, lebaran, nujuh bulan, dan lain-lain. Namun beberapa diantaranya hampir punah, namun ada pula yang sedang dikembangkan oleh MTs Tsanawiyah.

Salah satu kue khas Jakarta yang hampir punah adalah kue irian yang terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Lalu, apa saja kudapan tradisional lain dari Jakarta?

Berikut ini adalah aneka jajanan dan kue khas Jakarta yang bisa kalian nikmati dan tempat untuk berburu kuliner selain Warung Mpok Ati:

1. Kue Cubit

Foto By @ritarita1049

Salah satu kudapan tradisional yang berkembang menjadi jajanan kekinian dan mudah dibuat adalah kue cubit. Cemilan berukuran kecil ini terbuat dari adonan tepung terigu dan susu yang dimasak, kemudian bisa ditambahkan topping di atasnya.

Banyak orang yang suka kue basah ini karena rasanya manis dan enak. Dulu, adonan untuk jenisnya hanya satu dan pasti matang. Kini, bahkan banyak orang yang memakan kue cubit setengah matang lho!

Adonannya pun juga bervariasi, ada rasa matcha, red velvet, dan lain-lain. Pilihan topping pun semakin banyak, tidak hanya coklat tabur dan keju saja. Kue cubit kini tidak hanya dijual oleh penjual dengan gerobak saja, tapi juga di kedai-kedai makanan.

Salah satu tempat untuk menikmati camilan tempo dulu ini adalah di Kue Cubit Aku Dong yang terletak di lantai dua Mall Gandaria City, Jakarta Selatan. Harganya pun cukup murah, yaitu Rp. 25.000 per porsinya.

2. Kue Cucur

Foto By @galamedianews

Jajanan khas betawi yang satu ini juga banyak disukai orang, terlebih anak-anak. Ciri khas dari kue cucur adalah bentuknya yg pipih dan warna kecoklatan. Rasanya pun manis, gurih, legit serta renyah.

Tidak sulit untuk menemukan kue cucur di Jakarta. Salah satu tempat untuk membelinya adalah di Latansa Kue Basah Ibu Ita yang terletak di Jl. Kalimalang No. 42, Jakarta Timur. Harganya pun hanya Rp. 2.000 per buah.

3. Kue Apem

Foto By @resepkueterbaru

Meskipun bukan asli betawi, namun kudapan satu ini sangat lekat hubungannya dengan masyarakat betawi. Kue apem gula merah memiliki warna yang coklat. Selain itu, bentuknya pun mirip seperti serabi.

Jika kalian ingin mencobanya, salah satu tempatnya ada di Warung Kue Apem dan Sengkulun dengan harga di bawah Rp. 10.000 per buahnya.

4. Kue Lumpur

Foto By @anthony.brasco

Jajanan ini dinamakan sebagai kue lumpur karena teksturnya yang lembut dan halus. Bentuknya seperti bulan dan warnanya pun dominan kuning di atas dan kuning kecoklatan di bagian bawahnya.

Warna kuning pada kue lumpur merupakan efek dari penggunaan kuning telur. Di bagian atas kue lumpur, biasanya diletakkan sebutir kismis untuk mempercantik tampilannya.

Kue ini dapat ditemukan di toko Kue Lumpur Bu Tati di Pasar Modern, Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp. 10.000. Apabila ingin membuat sendiri, kalian juga bisa kok karena resepnya banyak dan cara membuatnya pun cukup mudah.

5. Kue Geplak

Foto By @jakartadulukala

Jika dilihat dari tampilannya, kue geplak betawi memang mirip dengan tape. Namun, cita rasa kudapan ini adalah manis, berbeda dengan tape yang bercita rasa asam. Camilan tersebut memang terlihat seperti dibalur bedak.

Kini, kue geplak sudah cukup sulit untuk ditemukan. Biasanya, banyak digunakan untuk pengantar pengantin pada pesta pernikahan adat betawi.

Salah satu tempat untuk membeli kue ini adalah di toko Kue Geplak Betawi yg terletak di Jl. H. Taiman No. 358, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Harganya pun dibanderol sebesar Rp. 50.000 hingga 100.000 per loyangnya.

6. Kue Kembang Goyang

Foto By @dapoermaemun

Kembang goyang adalah salah satu kue kering khas betawi yg bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh dari Jakarta. Dinamakan demikian, karena bentuknya seperti bunga dan dibuat dengan cara digoyang di atas minyak panas.

Awalnya, kue ini hanya bercita rasa manis dan original saja. Kini, sudah banyak varian rasa yg hadir dan bisa kalian coba. Biasanya, masyarakat betawi menjadikan kembang goyang sebagai suguhan untuk tamu-tamu di rumah.

Salah satu tempat untuk membeli kue kembang goyang adalah di Pusat Oleh-Oleh Khas Betawi Mpok Nini di Jl. Belanak 2 Ujung, Bekasi. Harga per bungkusnya di sini adalah Rp. 25.000.

7. Kue Ape

Kue Ape, gambar By @perutkarets

Jajanan yg biasa disebut sebagai kue tete ini adalah salah satu kudapan tradisional yang eksistensinya masih melambung tinggi hingga sekarang. Bentuknya bulat tipis dengan pinggiran garing serta benjolan kecil di tengahnya.

Camilan ini didominasi oleh warna hijau karena merupakan hasil perpaduan tepung beras atau terigu dengan air daun suji. Kudapan tersebut bermula dari seseorang yg sedang bereksperimen untuk membuat sebuah kue.

Salah satu tempat untuk membeli kue ape ada di gerobak di dalam Pasar Mayestik yg terletak di Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Harga kuenya juga murah, yakni Rp. 10.000 hingga 15.000 per buah.

8. Kue Dongkal

Foto By @wahyoe_adi

Kudapan ibukota yg satu ini terbuat dari campuran tepung beras, sagu, dan gula merah. Kue tersebut dibuat dengan metode tradisional, yaitu dikukus dengan dandang dan kerucut tumpeng.

Biasanya, kue ini disajikan dengan parutan kelapa di atasnya untuk disantap. Oleh karena itu, tidak heran apabila rasanya gurih dan manis sehingga sangat enak disantap dengan teh hangat.

Sayangnya, kini kue dongkal mulai jarang ditemukan di ibukota. Namun, kalian bisa mencobanya di Jl. Raya Serpong, Banten dengan harga di bawah Rp. 50.000 per porsinya.

9. Dodol Betawi

Foto By @dodolbeko

Meskipun bukan makanan khas Jakarta, namun ada dodol betawi yang menjadi salah satu kudapan masyarakat asli ibukota. Dengan warna hitam kecoklatan mungkin kurang mengundang selera, namun kalian akan berubah pikiran setelah mencobanya.

Dodol betawi merupakan makanan yg rasanya bervariasi, antara lain ketan hitam, ketan putih, dan durian. Proses untuk membuat kudapan ini juga tidak mudah, karena perlu tenaga ekstra untuk mengaduk adonannya.

Salah satu gerai makanan yg menjual kudapan ini adalah Dodol Betawi Hj. Mamas yang terletak di Jl. Batu Ampar I, Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur. Harganya pun cukup mahal, yakni Rp. 60.000-Rp.70.000 per kantong, tergantung varian rasa.

10. Wajik Betawi

Foto By @dmi.cateringrumahan.bekasi

Satu lagi kue tradisional khas betawi, yaitu wajik betawi. Meskipun kini cukup jarang ditemui, kudapan ini adalah jajanan yg rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan camilan yang lainnya.

Wajik ini dibuat dari beras ketan dicampur gula, santan, dan parutan kelapa. Kudapan tersebut biasanya berwarna-warni dan dibungkus kertas minyak untuk membedakannya dengan wajik daerah lain. Kalian pun bisa membeli secara online seharga Rp. 75.000.

Itulah beberapa macam jajanan dan kue khas Jakarta yg wajib kalian coba ketika kulineran di ibukota. Bagaimana, ada yang menjadi favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.