foto by instagram.com/pesonakuningan/

Waduk Darma Kuningan

Diposting pada

Lokasi : Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45562
Map : Klik Disini
HTM : Rp.10.000 Anak Anak dan Rp.15.000 Dewasa
Buka Tutup : 24 Jam
Telepon :

foto by instagram.com/alzifaa_11/

Hallo guys. Liburan idul fitri nanti kira-kira mau rekreasi kemana ya ? ke pantai sudah sering, ke gunung, sudah sering juga. Ke paris ? walah kejauhan guys. Wisata lokal aja guys biar makin kenal dan cinta dengan tanah tumpah darah Republik Indonesia ini. Ha ha.

Oh iya guys. Kalau kamu sudah bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja semisal ke pantai, ke gunung atau ke kebun binatang. Kenapa kamu tidak mencoba untuk mengisi liburan ke waduk darma di daerah Kuningan, Jawa Barat.

Selain dapat menikmati keindahan alam, di waduk ini kamu juga bakal dapetin banyak hal lain yang lebih seru lho guys. Ga percaya ? yuk baca dulu ulasan mengenai waduk darma Kuningan dibawah ini guys.

Mengenal Lebih Dekat

foto by instagram.com/riosakera/

Bagi kamu yang belum tau mengenai waduk darma Kuningan. Kami akan kenalkan sedikit bahwa waduk ini terletak di sebelah barat daya kota Kuningan. Tepatnya di desa Jagara kecamatan Darma kabupaten Kuningan provinsi Jawa Barat.

Apabila kamu datang dari wilayah Cirebon, maka kamu akan menemukan lokasi wisata ini pada perlintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-ciamis.

Waduk darma selain difungsikan sebagai tempat penampungan air dan budidaya perikanan, juga dimanfaatkan sebagai wahana wisata oleh masyarakat daerah Kuningan dan daerah sekitarnya.

foto by instagram.com/megi_imansyah/

Keindahan panorama alam berupa perbukitan dan lembah di sekelilingnya, membuat lokasi wisata di Jawa Barat ini menjadi tempat yang sangat nyaman untuk melepas penat.

Maka tak heran, ketika weekand atau musim libur panjang tiba, para wisatawan biasanya akan berduyun-duyun memadati areal wisata waduk darma.

Mitos Asal Usul

Jauh sebelum bendungan atau situ ini dibuat atau lebih tepatnya direnovasi oleh Belanda pada tahun 1922, bendungan ini sebenarnya sudah menjadi danau kecil. saat itu, sebagian lahannya dijadikan kawasan tempat tinggal penduduk dan areal persawahan.

Konon, sebagian areal seluas kurang lebih 425 hektar yang kini menjadi kawasan danau darma, dulunya merupakan areal pemukiman penduduk yang ditenggelamkan.

foto by instagram.com/deasy.riyanti/

Maka jangan heran apabila di saat air waduk surut, kamu akan melihat bekas-bekas pondasi bangunan rumah, bahkan lintasan jalan yang masih kokoh.

Selain itu, masyarakat sekitar situ darma Kuningan juga mempercayai bahwa situ darma merupakan bendungan yang dulunya dibuat oleh para wali semasa hidup mereka. Secara spefisik, menurut masyarakat, wali bernama mbah satori (mbah dalem cageur) lah yang merupakan pembuat bendungan ini.

Disamping asal usul waduk darma yang berhiaskan misteri. Ada juga mitos turun temurun yang dipercayai oleh masyarakat mengenai waduk ini.

Konon, apabila ada pasangan calon pengantin mendatangi tempat ini sebelum akad nikah. Maka besar kemungkinan pernikahan mereka akan gagal. Karenanya, calon pengantin yang belum akad, biasanya dilarang untuk mendatangi lokasi wiata situ darma.

foto by instagram.com/april.anty.7/

Namun jangan bayangkan waduk darma masih sama dengan saat pertama kali direnovasi oleh Belanda. Sebab, kini waduk tersebut sudah berubah total dari segi arsitektur pembangunan, fasilitas dan fungsi.

Selain menjadi lokasi liburan. bendungan ini juga difungsikan sebagai sumber air untuk mengairi ribuan hektar lahan pertanian penduduk serta memasok kebutuhan PDAM.

Daya Tarik

Terlepas dari mitos-mitos yang berkembang mengenai waduk darma. Selebihnya tempat ini tetaplah lokasi liburan yang asik dan sangat menarik untuk dikunjungi. Di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain.

foto by instagram.com/habibah5012/

Di waduk darma, kamu bisa menikmati gelombang air mengalir sambil menikmati panorama alam di sekelilingnya. Jika lapar, kamu juga bisa dengan mudah mengisi perut dengan berbagai kuliner khas kuningan yang dijual di warung-warung pinggir bendungan.

Kemudian jika kamu datang membawa anak-anak. Di lokasi wisata waduk darma Kuningan juga telah disediakan wahana permainan untuk anak-anak. Dengan membayar sedikit biaya perawatan fasilitas wahana permainan, anak-anak mu bisa dengan bebas menikmati wahana permainan ini.

Selain aktivitas wisata seperti diatas, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain misalnya mengelilingi permukaan waduk dengan perahu wisata yang telah disediakan oleh pengelola.

foto by instagram.com/ipitt23/

Biayanya tidak mahal, cukup membayar Rp. 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati sensasi naik perahu mengelilingi danau sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Para pengunjung yang datang ke waduk darma juga biasanya menghabiskan waktunya dengan memancing ikan di beberapa kolam penangkaran ikan.

Walaupun merupakan tempat bembiakan, kalau kamu tertarik untuk ikut memancing, pengelola juga menyediakan kolam khusus yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mencoba memancing ikan di tempat ini.

foto by instagram.com/dailykuningan/

Dan bagi kamu yang tidak puas menikmati waduk darma Kuningan hanya dalam waktu sehari, di sini juga ada penginapan untuk bermalam. Tarif atau harga sewa penginapan-penginapan di sini juga terbilang murah.

Untuk penginapan bertipe room standar, kamu cukup membayar seharga Rp. 220.000 per malamnya. Sedangkan untuk penginapan bertipe deluxe, per malamnya kamu harus membayar Rp. 275.000. dan untuk penginapan bertipe room family, biaya sewanya sebesar Rp. 330.000.

Rute Menuju Lokasi

Secara lengkap lokasi wisata waduk darma terletak di desa Jagara, kecamatan Darma, kabupaten Kuningan, provinsi Jawa Barat.

Dari kota Kuningan, kamu harus menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 12 kilo meter. Sedangkan dari kota Cirebon, jarak yang harus kamu tempuh ialah sepanjang kurang lebih 37 kilo meter.

foto by instagram.com/juan_egiw/

Adapun rute yang bisa kamu lalui untuk sampai di waduk darma Kuningan dengan asumsi bahwa kamu datang dari kota Kuningan ialah melakukan perjalanan dari taman kota Kuningan melalui jalan veteran sampai akhirnya tiba di lokasi waduk.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik angkutan umum. Sesuaikan saja dengan persiapan dana liburan kamu.

Oh ya untuk memudahkan perjalanan mu menuju waduk darma. Kamu bisa memanfaatkan google map yang ada di smartphone mu. Dengan bantuan google map, kamu dipastikan tidak akan tersesat.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/pesonakuningan/

Untuk bisa menikmati segala fasilitas dan wahana wisata di waduk darma Kuningan. Kita harus membeli tiket masuk dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Untuk Anak Anak, cukup membayar tiket masuk seharga Rp.10.000, sedangkan untuk dewasa, harga tiket masuknya naik menjadi Rp.15.000. Cukup murah lah ya dibanding harga tiket masuk lokasi wisata yang lain.

Fasilitas Yang Ada

Selain sarana wisata yang bisa dinikmati sepuasnya. Di waduk darma Kuningan juga tersedia fasilitas penunjang yang lengkap. Beberapa diantaranya ialah penginapan, kamar mandi, mushola dan area parkir.

Jadi, kamu yang berlibur ke lokasi wisata ini tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai ketersediaan fasilitas. Dijamin, pengalaman liburan kamu ke tempat ini akan menjadi pengalaman indah tak terlupakan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

3 thoughts on “Waduk Darma Kuningan

  1. Mhn mff bagi yang punya akun ini,,saya dg pelaksana waduk darma,,utk tiket waduk darma selama dri th. 2018
    Utk tiket dewasa :15rb/ org
    Tiket anak 10rb/ anak
    Brgkali bisa di update beritanya
    Tks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.