gambar by: dictio.id

Buat Para Pecinta Seni, Inilah 10 Lukisan Abstrak Termahal di Dunia!

Diposting pada

Lukisan adalah salah satu bentuk karya seni yang dibuat dengan cara memulaskan cat dengan kuas, pisau palet, dan alat-alat lainnya. Dalam pemulasannya, lukisan menggunakan berbagai warna yang digabungkan untuk menghasilkan gradasi yang indah pada sebuah bidang datar seperti dinding untuk jadi wallpaper atau kanvas. Seseorang yang menghasilkan lukisan disebut sebagai pelukis.

Pada umumnya, lukisan memiliki gambar yang jelas dan sangat indah serta bisa dikagumi oleh banyak orang. Namun, ada beberapa lukisan yang malah membuat kita bertanya-tanya dan harus berpikir keras tentang maksud dari lukisan tersebut. Nah, yang seperti ini dikenal sebagai lukisan abstrak.

Bagi orang awam, lukisan abstrak tidak lebih dari hanya sekadar coret-coretan di atas kanvas dengan cat dan dibuat dengan cara asal-asalan. Namun, bagi beberapa orang, lukisan abstrak justru menjadi sebuah karya seni dua dimensi yang memiliki nilai estetika tinggi. Alhasil, ada beberapa lukisan abstrak yang harganya tinggi, bahkan menjadi yang termahal di dunia!

Nah, penasaran apa saja lukisan abstrak termahal di dunia 2021 beserta gambar dan harganya? Yuk, simak dulu:

1. Interchange

Harga: USD 300 juta (4,3 triliun rupiah)

foto by: raffapedia.com

Interchange adalah sebuah lukisan abstrak yang dibuat oleh Willem de Kooning pada tahun 1955 dan berhasil menjadi salah satu yang paling mahal di dunia lho. Pada tahun 2015, seorang miliarder bernama Kenneth C. Griffin berhasil memenangkan lelang di Art Institute of Chicago, Amerika Serikat setelah menawar sebesar USD 300 juta.

Padahal, jika dilihat secara sekilas, karya di atas tidak lebih dari sekadar coret-coretan di atas kanvas dengan cat saja ya! Namun, lukisan abstrak pertama Willem de Kooning ini berhasil memecahkan rekor dan tentunya menjadi buah bibir di seluruh dunia.

2. Number 17A

Harga: USD 200 juta (2,8 triliun rupiah)

foto by: propertyobserver.id

Ada lagi nih, sebuah lukisan abstrak yg ternyata harganya sangat fantastis, yaitu Number 17A. Meskipun terlihat seperti tidak ada yg spesial, lukisan ini dibuat oleh seorang seniman handal yaitu Jackson Pollock dari Amerika Serikat. Diketahui, karya Pollock memang terkenal beda dari yg lain. Harganya pun tidak main-main, mencapai 2,8 triliun rupiah lho!

Menurut penuturan istrinya, Pollock sering menggunakan angka untuk menamakan lukisannya karena terkesan netral dan membiarkan semua orang menginterpretasikan sesuai dengan persepsinya sendiri. Banyak yg menyukai mahakarya Pollock yg satu ini, namun hanya Kenneth C. Griffin yg berhasil memilikinya jadi tidak dipajang untuk umum.

3. No. 6 (Violet, Green, Red)

Harga: USD 186 juta (2,5 triliun rupiah)

foto by: muralmedan.com

Ada lagi nih, karya seni yang secara sekilas mungkin terlihat sangat sederhana dan tidak ada maknanya, yaitu No. 6 (Violet, Green, and Red). Meskipun begitu, karya seni yang satu ini bisa terjual dengan harga yang tinggi mencapai USD 186 juta atau setara dengan hampir 2,5 triliun pada tahun 2014 kepada seorang miliarder Russia, Dmitry Rybolovlev.

No. 6 (Violet, Green, and Red) adalah karya seni yang dibuat oleh Mark Rothko pada tahun 1951. Rothko menekankan penggunaan warna yang masif secara horizontal pada kanvas. Sementara itu, Rothko membebaskan para penikmat lukisan untuk menginterpretasikan karya tersebut.

4. Les Femmes D’Alger (Version O)

Harga: USD 179,4 juta (2,3 triliun rupiah)

foto by: vulture.com

Selanjutnya, ada mahakarya Pablo Picasso, seorang pelukis asal Spanyol yang terkenal, yaitu Les Femmes D’Alger. Dalam Bahasa Inggris, nama lukisan ini berarti “Women of Algiers”. Uniknya lagi, ada 15 versi yang berbeda-beda dari lukisan yang satu ini lho. Versi yang satu ini berhasil terjual senilai USD 179,4 juta atau setara dengan 2,3 triliun rupiah pada tahun 2015.

Uniknya, mahakarya ini dibuat untuk memberi penghormatan kepada temannya yang bernama Henri Matisse lho. Selain itu, lukisan yang dibuat pada tahun 1955 ini rupanya terinspirasi dari karya Eugène Delacroix yang sudah terlebih dahulu dibuat pada tahun 1834.

5. Le Reve

Harga: USD 155 juta (2,02 triliun rupiah)

foto by: paintona.com

Ada lagi nih, hasil karya Pablo Picasso yg masuk dalam daftar lukisan abstrak termahal di dunia, yaitu Le Reve. Dibuat pada tahun 1932, mahakarya Pablo Picasso ini menggambarkan sang pelukis yg mengekspresikan terditorsi, dengan garis kesederhanaan dan warna kontras menyerupai awal Fauvisme.

Setelah beberapa kali berpindah tangan, mahakarya Le Reve pun berhasil laku terjual sebesar USD 155 juta atau setara dengan 2,02 triliun rupiah pada tahun 2013 lalu.

6. No. 5, 1948

Harga: USD 140 juta (1,82 triliun rupiah)

foto by: diedit.com

No. 5, 1948 merupakan mahakarya pelukis Jason Pollock lainnya yg masuk dalam daftar lukisan termahal di dunia. Sesuai dengan namanya, lukisan yg satu ini dibuat pada tahun 1948. Satu karya ciri khas Jason Pollock terletak pada penamaannya yg menggunakan angka.

Hingga saat ini, masih menjadi misteri berapa jumlah penjualan karya ini, namun kabarnya lukisan ini dibeli dengan harga USD 140 juta atau setara dengan 1,82 triliun!

7. W0man III

Harga: USD 137,5 juta (1,79 triliun rupiah)

foto by: suryamalang.tribunnews.com

Woman III merupakan salah satu mahakarya Willem de Kooning lainnya yg masuk dalam daftar lukisan abstrak termahal di dunia. Sesuai dengan namanya, ini merupakan salah satu seri dari enam lukisan yg bertemakan perempuan dan dibuat pada tahun 1951 hingga 1953.

Pada tahun 2006 lalu, mahakarya dengan nama Woman III ini berhasil terjual senilai USD 137,5 juta atau setara dengan 1,79 triliun rupiah kepada Steven A. Cohen, seorang miliarder yg baru saja membeli karya Willem de Kooning lainnya tepat satu bulan sebelumnya.

8. Anna’s Light

Harga: USD 105,7 juta (1,37 triliun rupiah)

foto by: diedit.com

Jika dilihat secara sekilas, gambar di atas hanya menampilkan kanvas berwarna oranye saja. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya gambar di atas adalah salah satu lukisan termahal di dunia? Dengan nama Anna’s Light, lukisan yg dibuat oleh Barnett Newman ini terinspirasi dari kisah hidup ibu sang pelukis yg meninggal pada tahun 1965.

Pada tahun 2013, Anna’s Light dibeli oleh pemilik perusahaan kimia Jepang dengan harga USD 105,7 juta atau setara dengan 1,37 triliun rupiah.

9. Orange, Red, Yellow

Harga: USD 87 juta (1,13 triliun rupiah)

foto by: diedit.com

Ada lagi nih, lukisan abstrak yg memiliki harga tinggi, yaitu Orange, Red, Yellow. Ini merupakan karya lain dari Mark Rothko, seniman asal Amerika Serikat keturunan Yahudi Rusia. Bagi sebagian besar orang, mungkin mahakarya yg satu ini terlihat sangat sederhana, namun buat para pecinta seni, lukisan ini memiliki nilai estetika yg tinggi lho.

Pada tahun 2012, karya seni yg satu ini berhasil terjual di harga USD 87 juta atau setara dengan 1,13 triliun rupiah!

10. False Start

Harga: USD 84,6 juta (1,1 triliun rupiah)

gambar by: dictio.id

Satu lagi lukisan termahal di dunia jatuh kepada False Start yg merupakan karya Jasper Johns, seorang pelukis asal Amerika Serikat yg lahir tahun 1930. Rupanya, nama dari lukisan ini didapatkan ketika Jasper Johns sedang duduk di Cedar Tavern dan melihat spanduk balapan berjudul “False Start”.

Itulah beberapa lukisan abstrak termahal di dunia beserta gambar, harga, dan nama pelukisnya. Adakah yg sudah pernah kalian dengar atau ketahui sebelumnya? Tentunya, selain dari yg ada di atas, masih banyak lukisan abstrak lain yg tidak kalah bagus, bahkan beberapa juga ada di Indonesia!

Jika dilihat dari harganya, memang sangat fantastis ya! Namun, buat orang-orang yg bisa menghargai nilai estetikanya, mereka tidak akan ragu untuk membayar berapa pun harganya lho.

Buat kalian yg kurang suka atau tidak mengerti maksudnya, masih banyak kok jenis lukisan lain yg mungkin dapat dinikmati keindahannya! Jadi, tidak perlu khawatir ya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.