Bukit Moko Bandung Wajib Kamu Coba!

Diposting pada
Foto By @bandung.banget

Lokasi: Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40197
Koordinat: Klik Disini
HTM:
Rp.15.000 per Orang
Jam Operasional:
Senin – Minggu 24 jam
Nomer Telepon: ­-

Wajib Kamu Coba

Apakah kamu punya rencana pergi liburan ke Bandung, Jawa Barat? Bukit Moko sepertinya akan mejadi pilihan yang tepat untuk kamu. Objek wisata ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa traveler dan pecinta alam.

Bukit Moko juga dikenal dengan pemandangan serta panorama yang begitu indah dan alami. Suasana yang diciptakan juga begitu romantis, maka ini akan cocok sekali untuk yang kamu datang bersama orang terkasih.

Bandung di Jabar yang juga memiliki julukan sebagai Paris Van Java ini memang dikenal dengan kota wisata. Tempat wisata yang ditawarkan juga banyak akan membuat para pengunjung yang datang merasa puas.

Sebut saja Trans Studio, Gedung Sate, Museum Geologi, Puncak, Bukit Moko dan masih banyak yang lainnya. Kali ini tim jejakpiknik.com akan membahas tentang Bukit Moko yang juga dikenal dengan sebutan Bukit Bintang Bandung ini.

Foto By @natalie.nate

Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Bandung juga dikenal dengan Surganya berwisata kuliner, serta tempat berbelanja. Dulunya Bandung juga terkenal dengan sebutan Kota Kembang.

Kota Kembang berarti bahwa gadis-gadis Bandung dikenal memiliki paras wajah yang cantik. Dengan sebutan Paris Van Java, Bandung bisa disetarakan dengan indahnya kota di Eropa yaitu Paris di Perancis.

Bukit Moko ini masih terbilang tempat wisata yang baru, bagaimana tidak, wisata ini bari saja diresmikan di Kota Bandung. Dikalangan anak muda tentu saja wisata ini sudah sangat terkenal karena suasana yang cukup romantis.

Foto By @dft.d

Bahkan tempat ini juga cocok bagi kamu yang memiliki kecintaan terhadap alam. Bukit ini memiliki nama lengkap yaitu Puncak Bintang Bukit Moko Bandung. Tempat selalu ramai saat musim liburan datang dan juga saat hari Sabtu dan Minggu.

Ketinggian bukit ini hampir mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut, tentu saja berada di kawasan puncak tertinggi. Hal ini tentu saja menyebabkan daerah di bukit ini memiliki hawa yang dingin dan sejuk.

Kawasan bukit Moko yang berada di puncak ini juga di selimuti dengan awan yang tebal sehingga saat kamu berada di sana akan merasakan seperti berada di atas langit yang dapat menggapai awan.

Foto By @jelajahbandung

Kabut tebal ini akan lebih terasa saat menjelang pagi dan sore, serta saat malam hari pun kabut masih terlihat. Kami sarankan saat kamu akan pergi ke Bukit Moko maka persiapkan pakaian yang cukup tebal agar tidak merasa kedinginan.

Bukit Moko secara resmi dibuka untuk umum tepatnya pada tanggal 23 September 2014 lalu. Awalnya bukit ini adalah sebuah kawasan hutan pinus.

Puncak Bukit Moko sendiri saat ini masih berada di bawah kendali perum perhutani divisi regional Provinsi Jabar dan Banten.

Jadi kamu harus menjaga lingkungan saat berada di bukit ini karena beberapa petugas akan menjaga keamanan dan kebersihan di sini.

Tetapi meski tak ada petugas di sini memang sudah selayaknya kita menjaga kebersihan serta melestarikan lingkungan di sekitar kita terutama wisata umum.

Di Bukit Moko ini juga sudah disediakan tempat makan atau warung daweung. Biasanya banyak sekali wisatawan yang membeli makan di sini atau sekedar nongkrong membeli minunam hangat seperti kopi dan teh hangat untuk menghangatkan badan di puncak bukit.

Kamu tak perlu khawatir tentang isi perut kamu di puncak ini. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah. Kamu akan merasa berada di rumah sendiri karena berbagai fasilitas di Bukit Moko sudah terpebuhi.

Keindahan dan Potensi

Foto By @rezaramdani91

Banyak sekali yang menjadi alasan kamu harus memutuskan untuk berlibur ke Bukit Moko ini. Kamu tidak akan menyesal setelah pergi dari sini.

Banyak yang memberikan komentar bagus tentang Bukit Moko. Kamu bisa melihat dan download video review yang diberikan beberapa pengunjung di youtube.

Selain itu foto-foto di Puncak Bintang Bukit Moko ini juga banyak beredar di sosial media. Jika kamu pergi Bukit Moko jangan lupa untuk berfoto karena di sini banyak sekali spot bagus untuk dijadikan background foto kamu.

Foto By @rzalar_

Selain bagus berfoto untuk siang hari, di Bukit Moko juga sering dilakukan foto prewedding untuk calon pengantin. Selain pengambilan gambar diambil siang hari tentu saja objek yang lebih sempurna saat sore hari yaitu sunset.

Warna senja begitu sempurna kalau digunakan background foto. Selain sunset, sunrise juga bukan pilihan yang salah. Saat matahari muncul kamu harus segera mengambil moment ini.

Bandung yang dikenal dengan sebutan lain seperti Bumi Parahyangan memiliki keindahan kota yang luar biasa. Apalagi saat malam hari tiba, ketika kamu berada di Puncak Bukit Moko maka akan bisa melihat gemerlapnya lampu-lampu kota.

Foto By @wisatakabupatenbandung

Kegiatan ini adalah salah satu yang menjadi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bukit Moko.

Tak sedikit banyak pengunjung yang memang sengaja datang saat hari. Bukit Moko memang menjadi tempat terbaik melihat hamparan luasnya keindahan kota Bandung dari puncak.

Kamu pasti sudah bisa membayangkan sih bagaimana romantisnya kalau menghabiskan waktu bersama orang tersayang di puncak bukit ini. Lokasi bukit ini jauh dari keramaian kota sehingga akan tercipta suasana yang begitu indah.

Foto By @raiirwan

Menikmati keindahan alam di Puncak Bukit Bintang ini akan lebih sempurna jika sambil merasakan makanan yang ditawarkan warung setempat. Selain makanan khas sunda, masakan nusantara juga akan tersaji.

Tetapi jika kamu tidak ingin makan, ngemil camilan juga bukan keputusan yang salah. Ditemani kopi dan teh hangat akan menambah kesempurnaan saat berada di puncak bukit ini.

Suasana sunset di Bukit Moko tak akan kalah indah dengan bukit lain yang ada di Indonesia, sebut saja bukit yang ada di Jogjakarta.

Keduanya memiliki keunggulan yang berbeda jadi semuanya akan menjadi hal yang unik jika kamu bisa merasakan kedua tempat tersebut.

Berada di atas puncak Bukit Moko saat sunset dijamin kamu akan merasa kagum dengan suasana yang diberikan dari pergantian waktu siang hari ke malam.

Saat berada di puncak, kamu akan merasakan sensasi yang spektakuler ditambah dengan saat sunset tiba.

Bukit Moko berada di kawasan daerah Hutan Pinus yang sangat lebat dengan pepohonan serta masih terasa alami.

Yang luar biasa adalah efek sinar matahari yang mulai terbenam dan memiliki warna kuning sedikit keemasan dan menimbulkan warna siluet yang sangat indah dan eksotis.

Sinar ini akan menembus di celah – celah batang kayu pohon di hutan pinus. Sensasi ini akan membuat kamu terpana serta nyaman saat berada di atas puncak Bukit Moko.

Yang membuat unik lagi adalah Bukit Moko yang berada di kawasan wisata Hutan Pinus makan untuk mencapai puncak bukit bisa kamu lalui dengan cara jalan kaki atau hiking.

Tentu saja ini akan membuat perjalanan kamu menuju Bukit Moko akan menjadi lebih seru. Cara ini akan sangat disukai bagi mereka yang sudah terbiasa dengan pendakian.

Bagi kamu yang baru merasakan hiking di bukit, kamu tidak akan menyesal setelah merasakan keindahan yang ada di puncak bukit. Selain di Bukit Moko, wisata puncak dengan cara pendakian juga bisa kamu temui di kawasan Lembang.

Sepanjang jalan kamu akan menyusuri jalanan dengan disuguhi keindahan pemandangan alam yang sangat indah.

Trekking jalanan sudah cukup bagus karena sudah dikelola oleh petugas setempat. Sepanjang jalan kamu akan melihat banyaknya bahkan ribuan pohon pinus yang sangat tinggi dan indah.

Dedauan yang ada di pohon ini juga cukup unik dengan memiliki warna warni yang indah. Suhu di daerah hutan ini sangat dingin dan sejuk.

Kamu bisa merasakan dan menikmati area hutan yang begitu bersih dengan nyaman. Tentu saja di sini juga menimbulkan udara yang segar dan menyehatkan.

Nilai tambah yang dimiliki Bukit Moko ini adalah trekking jalanan saat menuju puncak kamu juga bisa melihat wilayah yang memiliki sejarah keberadaan Bandung saat purba kala.

Selain itu spot ini juga menawarkan titik dimana menjadi awal kehancuran Bandung pada masa datang menurut ahli dari Negara Amerika yaitu kamu akan menyusuri indahnya area patahan Lembang.

Perjalanan untuk memasuki kawasan hutan pinus ini diperkirakan sekitar mencapai sejauh 2 kilometer.

Saat di Bukit Moko dan kamu ingin menginap adalah keputusan yang tepat. Karena kamu bisa merasakan keadaan puncak saat pagi hari.

Saat berwisata, menginap di tempat peristirahatan seperti hotel atau penginapan lainnya bukan hal yang harus dilakukan.

Di sini kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dan menantang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berkemah atau camping. Ini adalah hal yang paling seru saat dilakukan di puncak bukit.

Foto By @georginacitra

Banyak sekali tempat wisata di Bandung yang sangat cocok jika kamu ingin camping. Salah satunya adalah di Pine Forest Camp yang menjadi tempat pernikahan salah satu artis Indonesia Andien.

Di Bukit Moko tentu saja tidak kalah indahnya dengan tempat yang lain. Di sini sudah tersedia camping ground yang sangat representatif buat kamu yang ingin bermalam di Bukit Moko.

Bahkan menurut beberapa informasi, wisata Bukit Moko akan dibangun kawasan khusus wisata camping ground dengan fasilitas yang lengkap.

Jadi keperluan pengunjung yang akan berkemah di sini akan terpenuhi dengan baik. Bahkan untuk kamu yang tidak memiliki peralatan tenda bisa langsung disediakan nantinya.

Tetapi untuk saat ini, peralatan yang digunakan berkemah di Bukit Moko harus kamu sediakan sendiri. Saat ini belum tersedia tempat persewaan di Bukit Moko.

Hal inilah yang menjadi penyebab bukit ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan selain hari libur dan weekend, di Bukit Moko ini juga ramai didatangi wisatawan.

Bukit Moko ini menjadi salah satu tempat wisata buruan yang sebagian besar memang anak muda.

Foto By @georginacitra

Tetapi bukan berarti orang tua tidak ada. Sering kali bukit ini juga dijadikan tempat gathering bagi komunitas-komunitas. Bahkan rombongan sekolah juga sering datang ke bukit ini.

Fasilitas yang ada di Bukit Moko ini sudah sangat lengkap jadi kamu tidak perlu khawatir. Fasilitas dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.

Beberapa fasilitas wisata yang ada seperti tempat beribadah bagi umat muslim atau mushola, toilet bersih dengan air yang sangat cukup.

Tempat istirahat seperti saung juga ada di bukit ini. Selain ada juga disediakan parkir kendaraan yang sangat luas di Bukit Moko.

Jalan Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Bukit Moko ini kamu bisa menggunakan banyak sekali transportasi, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi umum.

Tetapi kami merekomendasikan agar kamu menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor yang mengingat tempat wisata ini cukup jauh dari kota.

Tetapi meski transportasi umum juga terbatas, kamu masih bisa menggunakan kendaraan umum.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, maka pilihan yang tepat adalah kamu menggunakan ojek atau menyewa angkutan kota atau angkot untuk langsung membawa kamu ke Bukit Moko.

Letak Bukit Moko Bandung ini tentu saja sangat mudah di jangkau. Jarak Bukit Moko dengan terminal Cicaheum ke arah padasuka atau Saung Angklung Udjo sekitar 10 kilometer.

Akses jalannya akan memasuki wilayah Perhutani KPH Bandung Utara. Jalur ini yang dinilai sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Untuk kamu yang pakai motor atau roda dua lebih baik lebih berhati-hati karena rute jalannya masih terbilang kurang bagus dan licin.

Kami juga memberikan bantuan titik koordinat untuk kamu yang masih mengalami kesusahan arah. Titik koordinat ini bisa kamu hubungkan langsung dengan denah atau peta online yaitu google maps.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke Bukit Moko pada tahun 2020 sendiri kamu perlu bayar sebesar 8 ribu rupiah per orang.

Harga tersebut sudah terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan apa yang akan kita nikmati diatas puncak.

Liburan ke Bukit Moko tentu saja tidak memerlukan biaya yang sangat mahal alias ramah di kantong.

Tutup Jam Berapa

Sedangkan jam operasional Bukit Moko ini dibuka 24 jam. Jadi kamu bisa datang kapan saja. Jadi sudah dipersiapkan kapan kamu akan pergi ke Bukit Moko Bandung?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “Bukit Moko Bandung Wajib Kamu Coba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.