Wingko Babat, gambar By @budster2202

10 Jajanan dan Kue Khas Semarang Untuk Mengisi Perut

Diposting pada

Selain terkenal akan Terminal Tamiya Semarang (TTS), kota ini juga populer karena kulinernya. Jadi, tidak heran bila banyak orang yang membuka usaha makanan disana. Oleh sebab itulah, di Semarang ada komunitas untuk para pengusaha kuliner, yaitu NCC.

Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam kuliner khas. Tidak hanya makanan berat saja, namun juga berbagai kudapan kecil seperti kue-kue dan jajanan enak pun dapat ditemukan di kota ini.

Beberapa kue tradisional Semarang yang cukup dikenal orang antara lain lumpia, banjar, kue tanduk, wingko babat, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, tapi kota ini juga punya beberapa jajanan kekinian para artis lho, tidak kalah dengan Jakarta dan Bandung!

Berikut ini merupakan berbagai jajanan dan kue khas Semarang yang wajib dicoba dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh:

1. Lumpia Semarang

Foto By @windy_winove

Makanan yang satu ini merupakan salah satu jajanan khas Semarang yang paling dikenal orang hingga sekarang. Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ke sana pasti mencari lumpia.

Lumpia adalah camilan berisi rebung ayam yang digoreng. Rasanya manis, gurih dan renyah. Biasanya, kudapan ini dikemas di dalam sebuah besek alias kotak yg terbuat dari bambu.

Tidak sulit untuk menemukan penjual lumpia di Kota Semarang. Salah satunya adalah Lumpia Djoe di Jl. Pandanaran No. 51, Semarang. Harganya mulai dari Rp. 65.000 per kotak dengan isi lima buah lumpia.

2. Kue Ganjel Rel

Foto By @nyonyah_cakery

Nama camilan satu ini mungkin terdengar aneh, namun kue khas Semarang tersebut adalah roti jadul yang disukai banyak orang. Ganjel rel atau gambang adalah roti kering dengan tekstur keras, warnanya coklat, dan ditaburi wijen di atasnya.

Kue ganjel rel terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula, dan kayu manis. Jika ingin coba buat sendiri, resep juga bisa kalian temukan di internet lho!

Salah satu tempat untuk membeli kue ini adalah di toko roti Koewih Tempo Doeloe Gandjelrel di Jl. Labuhan I No. 12, Semarang. Kudapan asli dari zaman Belanda tersebut dihargai Rp. 24.000 hingga 37.000, tergantung ukurannya.

3. Mochi

Foto By @hellomochi.id

Meskipun berasal dari negara tetangga, mochi atau Moaci Gemini merupakan salah satu kue khas Semarang lho! Moaci adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung ketan yg di dalamnya berisi kacang cincang dan gula.

Dengan tampilan bulat kecil serta taburan wijen di atasnya, mochi memiliki tekstur kenyal. Hal inilah yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Moaci Gemini dibuat tanpa bahan pengawet, dan hanya tahan hingga satu minggu.

Toko Moaci Gemini Kentangan terletak di Jl. Kentangan Barat No. 101, Semarang. Kalian bisa membeli mochi di sini dengan harga yang cukup murah, per kotaknya dihargai sebesar Rp. 25.000-Rp.70.000, tergantung jumlah isinya.

4. Kue Sarang Madu

Foto By @muftika

Sarang madu adalah salah satu makanan kuno yang harus kalian coba ketika berkunjung ke Kota Semarang. Kudapan ini juga memiliki sebutan lain, yaitu kue sarang burung karena bentuknya tidak beraturan.

Kue ini terbuat dari beberapa bahan dasar seperti tepung beras, santan, dan bumbu unik. Biasanya, dilumuri dengan cairan gula atau madu agar semakin terasa enak di mulut.

Kalian bisa menemukan kue ini di berbagai toko oleh-oleh di Semarang. Harganya pun cukup murah, yaitu mulai dari Rp. 20.000 per dus.

5. Kue Bolang-Baling

Foto By @hai.azka93

Jajanan yg satu ini merupakan sebuah jajanan tradisional yang berbentuk kotak mengembang. Oleh karena inilah, kue bolang-baling seringkali disebut sebagai roti bantal.

Kue ini terbuat dari tepung terigu yg digoreng dengan kulit luar renyah dan berwarna coklat muda. Bagian luarnya lebih manis daripada bagian dalamnya. Kalian bisa mencoba buat kudapan tersebut di rumah lho!

Salah satu toko yg menjual kueini adalah di Bolang-Baling Peterongan yang terletak di Wonodri, Semarang Selatan. Harga per buahnya pun murah, yaitu masih di bawah Rp. 10.000!

6. Kue Coro

Foto By @tsabdono

Jajanan yang biasa dikenal dengan nama coro bikang atau cara bikang oleh masyarakat Jawa Tengah ini merupakan kue legendaris yg biasa disajikan sebagai takjil pada saat bulan Ramadhan.

Di luar bulan puasa, kue berbentuk bulat dengan warna sedikit cokelat ini cukup jarang dijual. Biasanya, kue coro dinikmati dengan kuah santan sehingga menghasilkan rasa manis dan gurih.

Bagi kalian yg penasaran, kalian bisa membeli kue ini di Pasar Ramadhan Kauman yang terletak di depan Masjid Kauman Semarang. Harganya pun murah lho, lima biji hanya Rp. 6.000.

7. Kue Moho

Foto By @yuli_chandra

Nah, kalo kue basah yg satu ini adalah salah satu kue yg wajib ada di atas meja makan saat imlek bagi etnis Tionghoa di Semarang. Kue dengan nama lain hwat kwee ini ternyata memiliki makna harapan untuk rezeki melimpah.

Cara membuat kue ini cukup sulit karena harus melalui dua tahap pengukusan. Selain itu, ada berbagai pantangan yg harus dipatuhi dalam pembuatan, seperti wanita tidak boleh sedang haid dan harus dalam suasana hati yang gembira.

Salah satu tempat untuk membelinya adalah di Pasar Gang Baru, Kranggan, Semarang. Harganya pun cukup murah, yaitu Rp. 2.000 hingga 5.000 per buah.

8. Brillian Super Cake

@istanaoleholehbrillian

Roti Brillian juga merupakan oleh-oleh khas Semarang yg banyak diburu oleh wisatawan. Uniknya, kudapan ini dibuat dari resep kuno yang masih terjaga keasliannya. Berbagai varian rasa bolu tersebut pun hadir, ada keju, coklat, almond, dan kismis.

Kue ini telah bertahan lebih dari 25 tahun lamanya. Oleh karenanya, kelezatannya sudah tidak diragukan lagi ya! Kalian bisa membelinya di Istana Brillian Oleh-Oleh Makanan dan Buah Tangan di Jl. Simpang Lima, Semarang. Harga mencapai Rp. 100.000 per kotaknya.

9. Wingko Babat

Wingko Babat, gambar By @budster2202

Kudapan tradisional tersebut adalah kue dari tepung beras ketan, gula, dan parutan kelapa. Teksturnya empuk dan berserat, rasanya pun juga manis dan legit. Hal ini membuat wingko babat banyak disukai wisatawan.

Makanan tersebut dinamakan wingko babat karena asalnya dari Babat, Jawa Timur, namun justru terkenal di Semarang karena namanya melonjak setelah dijual di ibukota Jawa Tengah ini sejak 1946.

Hingga kini, wingko babat menjadi salah satu jajanan yang diminati banyak orang. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak merk yg bermunculan. Kalian bisa membeli di berbagai toko oleh-oleh dengan harga mulai Rp. 7.000.

10. Brownies Premium Opium

Foto By @opium_premium_brownies

Eits, jangan salah sangka dulu ya! Brownies ini bukan terbuat dari barang yang illegal. Oleh-oleh khas Semarang yg tersebut dinamakan demikian karena diambil dari nama toko yang menjualnya.

Brownies Premium Opium menawarkan tiga varian rasa, yaitu cokelat almond, cokelat keju, dan cokelat kacang. Meskipun mengusung kualitas premium, secara harga tetap ekonomis.

Satu kotaknya dihargai kurang dari Rp. 30.000 dengan isi dua belas potong brownies. Kalian bisa membelinya di Jl. Erlangga Barat 7 No. 6, Semarang untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh lho!

Itulah beberapa jajanan dan kue khas Semarang yg wajib untuk dicoba saat kulineran di ibukota Jawa Tengah. Manakah favoritmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.