gambar By @roadtopuncak

25 Daftar Tempat Wisata di Wonosobo

Diposting pada

Wonosobo dikenal karena objek wisata alamnya, salah satunya Dataran Tinggi Dieng. Kota yang berada di Jawa Tengah ini memang banyak menyimpan pemandangan indah. Sayangnya, letaknya tidak memungkinkannya untuk memiliki sebuah pantai.

Namun ada banyak sekali obyek wisata lain yang bisa dikunjungi mulai dari danau, air terjun, kebun teh, dan lain-lain. Harga tiket masuk pun rata-rata lumayan terjangkau cocok untuk para backpacker.

Nah, berikut daftar tempat wisata di Wonosobo terbaru yang layak dikunjungi berikut dengan gambar, link peta lokasi, dan info penting lainnya.

1. Dieng Plateau

Foto By @jarang.mlipir_

Alamat: Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.12.000 per Orang

Dieng Plateu atau Dataran Tinggi Dieng menjadi obyek wisata terkenal di Wonosobo dan Banjarnegara. Lokasi dengan pemandangan alam terindah nan eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Objek di kawasan Dataran Tinggi Dieng cukup banyak dan dibagi menjadi dua. Dieng 1 terdiri dari Telaga Warna, Telaga Pengilon, Goa Semar, Goa Jaran, Kawah Sikidang, Candi Bima, Komplek Candi Arjuna, Candi Setyaki, dan Plateau Teather.

Sedangkan Dieng 2 terdiri dari Bukit Sikunir, Museum Kaliasa, Telaga Merdada, Drigo, Air Terjun Sirawe, dan Telaga Swiwi.

Para wisatawan sebaiknya menggunakan baju dengan jaket tebal saat mengunjunginya karena udaranya cukup dingin. Saat musim kemarau, suhunya bisa mencapai 5 derajat celcius pada malam hari.

Jika ingin berkeliling kawasan Dieng secara penuh, tak perlu khawatir karena kamu bisa menginap di berbagai hotel atau tempat penginapan yang tersedia.

2. Wisata Alam Lubang Sewu

Lokasi: Erorejo, Wadaslintang, Kab Wonosobo, Jawa Tengah 56365
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.10.000 per Motor

Wisata Alam Lubang Sewu menyajikan pemandangan indah dari kawasan waduk di Erorejo, Wonosobo. Saat air waduk surut ada banyak lubang yang terlihat pada bebatuan kapur di tepian waduk. Karena itu diberi nama menjadi “Lubang Sewu” atau lubang seribu.

Pemandangan bebatuan kapur unik di sekitar waduk inilah yang menjadi daya tarik wisatawan. Banyak wisatawan yg datang untuk mengabadikannya dengan memotret atau bahkan menjadikanya sebagai tempat foto prewedding.

Ada fasilitas gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai. Pengunjung juga bisa memancing atau menyewa perahu untuk mengelilingi waduk. Wisata alam yang murah dengan pemandangan unik bisa kita nikmati di tempat ini.

3. Gunung Prau

gambar By @roadtopuncak

Alamat: Dieng, Pranten, Bawang, Kabupaten Wonosobo, Jateng 14410
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000 per Orang
Operasional: Buka 24 jam
Telepon: 0856-0006-1679

Gunung Prau di daerah Dieng ini menjadi salah satu primadona baru bagi para pecinta alam. Dengan ketinggian yang sedang dan jalur tidak begitu sulit, gunung tersebut memiliki kelebihan lain yaitu fenomena matahari terbenam dan terbitnya.

Terdapat 2 (dua) jalur utama yang sering dilewati pendaki. Pertama, jalur utara yg dapat ditempuh sekitar 6 jam perjalanan dimulai dari Kabupaten Kendal.

Dan yang kedua, yakni melalui jalur selatan, trek ini dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dimulai dari Dieng atau Desa Patak Banteng.

Pemandangan sunrise dan sunset yang indah menjadi daya tarik gunung ini. Pemandangan terbaik dapat dilihat pada peralihan bulan Desember hingga Januari. Selain itu terdapat bukit teletubbies yang berupa padang sabana membentang indah disini.

4. Agrowisata Tambi

Lokasi: Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini
Telepon: (0286) 3399032

Agrowisata Tambi merupakan tempat perkebunan teh dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Lokasinya berada di ketinggian 1400 mdpl sehingga tak jarang diselimuti kabut.

Perkebunan teh ini menghasilkan produk yang sebagian besar dijual ke perusahaan lokal dan internasional. Sebagian lagi dijual dengan merk Teh Tambi.

Para wisatawan dapat berjalan-jalan menyaksikan para pemetik teh bersama pemandu atau melakukan outbond di sekitar perkebunan. Di pabriknya, ara pengunjung bisa merasakan hangatnya sajian minuman teh.

5. Telaga Menjer

Alamat: Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56353
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000 per Orang
Operasional: Buka 24 jam
Telepon: 0878-8424-7745

Telaga Menjer berupa danau yang difungsikan sebagai pembangkit listrik oleh PLTA Garung. Telaga ini terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja yang dahulu aktif. Sebelum letusan, lokasi tersebut awalnya hanya berupa mata air kecil yang meluas saat terjadi hujan.

Para wisatawan dapat masuk ke kawasan telaga dengan harga tiket yg cukup murah. Pemandangan air yang jernih, bentangan Gunung Sindoro, serta udara yang menyejukkan bisa menenangkan tubuh setelah sibuk beraktivitas.

Ada penyewaan perahu yang dapat digunakan untuk berkeliling telaga. Harga sewa perahu sebesar Rp.10.000. Di telaga ini juga terdapat ikan sehingga sering dimanfaatkan untuk lokasi memancing.

Bagi yang hobi memancing, jangan lupa untuk membawa alat pancing saat datang ke Telaga Menjer ya!

6. Basecamp Bukit Sikunir

Foto By @hadissyah

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.12.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 21.00
Telepon: 0816-694-215

Bukit Sikunir dikenal karena keindahan Golden Sunrise yang dapat disaksikan para pengunjung. Tak heran kemudian jika tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Saat acara-acara tertentu seperti hari libur, jalur menuju ke Sikunir cenderung macet.

Bukit ini pertama kali ditemukan oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Dieng pada tahun 80-an. Namun baru ramai dikunjungi turis-tuirs pada awal tahun 2009.

Nama Sikunir berasal dari tanaman rempah Kunir yang memang berwarna kuning, serupa dengan warna pantulan sinar matahari saat sunrise.

Basecamp Bukit Sikunir berada pada ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, yaitu di daerah Desa Sembung. Para pendaki perlu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke desa tertinggi di Pulau Jawa itu.

7. Pemandian Air Panas Kalianget

Alamat: Kalianget, Wonosobo, Kalianget, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56319
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000 per Orang
Jam Operasional: 07.30 – 17.00

Pemandian air panas Kalianget, Wonosobo, berada 3 km dari pusat kota, tepatnya di tepi jalur utama menuju Dieng. Spot yang memanfaatkan sumber mata air panas ini memiliki area parkir yang cukup luas bagi para pengunjung.

Tersedia dua kolam air panas yang berukuran sekitar 20 x 5 meter dengan kedalaman hingga 1 meter. Adanya kandungan belarang dalam air kolam dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa masuk ke kolam dengan menyewa ban. Selain dua kolam air hangat, tersedia pula beberapa ruangan serupa kamar mandi yg berisi air hangat.

Ada pula dua kolam air dingin untuk orang dewasa dan anak-anak. Tiket masuk yang murah namun fasilitas yang ada di dalamnya cukup memadai mampu memuaskan pengunjung yang ingin melepas lelah.

8. Danau Pirus (Telaga Warna)

Foto By @rumphel_kechil29

Lokasi: Dieng, Kejajar, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.6.000 – 8.500 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Telepon: 0822-2752-4500

Telaga Warna yang terletak di Dieng Plateu memiliki warna pirus yang indah. Warnanya akan tampak memiliki gradasi ungu dan hijau karena adanya aktivitas sulfur yg terkandung di dalamnya.

Pemandangan alam menuju ke tempat ini juga cukup indah sehingga tak akan membosankan untuk sampai ke sana. Di sekitarnya terdapat beberapa gua yang bisa dikunjungi seperti Gua Semar, Gua Sumur Eyang Kumlasari, dan Gua Jaran Resi Kendaliseto.

9. Tuk Bimo Lukar

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini

Tuk Bimo Lukar berupa mata air suci yang digunakan oleh umat Hindu Kuno Dieng. Letaknya berada di dataran tinggi Dieng. Sumber mata air berasal dari Gunung Prau yang merupakan hulu Sungai Serayu.

Konon ceritanya dahulu ada seorang tokoh Pandawa, yaitu Bimo Seno yang melukar atau melepas pakaiannya untuk disucikan di mata air ini. Sayangnya tempat tersebut kurang mendapatkan pemeliharaan yang layak bagi sebuah tempat wisata.

10. Bukit Siloreng Indah

Foto By @arman_z.o_o

Lokasi: Desa Somogede, Kec. Wadaslintang, Wonosobo, Kalidadap, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56365
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 07.00 – 18.00

Bukit Siloreng Indah terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Di sana para wisatawan dapat melihat pemandangan indah dari berbagai daerah di Banjarnegara, Kebumen, Temanggung, dan Magelang.

Lokasinya tak jauh dari pemandian Kalianget sehingga para pendaki bisa istirahat di sana. Banyak juga warga yang melakukan modifikasi terhadap sepeda motor agar bisa digunakan untuk naik ke atas Bukit Siloreng.

11. Bukit Sidengkeng

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000 per Orang

Bukit Sidengkeng bisa ditempuh melalui gerbang Wana Wisata Petak 9 Dieng. Di sana pengunjung dapat menikmati pemandangan 75 jenis tanaman endemik. Di atas bukit, akan terlihat Gunung Sindoro yang menakjubkan.

Tampak juga telaga warna dan pengilon yang digarisi dengan ilalang. Menikmati alam di tempat indah seperti Bukit Sidengkeng ini akan membuat kita melupakan beban yang ada dipikiran.

12. Gunung Lanang Mergolangu

Foto By @tika0017

Lokasi: Mergolangu, Kalibawang, Mergolangu, Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56373
Koordinat: Klik Disini

Gunung Lanang Mergolangu merupakan objek wisata yang tergolong baru. Selain pemandangan alam dari gunung sangat indah, ada juga air terjun yg menambah kesejukan tempat tersebut.

Di sore hari para pengunjung bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam. Akses jalan ke tempat ini sudah dipermudah, selain meningkatkan pengunjung juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga di sekitar Gunung Lanang.

13. Embung Kledung

Alamat: km 11, Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.6.000 per Orang per Motor
Jam Operasional: 05.30-18.00

Embung Kledung merupakan sebuah kolam raksasa di lereng Gunung Sindoro yang dibangun untuk mengatasi kekurangan air saat masa musim kemarau dan memiliki bentuk persegi dengan panjang setiap sisi sekitar 83 meter, sementara kedalaman 3 meter.

Para wisatawan banyak berdatangan ke spot ini pada hari libur. Pemandangan alam yang indah dan sejuk menjadi daya tarik tempat ini selain waduk yang terkesan agak kaku. Bahkan, pengelola memberikan hiburan berupa panggung musik di setiap hari minggu.

14. Air Terjun Sikarim

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.6.000 per Orang
Telepon: 0822-2033-6669

Air Terjun Sikarim termasuk tempat wisata pelosok, sehingga sedikit sulit dilalui. Para wisatawan perlu menyusuri jalan berliku dan agak rusak. Dianjurkan untuk menggunakan motor khusus tracking agar perjalanan lebih lancar.

Pemandangan yang didapat memang indah dengan perbukitan hijau serta lahan pertanian sayur yang banyak ditanami wasabi. Lahan pertanian tersebut dikelola oleh pemerintah Jepang.

Jika beruntung, pengunjung bisa bertemu dengan Bajang Dieng atau si Anak Gimbal Dieng. Perjalanan menuju ke air terjun ini dapat ditempuh sekitar 1 jam.

Airnya cukup dingin dan jernih. Daerah sekitarnya masih rimbun dengan pepohonan. Ketinggian spot tersebut adalah sekitar 100 meter.

15. Kawah Sikidang

Foto By @trhmwt_

Alamat: Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000 per Orang (tiket terusan dengan obyek wisata lain)
Jam Operasional: 07.00 – 16.00
Telepon: 0878-8424-7745

Kawah Sikidang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Berbeda dengan kawah lain yang sulit dilihat karena berada di atas, Sikidang berada di tanah yang datar. Jadi pengunjung dapat dengan mudah melihatnya dari dekat.

Kawah Sikidang sendiri terbentuk dari letusan gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif. Kita dapat melihat lumpur vulkanik yang meletup-letup. Namun ingat, harus menggunakan masker karena menyguguhkan asap belerang dan zat beracun lainnya.

Di dekatnya ada tempat bertuliskan “Telor Rebus Kawah”. Di sana para pengunjung dapat merebus telur yang dibeli dari penduduk sekitar di dalam kawah kecil, cukup lima menit saja maka akan langsung matang.

16. Wisata Alam Lembah Sindoro Posong

Lokasi: Posong, Tlahap, Kledung, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.7.000 per Orang
Jam Operasional: Pagi – 17.00

Di dekat Wonosobo, tepatnya di Temanggung terdapat obyek wisata menarik, namanya yaitu Lembah Sindoro Posong. Wisatawan akan terkagum-kagum dengan keindahan alam yang ada di sana. Ada juga perkebunan para petani di sekitar kawasan tersebut.

Fasilitas umum yang disediakan antara lain mushola, toilet, outbond, dan tempat trekker. Ada juga wahana lain berupa flying fox, jembatan Aldewis, wisata budaya, dan lain-lain. Pengunjung bisa datang sebelum fajar untuk menyaksikan keindahan sunrise di tempat ini.

17. Arung Jeram Serayu

Foto By @etnisgayo

Alamat: Jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Randegan, Banjarnegara, Jawa Tengah 53481
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telepon: 0852-4709-7777

Bagi yang senang kegiatan menantang, wisata pilihan di Banjarnegara ini bisa dijadikan tujuan. Namanya yaitu Arung Jeram Serayu, arung jeram yang merupakan terbesar di Jawa Tengah.

Peralatan keselamatan dan kesiapan fisik menjadi hal yang diperlukan sebelum melakukan aktivitas arung jeram. Terdapat beberapa kelas yang ditawarkan untuk melakukan kegiatan ekstrim tersebut mulai dari river camp, family camp, exotic, middle, sampai excellent.

18. Puncak Seroja

Lokasi: Tlogo, Garung, Tlogo, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56353
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.5.000 per Orang
Telepon: 0852-9272-2210

Puncak atau Bukit Seroja memberikan pemandangan yang tak kalah indah dari Bukit Sikunir. Pemandangan matahari terbit di sini berbeda karena muncul di atas Telaga Menjer. Saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat kota Wonosobo dari atas bukit.

Lokasinya sendiri cukup mudah dijangkau baik dengan naik motor ataupun berjalan kaki. Cuaca yang cukup dingin perlu diatasi dengan menyiapkan pakaian dan jaket tebal.

19. Curug Drimas

Alamat: Karangsari, Sapuran, Karangsari, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56373
Koordinat: Klik Disini

Curug Drimas memiliki tiga lapisan air terjun dengan ketinggian 40 meter, 15 meter, dan 20 meter. Banyak peziarah yang datang untuk mengunjungi beberapa makam Kiai yang berada di sekitarnya. Di dusun sana juga terdapat pentas wayang kulit setiap tahunnya.

20. Batu Pandang Ratapan Angin

Foto By @wonosobozone

Lokasi: Jl. Dieng Theater KM.2, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.10.000 per Orang
Jam Operasional: 06.00 – 18.00
Telepon: 0812-2808-6677

Batu Pandang Ratapan Angin menyediakan fasilitas flying fox dari atas bukit sampai ke ladang kentang penduduk. Dari tempat ini kita bisa menikmati panorama Dieng yang indah.

Pengunjung bisa melihat beberapa tempat wisata mulai dari Telaga Warna, Telaga Pengilon, bukit yang hijau, Candi Bima, kompleks Candi Arjuna, dan Kawah Sikidang.

Hanya menikmati pemandangan dan bersantai saja sudah cukup memuaskan bagi para pengunjung karena tempatnya yang memang indah dan sejuk.

21. Gunung Beser

Alamat: Lipursari, Leksono, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56362
Koordinat: Klik Disini

Kawasan Gunung Beser di Desa Lipursari dahulu sempat menjadi jalur penting menuju Wonosobo. Saat ini pemerintah setempat berupaya untuk mengelola kawasan tersebut agar bisa menjadi destinasi alam yang menarik.

Selain pemandangan yang indah, puncak Gunung Beser patut untuk dijadikan arena motocross. Kamu yg suka olahraga menantang, wajib mencobanya ya!

22. Curug Muncar

Lokasi: Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54261
Koordinat: Klik Disini

Curug Muncar merupakan sebuah air terjun di Kabupaten Purworejo yg lokasinya berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Akses menuju ke spot ini memang cukup sulit karena menanjak dan masih alami.

Tidak ada tiket masuk ke objek wisata ini alias gratis. Tempat yang masih alami dan jauh dari keramaian kota menjadikan spot tersebut cocok untuk menenangkan diri.

23. Curug Sikopel

Foto By @pariwisatabanjarnegara

Alamat: Babadan, Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah 53455
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.2.000 per Orang

Curug Sikopel yang berada di Banjarnegara ini memiliki tinggi sekitar 70 meter, sementara kedalaman kolam berkisar 10 meter. Dari Dieng, kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja untuk sampai ke sini.

Di balik air terjun ini terdapat goa yang konon katanya ada tikus putih di dalamnya. Nama Sikopel sendiri berasal dari kisah zaman dahulu saat Bupati Kolopaking bersemedi di dalam gua dan beliau mendapatkan kopel kuda atau tali kendali kuda.

24. Rumah Djamur

Lokasi: Sitiharjo, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56353
Koordinat: Klik Disini
Operasional: Buka 24 jam
Telepon: 0811-2885-088

Rumah Djamur merupakan sebuah pusat budidaya jamur yang dikelola oleh seorang pengusaha muda. Di sini pengunjung bisa melihat budidaya jamur tiram dan membeli jamurnya yg masih segar.

25. Pasar Kertek

Alamat: Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: 07.30-15.30, 16.00 – 23.00

Pasar Kertek merupakan sebuah pasar tradisional di Wonosobo. Tak hanya berjualan di pagi hari, pasar ini juga melayani transaksi jual beli pada malam hari.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “25 Daftar Tempat Wisata di Wonosobo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.