Foto By makananlampung.com

Selain Kripik Pisang, Ini Dia Oleh-Oleh Khas Lampung Layak Dibawa Pulang

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Sebagai penghubung antara pulau Jawa dan Sumatera, membuat Lampung menjadi kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari lokal ataupun mancanegara.

Selain itu, daerah yang dijuluki dengan kota Pisang ini juga tak mau kalah dengan Bekasi dan Palembang dalam hal menyuguhkan tempat wisata.

Potensi wisata yang disuguhkan provinsi di sebelah selatan Pulau Sumatera ini ada beragam mulai dari keindahan alamnya, pantainya hingga makanan khasnya.

Berkunjung ke kota Lampung, tak cukup jika hanya menikmati keindahan alamnya saja tapi berburu berbagai oleh-oleh khasnya juga harus menjadi agenda wajib untuk dilakukan saat berkunjung ke area Tapis Berseri ini.

Bingung mau beli buah tangan apa? Nah, simak saja rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang telah dirangkum tim JejakPiknik berikut ini.

1. Pie Pisang

Foto By travel.tribunnews.com

Usai menikmati panorama indah dari kota Lampung, kini saatnya untuk berburu oleh-oleh khas dari daerah ini, yang pertama dan paling wajib buat dibeli namanya adalah pie pisang.

Sesuai namanya, makanan ringan ini bahannya terbuat dari pisang dan tambahan susu. Soal rasa, kudapan kekinian tersebut memiliki 4 varian ada coklat, keju, kacang almond serta oreo.

Tak hanya garing dan lembut, pie pisang yang diolah dengan tekhnologi modern tersebut juga teksturnya sangatlah renyah.

Untuk membelinya, toko kue Yusi Akmal di alamat Jln.Dahlia Rawa Laut ialah tempat paling rekomendasi. Disini harga pie pisang dijual hanya kisaran 5-8 ribuan aja, tergantung ukuran.

2. Bakso Sony

Foto By makananoleholeh.com

Buah tangan kedua yang juga tengah naik daun dan tidak boleh dilewatkan begitu saja dari kota Lampung adalah bakso sony.

Memang bakso bisa kita jumpai di tiap daerah di Indonesia, tapi khas Lampung satu ini hadir dengan berbagai macam varian rasa serta bentuk. Dan Son Haji Sony adalah paling terkenal.

Bakso Sony ini bahannya terbuat dari daging hewan sapi berkualitas yang telah diberi label sebagai makanan halal dari MUI.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena ada 17 cabang Sony bisa Sahabat JejakPiknik kunjungi, salah satunya di Jln.Wolter Mongonsidi, Bandar Lampung.

Selain bisa mencicipinya langsung di tempatnya, bakso dalam keadaan beku juga bisa dibeli untuk dijadiin oleh-oleh. Harganya hanya Rp.95.000/kg, sudah lengkap dengan bumbunya.

3. Kerupuk Udang

Foto By fimela.com

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan berkunjung ke Lampung Barat, salah satu bingkisan yang paling wajib dibeli dan dibawa pulang ialah kerupuk udang.

Kerupuk udang ini citarasanya sangat nikmat karena dipadukan dengan tepung terigu serta aneka bumbu pilihan.

Kerupuk udang sendiri sangatlah mudah ditemui karena banyak dijual di pusat oleh-oleh dan harganya pun relatif terjangkau hanya Rp.30.000/15gr.

4. Keripik Pisang

Foto By lampung.tribunnews.com

Dijuluki sebagai kota Pisang, tak heran jika ada banyak jajanan khasnya yang terbuat dari buah tersebut, salah satu contoh hasilnya adalah berupa keripik.

Keripik pisang asal Lampung Utara ini varian rasanya bermacam-macam ada strawberry, kopi, jagung bakar, balado, moka, susu, cokelat dan lain sebagainya.

Katanya berkunjung ke Lampung, tak lengkap jika kita pulang tidak membawa keripik pisang sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah.

Keripik pisang ini juga termasuk buah tangan paling mudah ditemui di pusat oleh-oleh, salah satu produsen paling terkenal adalah Suseno. Selain enak, harganya juga murah hanya kisaran belasan ribu.

5. Banana Foster

Foto By lampung.tribunnews.com

Selain pie pisang, banana foster yang merupakan kreasi baru milik artis Hengki Kurniawan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan alternatif taktala berkunjung ke kota Lampung.

Dilihat sekilas dari gambar, kue tersebut bentuknya tak jauh beda dengan bolu atau brownis, bedanya hanya tampak dari toppingnya saja.

Kue yang terbuat dari olahan pisang ini variannya cukup banyak dan sangat cocok dijadikan jamuan saat acara keluarga ataupun sebagai buah tangan.

Harganya dibanderol hanya Rp.35.000 saja dan bisa dibeli di tokonya dengan alamat tepatnya berada jln.Woltermongonsidi No.115, Bandar Lampung.

6. Patung Gajah

Foto By bukalapak.com

Selain makanan enak, Sahabat JejakPiknik juga bisa membawa barang berupa souvenir unik sebagai buah tangan untuk teman-teman, salah satu contohnya patung gajah.

Patung ini ciri khasnya terbuat dari kayu berkualitas yang kemudian dilapisi zat kimia dan selanjutnya diberi pahatan rapi sehingga mirip gajah sesungguhnya.

Untuk menemukan souvenir patung gajah, mengunjungi para pengrajin di Lampung Timur atau Metro dan kampung Kalianda adalah ide terbaik.

Selain dapat melihat cara pembuatannya, disini harganya juga dijual cukup terjangkau hanya kisaran 150-200 ribuan, tergantung model serta tingkat kerumitan membuatnya.

7. Manisan Buah

Foto By makananlampung.com

Tak hanya enak disantap saat haus dan lapar. Manisan buah juga salah satu oleh-oleh alternatif yang cocok untuk dijadikan buah tangan.

Tak perlu ragu untuk membelinya, karena manisan khas Lampung ini terbuat dari beraneka macam buah segar yang kemudian dipadukan dengan bumbu khusus agar citarasanya makin nikmat.

Untuk membelinya, toko Yen yen di jln.Ikan Kakap No.86 adalah tempat terbaik. Soal harga, 52 ribuan aja kok, masih sangat terjangkaulah ya.

8. Terasi

Foto By tokopedia.com

Meski aromanya sangat tajam, tetapi bumbu masakan favorit masyarakat Indonesia satu ini bisa juga loh dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Lampung.

Terasi khas Lampung yang berasal dari Tulang Bawang ini bahannya sama seperti sambal pada umumnya, namun begitu citarasanya sedikit lebih istimewa.

Untuk membelinya, biasanya toko Yenyen menjadi spot paling sering dikunjungi. Tak hanya enak, tapi terasinya juga dikemas rapi menggunakan aluminum foil foodgrade dan harganya hanya berkisar Rp.35.000 saja.

9. Lapis Legit

Foto By beritalampung.online

Pada saat hari-hari besar atau acara hajatan, biasanya kue lapis hadir sebagai salah satu menu paling wajib untuk disediakan sebagai hidangan buat tamu.

Memang lapis legit bisa kita jumpai dengan mudah di toko kue tapi khas Lampung ini sangat spesial karena dibuat menggunakan resep turun-temurun sejak jaman kolonial sehingga tak heran jika rasanya begitu berkelas.

Untuk sekotaknya biasanya dibanderol mulai 300-800 ribuan dan bisa didapatkan di toko Kue Selera Rasa di jln.Ikan Kakap, Bandar Lampung.

10. Dodol Pandan

Foto By tokopedia.com

Buat Sahabat Jejakpiknik yang ingin mencicipi citarasa dodol dengan sensasi berbeda, maka membeli buah tangan khas Lampung ini adalah satu kewajiban.

Dodol khas kota Pisang ini bahannya sama seperti pembuatan pada umumnya, bedanya hanya diberi campuran pandan agar citarasanya lebih khas.

Dan merk Ny.Wie adalah paling banyak diburu wisatawan. Tak hanya enak, ukurannya juga lebih besarnya dan harganya hanya 20-27 ribuan saja. Bisa dibeli langsung di tokonya atau secara online dari situsnya.

11. Sambal

Foto By bukalapak.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka menyantap kuliner pedas, yuk bawa pulang sambal botolan khas Lampung ini.

Dibuat dari ulegan kasar cabai, bawang merah, cuka serta garam membuat sambal ini memiliki rasa khas dan pas buat menemani berbagai jenis makanan.

Dan sambal Ny.Lily adalah merk paling banyak diburu. Untuk membelinya, toko Yenyen lah tempatnya. Soal harga murah kok hanya 16 ribuan per botolnya.

12. Kaos Khas Lampung

Foto By lampung.tribunnews.com

Layaknya Jakarta, Bandung dan Jogja, Lampung juga punya souvenir berupa baju loh. Kaos tersebut tentunya didesain dengan menggunakan gambar atau kata-kata yang menonjolkan ciri khas dari kota Pisang.

Untuk Sahabat JejakPiknik yang ingin memborong souvenir dalam jumlah banyak kaos khas Lampung ini bisa jadi solusinya.

Selain nyaman, cocok untuk semua kalangan, praktis dan mudah didapatkan di sejumlah toko oleh-oleh, harganya pun cukup murah. Jadi tak masalah kalau borong dalam jumlah banyak.

Nah, bagus-bagus kan oleh-oleh khas Lampung? Sahabat JejakPiknik sudah pada siap buat memboyong semuanya? Oke deh, langsung aja yuk meluncur.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.