Air Terjun Kalipancur, Defisini Back To Nature Yang Sesungguhnya

Diposting pada
Foto by klikdieng.com

Alamat: Gejayan, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:
WhatsApp: 

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 5.000
Parkir Motor: Rp. 3.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by azzamaviero.com

Kalo ngomongin soal wisata alam di Semarang, sepertinya tidak akan pernah ada habisnya deh. Meskipun Semarang terkenal dengan cuacanya yang panas, namun dibalik itu semua Kota Lumpia ini menyimpan segudang pesona wisata alam super menakjubkan, lho.

Dari sekian banyak wisata alam yang ada di Semarang, air terjun atau curug merupakan salah satu pilihan paling menarik untuk dijajal. Bukan hanya masyarakat asli Semarang saja, namun wisatawan dari luar kota juga banyak yang melirik air terjun di Kota Lumpia ini lho.

Salah satu wisata air terjun di Semarang yang paling mencuri perhatian wisatawan adalah Air Terjun Kali Pancur. Pesona alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Kali Pancur ini mampu menghiptonis siapa saja.

Foto by ceritadalamdunia.com

Meskipun letaknya yang tersembunyi di pelosok desa, namun keindahan alam dari Air Terjun Kali Pancur ini memang layak diacungi jempol. Nuansa alam disini dianggap mampu melunturkan semua beban dan stress yang kamu miliki.

Jika ingin mengunjungi curug ini kamu harus menyiapkan kocek sebesar 5ribu rupiah untuk membayar tiket masuk. Selain tiket masuk kamu juga perlu membayar tiket parkir kendaraan yang dibanderol dengan harga 3ribu untuk motor dan 5ribu mobil.

Dengan budget terjangkau tak lebih dari 10ribu kamu bisa mendapatkan mahalnya pesona keindahan alam yang mungkin tidak ditemukan di wisata kekinian di pusat kota. Masih ragu buat ngebolang dan nyurug di Air Terjun Kalipancur ini? 

Jalan Menuju Lokasi

Foto by ksmtour.com

Lokasi Air Terjun Kalipancur berada di daerah Gejayan, untuk menjangkau wisata ini kamu harus berkendara sekitar 68,6 kilometer atau setara dengan 1 jam 20 menit perjalanan dari pusat Kota Semarang.

Meskipun tergolong jauh, namun akses menuju lokasi wisatanya mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan khas pedesaan, persawahan dan perbukitan.

Jika berniat menggunakan kendaraan pribadi maka kamu bisa mengikuti petunjuk navigasi Google Maps diatas yang sudah kami siapkan. Sedangkan jika ingin memakai transportasi publik maka kamu bisa turun di Terminal Bus Jaka Tingkir Salatiga.

Foto by lepasnafas.com

Dari Terminal Bus Jaka Tingkir Salatiga naiklah Bus menuju Kopeng yang mana estimasi perjalanannya sekitar 14,5 kilometer dengan perkiraan waktu kira-kira 27 menit. Setelah sampai di Kopeng kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek dengan membayar sekitar 20ribu.

Setibanya di area parkir kendaraan, kamu masih harus berjalan lagi sejauh 900 meter untuk bisa benar-benar sampai di lokasi air terjun ini berada. Setidaknya kamu harus melewati sekitar 900 buah anak tangga untuk bisa sampai di Air Terjun Kalipancur.

Rasa lelahmu akan terbayar lunas setelah melihat keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Kalipancur. Dijamin deh, pasti kamu akan betah berlama-lama disini dan malas untuk buru-buru pulang.

Fasilitas

Foto by sewamobilungaran.com

Meskipun letaknya berada di lokasi yang tersembunyi namun wisata Air Terjun Kali Pancur ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti area parkir kendaraan yang cukup luas mampu menampung belasan kendaraan.

Jika tak sempat menyiapkan dan membawa bekal, disini juga sudah disediakan warung makan yang menyajikan aneka camilan dan minuman. Selain itu, disini juga sudah dilengkapi dengan toilet umum.

Bahkan buat para wisatawan yang hendak menjalankan ibadah shalat, disini juga sudah disediakan mushola. Didalam mushola tersebut pun disediakan juga perlengkapan shalat seperti mukena, sajadah dan sarung. 

Sekilas Air Terjun Kalipancur

Foto by sengpaku.blogspot.com

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu aset wisata di Jawa Tengah yang sampai saat ini masih menjadi primadona dikalangan para pembolang. Letaknya yang tersembunyi membuat Air Terjun Kali Pancur ini tak banyak dijamah oleh orang, sehingga suasananya masih sangat alami.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh wisata ini bukan hanya air terjun tetapi ada panorama Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu juga. Selain dihiasi relief batuan alam, tebing Air Terjun Kali Pancur juga dipenuhi oleh goa-goa kecil.

Disamping itu, wisata air terjun ini juga menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikunjungi ketika sedang bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. Back to nature menjadi keputusan paling tepat untuk menghilangkan setiap stress, bosan dan penat.

Pesona Air Terjun Kalipancur

Foto by scientarium.com

Sepintas Air Terjun Kalipancur ini mungkin sama dengan air terjun lainnya, ya? Meskipun begitu kamu tetap bisa menemukan keistimewaan dan pesona khas yang dimiliki oleh Air Terjun Kali Pancur ini bukan?

Salah satu keistimewaan yang ditawarkan adalah air terjun ini memiliki tinggi mencapai 100 meter, dimana Air Terjun Kalipancur digadang-gadang sebagai curug tertinggi di Semarang, Jawa Tengah, lho.

Foto by yukpiknik.com

Nuansa alam dan suhu udara disini mampu membuat siapa saja menjadi lebih rileks. Belom lagi di sekeliling air terjun terdapat pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Suara air terjun yang turun ke dasar kolam membuat suasana alam disini semakin sejuk.

Bukan hanya menawarkan pesona air terjunnya saja, namun disini kamu juga bisa menemukan spot foto instagramable, lho. Salah satu spot paling favorit adalah jembatan seperti potret dibawah ini.

Foto by instagram.com/dhurzz/

Dengan berpose diatas jembatan ini kamu bisa melihat lanskap Air Terjun Kali Pancur dari atas ketinggian. Bahkan perbukitan disekitarnya pun ikut menjadi penyempurna keindahan yang alam semesta tawarkan.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Air Terjun pagi dan sore hari, dengan begitu kamu bisa lebih enjoy menikmati setiap jengkal keindahan alam disini. Apalagi jika menikmatinya bersama orang-orang tersayang.

Jadi gimana? Semarang nggak melulu soal wisata kekinian yang ada di pusat kota, bukan? Di pelosok pedesaan ternyata kamu bisa menemukan surga tersembunyi yang pesonanya mungkin melebihi wisata-wisata di kota.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.