foto by instagram.com/mandalaadji

Karakteristik Pantai Madasari

Diposting pada

Lokasi: Jalan Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat 46395
Map: Klik Disini
HTM: Rp.2.500 – Rp.160.000 (Tergantung Kendaraan)
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0813-1385-9895

Setiap hal indah akan menarik perhatian. Setiap keindahan tercipta untuk kebahagiaan. Alam merupakan keindahan. Dengan demikian alam juga menjadi sumber kebahagiaan. Oleh karena itu, menjaganya adalah hal yang wajib dilakukan.

Berbicara mengenai keindahan alam, Indonesia memiliki banyak sekali hal itu. Tiap jengkalnya pasti memiliki tempat dengan alam yang indah. Tidak hanya indah, sumber daya alamnya pun juga melimpah. Mulai dari wilayah pesisir hingga pegunungan.

Tiap provinsi di Indonesia memiliki tempat wisata alam indahnya sendiri. Contohnya saja di Provinsi Jawa Barat. Di provinsi ini memang sangat terkenal dengan ibukotanya, yaitu Bandung. Udara di daerah tersebut memang sejuk dan sangat cocok digunakan untuk bersantai.

foto by instagram.com/heru.gundul

Namun pada kenyataannya masih banyak tempat lain yang memiliki potensi lainnya dan tentunya wajib dikunjungi. Jawa Barat juga memiliki daerah pesisir dengan pesona tak kalah dengan daerah pesisir Pulau Dewata. Walaupun belum terlalu terpublikasi, keindahan daerah pesisir Jabar sudah mulai terdengar dari mulut ke mulut.

Berawal dari sini, diketahuilah jika daerah pesisir, yaitu pantainya memiliki pesona keindahan luar biasa. Tiap pasang mata yang melihatnya seketika akan langsung tertegun dibuatnya. Pantai di Jawa Barat terbilang cukup banyak. Oleh karena itu, akan dibahas salah satu diantaranya, yaitu Pantai Madasari.

Lupakan Rutinitas

Pantai Madasari memiliki keindahan yang tak terlukiskan. Di sini juga terdapat teluk dengan panorama indah. Gulungan ombak di pantai ini terbilang besar, sehingga suara gemuruh ombak akan terdengar jelas. Ini adalah melodi alam yang dapat membuat suasana hati semakin nyaman.

Keadaan seperti ini tentu sangat cocok bagi orang-orang yang ingin mencari ketenangan guna sejenak melepaskan rutinitas kesehariannya. Tiap orang memang berhak mendapatkan pelayanan istimewa seperti ini. Oleh karena itu, menjadwalkan waktu berlibur adalah hal yang wajib dilakukan.

foto by instagram.com/stefanloboo

Tiap pantai tentu memilii keunikan, tak terkecuali Pantai Madasari. Hal unik dari pantai ini adalah adanya sebuah batu karang yang amat besar. Batu karang ini terletak di tengah-tengah laut. Keberadaannya tersebut bagian sebuah objek utama dari lukisan yang langsung dipajang di alam.

Pantai Madasari masih memiliki alam terawat. Pengelola tempat ini adalah warga setempat. Namun ada beberapa orang yang mereview tempat ini melalui Ulasan Google mengatakan jika fasilitas di sini belum memadai atau belum dikelola dengan baik. Namun entah kondisi fasilitas tersebut saat ini. Bisa jadi sudah jauh lebih baik.

foto by instagram.com/stefanloboo

Pengunjung Pantai Madasari akan ramai jika hari libur tiba. Akhir pekan pun juga sudah membuat pantai ini ramai dengan pengunjung. Semua ini tentu karena melodi alam dan keindahan yang ditawarkan tempat wisata pesisir indah dari Jawa Barat ini.

Keindahan tempat ini mulai terdengar di media. Tak heran keberadaannya mulai diketahui banyak orang. Dengan demikian, pengunjungnya pun semakin ramai, bahkan hingga ada wisatawan asing.

Ada video youtube beserta deskripsinya tentang tempat ini. Tidak seperti tempat-tempat lainnya, cerita sejarah, misteri, mitos maupun legenda belum diketahui. Entah itu ada atau tidak. Jika ada yang mengetahui silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih.

Aktivitas Lain

Di pantai, sudah bukan hal umum jika bermain pasir atau bermain air di pinggiran pantainya. Namun mengambil gambar atau berphotos juga harus dilakukan. Foto yang telah diambil kemudian bisa di edit dengan picasa.

Berfoto tujuannya adalah untuk mengabadikan momen dan mungkin bisa dibagikan kepada teman-teman maupun saudara melalui jejaring sosial. Ini termasuk bentuk pengenalan tempat ini ke khalayak umum.

foto by instagram.com/ritasupriati

Keindahan matahari tenggelam atau sunset di Pantai Madasari juga tidak boleh dilewatkan serta sunrise. Oleh karena itu, jika tidak ingin ketinggalan pemandangan ini, maka harus datang sebelum pukul 17.00 dan harus menginap. Keindahannya sangat wajib diabadikan. Di sini juga ada menara mercusuar.

Menjelajahi tiap jengkal dari tempat ini juga bisa dilakukan. Kapan lagi bisa melakukan ekplorasi keindahan alam di sini. Dijamin ini adalah kegiatan yang menyenangkan dan seru. Rasa lelah juga tidak akan terasa, karena sudah dibius dengan keindahan dan suara deburan ombak.

Harga Tiket Masuk

Sebelum memasuki area wisata Pantai Madasari maka harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk tempat wisata ini terbilang terjangkau. Penentuan harganya bukan berdasarkan tiap orang, melainkan kendaraan yang digunakan.

foto by instagram.com/stefanloboo

Jika berjalan kaki cukup membayar Rp. 2.500. jika dengan sepeda motor Rp. 7.000. jika dengan kendaraan roda empat (mobil) Rp. 25.000. Jika dengan bus berukuran kecil Rp. 110.000 dan bus berukuran besar Rp. 160.000. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, namun bisa dijadikan patokan guna memudahkan perhitungan budget untuk berwisata di sini.

Tidak perlu khawatir mengenai jam operasional wisata pantai hits Pangandaran, Jawa Barat ini, karena tempat wisata alam pesisir ini buka 24 jam. Jadi kapanpun datangnya tetap bisa masuk ke area pantai.

Fasilitas Yang Ada

Harga tiket masuk yang terjangkau tak lantas membuat fasilitas ini tidak lengkap. Walaupun ada yang bilang belum terawat dengan baik, namun yang pasti fasilitas di sini lengkap. Adapun fasilitasnya yaitu area parkir dan toilet sebanyak 19 buah.

Jika ingin bermalam di sini juga sangat mudah. Apalagi jika memiliki hobi berkemah atau camping, karena pihak pengelola, yaitu warga setempat sudah mengijinkannya. Namun sebelum mendirikan tenda pastikan untuk ijin terlebih dahulu kepada warga setempat, karena bisa jadi ditunjukkan tempat terbaik untuk berkemah.

foto by instagram.com/sunrisebeachhotelpangandaran

Menurut informasi yang didapatkan dari pertanyaan di Google, jika ingin berkemah di sini ternyata harus membayar. Untuk besaran nominalnya adalah Rp. 350.000. tidak diketahui secara pasti, ini hanya untuk sewa tempat atau termasuk dengan peralatan untuk mendirikan tenda.

Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Madasari tepatnya di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Lokasinya tempat wisata pantai hits Pangandaran ini cukup dekat dengan Pantai Batu Karas.

foto by instagram.com/ojja_02

Dengan demikian, para pengunjung juga berkesempatan untuk mengunjungi Batukaras, karena cukup dekat. Pengunjung wisata pantai hits Jabar ini bisa jadi berasal dari mana-mana, seperti Surabaya, Tasik, Jakarta, Garut, Bandung dan lain-lain.

Jika dari pusat Kota Pangandaran untuk menuju ke lokasi Pantai Madasari membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Rutenya yaitu Pangandaran kemudian ambil arah Cimerak. Rute ini akan melewati Pantai Batu Hiu dan Green Canyon yang sangat hits tersebut.

foto by instagram.com/madasarioutdooractivitie

Sesampainya di Cimerak, silahkan lurus saja hingga ke Legok Jawa, kemudian ambil kiri menuju ke Bulakbenda dan sedikit lagi sudah sampai di lokasi. Akses jalur lainnya yaitu langsung ambil kiri ke desa Masawah ketika berada di Cimerak. Setelah itu lurus hingga ke Bulakbenda dan Madasari.

Jika bingung dengan rute ini, maka gunakan GPS atau petunjuk dari peta online dan seringlah bertanya kepada warga sekitar. Sangat disarankan untuk mengambil rute melalui Legok Jawa, apalagi jika perjalanan dilakukan saat siang hari. Ini karena pemandangan di sepanjang jalan sangat indah dan dapat menemai perjalanan.

Penginapan Terdekat

Dekat dengan lokasi wisata pantai hits Ciamis, Pangandaran, Jawa Barat ini ada beberapa penginapan. Dari informasi yang didapatkan dari situs pribadi menyebutkan jika enam penginapan dekat sini. Penginapannya sendiri berbentuk homestay, pondok dan villa.

foto by instagram.com/dessydh15

Adapun enam penginapan ini juga berlokasi cukup nyaman. Keenam penginapan ini yaitu Penginapan Sodong Gede (Buper), Homestay Si Kembar, Pondok Pesona Ekonomi, Penginapan Ranca Erang, Homestay Tropical Ekonomi dan Villa Attan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Karakteristik Pantai Madasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.