Nasi Ayam Bu Wido Sang Legend Kuliner di Semarang

Alamat: Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Semarang Tengah 50135
Map: Klik Disini
Jam Buka: 16.30-23.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 024 3548 206
WhatsApp:

Daftar Harga Menu❤️

– Nasi Ayam Rp. 10.000
– Sate Telur Puyuh Rp. 3.000
– Telor Ayam Rp. 3.000
– Sate Usus Rp. 3.000
– Sate Rempelo Ati Rp. 3.000
– Dada Ayam Rp. 8.000
– Paha Ayam Rp. 8.000
– Sayap Ayam Rp. 8.000
– Kepala Ayam Rp. 5.000

Daftar Harga Minuman❤️

– Teh Botol Rp. 5.000
– Air Mineral Rp. 5.000

Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/davidhorito/

Kalau ngomongin soal kuliner Nusantara, Kota mana sih yang paling jadi favoritmu untuk pergi kulineran? Jika Jawa Barat punya Bandung, Jawa Timur ada Surabaya, maka Jawa Tengah juga nggak mau ketinggalan nih yaitu Semarang.

Kota Lumpia ini merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang menjadi salah satu tempat berburu kuliner. Banyak sekali ragam kuliner yang dimiliki oleh Kota Semarang sebut saja seperti tahu gimbal, mie kopyok, babat gongso, nasi pindang, sate buntel, dll.

Foto by instagram.com/jogjabikinlaper/

Nah ada nih satu kuliner khas Semarang yang wajib banget kamu cicipi saat sedang singgah di Kota Lumpia yaitu Nasi Ayam. Jika di Jogja punya Nasi Gudeng dan Solo ada Nasi Liwet maka Semarang mempunyai Nasi Ayam sebagai kuliner andalannya.

Ciri khas dari Nasi Ayam Semarang ialah nasi dengan kuah kuning opor yang dilengkapi dengan sayur labu, suwiran ayam kampung, telur, tahu serta krecek. Nah jika kamu tertarik menyantap hidangan istimewa ini maka ada satu tempat yang wajib didatangi yaitu Nasi Ayam Bu Wido.

Foto by instagram.com/mgdalenaf/

Nasi Ayam Bu Wido merupakan salah satu kedai Nasi Ayam Semarang yang namanya sudah sangat populer. Selain memiliki rasa yang enak dan khas, Nasi Ayam Bu Wido juga bisa dinikmati dengan banderol harga cukup murah yaitu 10ribuan saja per porsinya.

Lanjut:  Ini Dia 10 Tempat Wisata Kece di Bandungan Semarang

Satu porsi Nasi Ayam Bu Wido terdiri dari nasi, suwiran ayam, krecek, labu manis, tahu opor, telur lalu disiram dengan kuah opor kuning. Biasanya untuk menambah kenikmatan para pengunjung menambahkan lauk seperti sate telur, sate usus, paha, kepala, sayap dan dada ayam.

Foto by instagram.com/ngunyahsemarang/

Jika ingin menambah lauk pauk sate-satean seperti diatas kamu harus menyiapkan kocek tambahan sebesar 3ribu. Sedangkan untuk lauk ayam dibanderol dengan harga mulai dari 5ribuan-8ribuan.

Untuk menu minumannya sendiri disini kamu tidak akan menemukan es teh, teh hangat es jeruk ataupun jeruk hangat, karena Kedai Nasi Ayam Bu Wido ini hanya menyediakan Teh Botol dan air mineral saja.

Foto by instagram.com/the.lucky.belly/

Pelayanan disini juga bisa dibilang cukup cepat, kamu tinggal pesan dan tunjuk mau pakai lauk apa, tak menunggu waktu lama pesananmu bisa segera dibawa ke meja. Bu Wido biasanya dibantu oleh anak-anaknya dalam menyajikan sepincuk nasi ayamnya.

Kalau kamu ngaku sebagai pecinta kuliner Nusantara, sepertinya kudapan ini layak dan wajib masuk kedalam wishlist-mu dan jangan sampai melewatkan kesempatan berkunjung kesini saat mampir ataupun liburan ke Semarang.

Jalan Menuju Lokasi❤️

Foto by instagram.com/oscarsumarli/

Nasi Ayam Bu Wido berlokasi di Jalan Melati Selatan, Brumbungan. Untuk bisa menjangkau lokasi ini kamu bisa berkendara dari kawasan Simpang Lima sekitar 750 meter atau setara dengan 10 menit perjalanan.

Karena lokasinya yang berada di pusat kota Semarang membuat kedai Nasi Ayam Bu Wido ini mudah dijangkau dan ditemukan apalagi tempatnya juga strategis di pinggir jalan raya besar. Akses menuju lokasi kedai Nasi Ayam Bu Wido ini bisa dilalui baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jika kamu bukan penduduk Semarang asli melainkan seorang pelancong maka untuk bisa sampai di tempat ini nggak usah bingung. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu mengakses Google Maps diatas atau bisa juga manfaatkan aplikasi petunjuk jalan di handphone-mu.

Lanjut:  Daftar Harga Kamar Hotel Patra Semarang & Convention, Tempat Menginap Nyaman Bersama Keluarga

Bila ingin menggunakan transportasi umum, maka kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi serupa seperti MoovitApp untuk mengantarmu sampai di lokasi tujuan tanpa kesasar. Jadi tunggu apalagi? Buruan serbu lokasinya jangan sampai telat dan kehabisan!

Fasilitas❤️

Foto by instagram.com/piasadora/

Nasi Ayam Bu Wido merupakan salah satu kedai nasi ayam yang berdiri diatas tempat sederhana. Tak banyak fasilitas yang ditawarkan oleh kedai Nasi Ayam Bu Wido ini, beberapa diantaranya seperti meja dan kursi makan, lampu dan area parkir.

Meskipun kedainya sederhana namun jangan salah pengunjung Nasi Ayam Bu Wido ini sangat banyak terutama saat selepas maghrib, kalau nggak buru-buru datang kamu harus rela bergabung pada antrean yang panjang.

Keistimewaan Nasi Bu Wido❤️

Foto by instagram.com/rashantidewi/

Semarang saat ini sudah menjadi salah satu kota yang semakin maju dalam sektor Pariwisata-nya. Bukan hanya destinasi wisatanya saja, namun kuliner Semarang juga banyak dilirik oleh para wisatawan lho.

Salah satu kuliner tradisional khas Semarang yang banyak diincar oleh para wisatawan adalah Nasi Ayam. Beda dengan nasi ayam di kota-kota lain, kepunyaan Semarang ini memiliki cita rasa dan tampilan yang khas lho.

Jumlah warung ataupun penjual nasi ayam di Semarang memang cukup banyak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Nasi Ayam Bu Wido merupakan salah satu yang terbaik dan paling jadi primadona para pecinta kuliner di Kota Lumpia ini.

Nasi ayam bu wido semarang widodo kota jawa tengah di buka jam berapa simpang lima
Foto by instagram.com/delvie69/

Lantas sebenarnya apasih yang menjadi keistimewaan dari Nasi Ayam Bu Wido ini sehingga rasanya bisa mampu membuat lidah para penggemarnya ketagihan? Salah satu rahasia dari Nasi Ayam Bu Wido adalah dari penggunaan santannya.

Santan yang dibuat menggunakan kelapa tua sehingga bisa menghasilkan rasa gurih pas. Selain itu, kamu juga bisa request tingkat kepedasan sesuai dengan seleramu nih gengs. Jadi buat para pecinta makanan pedas kuliner Nasi Ayam Bu Wido ini recommended banget deh.

Lanjut:  HA-KA Hotel Semarang, Penginapan Terjangkau Yang Dapat Kamu Andalkan Mulai Rp434.312

Kemudian daya tarik lain yang ditawarkan oleh Nasi Ayam Bu Wido adalah dari cara penyajiannya. Makanan tradisional ini dikemas menggunakan daun pisang pincuk sehingga mampu menimbulkan kesan yang Indonesia banget. Supaya lebih mudah dipegang, daun pincuknya dialasi mangkuk sebagai wadahnya.

Foto by instagram.com/ripy_mangkoesoebroto/

Nasi Ayam Bu Wido pertama kali berdiri pada tahun 1958 dan sampai sekarang masih bertahan bahkan penggemarnya bukan hanya berasal dari Semarang saja tetapi luar kota juga. Porsinya yang pas membuat kuliner khas Semarang ini pas untuk menemani waktu santapmu.

Apalagi kalau kamu memang doyan kulineran malam, kudapan satu ini pas banget deh buat mengisi perutmu yang lapar karena Kedai Nasi Ayam Bu Wido buka dari jam setengah 5 sore sampai dengan 11 malam.

Suasana malam khas Kota Semarang bisa kamu nikmati sembari menyantap gurihnya nasi ayam ala Bu Wido sambil bercengkerama dengan keluarga ataupun kerabat. Dijamin deh momen kunjunganmu ke Semarang akan terus terkenang.

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata, mencicipi kuliner khas Semarang juga wajib kamu lakukan. Dengan begitu lidahmu akan lebih terbiasa dengan kudapan Indonesia terutama Semarang dan membuatmu rindu terus liburan ke kota Lumpia.

So, buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Semarang kurang afdol rasanya kalau nggak nyobain Nasi Ayam Bu Wido ini. Meskipun tempatnya sederhana namun kelezatan dari nasi ayamnya ini tidak ada yang bisa menandinginya.


error: Content is protected !!