10 Makanan Khas Pasuruan Yang Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Diposting pada
Rate this post

Selain Malang dan Banyuwangi, Pasuruan juga merupakan salah satu daerah wisata yang patut buat dikunjungi saat tengah melancong ke wilayah provinsi Jawa Timur.

Berbagai destinasi wisata menarik bisa ditemukan di kota tersebut mulai dari panorama alam, spot kekinian hingga segudang tempat berburu kuliner semua lengkap ada di daerah Pasuruan ini.

Nah, berbicara tentang makanan, mau tahu apa saja nama kuliner paling nikmat yang menjadi ciri khas daerah Pasuruan? Nah, berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Lontong Kupang

Foto By yukpigi.com

Lontong atau ketupat mungkin sudah bukan menjadi hidangan asing lagi bagi lidah masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

Namun yang membuat lontong khas Pasuruan ini cukup unik adalah karena diberi Kupang, salah satu jenis kerang laut berwarna cokelat dan biasanya paling banyak ditemukan di sekitar pesisir pantai utara Jatim.

Selain kupang, lontong khas Pasuruan tersebut juga dilengkapiĀ  dengan lentho, kuah petis, sate kerang serta perasan jeruk nipis.

Dan salah satu tempat yang paling langgeng akan menu tersebutĀ  adalah Lontong Kupang Bu Ning di bilangan Pasar Keraton.

Di warung legendaris yang sudah buka sejak tahun1965 ini, harga lontongnya hanya dibanderol mulai dari 12 ribu saja per porsinya. Selain itu, disini juga tersedia aneka minuman enak lainnya.

2. Rawon

Foto By masakandapurku.com

Untuk Sahabat JejakPiknik yang sudah sering ke Pasuruan, pasti tidak asing lagi dengan masakan khas satu ini, yaitu Rawon.

Resep rawon Pasuruan tersebut bisa dibilang cukup istimewa karena bahan utamanya terbuat dari daging sandung lemur, lutut sapi serta kluwek sebagai pewarna kaldu dan pemberi rasa.

Penasaran rasanya? Nah, satu tempat penyedia citarasa paling top adalah Rawon Sakinah di jalan RA.Kartini No.80, Kab.Pasuruan. Disini, Sahabat JejakPiknik cukup menyiapkan 25 ribu saja untuk menikmati satu porsinya.

3. Nasi Punel

Foto By gotravelly.com

Nasi Punel adalah salah satu kuliner khas Bangil yang bisa dijadikan sebagai hidangan sarapan pagi. Menu bertekstur lembut ini penyajiannya biasanya dilengkapi dengan aneka macam lauk enak.

Uniknya lagi, menu tersebut disajikan diatas piring beralaskan daun pisang kemudian diatasnya ditaburi serundeng, irisan daging, lentho, sate kerang, kikil, parutan kelapa dan bumbu pemanis.

Bagi yang ingin mencicipinya, ada satu tempat paling populer buat dikunjungi yaitu Nasi Punel Hj.Lin Jln.Laksa Agung Suprapto.

Warung tersebut buka mulai pukul 06.30-20.00 dan untuk satu porsinya, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 20 ribuan saja.

4. Klepon

Foto By merdeka.com

Klepon adalah salah satu makanan ringan yang bisa Sahabat JejakPiknik jadikan sebagai oleh-oleh saat tengah berkunjung ke Jawa Timur.

Kue basah satu ini cara membuatnya masih sangat tradisional dan memiliki tekstur cukup kenyal serta berisi cairan gula merah juga taburan kelapa diatasnya.

Klepon sendiri banyak ditemui disepanjang jalan Raya Gempol dengan beraneka macam rasa, ada durian, melon serta strawberry dan soal harganya hanya berkisar Rp.5.000 untuk 12 bijinya.

5. Cenil

Foto By fimela.com

Cenil merupakan salah satu jenis jajanan tradisional yang bahan dasarnya terbuat dari tepung tapioka dan memiliki bentuk bulat memanjang serta berwarna-warni.

Dalam penyajiannya, cenil ini tak jauh beda dengan klepon yaitu sama-sama diberi parutan kelapa di atasnya. Jajanan tradisional tersebut banyak ditemukan di sekitar daerah Apollo-Gempol.

Bagi yang hendak berburu jajanan ini, tak perlu khawatir soal harga karena kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 5 ribuan saja untuk menikmati 1 kotaknya.

6. Bipang Jangkar

Foto By bipangjangkar.com

Bipang Jangkar adalah jenis penganan kering yang sudah diproduksi sejak 1949 silam dan merupakan salah satu oleh-oleh paling banyak diincar kalangan wisatawan.

Kuliner satu ini terbuat dari beras yang kemudian dipanaskan dengan suhu sangat tinggi sampai berasnya mengembang . penganan tersebut rasanya cukup manis.

Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan berkunjung ke Toko Bipang Jangkar Abadi di Jln.Lombok No.36, Pasuruan. Untuk harganya bisa dibilang sangat terjangkau hanya berkisar Rp.10.000/bungkusnya.

7. Kepiting Cak Gundul

Foto By poskosingo.com

Kuliner legendaris yang sudah populer sejak tahun 90an ini rasanya tak perlu diragukan lagi. kenapa? Karena kepiting adalah salah satu menu seafood paling banyak digemari orang karena kelezatannya.

Dan Kepiting Cak Gundul di Pandaan dekat Taman Safari Prigen adalah tempat paling tepat untuk menikmatinya. Warung makan ini buka mulai pukul 11.00-23.00 malam.

Untuk menikmati satu porsi kepiting Cak Gundul ini kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 30 ribuan saja. Nah, masih sangat terjangkau bukan?

8. Permen Jahe

Foto By jetgriyomapan.com

Selain Bipang Jangkar, Permen Jahe khas Pasuruan ini juga merupakan salah satu jenis oleh-oleh yang bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang.

Sesuai namanya, permen tersebut bahan dasarnya memang terbuat dari jahe. Tak hanya pedas, kudapan ini juga memberi sensasi rasa manis.

Bagi yang ingin berburu kudapan ini, berkunjung ke PT.Sindu Amritha di Jln.Sumatra No.26-28 adalah solusinya. Disini ada banyak sekali varian olahan permen jahe dan untuk harganya hanya dipatok mulai Rp.20.000/bungkusnya.

9. Ikan Lempuk

Foto By bukalapak.com

Dilihat dari gambar, kuliner berikutnya ini sangat cocok buat dijadikan sebagai oleh-oleh karena telah dikemas dengan baik dan harganya pun cukup terjangkau.

Menurut resepnya, kudapan tersebut bahan dasarnya terbuat dari ikan lempuk yang kemudian diberi bumbu khas lalu digoreng sampai kering.

Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Ikan Lempuk Crispy di Dsn.Tgalan, Kec.Grati. Di toko tersebut harga kudapan ini termasuk sangat murah hanya 20-25 ribu per kilonya.

10. Lontong Balap

Foto By timespasuruan.com

Selain Kupang, Lontong Balap juga merupakan salah satu jenis makanan yang paling cocok buat dijadikan menu sarapan di pagi hari.

Lontong Balap ini memiliki ciri kuahnya yang sangat kuning dan biasanya disajikan bersama lentho serta sambal petis.

Dan satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah warung Lontong Balap Mak di Jln.Raya Sukarno Hatta B No.5A, Mayangan, Pasuruan. Selain enak, harganya juga murah hanya Rp.7.000/porsinya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.