foto by instagram.com/panggilsaja_entry

Jalan Menuju Curug Sawer

Diposting pada

Lokasi: Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Map: Klik Disini
HTM:
Buka Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon:

Kabupaten Majalengka provinsi Jawa Barat merupakan satu dari sekian banyak daerah di Indonesia yang dapat dijadikan destinasi wisata. Ya, banyak pilihan wisata yang dapat anda nikmati dikala berkunjung ke kabupaten ini.

Mulai dari wisata danau, wisata air terjun, wisata sejarah, wisata budaya, wisata outbond hingga wisata minat khusus.

Secara morfologi kabupaten ini terletak di wilayah perbukitan. Sehingga dataran di daerah ini pun tidak rata. Anda akan banyak menemui jalanan naik turun apabila sedang berkeliling di sini.

Bahkan ada dataran terjal di dekat wilayah Gunung Ciremai. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.076 meter.

Gunung ini jika di tinjau secara administratif masuk dalam dua wilayah yaitu kabupaten Kuningan dan kabupaten Majalengka.

Disana dibangun Taman Nasional Gunung Ciremai yang tentu dengan suasana alami nan sejuk dapat dibilang ramai akan pengunjung. Berbicara soal suasana alami, terdapat satu destinasi menarik di Majalengka yaitu Curug Sawer Majalengka.

Kisah Hantu

Bahkan berbagai cerita hantu juga terdapat di kabupaten yang terkenal dengan legenda ‘sindang kasih’ ini. Kabupaten ini juga terkenal dengan wisata alamnya.

Wisatawan biasanya memilih untuk berkunjung ke berbagai curug di kabupaten ini. Mulai dari yang masih ‘liar’ hingga yang sudah dilakukan berbagai pembangunan untuk menunjang infrastruktur.

foto by instagram.com/wisataargapura

Salah satu curug di Majalengka yang terkenal adalah Curug Sawer Majalengka. Ber-alamat di kampung Apuy, desa Argomukti wilayah kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka 45462.

Jika boleh di kategorikan maka curug satu ini masuk dalam kategori ‘liar’. Karena tempatnya tersembunyi dan belum terjamah manusia.

Dekat Pusat Kota

foto by instagram.com/majalengkanetmedia

Terletak 10 km dari pusat kota Majalengka anda dapat menempuh perjalanan menggunaan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Apabila anda pengguna jasa transportasi umum maka anda dapat menggunakan angkot dari terminal Maja dengan rute langsung menuju desa Airlangga. Setelah sampai akan ada ojek yang siap mengantar anda.

Tak perlu bingung untuk masalah penginapan karena di Majalengka regency west java ini banyak tersedia hotel, villa, dan berbagai penginapan lainnya.

Mulai dari kualitas yang top hingga menengah kebawah sesuai dengan budget anda seperti Fitra Hotel Majalengka. Untuk info jalan yang di tempuh ke berbagai tempat wisata pun juga mudah di temui di berbagai penginapan tersebut.

Harus Berjalan Kaki

Anyway, setelah sampai anda harus berjalan kaki untuk sampai ke Curug Sawer. Dalam perjalanan anda akan melewati perkebunan sayur dan palawija dan jembatan untuk menyebrangi sungai.

Tentu saja akses jalan yang dilalui dalam kondisi seadanya dan oleh sebab itu tidak di beri tarif untuk masuk ke wilayah ini. Namun hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

foto by instagram.com/baban.sobarudin

Medan jalan yang di tempuh umumnya adalah tanah dan apabila hujan biasanya menjadi becek. Anda pun harus siap dengan kondisi yang ada seperti membawa payung, jas hujan ataupun memakai sepatu.

Karena curah hujan di sini per-tahunnya rata-rata berkisar antara 2.400mm – 3.800mm dengan rata-rata sebanyak 11 hari per-bulan. Angin umumnya bertiup dari arah selatan dan tenggara kecuali pada bulan April sampai dengan Juli bertiup dari arah barat laut dengan kecepatan antara 3 – 6 knot (1 knot = 1.285m/jam).

Ada 5 Curug

Setelah sampai di Curug Sawer anda akan sedikit menemukan suasana mistis. Karena curug pertama dan kedua memang terkenal angker dan keramat. Terdapat 5 curug dalam wilayah wisata ini. Di curug pertama dan kedua anda akan banyak menemukan sisa-sisa dari semacam upacara.

Masyarakat percaya bahwa apabila mandi di curug ini akan di mudahkan urusannya dalam mencari jodoh maupun dalam hal duniawi lainnya. Tidak hanya mandi tapi masyarakat yang datang untuk memenuhi hal tersebut juga harus melakukan upacara khusus. Untuk hal ini boleh percaya boleh juga tidak.

foto by instagram.com/ftrwlndarii

Anyway, di curug pertama dan kedua ini cukup sepi karena akses jalannya sulit dan seram sehingga banyak pengunjung enggan untuk turun ke dasar.

Tak perlu khawatir di curug ketiga suasanya tidak terlalu seram. Meskipun banyak pohon – pohon besar dengan akar yang merambat keluar tanah. Disini dapat dijadikan camping ground dan juga untuk wisata turun tebing.

Tapi untuk curug keempat dan kelima tempat nya lebih luas dan lebih nyaman. Sehingga wisatawan cenderung menghabiskan waktunya di sini weekday maupun weekend. Yang menarik dari kelima curug ini adalah konon ada cerita legenda yang menjadi cikal bakal terbentuknya curug sawer ini.

foto by instagram.com/armanfauzigultom

Konon, dahulu kala tidak jelas tanggal dan tahunnya ada seorang yang memanfaatkan sisa hidupnya untuk bertapa. Selama bertahun-tahun ia bertapa banyak kejadian alam luar biasa yang terjadi.

Sehingga saat ia wafat dalam tapa nya, kejadian alam tersebut menyisakan aliran sungai yang memecah menjadi lima bagian layaknya upacara saweran. Dan hingga saat ini curug ini pun dinamakan Curug Saweran.

Dalam cerita yang beredar di masyarakat konon jasad seorang sakti tersebut tidak hancur. Melainkan menjelma menjadi ular raksasa dan menjadi penjaga di wilayah ini.

Menarik, Indonesia memang menyimpan banyak cerita legenda yang melekat dengan kehidupan masyarakat dan budayanya. Tak heran apabila negeri ini kaya akan sejarah dan budaya.

Daerah Lain

Untuk wisata curug yang serupa dengan Curug Sawer Majalengka kami mempunyai beberapa referensi nama kecamatan dan kabupaten. Dimana diantaranya adalah cililin, mandalawangi, mandalamekar, padarincang, parakansalak, parangkuda, serang, jatiwaras, anyer, argalingga, argapura, ciapus.

foto by instagram.com/dinz_ergi004

Ada juga cidahu, cikareo, ciomas, parungkuda, kelurahan situ, gunung gede pangrango, malang pulosari, malasari, salak, tasik, kadudampit, karangnunggal, karangpucung, dan leuwilang.

Sebagian besar terletak di kabupaten yang diantaranya adalah bogor, tasikmalaya, bandung barat, banten, sukabumi, garut, pandeglang, dan subang.

Selalu Hati Hati

Tapi tetap waspada karena alam tetaplah alam, apa yang terjadi tentu di luar kendali kita sebagai manusia. Salah satu contoh tepatnya di kecamatan Gunung Gede kabupaten Bogor Jawa Barat 43153 pernah terjadi bencana longsor.

Tragedi ini terjadi pada pukul 20.00 waktu setempat. Dan beberapa korban baru berhasil di evakuasi saat fajar tiba.

foto by instagram.com/saragishanty_

Video nya sempat menjadi viral di beberapa media sosial salah satunya adalah YouTube. Beberapa foto dan gambar tentang kejadian tersebut juga tersebar di jejaring sosial. Kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa kita jadi tetaplah utamakan keselamatan saat berlibur sekalipun.

Tentukan Rencana

Majalengka memang menyimpan banyak sekali keindahan panorama. Tentu satu hari tidak akan cukup untuk menjelajah ke seluruh tempat wisata yang ada. Pastikan jadwal perjalanan anda secara matang sebelum berlibur. Jangan lupa sesuaikan dengan budget anda.

foto by instagram.com/zydesu

Memilih tempat mana yang dikunjungi terlebih dahulu sangatlah penting untuk efisiensi waktu dan biaya. Memilih hotel juga jangan sembarangan.

Disarankan agar booking hotel jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar saat hari libur tiba. Berlibur tidak harus mahal tapi manfaatkan sebaik-baik waktu anda untuk merelaksasi sejenak pikiran dan tenaga anda.

foto by .instagram.com/panggilsaja_entr

Jangan lupa tetap menjaga ke-asrian alam yang ada. Patuhi semua peraturan tersedia agar berlibur menjadi menyenangkan dan tetap aman. Curug Sawer Majalengka menjadi salah satu tujuan wajib untuk anda kunjungi, dan segera buktikan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.