Pantai Panjang Bengkulu Garis-nya 7 KM

Diposting pada
foto by instagram.com/uul_permana

Alamat: Jalan Pesisir Pantai Panjang, Kota Bengkulu
Koordinat Map: Klik Disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Wisata di Provinsi Bengkulu menyimpan berbagai macam objek dan tempat-tempat berlibur yang unik, menarik, penuh dengan sejarah bahkan misteri. Bengkulu terkenal dengan tempat bersejarah dimana Presiden pertama Indonesia diasingkan dan menikah di tempat ini.

Tak hanya itu, bunga Raflesia Arnoldi atau yang sering disebut sebagai Bunga Bangkai juga pertama kali ditemukan di Provinsi ini. Bengkulu juga dekat dengan Lampung, Jambi, Palembang, sehingga menjadi tempat tujuan wisata juga bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Namun kali ini, bukan wisata sejarah, rekreasi, dan budaya yang akan dibahas, tetapi wisata alam pantai yang berada di garis pantai dekat Kota Bengkulu ini.

foto by instagram.com/rianda_dwiki22

Salah satu destinasi objek wisata alam pantai yang berada di Bengkulu ini adalah Pantai Panjang dengan pemandangan pasir putihnya yang sangat khas.

Nama Pantai Panjang sendiri memang sangat terkenal, pantai dengan nama ini juga berada di luar kota lainnya seperti di Jogja, Pulau Panjang di Jepara, Pantai Jembatan Panjang di Malang, Singkawang, Pontianak, KalBar atau Kalimantan Barat.

Namun Pantai Panjang yang ada di Bengkulu ini mempunyai perbedaan yang khas yang membedakaannya dari pantai dengan nama yang sama yang ada di kota lain tersebut.

Walaupun bukan berarti, Pantai Panjang yang ada di Bengkulu kurang menarik dengan pantai lainnya, justru sebaliknya, banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Pantai Panjang, Bengkulu ini.

foto by instagram.com/dialoogvisual

Di Pantai Panjang, wisatawan dapat mengabadikan pemandangan indah di pantai dengan panjang lebih dari 7 KM tersebut. Mengambil foto dan gambar selfie, berenang, jalan-jalan di sekitar garis pantai, menikmati wahana air disana, bahkan hingga berkemah dan camping di area sekitar.

Di dalam kawasan Pantai Panjang ini juga tersedia fasilitas Sport Center yang bisa digunakan oleh masyarakat umum yang tinggal di wilayah sekitar maupun pengunjung.

Masih banyak hal-hal dan kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat tersebut, untuk lebih mudahnya berikut informasi bermanfaat mengenai fasilitas, hotel tempat menginap, harga tiket masuk, alamat, lokasi, hingga jalan menuju Pantai Panjang tersebut.

Fasilitas

foto by instagram.com/indrabayuu_14

Pantai Panjang memiliki garis pantai sepanjang lebih dari 7 KM dimana pengunjung dapat berjalan-jalan, jogging, sambil menikmati keindahan pemandangan pantai di sekitarnya.

Di sepanjang bibir pantai, wisatawan akan disuguhkan pasir putih yang sangat putih dan halus, ditambah dengan banyaknya pohon cemara dan pohon pinus yang berada di area perkebunan dekat pantai.

Cocok dinikmati pada saat pagi hari atau sore hari dimana pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dan matahari terbenam yang dapat dilihat dengan jelas disini.

Pantai Panjang juga menyediakan arena permainan dan olahraga air yang cukup menarik seperti bermain voly pantai, menyewa banana boat, jetski, dan wahana bermain air lainnya.

Namun terkadang pihak pengelola Pantai Panjang melarang wisatawan untuk bermain air ataupun berenang pada saat air laut sedang pasang atau gelombang ombak sedang besar.

Maka dari itu, jarang ada banyak penyewaan banana boat, perahu, atau jetski karena rata-rata ombak yang datang di pantai ini lumayan besar dan bergulung-gulung.

foto by instagram.com/indrabayuu_14

Walaupun begitu, bukan berarti pengunjung tidak dapat menikmati liburan di Pantai Panjang, ada fasilitas lainnya yang dapat dinikmati seperti tempat makan dan wisata kulinernya disini.

Berbagai deretan warung makan dari yang murah meriah hingga restoran sekalipun dapat ditemukan di pinggiran pesisir pantai. Dan yang lebih menariknya lagi, jejeran tempat makan tersebut sangat rapi dan tertata dengan teratur, sehingga tidak berkesan kumuh atau kotor.

Beberapa rumah-rumah makan disini menyediakan menu seafood ditambah es kelapa muda yang segar dan langsung dipetik dari pohonnya yang banyak tumbuh di sekitar sini.

Masyarakat yang berada di sekitar pun sudah hapal dengan kuliner khas Bengkulu yang merupakan santapan andalan di beberapa tempat makan dekat Pantai Panjang, yakni menu utamanya adalah Kepiting Goreng.

Selain itu, ada juga Ikan Pindang yang merupakan masakan khas daerah Bengkulu, keduanya adalah menu yang cukup populer di Pantai Panjang.

foto by instagram.com/hilmansetiawan

Penginapan

Bagi pengunjung yang ingin menginap sambil menikmati landscape pemandangan Pantai Panjang bisa menyewa kamar di beberapa hotel, resort, villa, homestay, dan bahkan guest house yang tersedia di sekitar pantai.

Salah satu hotel disini yakni Nala Seaside Hotel menyediakan kamar khusus dengan teras di depannya supaya pengunjung bisa menginap sambil melihat kecantikan pantai kapan saja.

Lalu ada juga Resort Pasir Putih yang letaknya berdekatan dengan spot pohon cemara dan pohon pinus di Pantai Panjang. Disini, tipe kamar layaknya homestay atau guest house yang cukup nyaman.

Atau bagi para backpacker yang ingin liburan murah, bisa mendirikan tenda untuk berkemah atau camping di area yang telah tersedia di pantai ini.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/melphotos2019

Tidak afdol rasanya bila pergi ke Bengkulu namun tidak mengunjungi Pantai Panjang, jangan pernah mengaku pernah ke Bengkulu kalau memang tidak pernah ke pantai ini.

Pasalnya, pantai ini juga sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun pelancong dari luar negeri lainnya karena tarif tiket masuknya yang gratis dan ditiadakan.

Sehingga masyarakat sekitar bisa dengan leluasa menjelajahi pantai dengan garis bibir sepanjang 7 KM ini. Bahkan ada beberapa fasilitas gratis yang dapat digunakan secara cuma-cuma seperti jalur jogging dan bersepeda.

Pengunjung yang ingin memarkirkan kendaraan pun dapat mengambil beberapa spot yang cukup luas untuk memberhentikan kendaraannya.

Ada pula yang menitipkan kendaraan di depan beberapa tempat makan atau warung-warung yang ada disini. Biaya parkir sendiri ada yang beragam, namun ada pula tempat yang tidak perlu membayarkan biaya parkir.

Letak dan Lokasi

foto by instagram.com/tegarbentario_5

Pantai Panjang memiliki panjang berkisar 7 KM panjangnya dengan lebar adalah 500 KM, jika dilihat dari peta Google lokasinya berada di Jalan Pesisir Pantai Panjang yang merupakan tempat cukup terkenal.

Sedangkan balik kembali ke segi administratif, letak pantai ini berada di kawasan 3 kecamatan sekaligus karena saking panjangnya garis bibir pantai.

Beberapa kecamatan tersebut adalah Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan juga Kecamatan Ratu Samban. Pantai Panjang bersebelahan dengan pantai lainnya yang juga merupakan sebuah objek wisata pantai lain, yakni Pantai Tapak Paderi dan Pantai Jakat.

Bagian selatan Pantai Panjang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia sehingga pantai ini dikenal dengan arus ombaknya yang cukup besar dan terkadang kencang. Maka dari itu terkadang, gelombangnya dapat dijadikan arena olahraga air seperti berselancar, terutama jika cuaca sedang tidak buruk.

Rute Menuju Pantai

foto by instagram.com/nicke_novika

Menuju Pantai Panjang tidak memerlukan waktu yang lama, arah yang menyulitkan, dan jalanan yang tidak rata, karena aksesnya pun sangat mudah dilalui kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Pantai Panjang sendiri menjadi salah satu objek wisata yang sangat populer sehingga wisatawan tak perlu khawatir tersesat bila ingin mencari arah menuju tempat wisata ini.

Bagi yang tidak memiliki kendaraan tersendiri dan ingin menuju pantai ini tanpa kendaraan umum pun dapat menyewa kendaraan sewaan seperti rental mobil dan sebagainya.

Dari pusat Kota Bengkulu sendiri, Pantai Panjang berjarak 3 KM jauhnya namun jalanan yang nantinya akan ditempuh sudah sangat bagus, beraspal, dan rata, sehingga perjalanan dapat lebih mudah dan cepat untuk dicapai.

foto by instagram.com/nicke_novika

Rute menuju Pantai Panjang dari pusat Kota Bengkulu sendiri melewati Jl. Fatmawati hingga lurus menuju Jl. Ratu Agung. Selanjutnya dari jalan tersebut lanjutkan perjalanan saja lurus terus sampai melewati Jl. Samudra, nantinya setelah memilih Jl. Pariwisata, Pantai Panjang akan terlihat dengan jelas.

Sebelah utara dari Pantai Panjang ini sudah memasuki Kelurahan Penurunan, dimana lokasi ini lebih jauh lagi dari arah Kota Bengkulu.

Sedangkan pada bagian baratnya, sudah masuk wilayah Kelurahan Sumur Meleleh, disana ada Pasar Pantai Malabro yang juga merupakan objek wisata belanja. Pengunjung bisa mampir sejenak untuk berbelanja bahan makanan pokok, kebutuhan sehari-hari, dan beragam ikan untuk dikonsumsi.

Pantai Panjang sendiri sebenarnya memiliki nama asli yakni Pantai Puteri Gading Cempaka, namun nama Pantai Panjang ternyata lebih terkenal disini.

Hal ini karena garis pantainya yang sangat panjang disertai dengan sebuah reklame nama Pantai Panjang yang dibuat sangat besar disini membuat masyarakat dan pengunjung lebih mengenalnya dengan nama Pantai Panjang.

Banyak turis dan pelancong yang mengambil koleksi photos pemandangan bibir pantai yang sangat panjang dan luas. Selain itu, landscape yang dihiasi pepohonan pinus dan cemara semakin menambah kecantikan pantai ini layaknya pantai di luar negeri.

Beberapa masyarakat menyebutkan bahwa Pantai Panjang mirip dengan tipe pantai landai di Australia dengan garis bibir pantai yang sangat panjang.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.