gambar by: batamnews.co.id

10 Batu Fosil Kayu Termahal Beserta Harganya

Diposting pada

Saat mendengar kata ‘fosil kayu’ untuk pertama kalinya, apakah yang terbersit di dalam benak kalian? Sebuah kayu yang telah menjadi fosil? Jika memang hal itu yang pertama kali terpikir, tidak salah ya! Sesuai dengan namanya, fosil kayu merupakan kayu yang umurnya sudah sangat tua sehingga berubah menjadi fosil.

Akan tetapi, tidak hanya sampai di situ saja. Umurnya yang sudah sangat tua ini membuat semua bahan organik yang terdapat pada sebuah kayu berubah menjadi mineral lho. Meskipun begitu, struktur asli kayunya tetap dipertahankan. Nah, proses pembatuan terjadi di bawah tanah ketika kayu terkubur di bawah endapan dan mulai terawetkan karena kurangnya oksigen.

Seiring dengan berjalannya waktu, kayu ini pun mengeras. Semua orang pasti tau tekstur dari kayu yang keras tapi tidak sekeras batu. Namun, karena umurnya yang sudah sangat lama, bahkan mencapai ratusan tahun karena telah menjadi fosil, kayu bisa lebih mengeras dan menjadi seperti batuan lho. Oleh karena itu, disebut sebagai batu fosil kayu.

Kayu yang membatu atau sudah berbentuk fossil dapat ditemukan di berbagai negara yang ada di dunia seperti Indonesia, Australia, Selandia Baru, India, Amerika Serikat, Argentina, Belgia, Brazil, Kanada, Yunani dan Libya. Sama seperti batu akik lainnya, batu fosil kayu juga banyak digunakan sebagai dekorasi pada perhiasan seperti cincin atau sekadar dijadikan koleksi.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Buat para kolektor atau yang tertarik mengoleksi batuan, pasti kalian merasa penasaran kan? Harganya pun bermacam-macam, tergantung dari jenisnya dan kualitas. Ada yang sangat murah dan terjangkau oleh siapa saja, namun ada juga yang sangat mahal.

Nah, penasaran apa saja batu fosil kayu termahal 2021 beserta foto dan harganya? Yuk, simak dulu.

1. Batu Fosil Kayu Jati

Harga: Rp. 155.000 – 3.500.000

foto by: tokopedia.com

Di urutan pertama dalam daftar batu fosil termahal adalah yang berasal dari jati. Ternyata, jenis jati banyak diburu oleh masyarakat, terutama para pecintanya. Harganya bervariasi dari 155 ribu rupiah hingga mencapai 3,5 juta rupiah, tergantung dari kualitas dan kelangkaan.

Satu hal yang membuat batu fosil kayu jati banyak diburu adalah karena akik kayu jati memiliki arti tersendiri bagi penggunanya. Banyak orang yang yakin bahwa jati mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Tidak jarang ada juga yang mengaitkannya dengan unsur magis karena merasa mendapatkan aura berbeda setelah memakainya!

2. Batu Fosil Kayu Ulin

Harga: Rp. 200.000 – Rp. 7.500.000

foto by: bukalapak.com

Tidak hanya jati saja, batu fosil kayu ulin juga banyak dicari lho. Banyak kolektor dari Kalimantan Utara yang mencari batu fosil kayu ulin karena motifnya yang bagus. Harganya pun bermacam-macam, tergantung dari motif, ukuran, dan keras atau tidaknya jenis yg diuji ya.

Kabarnya, batu fosil kayu ulin banyak diminati oleh para kolektor karena uratnya bagus dan keras sehingga saat dipukul seperti besi. Hal ini disebabkan karena ternyata tingkat kekerasan yang dimiliki oleh batu fosil jenis ulin jauh di atas berbagai macam yg lain secara umum lho!

3. Batu Fosil Kayu Liwung

Harga: Rp. 125.000 – 550.000

foto by: bukalapak.com

Selanjutnya ada batu fosil kayu liwung yang menempati urutan ketiga paling mahal. Sebagai informasi, liwung merupakan salah satu jenis yang ditemukan di daerah Gunung Lawu dan memiliki ciri khas warna hitam dengan serat yang agak kasar. Mengenai asalnya, liwung berasal dari pohon aren laki-laki karena tidak memiliki bunga betina.

Liwung dipercaya mempunyai tuah kekebalan terhadap senjata tajam dan tumpul, sangat baik untuk mereka yang mendalami ilmu kanuragan. Wah, tidak heran harganya cukup tinggi ya!

4. Batu Fosil Kayu Galih Kelor

Harga: Rp. 250.000 – 500.000

foto by: shopee.co.id

Ada lagi nih salah satu batu fosil yg harganya juga mahal dan cukup sering dicari oleh para kolektor yaitu terbuat dari galih kelor. Dapat kalian lihat pada foto di atas, motif dari batuan yg satu ini sangat bagus ya! Jadi, tidak heran apabila jenis yg satu ini cukup sering disukai orang.

Selain itu, kabarnya galih kelor adalah salah satu jenis yg menyimpan kekuatan magis di dalamnya lho. Buat masyarakat yg percaya hal ini, pastinya tidak akan heran kenapa harganya bisa mahal.

5. Batu Fosil Kayu Hijau Kristal

Harga: Rp. 200.000

foto by: bukalapak.com

Sesuai dengan namanya, jenis yg satu ini memiliki warna hijau dan mengkilap seperti kristal. Dapat dilihat pada foto di atas, mungkin ini hanya jenis yg masih mentah ya. Buat yg sudah diolah atau diproses, pasti bisa lebih mahal lagi. Belum lagi, jika warnanya lebih mengkilap dan bagus.

6. Batu Fosil Kayu Hitam

Harga: Rp. 65.000 – 200.000

foto by: shopee.co.id

Nah, ada lagi nih salah satu jenis yg dinamakan sesuai dengan warnanya, hitam. Jenis yg satu ini memiliki warna hitam yg dapat kalian lihat pada foto di atas nih. Warnanya terlihat sangat cantik karena hitam pekat, bahkan terkadang disertai sedikit mengkilap. Wah, pilihan yg bagus untuk para kolektor nih!

7. Batu Fosil Kayu Gaharu

Harga: Rp. 1.000.000

foto by: bukalapak.com

Ini adalah salah satu macam batu fosil yg tidak kalah mahal, yaitu jenis yg terbuat dari gaharu. Buat yg belum tau, gaharu adalah salah satu jenis yg paling mahal di dunia. Warnanya pun cukup indah dan enak dilihat mata. Jadi, tidak heran apabila banyak kolektor yg mencarinya!

8. Batu Fosil Kayu Aren

Harga: Rp. 100.000 – 200.000

foto by: olx.co.id

Dapat dilihat pada foto di atas, jenis yg satu ini memiliki warna cokelat seperti gula aren. Sesuai dengan namanya, jenis yg satu ini berasal dari pohon aren, yg merupakan salah satu tanaman dengan sejuta manfaat lho. Motifnya juga cukup bagus ya!

9. Batu Fosil Kayu Kelapa

Harga: Rp. 65.000 – 160.000

foto by: bukalapak.com

Untuk jenis yg satu ini berasal dari pohon kelapa ya. Warnanya memiliki motif yg cukup ramai dan bisa menarik perhatian bagi para penggmarnya lho.

10. Batu Fosil Kayu Sungkai

Harga: Rp. 100.000 – 500.000

gambar by: batamnews.co.id

Ada lagi nih, salah satu jenis yg motifnya tidak kalah bagus yaitu kayu sungkal. Banyak orang menyukainya lho.

Itulah daftar dari beberapa batu fosil kayu termahal 2021 beserta gambar dan harganya. Nominal harga dari berbagai jenis batu fosil kayu yg ada di atas memang cukup fantastis, namun semua itu sebanding dengan keindahan dan kualitas yg dimiliki oleh mereka ya!

Buat kalian yg suka mengumpulkan batu akik, mungkin beberapa jenis yg ada di atas bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk menambah koleksi. Namun, jika kalian ingin cari jenis batu yg lain, masih banyak kok macam-macam akik yg harganya lebih murah dan bisa ditemukan di Indonesia lho.

Jika kalian ingin membeli salah satu jenis di atas, ada baiknya untuk mengetes keasliannya terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan terkena penipuan ya. Tentunya, hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak orang lain yg lebih memahami tentang tes keaslian akik atau mempelajari caranya sendiri.

Perlu kalian ketahui juga, bahwa harga yg tertera di atas tidak bersifat mengikat sebelum terjadinya transaksi. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari sumber, kualitas, dan ketersediaan dari setiap jenisnya.

Nah, di antara beberapa jenis yg ada di atas, adakah yg menarik perhatian kalian? Buat para kolektor, apakah dari beberapa jenis akik yg ada di atas sudah ada yg kalian pernah lihat sebelumnya atau bahkan miliki?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.