Sachertorte, foto by yemekresimli.com

10 Makanan Khas Eropa Yang Sangat Terkenal Ke Seluruh Dunia

Diposting pada

Selain menawarkan budayanya yang beragam, daya tarik dari negara-negara di benua Eropa juga ternyata terletak pada makanan tradisionalnya.

Bagaimana tidak, sederet makanan khas Eropa dari setiap negaranya sangat terkenal karena hadir menawarkan kelezatan berbeda. Tak heran jika benua ini pun menjadi incaran olah para traveler.

Nah, mau tahu apa saja makanan ciri khas Eropa yang terkenal hingga saat ini? Berikut adalah daftar menunya lengkap beserta dengan penjelasannya dan juga resep hingga cara membuatnya.

1. Kroketten (Amsterdam)

Foto By kookenz.blogspot.com

Makanan khas pertama bernama kroketten ini adalah salah satu jenis kuliner paling wajib dicoba jika Sahabat JejakPiknik tengah bertandang ke daerah Amsterdam, Belanda, Eropa barat.

Kroketten adalah sejenis makanan cepat saji berbahan dasar kentang tumbuk yang dicampur dengan daging, bumbu serta dilumuri tepung roti lalu digoreng dalam minyak panas.

Kuliner halal nan sehat ini rasanya sangat enak dan begitu mudah ditemukan baik di restoran cepat saji ataupun vending machine di ruas-ruas jalan kota. Untuk harganya, hanya berkisar €2 atau sekitar 32 ribuan saja.

2. Frites (Belgia)

Foto By thedailymeal.com

Mendengar nama makanan kedua ini mungkin masih sangat terdengar asing, namun jika dilihat dari gambar maupun foto, Sahabat JejakPiknik pasti langsung sangat akrab akan kuliner tersebut.

Yup, frites adalah sejenis makanan ringan yang sangat mudah untuk dibuat dan bahan utama yang dibutuhkan pun hanyalah kentang. Selain menjadi cemilan, penganan tersebut merupakan menu pembuka bagi orang Belgia.

Frites sendiri sangat banyak dijual di restoran cepat saji atau vending machine yang ada di sekitar ruas jalan kota di Belgia. Dan untuk menikmatinya, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar €2,50 atau 36 ribu saja seporsinya.

3. Pizza Al Taglio (Roma Itali)

Foto By seeromewithme.com

Pizza adalah salah satu makanan khas Eropa Selatan yang terkenal berasal dari Roma, Italia. Kuliner satu ini bahkan sudah menjadi menu paling favorit hampir seluruh masyarakat di belahan bumi tak terkecuali dengan Korea.

Pizza juga termasuk sebagai salah satu contoh masakan cepat saji yang rasanya sangat menggugah selera karena diberi aneka macam topping pilihan.

Dan satu tempat yang menyajikan pizza al taglio terbaik di Roma adalah Otto di Via Giuseppe Donati. Di restoran tersebut harga untuk satu porsinya biasanya hanya dibanderol €1,20-€1,80 atau setara dengan 19-28 ribu per porsinya.

4. Currywurst (Berlin)

Foto By tripsavvy.com

Currywurst ialah salah satu hidangan cepat saji asal jerman yang bahan utamanya terdiri dari sosis babi goreng, steamed dan saus kari. Menu ini biasanya disajikan dengan kentang goreng dan jenis minuman soda oleh masyarakat Berlin.

Bagi Sahabat yang ingin mencicipinya, satu tempat paling terkenal akan citarasanya adalah Curry&Co di Dresden, Louisentrasse, distrik Neustdat.

Selain rasanya yang terkenal enak, harganya juga murah berkisar €2,50-€3,30 atau sekitar 39-52 ribu saja. Tak heran, restoran ini pun setiap hari selalu antri pengunjung setiap harinya.

5. Gelato (Florence Italia)

Foto By santorinidave.com

Makanan khas Eropa bagian selatan satu ini adalah sejenis kudapan bercitarasa manis yang disukai hampir semua kalangan umur mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan utama gelato sendiri terbuat dari susu dan gula. Kudapan ini teksturnya sangat mirip dengan es krim hanya saja mengandung lebih sedikit udara serta rendah lemak.

Gelato sendiri kerap dijadikan sebagai menu penutup ataupun kudapan saat sedang berjalan santai menikmati udara di Florence.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Gelateria atau toko penjual gelato yang tersebar di kota Florence. Dan mengenai harganya cukup murah, hanya €1-€2 atau setara dengan 15 hingga 30 ribuan saja.

6. Crepes (Paris Perancis)

Foto By busy.org

Nah, kalau makanan satu ini adalah tipe kue yang sangat tipis, namanya Crepe. Penganan tersebut terdiri dari dua jenis yakni ada manis dan lezat.

Kue berupa pancake ini terbuat dari adonan tepung yang kemudian disajikan bersama beberapa bahan tambahan lainnya seperti gula atau galai.

Bagi yang ingin menikmatinya, satu tempat paling recommended buat dituju yaitu kedai Chez Alain Miam di kawasan Marche Des Enfants Rougas, Paris. Di lapak ini harga crepes dikenai hanya sekitar €8 atau 110 ribuan saja.

7. Fried Herring Sandwich (Stockholm Swedia)

Foto By tripadvisor.com.sg

Nah, sajian unik berikutnya ini adalah sejenis makanan khas Eropa utara yang berasal dari daerah Stockholm, Swedia. Kuliner tersebut terbuat dari ikan, bawang putih, acar, saus kental krim dan remoulade.

Bagi yang ingin menikmati citarasa terbaiknya, Nystekt Strommina adalah tempatnya. Kios kecil di luar stasiun kereta Slussen ini membanderol Fried Herring hanya sekitar Rp.38.000-Rp.48.000/porsi.

8. Banitza (Bulgaria)

Foto By timesknowledge.in

Nah, Banitza adalah salah satu makanan pokok masyarakat Bulgaria yang berwujud kue kering mirip dengan pai dan memiliki rasa gurih. Kudapan tersebut bahan dasarnya telur, yoghurt serta keju.

Makanan khas Eropa timur yang berasal dari daerah Bulgaria ini sangat mudah ditemukan di toko roti lokal. Mengenai harganya, biasanya hanya berkisar 20 hingga 30 ribuan saja per bijinya.

9. Black Pudding (Inggris)

Foto By Travelingyuk.com

Menurut Wikipedia, Black Pudding adalah sejenis makanan tradisional yang terbuat dari lemak serta darah babi ataupun sapi dan berbentuk menyerupai sosis.

Kuliner ini adalah salah satu menu favorit orang Inggris karena menjadi sumber protein paling baik dengan karbohidrat rendah serta tinggi zat besi. Dalam penyajian, pudding ini sering disandingkan dengan bumbu pedas.

Penasaran akan citarasanya? Nah, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Regency Cafe di 17-19 Regency street, London SW1P 4BY. Disini, selain enak harga black pudding hanya £10(Rp.185.120) per porsinya.

10. Sachertorte

Foto By yemekresimli.com

Bagi Sahabat JejakPiknik pecinta kue dan cokelat, Sachertorte adalah satu menu khas Eropa yang wajib buat dicoba. Kudapan berbentuk seperti sponge satu ini asalnya dari kota Viena, Austria.

Dan kue sachertorte sendiri sudah menjadi salah satu kue tradisi yang wajib ada setiap hari Natal di rumah masyarakat Austria.

Bagi yang ingin mencicipinya, kafe Demel di Kohlmark adalah salah satu tempat terbaiknya. Namun sayang, untuk harganya bisa dikatakan cukup mahal yakni sekitar €30,70(Rp.486.000) per kuenya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.