Es Goyobod, gambar By @fskferry

10 Minuman Khas Jawa Barat Yang Cocok Diminum di Segala Suasana

Diposting pada

Berkunjung ke suatu tempat, katanya kurang lengkap jika tidak mencicipi aneka kulinernya yang khas, entah itu berupa masakan, jajanan, makanan tradisional ataupun minumannya.

Pasalnya, setiap daerah di Nusantara memiliki berbagai macam kuliner berbeda-beda yang mungkin tidak akan kamu temui di tempat lain, begitu pun saat berkunjung ke provinsi Jawa Barat.

Jawa Barat tak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang sangat indah, provinsi tersebut juga memiliki banyak sekali jenis kuliner menggoda, termasuk diantaranya minuman khasnya.

Maka dari itu, pada artikel kali ini JejakPiknik akan mencoba membahas mengenai beberapa minuman khas Jawa Barat yang wajib buat kamu coba, lengkap beserta penjelasannya dan gambarnya. Apa saja? Yuk kita simak!

1. Es Goyobod

Kata Goyobod diambil dari bahasa Belanda yang artinya adalah ‘basah’. Hal tersebut dikarenakan mangkuknya akan berembun ketika menyantapnya.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa Goyobod berasal dari bahasa Sunda, dimana artinya minuman berbahan dasar tepung kanji.

Apapun artinya, yang pasti minuman dingin khas Garut ini rasanya begitu menyegarkan dan cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Seporsi Es Goyobod umumnya berisi adonan tepung kanji, pacar cina, potongan roti, kelapa muda, tape serta susu.

Es Goyobod juga sangat mudah ditemui di Jawa Barat. Salah satu yg cukup terkenal yakni di jalan Kliningan No.09, Buah Batu, Bandung. Untuk menikmati seporsi kesegarannya, kamu cuma perlu menyediakan uang 3 ribu saja.

2. Es Bojong

Foto By @finnysuniar24

Es Bojong adalah salah satu jenis minuman tradisional asal Tasikmalaya yang memiliki citarasa segar dan nikmat. Menu tersebut bahannya terbuat dari campuran santan dengan sirup.

Untuk melengkapi penyajiannya, umumnya diberi bahan tambahan berupa potongan aneka macam buah seperti durian, nanas. Alpukat dan durian. Bahkan terkadang, tape ketan juga ikut meramaikan isian dari Es Bojong khas Tasikmalaya, Jawa Barat ini.

Berlibur ke kota Tasikmalaya, mencicipi Es Bojong sepertinya menjadi keharusan. Jika ingin mencobanya, satu tempat paling rekomendasi adalah kedai Ibu Momoh di jalan Ampera Barat No.207, Panglayungan.

Satu porsi kesegaran penuh Es Bojong disini, bisa kamu cicipi dengan merogoh kocek mulai Rp.10.000 sampai Rp.15.000 saja.

3. Es Ciming

Foto By @rihanualifa

Salah satu sajian pelepas dahaga khas Purwakarta yang wajib diburu adalah Es Ciming. Dilihat dari gambar, minuman ini serupa seperti Es Campur, dengan isian cukup melimpah.

Menu anti dahaga yang pertama kali diperkenalkan oleh warga Tionghoa ini dalam satu porsinya berisi hunkwe, kelapa, ketan hitam, kolang-kaling, kacang hijau dan siraman sirup berwarna merah, serta tumpukan es yg menggunung.

Satu tempat terbaik untuk mencicipinya adalah Warung Es Ciming di Purwakarta. Selain harganya murah, citarasa minuman tersebut juga sangat nikmat karena dibuat dengan menggunakan resep turun-temurun.

4. Es Oyen

Foto By @mydailyfoodjournal_

Menjadi minuman primadona di Bandung sejak tahun 1954, membuat Es Oyen wajib masuk dalam dalam daftar buruan wisata kulinermu saat berkunjung ke Tanah Sunda.

Selain berisikan pacar cina, dalam semangkuk Es oyen ini juga diberi tambahan kelapa muda, potongan alpukat, nangka, cincau hitam dan kolang kaling. Bukan hanya itu, untuk menambah rasa segar, tak lupa juga ditambahkan serutan es batu.

Kamu bisa menikmati Es Oyen ini dengan harga relatif murah sekitar 8 ribuan saja di jalan Veteran kota Kembang, Bandung, Jawa Barat.

5. Es Cuing

Foto By @cicirizkyyr

Dilansir dari Wikipedia, Es Cuwing atau Cuing adalah salah satu jenis minuman penyegar khas daerah Cirebon yang bahan dasarnya terbuat dari cincau dan disajikan dengan tambahan bumbur sumsum hijau.

Supaya makin segar, kemudian diberi tumpukan es serut lalu disiram santan dan cairan gula merah agar memiliki citarasa manis. Kata Cuing diambil dari bahasa Cirebon yang artinya adalah Cincau.

Bila ingin mencicipinya, Es Cuing Kartini, Cirebon adalah tempat terbaiknya. Disini, kamu bisa menikmati seporsi kesegaran minuman tersebut hanya dengan budget 5 ribu saja. Nah, murah banget kan? Udah itu mengenyangkan lagi.

6. Jeniper

Foto By @liecke_suryadi

Rasa segar langsung mengalir di tenggorokan ketika meneguk minuman satu ini. Ya, inilah Jeniper, si pelepas dahaga khas kota Kuningan yang banyak diburu para wisatawan.

Jeniper adalah singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Dibalik rasanya yang asam, secara fungsional minuman tersebut diyakini sangat baik untuk kesehatan.

Tak hanya sebagai pelepas dahaga di tengah teriknya matahari, air perasan jeruk nipis ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang khas dari kota Kuningan, Jawa Barat.

Jeniper ini gampang sekali ditemukan karena sudah tersedia di toko oleh-oleh di sepanjang jalan Kuningan – Cirebon dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.5.000 sampai Rp.25.000 saja, tergantung jenis ukurannya.

7. Lahang

Foto By @lahangsangkuriang

Ini adalah salah satu minuman khas Jawa Barat yang namanya sudah cukup terkenal hampir di seluruh penjuru Tanah Pasundan, namanya yaitu Lahang.

Lahang tersebut bahan dasarnya terbuat dari air nira dan banyak yang bilang ini adalah minuman isotonik tradisional yg bagus untuk dikonsumsi saat mengalami dehidrasi.

Meski begitu, Lahan tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebih karena ini adalah sejenis minuman keras yang dapat memabukkan. Dilihat sekilas dari gambar, ciri pelepas dahaga tersebut hampir mirip dengan tuak, hanya saja rasanya tidak pahit tapi manis.

Walau termasuk langka, tapi masih ada beberapa penjual yang setia menjajakannya di Jln. KH. Abdullah Bin Nuh, Kota Cianjur dengan harga cukup terjangkau

8. Bajigur

Foto By @soejanajaung

Ini adalah salah satu minuman khas Jawa Barat yang mudah sekali dibuat dan namanya pun cukup populer di perkulineran Nusantara. Bahkan kamu juga bisa menemuinya di kota Jogja.

Untuk bahannya sendiri, hanya dibutuhkan jahe, gula aren serta santan kelapa. Bajigur paling cocok dikonsumsi di kala cuaca dingin dan dalam kondisi hangat-hangat.

Disamping cara membuatnya yang cukup mudah, ternyata minuman ini juga merupakan salah satu sajian yg menyehatkan. Tak hanya sebagai penghangat badan, kamu juga bisa menjadikannya buah tangan karena kini Bajigur telah tersedia dalam bentuk.

Di Bandung, tempat terbaik untuk mendapatkannya adalah Kedai Hj. Siti Maemunah di jalan Cilaki, sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Warung Bajigur Pak Setyanto yg terletak di jalan Letjen S.Parman.

9. Es Cendol

Foto By @gadgetempireid

Es Cendol juga termasuk salah satu pelepas dahaga primadona masyarakat Jawa Barat. Perpaduan antara manisnya gula aren dengan serutan es batu membuatnya terasa sangat segar di tenggorokan.

Cara membuat Es Cendol ini juga tergolong sangat mudah, bahkan bahan-bahan bakunya pun gampang didapat. Dan waktu terbaik untuk menikmatinya adalah ketika cuaca sedang terik.

Dan Es Cendol Elizabeth di jalan Inhoftank nomor 64, Kota Bandung adalah tempat terbaik untuk mencicipinya. Selain rasanya enak, harganya pun murah cuma 7 ribuan aja.

10. Bandrek

Foto By @bandrek555

Minuman tradisional ini patut diacungi jempol. Pasalnya, sajian penghangat tubuh tersebut namanya sudah dikenal di berbagai mancanegara.

Terbuat dari aneka macam rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, biji pala, kayu manis dan gula aren membuat bandrek memiliki aroma yg begitu kuat. Tak hanya sebagai penghangat, secara fungsional minuman tersebut juga memiliki banyak khasiat baik bagi kesehatan.

Dan di Jawa Barat, Bandrek Abah Ciiwdey di jln.raya Ciwidey-Rancabali, KM 13, Cimanggu adalah tempat terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk menikmatinya. Tak perlu takut kantong bocor, karena segelas bandrek disini dipatok dengan harga ekonomis.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa minuman khas Jawa Barat yang wajib buat kamu cicipi. Semoga bermanfaat bagi semua para pembaca dan selamat mencoba!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.