Foto By @wisatakabupatenbandung

10 Gunung di Bandung Yang Siap Untuk Didaki

Diposting pada

Menurut kamu, apa faktor yang membuat Bandung disukai oleh para wisatawan? Salah satu alasannya karena kota ini memiliki hawa cenderung sejuk dan hal itu disebabkan wilayahnya yang dikelilingi banyak pegunungan.

Berbicara tentang gunung, tentu kurang lengkap jika tidak membahas mengenai sisi pendakiannya. Nah, di sekitar kota Bandung ada beberapa tempat yang menarik untuk didaki.

Para pendaki di sekitar kota Bandung sebenarnya tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk memuaskan kerinduannya akan suasana pendakian, karena di sekitar wilayah tersebut ada beberapa gunung yang siap didaki kapan saja.

Kalau kita search di internet tentang “gunung di Bandung”, akan ada banyak artikel asing yg muncul terkait kata kunci seperti alamat kontrakan, hotel, perumahan dijual secara kredit, sewa rumah

Lalu ada juga artikel tentang jual sepeda bekas, tas, sepatu SNTA, jaket murah, toko buku Gunung Agung, hingga tempat pembelian perlengkapan atau lapak merakit alat mendaki. Namun bukan itu yang kita perlukan, melainkan sejumlah spot pendakian di kota Bandung.

Nah, untuk membantu pencarianmu, berikut JejakPiknik sajikan 10 daftar gunung di Bandung yang bisa didaki dan terkenal memiliki pemandangan indah. Apa saja itu? Yuk langsung disimak!

1. Gunung Tangkuban Perahu

Foto By @firda_surahman

Terletak di Kabupaten Lembang, ini adalah salah satu objek wisata yang sangat hits di kota Paris Van Java. Bagaimana tidak, selain terkenal dengan legenda Sangkuriang-nya, ia juga populer karena memiliki bentang alam begitu indah.

Sehingga tak heran bila, Tangkuban Perahu menjadi salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi. Selain memiliki panorama indah, ia juga menawarkan keunikan dimana puncaknya bisa terlihat datar dari kejauhan.

Dan bentuk puncaknya pun sangat unik, seperti perahu yang terbalik. Tangkuban Perahu ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut. Menurut catatan, spot tersebut terakhir kali meletus pada 26 Juli 2019 lalu.

2. Gunung Burangrang

Foto By @instameet_tuli_indonesia

Tidak jauh dari Tangkuban Perahu, kamu juga bisa menjumpai sebuah gunung yang dikenal dengan nama Burangrang. Berlokasi di kabupaten Lembang, spot tersebut bisa terlihat jelas dari sisi utara kota Bandung.

Ciri-ciri dari Burangrang ini adalah terdapatnya 4 buah puncak yang semakin meninggi sampai ketinggian sekitar 2.050 meter diatas permukaan laut.

Selain kerap dijadikan tempat latihan para Kopassus, Burangrang juga menjadi tempat favorit para komunitas pecinta camping.

Tak cukup hanya menawarkan keindahan dari ketinggian, Burangrang juga menawarkan beberapa tempat wisata menarik di sekitarnya seperti outbound Ciwangun, restoran Dusun Bambu, Perkebunan Teh Sukawarna dan Curug Layung.

3. Gunung Bukittunggul

Foto By @gan_gan_jatnika

Sama halnya seperti dua daftar sebelumnya, Bukittunggul juga merupakan jajaran pegunungan di area Bandung utara. Dengan ketinggian sekitar 2.209 meter diatas permukaan laut, membuatnya menyabet julukan sebagai salah satu gunung tertinggi di kota Paris Van Java.

Spot yang disebut-sebut paling tinggi ini bisa dilihat dari sisi timur laut kota Bandung. Memang ia jarang didaki, tapi soal pemandangan Bukittunggul tidak kalah indah.

Bahkan di sekitar areanya terdapat beberapa tempat wisata menarik lainnya yang siap buat memanjakan matamu seperti Situ Sangkuriang dan Kebun Kina.

4. Gunung Malabar

Foto By @teniwinarti

Selain memiliki wilayah cukup luas, Malabar juga masuk dalam kategori sebagai gunung terindah. Letaknya sendiri berada di sebelah selatan kota Bandung dan berdampingan dengan Mount Haruman serta Putang.

Puncak Malabar ini memiliki ketinggian sekitar 2.343 meter diatas permukaan laut dan untuk naik ke lokasinya bisa dari daerah Pangalengan.

Dengan ketinggian yang dimilikinya, Malabar menjadi puncak tertinggi pertama di kota Bandung. Selain menjadi tempat pendakian favorit, ia pun mempunyai bentang alam cukup indah.

5. Gunung Batu

Foto By @mifta_aldy

Tidak jauh dari Lembang, terdapat satu destinasi alam yang masih sangat jarang disambangi para wisatawan, namanya yaitu Gunung Batu.

Diberi nama demikian karena menurut warga sekitar, bukit berupa bebatuan padat dan kokoh ini merupakan hasil letusan dari Gunung Sunda Purbakala. Memiliki ketinggian hanya sekitar 1.335 serta tidak begitu menantang, membuatnya dilupakan banyak orang.

Namun begitu, ini menjadi tempat paling cocok jika kamu ingin berburu keindahan matahari terbit. Bahkan dari ketinggiannya, view sederet puncak tinggi lain di sekitarnya pun tersaji dengan begitu indah.

Kamu pun dapat memanfaatkan spot tersebut untuk berbagai kegiatan alam seperti camping, rock climbing dan hammocking.

6. Gunung Artapela

Foto By @infobdgcom

Mendengar nama spot satu ini mungkin masih sangat asing. Artapela adalah salah satu gunung tropis yang sudah tidak aktif lagi. Letaknya sendiri berada di daerah Kertasari dan berbatasan dengan Kecamatan Pangelangan.

Artapela kini menjadi salah satu spot yang tengah populer dan mulai banyak dilirik oleh para pendaki di Indonesia. Selain memiliki jalur pendakian mudah, cocok untuk pemula, ia juga mempunyai pemandangan indah akan tanah perkebunan milik PTPN.

7. Gunung Palasari

Foto By @f.fremework17

Letak dari spot pendakian satu ini diapit oleh Mount Bukit Tunggul di sebelah kiri dan Manglayang di sisi kanannya. Ketinggiannya sendiri tidak sampai 2.000 meter, hanya sekitar 1.852 mdpl.

Akan tetapi puncak Palasari yang berbentuk segitiga dapat terlihat jelas dari kota Bandung. Meski kurang begitu populer, namun tak sedikit para penggiat alam yg menjadikannya sebagai destinasi pendakian.

Pasalnya, jalur menuju puncaknya tergolong menantang, dikelilingi hutan alami dan asri serta disuguhi trek curam. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa pendaki tertarik ingin menaklukkannya.

8. Gunung Manglayang

Foto By @azied_abdlr

Jika kamu melakukan perjalanan dari kota Paris Van Java menuju daerah timur, maka matamu akan dimanjakan keindahan puncak Manglayang yang menjulang tinggi dan berdiri tegap di sepanjang lintasan.

Memiliki ketinggian sekitar 1.818 meter diatas permukaan laut membuat Manglayang ini terlihat jelas dari pusat kota meskipun dengan mata telanjang. Selain bentang alamnya menarik, di area lerengnya juga terdapat sebuah curug dan hutan pinus bernama Wanawisata Batu Kuda.

Untuk menuju puncaknya, terdapat beberapa jalur alternatif yang bisa kamu lalui, diantaranya dari Palintang, Cileunyi dan Barubereum, Jatinangor.

9. Gunung Patuha

Foto By @lutfi_fadholy

Berlokasi di Bandung selatan, tepatnya di kawasan Ciwidey, Mount Patuha ini termasuk salah satu spot pendakian favorit warga Jawa Barat dan sekitarnya.

Spot berketinggian 2.434 meter diatas permukaan laut ini termasuk salah satu puncak tertinggi di Bandung, jadi jika sedang melintas di sepanjang jalan Ciwidey, kamu akan melihat sisi keindahannya.

Selain terkenal akan keindahan Kawah Putihnya, Patuha juga masih punya satu lagi spot cantik yang siap memanjakan matamu, namanya yaitu Situ Patenggang.

10. Gunung Tilu

Foto By @galerimajalengka

Memiliki ketinggian kurang lebih 1.076 meter diatas permukaan laut, ini adalah salah satu puncak yang bisa kamu lihat dari sisi barat kota Bandung.

Tilu sendiri termasuk salah satu kawasan cagar alam yg sudah ditetapkan sejak tahun 1978 dan menjadi pusat rehabilitasi beberapa hewan primate endemic seperti Owa Jawa, Lutung serta Surili.

Selain sebagai cagar alam, Tilu juga memiliki kawasan perkebunan teh yang cukup terkenal. Banyak wisatawan senang berkunjung kesini lantaran suasananya sangat sejuk.

Demikianlah ulasan 10 gunung di Bandung yg bisa didaki dan memiliki pemandangan indah. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang ingin menikmati keindahan bentang alam dari ketinggian.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.