Foto by instagram.com/narulita_pa/

Asyiknya Nongkrong Sore di Taman Balekambang Solo

Diposting pada

Alamat: Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0271 736 227
WhatsApp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp. 3.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/wiwied_naila/

Jika mendengar kota Solo lantas apasih yang terlintas dibenakmu? Selain Batik, Solo juga memiliki daya tarik lain yang tak kalah menarik untuk di explore lho. Solo merupakan salah satu wilayah yang sangat rapih sekali penataan kotanya.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya ruang terbuka hijau yang bisa kamu temukan di Kota Solo. Apalagi Solo dikenal juga sebagai salah satu kota yang ramah lingkungan. Jumlah taman kota di Kota Solo bisa dibilang cukup banyak.

Meskipun keberadaan gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan di tengah kota sudah mulai banyak juga, namun hal tersebut tidak mengurangi sedikitpun tempat-tempat untuk masyarakat mendapatkan udara sejuk. Salah satu sarana publik yang menjadi ruang terbuka hijau di tengah kota Solo yaitu Taman Balekambang.

Foto by instagram.com/ida_mardiyanti28/

Taman Balekambang adalah satu diantara taman kota di Solo yang sampai saat ini masih menjadi lokasi favorit untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga, sahabat atau pasangan. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat taman ini pas sekali untuk weekend-an.

Untuk masyarakat yang ingin mengunjungi Taman Balekambang ini maka tidak perlu mengeluarkan kocek untuk membayar tiket masuk. Fasilitas ruang terbuka hijau ini memang diberikan gratis untuk publik.

Dengan begitu siapa saja bisa mengakses taman kota ini baik masyarakat Kota Solo maupun wisatawan. Namun jika tertarik untuk menikmati wahana permainan yang ada di Taman Balekambang ini maka kamu harus membayar tiket sebesar 5ribu-10ribu per orangnya.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/krisna_hfa/

Jika tertarik ingin mengunjungi Taman Balekambang ini maka kamu harus pergi ke Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan. Untuk dapat menjangkau lokasinya kamu bisa berkendara dari pusat kota Solo sejauh 6,5 kilometer atau setara dengan 20 menit perjalanan.

Lokasi Taman Balekambang dekat sekali dengan Terminal Tirtonadi Solo. Dari arah terminal kamu bisa lurus terus menuju perempatan Manahan, kemudian 400 meter kedepan akan ada Kampus UTP di kiri jalan. Lokasi pintu masuk taman ada di sebelah Kampus UTP.

Foto by instagram.com/tjproject25/

Rute jalan menuju lokasi yang bisa kamu pilih salah satunya melalui Jalan. R.M. Said. Buat kamu yang tidak terlalu paham jalanan kota Solo, maka manfaatkanlah petunjuk arahan navigasi melalui link maps diatas.

Apabila masih kesulitan menemukan lokasinya maka kamu juga bisa bertanya ke warga sekitar. Kamu tidak perlu khawatir karena masyarakat Kota Solo terkenal santun dan ramah kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Fasilitas

Foto by instagram.com/verrarz_/

Taman Balekambang bukan hanya sekadar ruang terbuka hijau saja, namun tempat ini juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung yang bisa meningkatkan kenyamanan para pengunjung.

Pada momen-momen tertentu Taman Balekambang kerap dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan acara-acara yang digelar diatas panggung outdoor dan indoor. Acara-acara yang biasa dilakukan disini diantaranya seperti festival kuliner, bazar, hiburan musik, dll.

Kemudian fasilitas lain yang bisa ditemukan disini diantaranya ada bangku taman, area bermain anak, toilet, area parkir kendaraan, kolam renang, dll. Apalagi lingkungan tamannya juga bersih dari sampah, jadi suasananya menjadi lebih indah dipandang.

Foto by instagram.com/kusumaaditya_/

Ada Apa Saja

1. Taman Reptil

Taman Reptil adalah salah satu wahana edukasi yang bisa kamu temukan di Taman Balekambang lokasinya berada di sebelah Barat Bale Apung. Salah satu daya tarik dari Taman Reptil ini ialah adanya batu asmara yang merupakan pecahan meteor jatuh.

2. Taman Air Partini

Taman Air Partini merupakan kolam paling besar yang ada di Taman Balekambang. Fungsi dari kolam ini ialah sebagai tempat penampungan air guna membersihkan kotoran sampah. Taman Air Partini ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk bermain bebek kayuh dan perahu.

Untuk dapat menikmati fasilitas bebek kayuh dan perahu disini kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar 10ribu per orangnya. Kapasitas maksimum dari wahana permainan ini bisa menampung hingga 6 orang.

3. Taman Partinah Bosch

Foto by instagram.com/denokdewi/

Taman Partinah ini merupakan salah satu sarana untukmu menjumpai aneka tanaman seperti beringin, apel, cokelat dan kenari. Selain itu disini juga ada aneka satwa seperti rusa yang bisa kamu ajak berfoto dan diberi makan sekaligus.

4. Taman Kelinci

Awal tahun 2019 lalu, Taman Balekambang dilengkapi dengan area baru yang diberinama Taman Kelinci. Wahana edukasi ini menampilkan aneka satwa seperti kelinci, kura-kura, domba merino, biawak, dll.

Para pengunjung akan diedukasi aneka jenis satwa yang ada disini, bagaimana cara merawat dan mengembangbiakannya.

5. Kolam & Balai

Taman Balekambang dilengkapi oleh sebuah kolam seperti danau dan kolam renang yang didalamnya terdapat dua buah balai. Kedua balai tersebut diantaranya Bale Apung dan Bale Tirtayasa.

Awalnya taman ini memang berfungsi sebagai tempat bersantai para anggota keluarga kerajaan. Penamaan balekambang diambil karena letak balenya yang berada didekat kolam menimbulkan kesan bahwa balai tersebur seperti mengambang atau mengapung.

Kemudian Bale Tirtayasa berfungsi sebagai tempat berganti pakaian para anggota keluarga kerajaan yang hendak berenang. Kolam renang berada tepat berada di depan Bale Tirtayasa.

Tentang Taman

Foto by instagram.com/narulita_pa/

Taman Balekambang ialah salah satu ruang terbuka hijau yang dibangun diatas tanah seluas 9,8 hektare. Taman kota ini pertama kali dibangun pada tahun 1921 oleh K.G.P.A.A Mangkunegara VII. Perpaduan antara konsep Jawa dan Eropa menjadi daya tarik tersendiri dari Taman Balekambang Solo.

Selain menjadi ruang terbuka hijau, Taman Balekambang Solo ini kini menjadi kawasan wisata terpadu. Dimana didalamnya terdapat juga area outbond, mini zoo, konservasi tanaman langka dan sejarah hingga panggung seni budaya.

Foto by instagram.com/isniani_ningsih/

Selain berperan sebagai paru-paru kota Solo, Taman Balekambang juga berfungsi sebagai taman botani, edukasi, rekreasi seni dan budaya di Kota Solo. Tempat ini dilengkapi oleh taman bermain, bersantai, taman reptil, kolam ikan, gedung kesenian dan lainnya.

Suasana Taman Balekambang terasa lebih sejuk karena ditanami oleh pepohonan rindang. Apalagi sebagian besar pohon-pohon besar disini termasuk langka dan sudah berusia sampai ratusan tahun. Beberapa jenis pohon yang ada disini diantaranya seperti pohon apel, cokelat, beringin, kenari dan lainnya.

Foto by instagram.com/denok.dewi/

Bahkan para pengunjung juga akan dimanjakan oleh aneka satwa yang dibiarkan berkeliaran di area taman seperti rusa. Cocok sekali untuk mengedukasi si kecil mengenal aneka satwa dengan bermain dan memberinya makan.

Selain menikmati suasana yang sejuk, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain kereta putar, mendayung perahu, menaiki becak hias dan masih banyak lagi permainan lainnya.

Buat kamu yang bosan liburan akhir pekan di cafe atau mall, ajak keluarga, sahabat atau pasangan untuk bersantai bersama di Taman Balekambang Solo ini sepertinya bisa jadi opsian menarik lho.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Asyiknya Nongkrong Sore di Taman Balekambang Solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.