6 Air Terjun Indah di Sekitar Tretes, Surga Tersembunyinya Pasuruan

Diposting pada
3/5 - (2 votes)

Tretes adalah salah satu daerah wisata pegunungan di kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang letaknya tepat berada dilereng Gunung Arjuno-Welirang.

Sama seperti Trawas, Tretes juga dikenal sebagai tempat peristirahatan masyarakat kota Surabaya karena memiliki keindahan serta kesejukan alam yang sangat menggoda.

Dengan letak geografis yang letaknya berada di kawasan lereng pegunungan, membuat daerah tersebut memiliki sederet potensi wisata berwujud air terjun cantik dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang mungkin ingin bertandang ke Tretes, berikut ini ada 6 daftar nama air terjun eksotis paling bagus untuk disinggahi di sekitar daerah tersebut.

1. Kakek Bodo

foto by liputan6.com

Alamat: Jln.Taman Wisata No.541, Ds.Tretes, Prigen, Pandaan, Kab.Pasuruan, Jawa Timur 67157
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.00-15.30
HTM: Rp.10.000(dewasa), Gratis(anak-anak)
No.Telp: 0852 3333 7577

Objek wisata pertama yang bernama Kakek Bodo ini walaupun penuh dengan cerita misteri, tetapi pesona curug dekat Malang tersebut tak jua luput begitu saja dari pandangan para wisatawan.

Menjadi salah satu destinasi angker bukan berarti tidak ada pengunjungnya ya, justru wisatawan senang bertandang ke spot ini hanya untuk sekedar melihat panoramanya.

2. Alap-Alap

foto by jejalan.com

Alamat: Ds.Pecalukan, Prigen, Kab.Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Meski nama air terjun Alap-alap tidak begitu populer seperti curup Kucur Tretes Blitar namun bukan berarti pesona curug diatas Kakek Bodo ini tidak cantik ataupun eksotis ya.

Dengan jarak sekitar 6 km ke arah selatan Bumi Perkemahan Kakek Bodo dan rute jalan juga masih sangat licin membuat kawasan ini menjadi tempat paling tepat buat mereka pecinta wisata ekstrim.

3. Coban Kebo Glundung

foto by hizbulah.wordpress.com

Alamat: Kec. Prigen, Kab.Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Walau tak seindah curug Tretes di Bungkal Ponorogo, namun Coban Kebo Glundung ini adalah salah satu objek wisata baru yang layak buat dikunjungi saat tengah bertandang ke daerah Pasuruan.

4. Putuk Truno

foto by tabloidwisata.com

Alamat: Kecamatan Prigen, Pasuruan
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.10-16.00
HTM: Rp.10.000

Objek wisata keluarga bernama Putuk Truno tersebut sudah dikelola dengan baik.Yup, hal ini terlihat dari akses jalannya yang mudah diakses dan juga sederet spot instagramable untuk hunting gambar ataupun foto-foto epic.

5. Dlundung

foto by indoxtravel.blogspot.com

Alamat: Jln.Raya Trawas, Area Hutan, Mojokerto Regency, East Java
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000

Meskipun berada di wilayah Mojokerto namun air terjun cantik bernama Dlundung ini juga menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Tretes.

Mengambil lokasi di dusun Ketapang, curug yang tingginya mencapai 50-60m ini memiliki debit air tidak begitu deras sehingga menjadikannya sebagai lokasi paling oke buat sekedar basah-basahan.

Hadir dengan mengusung konsep wanawisata, curug ini pun tak hanya menyajikan keindahan alam namun juga menyediakan berbagai fasilitas seperti camping ground dan wahana outbond.

6. Tretes Pengajaran

foto by lelungan.net

Alamat: Area Sawah, Ds.Galengdowo, Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Melepir sejenak ke daerah Jombang, curug yang memiliki ketinggian mencapai sekitar 158 meter ini merupakan salah satu objek wisata terdekat ke desa Gudo dan Medowo Kandangan Kediri.

Dan menurut para pengunjung, air terjun tertinggi di Jatim ini pun memiliki panorama yang eksotis diselimuti suhu dingin khas pegunungan serta tak kalah indah dengan Jurug Tretes di Gunungsari, Tlogowungu, Pati.

Nah, itulah sederet objek curug di sekitar Tretes namunselain daftar diatas masih ada banyak lagi air terjun cantik di daerah tersebut yang tak kalah bagus buat dikunjungi seperti:

– Coban Centong
– Curug Sekuti Kebun Dlundung
– Coban Tretes Nganjuk
– Goa Tetes Pronojiwo
– Jurug Tretes Tulungagung
– Tretes Kembar Jarak dan
– Coban Canggu Pacet

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “6 Air Terjun Indah di Sekitar Tretes, Surga Tersembunyinya Pasuruan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.