Foto by instagram.com/kurnianifianti/

Wajah Baru Alun Alun Mojokerto, Wisata Malam Hari Bernuansa Tempo Dulu

Diposting pada

Alamat: Jalan Veteran, Mergelo, Magersari, Kota Mojokerto 61324
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:
WhatsApp: 

Harga Tiket Masuk

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp. 3.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/mojokertocity/

Jika bicara soal wisata malam, kira-kira dimana sih tempat yang paling banyak kamu kunjungi saat ingin bersantai bersama orang-orang terdekat? Sebagian orang pasti merasa bingung dan kesulitan menemukan tempat wisata malam yang nyaman namun berbudget murah.

Satu tempat yang mungkin jarang terpikir oleh orang-orang untuk dijadikan sebagai destinasi wisata malam hari ialah Alun-alun. Fasilitas publik satu ini cocok juga lho dijadikan sebagai tempat untuk bersantai saat malam hari.

Apalagi biasanya di alun-alun kamu bisa menemukan banyak jajanan dengan harga yang cukup terjangkau. Nah ngomongin soal alun-alun, setiap kota di Indonesia pasti juga punya dong? Salah satu kota di Jawa Timur yaitu Mojokerto juga punya nih alun-alun yang ramai sekali dikunjungi saat malam hari terutama pada waktu akhir pekan.

Foto by instagram.com/mojokertocity/

Berbeda dengan alun-alun pada umumnya, wisata malam hari yang ada di Mojokerto ini memiliki tampilan atau penampakan cukup unik lho. Beberapa tahun lalu Alun-alun Mojokerto mengalami proses renovasi dan pembaharuan sehingga kini tampilannya menjadi lebih cantik dan apik.

Sama dengan di kota-kota lain, karena merupakan salah satu fasilitas publik maka bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Alun-alun Mojokerto ini maka tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Para pengunjung hanya perlu menyiapkan kocek untuk membayar karcis kendaraan serta tak lupa juga membawa uang tambahan, siapa tau ingin membeli camilan atau minuman sebagai teman nongkrong di Alun-alun Mojokerto.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/lisaaamld_/

Alun-alun Mojokerto berlokasi di Jalan Veteran, Mergelo, dimana tempatnya berada di seberang persis Masjid Agung Al Fatah yang merupakan masjid tertua di Kota Mojokerto. Karena lokasinya berada di pusat kota maka untuk bisa menjangkau tempat ini pun mudah sekali.

Kami rasa masyarakat Kota Mojokerto sudah hafal dan tahu betul dimana letak Alun-alun ini, sehingga untuk menuju lokasi pun sangat mudah. Sedangkan untuk para pelancong yang sedang singgah atau liburan di Mojokerto dan ingin merasakan sensasi nongkrong di Alun-alun caranya pun mudah sekali.

Kamu hanya perlu mengakses Google Maps yang sudah kami sematkan diatas. Ikuti navigasinya dari tempat asalmu berada, tak butuh waktu lama kamu pun akan segera tiba di lokasi tujuanmu yaitu Alun-alun Mojokerto.

Akses jalan menuju Alun-alun Mojokerto bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Jika tidak membawa kendaraan pribadi kamu juga bisa menggunakan moda transportasi umum yang ada di Mojokerto seperti angkot, bus ataupun taxi.

Fasilitas

Foto by instagram.com/kurnianifianti/

Alun-alun merupakan salah satu fasilitas publik yang bisa dibilang memiliki peran cukup penting dalam sebuah wilayah ataupun kota. Alun-alun identik dengan sebuah lapangan luas yang biasanya ditengah atau di pinggirannya di tanami sebuah pohon besar khususnya beringin.

Seakan menjadi paru-paru kota, kehadiran Alun-alun pun mampu memberikan pasokan udara segar untuk masyarakat sekitar, juga berfungsi sebagai pemercantik tata ruang perkotaan sebuah Kota/Kabupaten.

Hal itu pulalah yang terjadi di Kota Onde-onde ini, namun Alun-alun Mojokerto lebih dari sekedar paru-paru dan pemercantik kota saja, melainkan fungsinya juga menjadi sebuah destinasi wisata malam menyenangkan.

Foto by instagram.com/titis.ns/

Banyak sekali fasilitas yang terdapat di Alun-alun Mojokerto ini diantaranya seperti bangku taman, mushola, pedagang keliling, kamar mandi, jogging track, parkir kendaraan, wahana permainan anak sampai dengan spot-spot foto cakep dan instagramable banget.

Wahana permainan anak yang bisa kamu temukan disini salah satunya ialah skuter anak. Beda dari skuter anak pada umumnya, desain daripada skuternya diberi sentuhan kerangka berbagai macam bentuk dan warna seperti karakter kucing, kupu-kupu, doraemon dan lainnya.

Dengan adanya wahana permainan ini sehingga kawasan alun-alun bukan hanya ditujukan untuk orang dewasa saja, namun anak-anak pun bisa bermain disini. Apalagi tempatnya juga cukup kids friendly sehingga aman untuk anak-anak.

Foto by instagram.com/azeineousth/

Spot Foto Instagramable

1. Bangunan Tugu

Seperti alun-alun pada umumnya, biasanya terdapat sebuah bangunan tugu yang menjadi simbol dari tempat tersebut. Nah, bangunan tugu yang ada di Alun-alun Mojokerto ini bisa juga lho dimanfaatkan sebagai tempat untuk berswafoto.

Tugu berwarna merah putih yang diberi sentuhan cahaya biru laut di tengah halaman Alun-alun seolah bisa menjadi pusat perhatian dan mampu membuat suasana semakin hidup. Saat malam hari, bangunan tugu ini terlihat lebih cantik sehingga pas untuk dijadikan latar belakang foto.

2. Lampion Bunga Warna-warni

Foto by instagram.com/kristin_puji07/

Selain bangunan tugu yang berada di tengah halaman, lampion bunga warna-warni juga menjadi salah satu spot favorit untuk berwafoto nih. Lampion berbentuk bunga tulip warna-warni ini disusun teratur dan sejajar di tepi jalan.

Dengan cahaya yang cukup temaram mampu menimbulkan kesan romantis apalagi jika berkunjungnnya bersama pasangan. Kalau mampir ke Alun-alun Mojokerto jangan lupa selfie di lampion bunga warna-warni ini ya.

3. Patung Gajah

Spot lain yang nggak kalah menarik untuk dijadikan latar belakang foto ialah Patung Gajah. Spot ini juga sering dijadikan objek untuk selfie. Selain dikelilingi oleh tumbuhan hijau, pencahayaan disini juga cukup apik jika dilihat dari lensa kamera.

4. Gapura Khas Majapahit

Foto by instagram.com/fengya_/

Kurang afdol rasanya jika berkunjung ke Alun-alun Mojokerto namun tidak menyempatkan diri untuk berpose di depan Gapura khas Majapahit ini.  Kamu akan menemukan gapura ini ketika pertama kali masuk ke kawasan Alun-alun Mojokerto.

Bukan tanpa alasan, gapura tersebut dibangun semata-mata karena ingin menonjolkan ciri khas dari Kota Mojokerto yang merupakan pusat Kerajaan Mahapahit pada jaman dahulu.

Pesona Alun Alun Mojokerto

Foto by instagram.com/nr_fadilaa/

Hadirnya alun-alun di tengah kota memang sangat bermanfaat, selain memberikan ruang hijau terbuka tempat ini juga bisa difungsikan sebagai alternatif wisata malam, sama halnya dengan Alun-alun Mojokerto.

Alun-alun Mojokerto merupakan salah satu destinasi atau tujuan yang banyak diserbu oleh masyarakat saat ingin bersantai sambil merasakan udara sejuk di tengah kota. Karena memiliki suasana yang sejuk dan adem, Alun-alun cenderung juga dijadikan sebagai tempat untuk berteduh.

Dengan wajah barunya kini Alun-alun Mojokerto semakin terlihat rapih, cantik dan apik. Sudah semakin banyak fasilitas yang diberikan seperti area berfoto dan berolahraga. Dengan adanya fasilitas ini masyarakat akan terfasilitasi dengan baik ketika ingin berolahraga pagi maupun sore hari.

Foto by instagram.com/k_dafy_126/

Selain memiliki nilai estetik, Alun-alun Mojokerto juga masih mempertahankan sisi budaya dan sejarahnya juga lho. Hal tersebut terlihat dari adanya beberapa bangunan berciri khas zaman kerajaan yang masih berdiri kokoh di area alun-alun seperti gapura dan candi.

Jadi, buat kamu yang masih bingung cari destinasi wisata malam hari yang asyik dan nyaman, cuss langsung aja ke Alun-alun Mojokerto deh. Selain tempatnya yang adem, kamu juga bisa bawa si kecil buat bermain disini.

Selain itu disini juga banyak pedagang makanan serta minuman yang bisa kamu beli untuk menemani waktu santaimu bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan saat berada di Alun-alun Mojokerto. So, enjoy your time guys!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Wajah Baru Alun Alun Mojokerto, Wisata Malam Hari Bernuansa Tempo Dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.