12 Makanan Khas Bengkulu Yang Rasanya Paling JOSS

Diposting pada

Selain terkenal sebagai kota sejarah dan tempat wisata unik, Bengkulu juga ternyata cukup populer dengan segudang makanan khasnya yang sangat nikmat.

Dengan letak begitu geografis berada di pesisir laut lepas dan dekat dengan Samudera Hindia, wajar saja jika sebagian besar kuliner khas kota ini bahan dasar terbuat dari ikan laut serta aneka macam kekayaan alam lainnya.

Lantas, apa saja kuliner khas kota Bengkulu yang wajib buat dicoba? Baiklah, artikel berikut akan mengulasnya secara tuntas mulai dari namanya, penjelasannya, resepnya lengkap beserta dengan cara pembuatannya.

1. Pendap

Foto By bengkuluinteraktif.com

Nama sajian pertama yang wajib buat dicoba dari Bumi Rafflesia adalah pendap. Makanan terkenal satu ini merupakan penganan favorit masyarakat Bengkulu.

Pendap sendiri merupakan makanan hewani dengan bahan utama adalah ikan pasi. Menurut resep, cara membuatnya sangatlah mudah dimana ikannya dan bumbu dimasukkan ke dalam daun talas kemudian direbus selama 8 jam.

Sajian tersebut pun tak hanya populer di kota asalnya saja, tapi juga di sejumlah daerah di Indonesia seperti di Jakarta, Bangka dan Maluku.

Dan salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah Pendap”Pen” Bengkulu di Jalan Irian No. 153, Kabupaten Sungai Serut. Di rumah makan ini harga pendap dipatok hanya 10 ribu seporsinya.

2. Lema

Foto By sahabatnesia.com

Selanjutnya ada lema atau lemah. Kuliner ini adalah bumbu bahan masakan suku Rejang  di daerah Curup yang memiliki citarasa begitu nikmat.

Kalau dilihat dari foto atau gambarnya, lema ini mirip dengan tempoyak khas Sumatera Selatan hanya saja bahannya tidak memakai durian melainkan campuran rebung dan ikan mujair atau sepat yang difermentasi.

Dan lagi, aromanya lema lebih menyengat daripada tempoyak. Meski begitu bumbu penyedap satu ini sangat disukai oleh orang Bengkulu utara.

Lema sendiri banyak dijual di toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional di Kabupaten Rejang Lebong dan mengenai harganya dibanderol hanya kisaran Rp.25.000/botol.

3. Bagar Hiu

Foto By m.dreamers.id

Kuliner khas Bengkulu satu ini adalah sejenis makanan unik berbahan dasar ikan hiu yang dimasak tidak menggunakan santan melainkan kelapa sangrai.

Kuliner favorit Presiden Soekarno ini bisa dibilang rendang ala Bengkulu yang memiliki citarasa lezat. Wajar saja, untuk membuat kuliner tersebut dibutuhkan waktu cukup lama guna menghilangkan bau amisnya.

Tertarik ingin mencobanya? Nah, salah satu tempat paling pas buat dituju buat menikmatinya adalah Warung Uni Fit di Jln.Soekarno-Hatta  Anggut Atas kota Bengkulu.

Selain rasanya enak, warung ini juga menawarkan harga terjangkau untuk seporsi menu bagar hiu ini yakni hanya kisaran Rp.30.000 saja.

4. Gulai Kemba’ang

Foto By gotravelly.com

Berbicara tentang kuliner khas Bengkulu, tidak sah rasanya jika kita belum mencicipi langsung gulai kemba’ang yang katanya rasanya sangat enak.

Menurut keterangannya, gulai kemba’ang ini adalah salah satu contoh kuliner tradisional yang terbuat dari iga sapi dan kemudian dimasak menggunakan resep bumbu khusus agar rasanya gurih.

Meskipun merupakan salah satu menu musiman yang kerap disajikan sebagai menu buka puasa dan lebaran, tapi gulai kemba’ang ini juga bisa Sahabat JejakPiknik cicipi di RM. Marola.

Rumah makan yang berlokasi di Jln.Pariwisata Pantai Berkas, Teluk Segara, kota Bengkulu bukanya mulai pukul 09.00-21.00. Dan mengenai harga gulai kemba’ang masih sangat terjangkau.

5. Lepek Binti

Foto By masakandapurku.com

Selain gulai kemba’ang dan bagar hiu, kue lepek binti juga menjadi salah satu penganan favorit saat berbuka puasa di Bumi Rafflesia.

Kuliner ini terbuat dari tepung ketan, santan serta daging sapi giling yang kemudian dibungkus pakai daun pisang. Sekilas dilihat dari gambar lepek binti tersebut memiliki ciri sama dengan nagasari hanya saja rasanya tidak manis melainkan gurih.

Di Bengkulu kuliner cepat saji tersebut banyak dijual di pasar tradisional ataupun di kaki lima dan pada umumnya, harga per bijinya dibanderol kisaran Rp.1.000 saja.

6. Kue Bay Tat

Foto By tokopedia.com

Menurut latar belakang sejarahnya, kue bay tat ini dulunya adalah penganan mewah yang disajikan hanya untuk raja dan kalangan ningrat saja. Namun sekarang sudah dapat dinikmati semua lapisan masyarakat.

Makanan ringan menyerupai bolu satu ini rasanya manis dan gurih. Selain cocok dijadikan cemilan menemani minuman teh oolong khas Kepahiang, kue tat juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kue bay tat sendiri sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh dan pada umumnya harganya dipatok hanya kisaran Rp.20.000/kotaknya.

7. Lemang Tapai

Foto By jalur.xyz

Merujuk pada Wikipedia, lemang tapai adalah sejenis penganan berbahan dasar ketan hitam yang dimasak dengan santan menggunakan bambu muda.

Kuliner ini tidak jauh beda dari penganan pada umumnya baik dari segi memasak ataupun bahannya, hanya saja di daerah lain bahan baku yang digunakan adalah ketan putih bukan hitam.

Lemang tapai ini paling mudah ditemukan di Pekan Masat dan untuk harganya, lemang dibanderol sekitar Rp.5.000 sementara tapai Rp.5.000/porsinya.

8. Gulai Pisang

Foto By cabeduo.blogspot.com

Masyarakat Bengkulu memang cukup kreatif dalam mengolah makanan. Bagaimana tidak, selain bisa dimakan begitu saja, di daerah ini pisang juga diolah menjadi masakan gulai.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang tengah berkunjung ke Bumi Rafflesia, tak ada salahnya mampir barang sebentar untuk menikmati gurihnya penganan nabati khas Bengkulu  satu ini.

Meski termasuk kuliner langka tapi gulai ini juga disajikan di beberapa rumah makan, salah satu contoh adalah restoran Bunga di Jln.Ratu Agung No.04, Penurunan, kota Bengkulu. Untuk harga masih sangat terjangkau yakni berkisar Rp.25.000/porsinya.

9. Lempok Durian

Foto By fahmianhar.com

Saat berkunjung ke Bengkulu, kita akan melihat banyak sekali pohon durian. Tak heran jika di daerah tersebut pun terdapat aneka macam makanan enak berbahan dasar buah satu ini.

Salah satu contoh hasil olahannnya adalah lempok durian, sejenis penganan yang wujudnya mirip dengan dodol dan memiliki citarasa nikmat.

Untuk mendapatkannya bukanlah hal sulit, Sahabat JejakPiknik datang saja ke jalan Soekarno-Hatta, Di kawasan ini ada banyak sekali toko yang menjual lempok durian enak dengan harga kisaran yakni Rp.75.000-Rp.15.000/kg.

10. Perut Punai

Foto By oleholehkhasbkl.blogspot.com

Makanan khas Bengkulu selanjutnya adalah perut punai, salah satu penganan berwujud kue yang terdiri dari dua variasi rasa yakni original dan manis.

Dinamakan demikian, karena bentuk kue tersebut sangat lucu mirip seperti perut burung punai dan penganan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga tercinta.

Dan salah satu toko yang menjualnya adalah Perut Punai Hijrah di Jln.DP.Negara N0.20, Sukarami, Selebar, Bengkulu.  Mengenai harganya dibanderol hanya kisaran Rp.10.000/bungkus.

11. Kembang Goyang

Foto By gotravelly.com

Kembang goyang adalah salah satu cemilan berbahan dasar tepung terigu dan santan kelapa yang selalu menjadi kuliner primadona saat pesta adat di Bengkulu.

Diberi nama demikian karena bentuknya mirip bunga mekar dan saat membuatnya adonan digoyang agar lepas dari cetakan.

Dan salah satu toko  yang menjual kembang goyang enak adalah Kue Putri Bungsu di dekat SMKN1 BS. Cukup dengan modal 10 ribu saja, kita sudah bisa mendapatkan sebungkus cemilan renyah ini.

12. Getuk Pisang

Foto By luisarosalina.wordpress.com

Seperti yang kita ketahui, getuk adalah sejenis penganan enak yang bahan dasarnya menggunakan ubi, namun di kota Bengkulu kudapan ini terbuat dari pisang.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk mendapatkannya Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Bengkulu. Umumnya, harganya dijual Rp.2.500-Rp.5.000/buah.

Nah, selain daftar diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas Bengkulu yang layak buat dicicipi seperti oncong-oncong, ayiak nelengau dari Manna dan gulai remis khas Seluma.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.