Teras Cikapundung BBWS di Kota Bandung

Diposting pada
3/5 - (7 votes)
Foto By @jelajahbandung

Lokasi: Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40131
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.10.000 Dewasa dan Rp.5.000 Anak Anak
Jam Operasional:
Senin – Minggu, Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Nomer Telepon:

Harga Tiket Masuk

Untuk harga atau tarif tiket masuk ke taman kota ini kamu perlu membeli sebesar 5 ribu rupiah untuk per orang anak-anak dan 10 ribu rupiah untuk dewasa.

Cukup murah kan, dengan harga tersebut tentu saja kamu bisa menikmati berbagai macam fasilitas dan sarana yang ada di Teras Cikapundung.

Foto By @netjabar

Cukup Populer

Berlibur ke Kota Bandung ternyata bukan hanya dengan berwisata kuliner, alam atau pun belanja. Tetapi ada destinasi yang juga tak kalah menarik bisa kamu nikmati seperti taman kota Bandung.

Taman ini bisa menjadi tujuan wisata kamu bersama teman atau keluarga di saat hari libur datang. Agar liburan kamu tidak melulu ke tempat wisata alam. Nah, taman kota Bandung yang dimaksud adalah Teras Cikapundung.

Seru Nih: Makan dan Nginap di Sawah? Kunjungi Sapu Lidi Resort Lembang

Kali ini kami dari tim jejakpiknik.com akan mereview sebuah tempat atau ruang publik yang menjadi kebanggaan warga Bandung yang cukup populer yaitu Teras Cikapundung.

Foto By @infobandungraya

Teras Ciakpundung ini memiliki sebutan yang cukup banyak untuk warga setempat, ada yang memanggilnya dengan sebutan Amphitheater Cikapundung, TeCi dan juga ada yang menyebut kembarannya Cikapundung Riverspot.

Banyak sekali fasilitas yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan di Teras Cikapundung. Dan juga kamu harus membayar biaya tiket masuk karena objek wisata ini termasuk miliki pemerintahan.

Biaya tiket masuk bisa untuk digunakan sebagai pembangunan agar fasilitas yang ada bisa terjaga dengan baik.

Nah, apa saja fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung, mari kita lihat bersama ya.

Objek Kekinian: Ada Apa Saja di De’ranch? Wisata Kuda Ala Koboi di Lembang

Sejarah Singkat

Tempat wisata Teras Cikapundung ini tentu saja memiliki cerita sejarah tersendiri. Tahukah kamu dulunya adalah tempat seperti apa? Mari kita bahas sama-sama ya.

Dulunya Cikapundung sendiri adalah aliran sungai yang membelah Bandung. Sungai ini membentang dari daerah Bandung Utara sampai bermuara di sungai yang cukup terkenal di Bandung yaitu Citarum di daerah Bandung Selatan.

Sedangkan hulu sungainya terletak di kawasan Lembang yaitu Curug Omas dan airnya mengalir hingga Babakan Siliwangi.

Nah dari situlah kemudian masuk ke Kota Bandung yang melintas di kawasan alan Braga dan juga Alun-alun kota Bandung.

10 Foto Suasana Ciwalk: Pusat Pertokoan Cihampelas Walk Bandung

Foto By @jelajahbandung

Sebelum diresmikan menjadi tempat wisata seperti saat ini Teras Cikapundung ini dulu terkenal sebagai tempat untuk berkumpulnya para seniman yang ada di Bandung.

Orang-orang yang memiliki ide kreatif akan seni selalu menjadikan Teras Cikapundung menjadi basecamp.

Yang menjadi unik lagi yaitu di tempat ini dulu pernah berdiri beberapa sanggar seni. Selain itu, dulu di sini juga menjadi lokasi warung-warung makanan yang sekarang tidak terurus.

Keadaan itu lah yang membuat warga Bandung menyebutnya tempat angker dan memiliki julukan “tempat jin membuang anak”.

Memang tidak ada hubungannya dengan keadaan misteri yang ada di Teras Cikapundung, hanya saja itu adalah bentuk kekesalan warga sekitar.

Nah, yang menjadi puncak terjadi pada tahun 2013 lalu, warga Bandung membuat gerakan yang memiliki nama “Save Babaka Siliwangi” dan menyebabkan ujuk rasa yang cukup besar.

Keindahan dan Potensi

Foto By@infobdgcom

Menurut website yang terkenal yaitu Wikipedia, Teras Cikapundung ini berada di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi.

Warga kota Banding sering menyebut kawasan ini Baksil yang terletak di Jalan Siliwangi, Bdg, Jawa Barat.

Penggagas dibangunnya ruang publik ini adalah Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai wali kota Bandung.

Pemerintah kota Bandung mengambil konsep yang cukup untuk unik saat membangun Teras Cikapundung ini, yaitu konsep Urban dan Ekologi yang tepat berada di sekitar aliran sungai Cikapundung. Tentu saja ide ini disambut antusias oleh para warga Bandung.

Pemerintah kota Bandung membangun Teras Cikapundung ini dengan tujuan sebagai tempat berkumpulnya warga Bandung. Kawasan hijau kota merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit warga Bandung.

Bahkan selain warga Bandung sendiri, tak sedikit banyak pengunjung dari lura kota Bandung yang bermain di Teras Cikapundung. Banyak sekali yang bisa dilakukan di sini, duduk bersantai atau bermain domino juga bisa kamu lakukan.

Selain di blog kami, banyak sekali yang mereview objek wisata ini. Merki tergolong tempat wisata terbaru di Kota Bandung, Teras Cikapundung sudah mendapat tempat di hati warga setempat.

Banyak sekali web dan social media yang memberikan komentar bagus sebut saja Facebook, Instagram, Line Today, Kaskus bahkan di youtube.com.

Kamu bisa melihat dan download banyak sekali video yang menayangkan beberapa pengunjung yang pernah bermain ke Teras Cikapundung.

Foto By @jatjati

Dan bisa kamu jadikan referensi sebelum akhirnya memutuskan untuk berlibur ke kota Bandung.

Bandung memang dikenal dengan Kota Kembang, banyak sekali artis Indonesia yang berasal dari sini.

Sebut saja Peterpan yang sekarang menjadi Noah, Raffi Ahmad dan masih banyak yang lainnya.

Maka dari di Teras Cikapundung ini juga sering dijadikan tempat shooting film atau beberapa episode di sebuah sinetron.

Selain itu beberapa penyanyi juga sering melakukan pembuatan video klip untuk album mereka di sini. Jadi kamu pasti tidak akan menyesal kalau berlibur ke Teras Cikapundung deh.

Teras Cikapundung ini diresmikan langsung oleh Menteri PU dan Pemerintah kota Bandung pada tahun 2016 lalu, sedangkan dibuka untuk masyarakat umum sebenarnya sudah dulu yaitu pada bulan Desember di tahun 2015.

Semenjak pertama kali dibuka, Teras Cikapundung ini sudah banyak yang datang. Bahkan orang nomer 1 di negara yaitu Bapak Presiden Jokowi juga pernah berkunjung ke Teras Cikapundung.

Sebetulnya kalau kita berbicara tentang ruang publik terbuka umum seperti Teras Cikapundung ini bukan hanya ada di Bandung. Di setiap kota pasti memilikinya sebagai sarana penghijauan kota.

Sebut saja seperti kota besar lainnya yaitu Surabaya, Yogya, Solo, Bogor, Bondowoso dan masih banyak kota lainnya di Indonesia.

Kamu bisa membuktikannya dengan mendatangi taman kota yang ada di kota kamu saat ini.

Foto By @maznonot

Selain pengunjung yang datang dari warga Bandung sendiri, banyak sekali yang datang dari luar kota.

Pengunjung yang tersebut berasal dari kota Yogyakarta, Subang, Tulungagung, Tegal, Jember, Wonosobo, Wonogiri dan bahkan ada turis dari luar negeri yang berkunjung ke sini.

Berbagai fasilitas memang disediakan jadi kamu bisa bermain dan berolahraga di Teras Cikapundung.

Beberapa aktivitas olahraga yang sering dilakukan adalah bermain voli. Banyaknya aktivitas yang bisa kita lakukan di sini membuat Teras Cikapundung ini menjadi tempat umum yang populer dan fenomenal

Sebelum kamu berangkat langsung menuju lokasi wisata ini, mungkin ada baiknya melihat beberapa foto yang tersebar di sosial media.

Kamu akan lebih takjub dengan foto-foto yang menggambarkan kegiatan yang dilakukan pengunjung.

Selain itu di Teras Cikapundung juga memiliki spot foto terbaik dengan background yang begitu eksotis. Yang lebih menakjubkan lagi suasana malam di Teras Cikapundung yang begitu indah.

Ya, selain siang hari di malam pun Teras Cikapundung masih ramai dengan pengunjung yang berdatangan.

Foto By @wisata_bandung

Karena taman kota ini sendiri di tutup pada pukul 10 malam dan di buka jam 7 pagi. Sudah disediakan listrik yang mencukupi di Teras Cikapundung.

Kamu bisa melihat lampu=lampu kota di sekeliling taman kota ini. Lampu-lampu mulai dinyalakan akan membuat objek foto kamu akan terlihat cantik dan eksotis.

Bisa di coba jika kamu melakukan foto dengan kamera yang sudah di atur agar pencahayaan pas.

Di sekitar taman kota ini juga banyak sekali para pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan. Mulai dari khas kota Bandung sendiri hingga makanan nusantara.

Warung-warung juga ada, jadi kamu tak perlu khawatir jika merasa lapar saat berlibur ke Teras Cikapundung.

Selain itu di sekitar taman kota ini juga ada penginapan atau hotel yang disediakan bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota dan ingin bermalam di Kota Bandung.

Harga yang diberikan juga relatif murah jadi sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi travelling dan backpacker.

Foto By @jelajahbandung

Jadi memang tidak diragukan lagi Teras Cikapundung merupakan magnet wisata terbaru di Kota Bandung yang tidak hanya dirasakan oleh masyarakat setempat tetapi juga dari berbagai kota lainnya.

Manfaat bagi masyarakat Bandung sendiri Teras Cikapundung ini biasanya dijadikan tempat untu bersantai saat pulang dari sekolah atau kantor.

Saat hari menjelang sore, banyak juga masyarakat kota Bandung yang mengunjungi taman ini.

Memang Teras Cikapundung adalah tempat yang paling menyenangkan sambil merasakan sejuknya udara dingin di Bandung.

Tetapi bagi pengunjung luar kota, tempat ini bisa digunakan untuk mengenal lebih jauh tentang warga Bandung.

Fasilitas yang ada di Teras Cikapundung ini juga sangat bervariasi, ada monumen, kolam, gazebo, taman jembatan dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya fasilitas yang diberikan ini, para pengunjung dijamin akan nyaman dan betah berada di sini.

Di taman ini juga ada berbagai macam tumbuhan sehingga menimbulkan hawa yang cukup sejuk.

Meski di sekitar taman ini juga terdapat jalanan yang dilalui oleh mobil dan motor, tentu saja masih jauh dari udara polusi yang ada di jalanan.

Foto By @triyanisya

Di Teras Cikapundung selain fasilitas diatas, ada juga yang banyak sekali difavoritkan oleh para pengunjung yaitu Amphiteater. Di tempat ini banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan.

Seperti misalnya sering kali di tempat ini diadakan nonton bareng sepak bola dari klub kebanggaan kota Bandung yaitu PERSIB.

Selain itu juga sering dilakukan live music yang menghadirkan seniman-seniman lokal yang ada di Bandung.

Bahkan pameran-pameran seni juga sering dilakukan di sini, jadi bagi kamu yang memiliki jiwa seni di dalam diri di sini adalah tempat yang cocok untuk kamu datangi.

Jalan Menuju Lokasi

Untuk rute agar dapat sampai ke Teras Cikapundung sebetulnya sangat mudah dilalui. Kamu bisa berangkat melalui dua jalur.

Yang pertama, jika kamu berangkat dari Jalan Ir H. Juanda atau Dago lurus akan bertemu dengan simpang lima kemudian ambil belokan kiri menuju Jalan Sumur Bandung.

Lalu kamu akan menemui pertigaan yang harus kamu ambil yaitu arah kanan menuju Jalan Tamansari lalu belok ke kiri menuju arah Jalan Siliwangi.

Nah kalau sudah sampai di Jalan Siliwangi itu berarti kamu sudah sampai di Teras Cikapundung.

Untuk jalur yang kedua ini lebih mudah unutk dilalui. Jika kamu melalui jalan Cihampelas kemudian mengambil arah menuju Jalan Ciumbuleuit.

Dari situ kamu akan bertemu dengan pertigaan kemudian lanjut belok ke arah kanan.

Setelah itu kamu akan langsung berada di Jalan Siliwangi kemudian berjalan sedikit ke arah pemberhentian di simpang Dago. Dari situ kamu bisa menengok ke kiri maka akan melihat Teras Cikapundung.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.