Pantai Bopong Kebumen Jawa Tengah

Diposting pada
Foto By @ariyanz_124

Lokasi: Desa Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah 54383
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.5.000 per Orang
Operasional:
24 Jam

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di tahun 2020 sekarang ini hanya 5 ribu saja dan itu juga sudah termasuk parkir kendaraan roda dua, jika kamu membawa mobil maka membayar lagi 5 ribu rupiah.

Dengan harga tiket murah meriah kamu bisa menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Bopong.

Mancing, Foto By @diegonempe

Gak Terlalu Dikenal

Jawa Tengah tidak melulu tentang Semarang atau Solo, tetapi ada juga tempat wisata lain tentunya yang wajib kamu kunjungi ketika hendak berlibur.

Ya, Kabupaten Kebumen memang tidak terlalu dikenal dengan wisatanya, tapi siapa sangka pesisir bagian selatan di Kabupaten Kebumen adalah salah satu anugerah yang sangat mempesona.

Banyak sekali pantai indah bisa kita temui di sana. Hamparan pasir putih dan dihiasi dengan tebing-tebing tinggi dan kokoh serta ombak yang begitu segar.

Salah satunya yang wajib kamu datangi adalah Pantai Bopong. Bahari ini juga memiliki pemandangan terindah saat matahari tenggelam.

Pantai di bagian selatan Kebumen memang terkenal dengan cerita sejarah dengan beberapa mitos dan misteri.

Tetapi cerita itu tidak membuat para wisatawan takut dan tetap membuat ramai pantai-pantai di sana.

Bahkan beberapa kali juga terjadi kecelakaan hingga membuat berita tentang tumbal untuk sang ratu selatan. Warga sekitar memang masih mempercayai adanya legenda tersebut.

Lihat Juga: 40 Obyek Wisata di Kebumen Yang Belum Banyak Diketahui

Foto By @afii_93

Hanya Salah Satu

Pantai Bopong adalah salah satu diantara bahari indah di pesisir selatan Kebumen, sebut saja seperti Pantai Pasir, Karang Bolong, Surumanis, Lampon, Pecaron, Lembupurwo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pantai Bopong memiliki perbedaan dengan pantai yang lainnya, yaitu memiliki pasir yang berwarna hitam.

Uniknya lagi Pantai Bopong dijadikan salah satu lokasi perkembangbiakan penyu terbaik di Kebumen.

Namun sayang sekali kegiatan ini justru dimanfaatkan tidak baik oleh warga yang tidak bertanggung jawan karena diperjual belikan.

Keindahan Potensi

Foto By @yoga_trivinanda

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Bopong memang tak bisa dibandingkan dengan pantai lainnya.

Pantai Bopong meski tak memiliki pasir berwarna putih layaknya di pantai di Bali tetap saja menjadi destinasi wisata yang dituju.

Bahkan tak hanya saat liburan atau akhir pecan saja, Pantai Bopong juga selalu ramai di hari-hari biasa. Tercatat dari waktu ke watu pantai ini selalu memiliki kenaikan pengunjung.

Di sebelah timur Pantai Bopong terdapat juga sebuah Laguna. Bila sudah sampai di pantainya, kamu bisa berjalan terus ke arah timur dan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 15 menit karena berjarak sekitar 500 meter dari pantai.

Foto By @odianathaher

Untuk warga sekitar laguna tersebut diberi nama dengan Kali Gajah yang letaknya berada di Desa Waluyorejo Kecamatan Puring.

Laguna sendiri memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Laguna tersebut dikelilingi oleh bukit-bukit berukuran kecil menyerupai gundukan pasir dan terlihat seperti menghiasi sungai yang berkelok-kelok dengan saat indah.

Serta disekitarnya juga dilengkapi dengan jalan yang terbuat dari paving sepanjang kurang lebih 200 meter.

Jalan paving tersebut juga diberi berbagai macam aksesoris yang tentu saja menambah suasana saat berjalan bagi para pengunjung nyaman saat mengelilingi laguna.

Foto By @dimassuyatno

Sarana lainnya yaitu adanya jembatan hias yang sangat bagus dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Tempat ini saat ini juga sedang hits dikalangan sosial media yang banyak sekali diunggah oleh kalangan anak muda.

Kalau dilihat dari tebing, laguna ini nampak berbentuk love dan sangat indah. Bahkan banyak para pengunjung datang hanya untuk sekedar bersantai di sini.

Di sekitar laguna juga terdapat rumah pohon, ayunan serta jembatan kasih. Jika saat ramai pengunjung, kamu harus rela mengantri di tempat ini untuk mengambil foto dan berselfie.

Foto By @bibitrini

Sensasi Pantai Bopong ini tidak berhenti di situ. Masih banyak lagi keindahan yang diberikannya.

Terbukti, ada banyak sekali spot pengambilan gambar atau foto yang tak boleh dilewatkan.

Ombak yang di Pantai Bopong ini bisa dibilang cukup besar, jadi para pengunjung dilarang berenang di laut. Tujuannya agar tidak ada lagi korban tenggelam di Pantai Bopong.

Di sekitar Pantai Bopong terdapat bukit-bukit yang menjulang tinggi dan kamu bisa mendakinya.

Sesampai di bukit, kamu bisa melihat keindahan hamparan lautan luas. Jika menengok ke arah utara maka akan terlihat laguna yang begitu indah. Air lautnya pun terlihat jernih dan bersih.

Jika sudah berlibur ke pantai maka jangan lupa untuk menyempatkan melihat pemandangan yang begitu eksotis yaitu suasana matahari tenggelam.

Foto By @priyaningsari

Pemandangan ini akan nampak indah ketika menyaksikan langsung di hamparan luar lautan dengan ditemani suara ombak yang merdu.

Tenang saja untuk pengaman di pantai ini terbilang cukup aman, jadi kamu bisa menghabiskan hari di Pantai Bopong.

Jalan Menuju Lokasi

Untuk rute dan jalan menuju Pantai Bopong ini cukup mudah dijangkau. Letak atau alamatnya sendiri berada di Desa Surorejom Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen.

Dan memiliki jarak kurang lebuh sekitar 24 km ke arah barat daya Kebumen dan 20 km ke arah tenggara dari Kota Gombong.

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Suwuk masih terlihat alami karena merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Kabupaten Kebumen.

Foto By @mas_aznur

Sehingga bisa dibilang pantai Bopong ini belum dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat.

Dari kota Kebumen kamu harus melewati Jalan Ronggowarsito kemudian menuju Jalan Raya Petanahan.

Selanjutnya ambil arah Kecamatan Klirong. Setelah itu masuk ke Kecamatan Petanahan dan akan bertemu Jalan Daendels yang ada di pertigaan Klengensari.

Foto By @tege.id

Setelah itu ambil jalur kanan kemudian lurus sampai bertemu dengan pertigaan Munggu. Lurus saja sampai kamu masuk ke Kecamatan Puring dan Desa Surorejo.

Semoga arahan rute tersebut bisa membatu kamu, tetapi jika kamu masih kebingungan bisa langsung bertanya pada warga sekitar.

Kami dari tim jejakpiknik.com juga akan membekali kamu dengan titik koordinat yang bisa langsung kamu klik dengan hp dan kemudian akan langsung di akses dengan denah atau peta online dari google map.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.