Ini Dia 12 Oleh-Oleh Khas Pontianak Yang Paling Rekomended

Diposting pada

Pontianak adalah salah satu kota terbesar di pulau Kalimantan yang  dikenal dengan sebutan “Khun Tien” oleh para etnis Tionghoa.

Ibukota Kalimantan Barat ini tak hanya terkenal akan hasil panennya namun juga populer sebagai kota wisata dengan beragam tempat dan camilan khas yang menarik untuk dicoba.

Bila dibandingkan dengan Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia, Pontianak juga tak kalah menarik dalam hal menyediakan aneka buah tangan baik itu berupa makanan, jajanan ataupun souvenir.

Tak perlu bingung mencari buah tangan apa yang cocok untuk dibawa pulang dari ibukota Kalbar ini? karena Sahabat JejakPiknik bisa memilih salah satu dari 12 daftar oleh-oleh khas Pontianak dibawah ini.

1. Bingke

Foto By melayupedia.com

Oleh-oleh khas Pontianak pertama yang cukup andal untuk dibawa pulang buat orang-orang di rumah namanya yaitu bingke.

Bingke merupakan salah satu jenis kue khas Pontianak yang dibuat dengan melewati 2 kali proses pemanggangan sehingga tak heran jika citarasanya sangat gurih dan enak.

Bagi yang berencana menjadikannya sebagai oleh-oleh, tim JejakPiknik.com menyarankan untuk membeli bingke di jln.Imam Bonjol atau di toko Berendam di Jln.Adisucipto No.08, Sungai Bangkong, Pontianak.

Selain varian rasanya ada banyak di kedua tempat ini bingke dijual hanya dengan harga 11-18 ribuan saja per kotaknya. Sangat terjangkau bukan?

2. Snek Meruku

Foto By bukalapak.com

Meski namanya mungkin masih sangat terdengar asing, tapi snek meruku juga cukup mantap loh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Snek meruku merupakan camilan halal berbahan dasar ikan yang rasanya mirip kacang gurih dan tidak berbau amis.

Selain cocok dijadikan cemilan bersama teman maupun keluarga, snek meruku yang dibanderol dengan harga Rp.10.000-Rp.16.000 ini juga kaya akan protein.

Untuk mendapatkannya, ada banyak tempat yang bisa disambangi seperti Keboen Sajoek, PSP Pontianak, ataupun Ayani Mega Mall.

3. Chai Kue

Foto By pontianakkotakita.blogspot.com

Chai kue atau biasa juga disebut dengan choi pan adalah salah satu jajanan khas Pontianak yang tak kalah populer dari kue Lamington milik seorang artis ternama.

Chai kue ini bila diartikan secara harafiah artinya adalah kue sayur karena memang terbuat dari bengkoang, talas, rebung, kucai, merica serta rempah-rempah lain.

Bila dilihat sekilas ciri kue tersebut tidak berbeda jauh dengan pangsit dimana dibalut dengan kulit licin serta kenyal dan biasanya disajikan bersama saus pedas.

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan chai kue ini adalah Rumah Akie di jalan Siam, Benua Melayu Darat, Pontianak selatan.

Untuk harganya hanya berkisar Rp.1.500/biji. Buat yang ingin menjadikannya oleh-oleh, wajib memesan beberapa jam terlebih dahulu ya.

4. Juhi Bakar

Foto By bukalapak.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka menyantap cemilan berbahan dasar cumi, maka juhi bakar khas Pontianak ini wajib untuk dicoba dan dibawa pulang.

Makanan tersebut bahan dasarnya terbuat dari olahan daging cumi yang kemudian diracik dengan bumbu khusus lalu diolah dengan cara dibakar.

Tak hanya pedas manis, juhi bakar ini juga menawarkan citarasa sangat gurih karena diberi di campur dengan bumbu kacang tanah dan cuka.

Selain PSP Pontianak dan Keboen Sajoek, cemilan tersebut juga mudah ditemui di pusat juhi bakar  di Jln.Siam Dalam. Disini, harga makanan satu ini dibanderol hanya sekitar Rp.5.000 hingga Rp.22.000 saja.

5. Cokelat Lidah Buaya

Foto By isunveralidahbuaya.blogspot.com

Selain chai kue, di Pontianak juga terdapat satu jajanan unik yang terbuat dari gel lidah buaya serta gula dan cokelat. Sahabat JejakPiknik sudah mencobanya belum?

Nah, cemilan bercitarasa manis ini meskipun sedikit agak berlemak tapi tidak membuat berat badan bertambah tetapi justru dipercaya dapat menghaluskan kulit, karena pada gel lidah buayanya terkandung vitamin E.

Untuk mendapatkannya, toko oleh-oleh I Sun Vera yang berlokasi di jln.Budi Utomo Blok A  6 No.03, Siantan Hulu, Pontianak Utara adalah tempatnya. Cukup dengan budget 5-40 ribu saja, kita sudah bisa membawa pulang sekotak kue bergizi ini.

6. Lempok Durian

Foto By jual-lempokdurian.blogspot.com

Bagi Sahabat JejakPiknik yang lagi ngidam makan dodol dengan sensasi legit, lempok durian khas Pontianak ini sepertinya cukup oke juga untuk dijadikan oleh-oleh alternatif.

Jajanan tradisional tersebut terbuat dari daging durian dan tepung. Untuk proses pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya.

Untuk memperolehnyabukanlah hal sulit karena ada banyak tempat atau toko online yang menjualnya, salah satunya adalah Toko Oleh-Oleh Amin di jln.Pattimura No.17-18, Darat Sekip, Pontianak.

Mengenai harga tak perlu khawatir karena lempok durian yang enak tersebut hanya dipatok kisaran Rp.150.000. Masih relatif terjangkau kan?

7. Pisang Srikaya

Foto By kumparan.com

Jajanan khas Pontianak satu ini bisa dibilang berbeda dengan cemilan berbahan dasar pisang lainnya, dimana citarasanya lebih renyah, gurih dan nikmat.

Dengan citarasanya cukup unggul membuat pisang srikaya ini cocok untuk dinikmati dengan berbagai hidangan makanan lainnya seperti tahu goreng, ebi, sayuran ataupun teh hangat.

Dan warung kopi Winny di jln.Gajah Mada adalah tempat paling populer akan makanan ini. Untuk bisa membawanya pulang kita hanya perlu budget sekitar Rp.5.000-Rp.25.000 saja.

8. Cokelat Wijen

Foto By shopee.co.id

Perpaduan antara manisnya cokelat dan gurihnya wijen membuat makanan khas Pontianak ini menjadi salah satu oleh-oleh nikmat yang sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Dengan ukuran sedikit lebih besar dan cukup banyak juga menjadi alasan mengapa cokelat wijen cocok untuk dijadikan buah tangan buat keluarga di rumah.

Harganya yang cukup terjangkau hanya sekitar Rp.20.000 dan bisa dengan mudah ditemukan di Ayani Mega Mall atau PSP Pontianak juga menjadi alasan paling tepat untuk membawa pulang kue cokelat wijen ini.

9. Kerupuk Amplang

Foto By penjualamplang.blogspot.com

Amplang atau kerupuk macan kuku adalah salah satu cemilan khas Pontianak yang bahannya dibuat dari ikan belida atau tenggiri dan kemudian dicampur dengan tepung sagu sehingga membuat citarasanya makin gurih.

Amplang sendiri sudah terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Pontianak sejak tahun 1970 silam dan masih eksis hingga saat ini.

Amplang juga termasuk buah tangan yang mudah ditemukan di pusat oleh-oleh dan harganya hanya dibanderol sekitar Rp.16.000 saja.

10. Kacang Piinatsu

Foto By tukangjalanjajan.com

Buah tangan khas Pontianak satu ini merupakan cemilan berbahan dasar kacang yang sudah dikemas dengan kreatif sehingga menarik untuk dijadikan bingkisan perjalanan untuk orang terkasih.

Tak hanya dikemas dengan ukuran praktis, cemilan ini juga menawarkan citarasa beraneka macam ada asin, manis, krispy, gurih serta crunchy.

Untuk membelinya, cukup sediakan budget sebesar Rp.13.000-Rp.15.000 dan bisa ditemukan dengan mudah di Ayani Mega Mall.

11. Brownies Durian

Foto By tukangjalanjajan.com

Di Pontianak, durian tidak hanya diolah menjadi bahan pembuatan lempok saja tapi juga jadi komposisi utaman untuk membuat kue brownies.

Tak hanya menawarkan tekstur yang lembut dan lezat, kue tersebut juga menyuguhkan aroma sangat  khas, sehingga membuat siapa saja tergoda ingin mencicipinya.

Untuk membelinya, silahkan mampir ke Delicia Cake Shop di Jln.HM Suwigyo No.15A, Sungai Jawi. Soal harga cukup murah kok hanya 40 ribuan saja.

12. Manisan Kandis Salju

Foto By picluck.com

Manisan kandis salju atau asam bua gandis adalah salah satu jenis kudapan khas Pontianak yang dipercaya dapat menurunkan kolestrol.

Manisan ini terbuat dari buah gandis yang diperoleh dari hutan daerah rawa atau dataran rendah bertanah gambut dan kemudian dicampur dengan larutan gula.

Manisan kandis salju sendiri bisa dengan mudah ditemukan baik di Keboen Sajoek ataupun Ayani Mega Mall dan harganya hanya kisaran Rp.18.000 saja.

Oke, cukup sekian artikel seputar oleh-oleh khas Pontianak kali ini. Sampai jumpa di ulasan tentang buah tangan dari kota lainnya ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.