gambar by merahputih.com

Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

Diposting pada

3.8/5 - (22 votes)
Lokasi: Linggasana, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556
Map: Klik Disini
HTM: Rp.9.000 (Anak Anak), Rp.10.000 (Dewasa)
Buka Tutup: Pukul 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: –

Kuningan memang menyimpan segudang keindahan yang ditawarkan melalui berbagai pilihan obyek wisata yang tersedia. Tidak terkecuali obyek wisata Taman Wisata Alam Linggarjati.

Nama Linggarjati sendiri merupakan salah satu bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia di mana mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Peristiwa perjanjian antara pemerintah Indonesia dan Belanda pada November tahun 1946 diadakan di sebuah gedung di daerah Linggarjati.

Keberadaan obyek wisata Taman Wisata Alam Linggarjati ini tidak jauh dari gedung bersejarah tersebut. Jaraknya sendiri kurang lebih 500 meter dari Gedung Perundingan Linggarjati.

foto by tripadvisor.co.id

Taman wisata alam ini berbentuk rimba luas dan biasa dikenal sebagai titik awal pendakian menuju ke Gunung Ciremai.

Rute Menuju Lokasi

Taman yang satu ini dapat Anda temukan di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Untuk berkunjung ke taman wisata alam ini Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Kuningan, taman ini berjarak kurang lebih 28 kilometer. Sedangkan jika dari Bandung jaraknya sekitar 160 kilometer.

foto by klove.com

Anda yang datang dari Bandung harus menempuh rute berikut jika ingin berkunjung ke lokasi ini. Pertama dari Bandung kemudian menuju ke Cirebon. Dari Cirebon selanjutnya menuju ke Cilimus. Terakhir Anda akan memasuki daerah Linggarjati.

Perjalanan menuju tempat ini cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Selain itu lokasi ini juga mudah ditemukan karena banyaknya penunjuk jalan untuk sampai di Linggarjati.

Buka Jam Berapa

Apabila Anda sudah memutuskan untuk berlibur di obyek wisata satu ini, pastikan untuk datang di waktu yang tepat. Anda dapat berkunjung antara pukul 8 pagi hingga 6 sore WIB.

Datanglah sepagi mungkin jika Anda ingin menikmati suasana asri nan sejuk dengan lebih lama, sehingga Anda juga akan merasa lebih puas.

foto by bhinnekashuttle.com

Fasilitas Yang Ada

Taman Wisata Alam Linggarjati menyediakan berbagai fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Fasilitas tersebut antara lain yaitu area parkir yang cukup luas, mushola, tempat makan, restoran, aula pertemuan, dan penginapan.

Di samping itu di sini juga tersedia fasilitas lain yang cukup memberikan hiburan. Misalnya saja ada arena bermain anak, kolam renang, pemancingan, dan arena outbound. Kemudian ada bukit dan pepohonan yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai.

foto by arwan69.blogspot.co.id

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk tempat wisata ini, Anda harus membayar biaya masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk bisa dibilang cukup murah dan terjangkau dengan beberapa fasilitas yang telah disediakan.

Harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp 10.000,00 per orang untuk yang dewasa. Sedangkan bagi anak-anak dikenakan tariff Rp 9.000,00 per orangnya.

Biaya Penginapan

Jika Anda ingin menikmati suasana malam di lokasi wisata ini, Anda bisa menginap di vila atau cottage yang tersedia di sana. Anda bisa memilih single room dengan harga Rp 82.500,00, standard room Rp 110.000,00, dan family room seharga Rp 165.000,00.

Selain dengan bermalam di sana, Anda juga bisa menikmati taman ini dengan berbagai wahana yang tersedia di mana tariff yang diberikan juga cukup murah.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk bermain di kolam renang adalah Rp 5.000,00. Kemudian Rp 10.000,00 untuk sepeda air dan Rp 3.000,00 untuk masing-masing mobil koin anak, kereta api mini, dan kuda putar.

Keindahan TWA Linggajati

foto by pesonabumiparahyangan.com

Taman Wisata Alam Linggarjati merupakan obyek wisata berupa kawasan hutan dengan luas mencapai 11,51 Ha. Lokasinya ini menjadi salah satu titik awal pendakian bagi para pendaki yang akan menuju Gunung Ciremai.

Pada tanggal 17 Februari 1975, kawasan hutan ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA). Obyek wisata ini sudah ditetapkan pemerintah Belanda sejak tahun 1924 sebagai bagian yang terpisah dari kawasan hutan lindung Gunung Ciremai.

Di taman wisata alam ini banyak terdapat flora dan fauna dengan beberapa jenis. Untuk jenis floranya ada bungur (Lagerstroemia sp), jamuju (Podocarpus Imbricatus), kiacret (Spathodea campulata), kiara (Ficus sp), lemo (Alstonia scholaris), dan pasang (Quercus sp).

Tumbuhan tersebut telah hidup dengan baik dan sebagian besar telah jadi pohon yang besar dan tinggi. Tinggi batang bebas cabangnya ada yang sudah mencapai 1 meter dan diameter batangnya sekitar 50 sentimeter.

foto by commons.wikimedia.org

Dengan adanya pohon yang besar tentu akan membuat para pengunjung yang datang merasa nyaman karena rindang dan teduhnya pohon tersebut.

Sedangkan untuk jenis fauna yang ada di sana adalah burung jenis kepodang (Oriolus chinensis) dan burung pipit (Lonchura leucogastoides).

Jenis fauna dengan ukuran tubuh besar tidak ada di kawasan ini. Alasannya adalah karena kawasan taman yang sempit dan pengelolaan kawasan taman yang intensif.

Selain pemandangannya yang memang indah, suasana udara di tempat wisata ini juga sangat sejuk dan segar. Oleh karena itu sangat pas jika obyek wisata ini dijadikan pilihan untuk berlibur bagi Anda dan teman atau kerabat dekat Anda.

foto by nasional.republika.co.id

Menikmati pemandangan dengan suasana yang sangat mendukung tentu akan membuat liburan Anda bersama teman dan kerabat Anda semakin menyenangkan. Terlebih lagi di sana juga tersedia berbagai pilihan wahana untuk Anda bersenang-senang.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

6 thoughts on “Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan

    1. Mau tanya..
      “Kalau sekarang musim corona begini, apakah masih tetap buka taman wisata nya..”
      Terima kasih..

  1. Apakah di linggar jati udah ada terapi ukannya seperti di ci Bulan, terus apakah sudah buka kembali untuk bulan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.